SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Seperti halnya Jawa Timur, Jawa Tengah juga memiliki oleh-oleh khas dan sejumlah tempat wisata yang menarik. Hampir setiap kota di Jawa Tengah memiliki pesonanya masing-masing, mulai dari sejarah, kehidupan masyarakat, tempat wisata hingga oleh-olehnya.

Oleh sebab itu, pergi ke Jawa Tengah saat akhir pekan atau libur panjang adalah pilihan yang tepat. Anda bisa menikmati berbagai kawasan rekreasi yang eksotik sekaligus wisata kulinernya.

Tidak lupa pula membawa pulang buah tangan menarik khas Jawa Tengah sebagai kenang-kenangan. Apalagi, hampir setiap daerah di Jawa Tengah memiliki oleh-oleh khasnya masing-masing.

Oleh-oleh tersebut biasanya berupa barang atau juga makanan. Jadi, jika Anda pergi ke wilayah tersebut, jangan lupa untuk mampir ke toko souvenir yang ada. Penasaran dengan apa saja oleh-oleh khas Jawa Tengah terbaik yang bisa Anda pilih saat liburan, berikut ini pilihannya:

Daftar Oleh-oleh Khas Jawa Tengah yang Terkenal

Sale Pisang

Sale Pisang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Oleh-oleh pertama yang bisa Anda bawa pulang dari Jawa Tengah adalah sale pisang. Sale adalah makanan ringan yang berasal dari pisang dan memiliki cita rasa manis. Makanan ini berasal dari Desa Mangli, Kebumen.

Sesuai namanya, bahan dasar untuk membuat sale adalah buah pisang. Buah pisang tersebut diiris-iris dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Tujuannya agar pisang tersebut awet dan tahan lama.

Setelah pisang tersebut kering, tahap selanjutnya adalah membalutnya dengan adonan tepung. Setelah itu, baru digoreng di minyak yang tidak terlalu panas.

Untuk mendapatkan makanan yang satu ini, Anda bisa datang ke berbagai pedagang di desa asalnya atau juga beberapa daerah di Jawa Tengah. Harganya sangat murah, mulai dari Rp10.000,00 per bungkusnya.

Rengginang

Rengginang

Selain sale pisang, rengginang juga bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh makanan yang bisa Anda bawa pulang dari Jawa Tengah. Jajanan ini termasuk salah satu makanan khas Jawa Tengah yang bisa dengan mudah Anda temukan di Kota Kudus dan sekitarnya.

Cemilan ini awalnya menjadi menu andalan saat Hari Raya Idul Fitri dan berbagai acara hajatan. Namun, karena kepopulerannya makanan ini telah menjadi salah satu oleh-oleh khas Jawa Tengah yang biasa dibeli oleh wisatawan.

Bentuk makanan ini mirip dengan kerupuk berbentuk bulat dan pipih. Meski merupakan home industry, cemilan ini sudah bisa ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh atau juga toko online. Harganya sangat murah, hanya dibandrol dengan Rp12.000,00 hingga Rp20.000,00.

Telur Asin

Telur Asin

Berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya Brebes, wajib sekali untuk membawa pulang telur asin sebagai oleh-oleh. Telur asin banyak dijumpai dengan mudah di jalur Jakarta-Jawa yaitu Pantai Utara atau Pantura.

Makanan ini merupakan telur bebek yang memiliki cita rasa yang asin. Rasa asin dari telur bebek tersebut berasal dari garam. Cara  membuatnya sendiri cukup lama, bahkan bisa sampai enam minggu jika  ingin mendapatkan rasa yang lebih asin.

Karena rasanya yang asin dan gurih, telur ini juga sering dinikmati bersama nasi hangat. Namun, Anda juga bisa langsung memakannya begitu saja. Harga telur asin Brebes cukup murah yaitu sekitar Rp50.000,00 hingga Rp75.000,00 saja.

Lumpia

Lumpia

Berkunjung ke tempat wisata di Semarang tak akan lengkap jika belum membawa pulang oleh-oleh khas daerah tersebut. Ada lumpia yang bisa Anda jadikan buah tangan jika berkunjung ke Semarang.

Kuliner yang satu ini sudah melekat seiring dengan nama Kota Semarang sejak lama. Bahan isinya yang terbuat dari rebung dan ayam manis yang gurih dan membuat pengunjung selalu mencarinya ke berbagai tempat.

Oleh-oleh khas Semarang yang ini cukup mudah didapatkan. Anda hampir bisa menemukan penjual makanan ini di setiap penjuru kota. Untuk harga lumpia original Anda hanya akan dikenakan harga sekitar Rp15.000,00, sedangkan lumpia isi ikan kakap, kepiting hingga kambing jantan muda seharga Rp22.000,00.

Intip Mini

Intip Mini

Intip mini juga bisa menjadi pilihan Anda jika mencari buah tangan khas Jawa Tengah yang memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Makanan yang satu ini merupakan jajanan tradisional yang berasal dari daerah Sragen.

Intip mini terbuat dari kerak nasi yang diolah dengan resep khusus. Sekilas makanan ini mirip dengan kerak telur yang menjadi makanan khas Jakarta. Namun, intip mini memiliki cita rasa yang lebih manis.

Anda bisa menemukan makanan ini tidak hanya di Sragen saja, namun juga beberapa daerah di Jawa Tengah. Camilan gurih dan nikmat tersebut dijual dengan harga yang sangat murah, yakni Rp1.000,00 hingga Rp2.000,00 saja.

Kue Rangin

Kue Rangin

Jika Anda mencari makanan ringan yang bercita rasa manis, mungkin kue rangin bisa menjadi pilihannya. Kue rangin adalah salah satu oleh-oleh yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Jawa Tengah.

Makanan yang satu ini merupakan jajanan legendaris yang berasal dari daerah Demak. Konon, jajanan ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Itulah mengapa kudapan nikmat ini disebut dengan jajanan legendaris.

Bahan dasar pembuatan kue tradisional ini adalah adonan tepung dan parutan kelapa. Bentuknya sangat mirip dengan kue pancong. Makanan ringan ini sangat cocok jika Anda menyantapnya dengan secangkir teh atau kopi.

Di daerah asalnya, kue ini bisa Anda jumpai di berbagai pasar tradisional serta toko oleh-oleh. Harganya tidak akan membuat kantong Anda terkuras, karena hanya sekitar Rp20.000,00 per kotaknya.

Kamir

Kamir

Jika Anda pernah menonton film kartun Doraemon, mungkin akan mengetahui makanan kesukaan robot kucing tersebut, yaitu dorayaki. Di Jawa Tengah sendiri ternyata ada kue yang mirip dengan dorayaki yaitu kamir.

Karena rasanya yang enak, kue ini tidak hanya cocok untuk mengganjal perut saja, namun juga untuk menjadi oleh-oleh. Kue ini bisa Anda temui di berbagai daerah di Jawa Tengah seperti Pemalang, Banyumas dan lain sebagainya.

Kue kamir biasanya bisa bertahan sampai tiga hari, jadi sangat cocok untuk Anda bawa pulang. Untuk mendapatkan kue empuk dengan isian coklat dengan berbagai selai tersebut, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp1.000,00 per buah.

Harga yang sangat murah untuk sebuah kudapan lezat seperti kue kamir. Jika tertarik, Anda bisa meminta sopir dari rental mobil murah terdekat yang Anda gunakan untuk mengantar ke lokasi penjual kue satu ini.

Telur Lurik

Telur Lurik

Tidak berbeda jauh dari oleh-oleh yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Brebes yaitu telur asin, Pati juga memiliki makanan khas yang berbahan dasar telur yang tidak lain adalah telur lurik.

Selain cocok untuk makanan ringan keluarga, telur lurik juga sangat pas menjadi oleh-oleh. Telur lurik diolah dengan cara diasap hingga cangkangnya berubah warna menjadi kecoklatan.

Ketika sudah matang, Anda bisa langsung menikmati kelezatan makanan ini yang pastinya mampu membuat ketagihan. Jangan ragu menjadikan makanan ini sebagai buah tangan untuk keluarga dan rekan kantor.

Sebab harganya pun tidak terlalu mahal dan masih sangat terjangkau. Satu butir telur lurik ini bisa Anda dapatkan hanya dengan biaya sekitar Rp3.000,00 saja, jadi Anda bisa hemat banyak dan membawa banyak.

Manco

Manco

Oleh-oleh yang bisa menjadi pilihan berikutnya ketika berkunjung ke Jawa Tengah adalah manco. Makanan yang juga dikenal dengan nama pelikipu itu merupakan jajanan khas Blora yang sudah cukup lawas.

Makanan ini biasanya mengisi meja-meja tamu saat ada hajatan. Dari tampilannya saja Anda bisa menebak bahwa jajanan yang satu ini sudah berusia cukup lama. Namun, meski sangat tradisional, rasa makanan ini kalah dari jajanan masa kini.

Selain enak, kue manco juga terkenal dengan harganya yang cukup terjangkau. Anda yang ingin mencicipi dan membawa pulang kue ini hanya perlu merogoh kocek sebanyak Rp8.000,00 hingga Rp20.000,00 saja untuk mendapatkannya.

Dumbeg

Dumbeg

Berbicara jajanan murah, makanan yang satu ini pasti masuk daftar yaitu kue dumbeg. Dumbeg adalah salah satu makanan tradisional dari daerah Rembang.

Bentuk makanan yang satu ini menyerupai sebuah terompet dan dibuat dari adonan tepung beras, air nira dan gula pasir. Kemudian dibungkus menggunakan daun lontar.

Seperti kebanyakan jajanan khas daerah Jawa Tengah pada umumnya, makanan ini juga memiliki cita rasa yang manis. Untuk itu, kudapan yang satu ini akan sangat cocok jika menjadi santapan bersama teh atau kopi hangat.

Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan ini tidak sulit. Anda bisa menemukan jajanan ini di R embang dan berbagai daerah di Jawa Tengah dengan harga cukup murah yaitu sekitar Rp500,00  per buah atau Rp5.000,00 per ikatnya.

Nopia

Nopia

Jika melewati  Banyumas atau Purbalingga, maka sempatkan diri untuk mencari makanan khas daerah tersebut yaitu nopia. Kue ini mirip dengan bakpia dari Yogyakarta, latopia dari Tegal atau juga Yopia dari Rembang.

Nopia merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang berisi gula merah. Cara membuatnya dengan memanggang adonan tersebut menggunakan tungku khusus yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar dari pelepah pohon kelapa.

Kue ini memiliki tekstur kulit yang keras dan renyah. Serta isian adonan gula merah dengan rasa bawang merah goreng. Anda bisa menemukan makanan yang satu ini di Purbalingga dan Banyumas.

Untuk menikmati makanan tradisional ini, Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam karena harganya yang relatif murah. Harga satu kemasan nopia mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00.

Bandeng Juwana

Bandeng Juwana

Bandeng juwana juga merupakan salah satu oleh-oleh yang tidak boleh Anda lupakan saat berkunjung ke Jawa Tengah. Makanan ini juga merupakan oleh-oleh khas Semarang yang sangat terkenal dan banyak peminatnya.

Makanan dengan bahan baku ikan segar tersebut banyak menarik perhatian wisatawan karena rasanya yang lezat dan gurih. Duri ikan bandeng sendiri bisa Anda makan karena sudah melalui proses presto.

Jika Anda penasaran dengan rasanya, maka Anda perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak. Sebab harga bandeng ini mulai dari Rp80.000,00 untuk satu kotaknya.

Namun Anda tidak akan kecewa dengan rasa dan kualitasnya. Harga di atas akan sangat sepadan dengan rasa bandeng yang lezat. Oleh sebab itu, makanan tersebut dapat menjadi buah tangan terbaik saat berkunjung ke Jawa Tengah.

Carica

Carica

Tidak semua oleh-oleh makanan yang Anda dapat dari Jawa Tengah memiliki rasa manis. Karena ada salah satu makanan yang memiliki cita rasa asam yaitu carica dari Wonosobo.

Carica adalah buah yang sepintas mirip dengan pepaya. Namun, carica memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya semakin unik. Bentuknya lebih kecil dari pepaya, rasanya juga lebih asam dan menyegarkan.

Buah ini banyak tumbuh di Dieng yang memiliki cuaca dingin. Biasanya, Anda akan menemukan makanan ini dalam bentuk kemasan. Jajanan ini juga biasanya menggunakan kuah sehingga rasanya semakin segar.

Oleh-oleh yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat murah yaitu sekitar Rp5.000,00 per satuannya. Bahkan tidak jarang tempat sewa bus pariwisata murah yang menuju Wonosobo menawarkan olahan buah ini sebagai oleh-oleh.

Tahu Bakso

Tahu Bakso

Jika Anda berlibur ke tempat wisata Semarang, maka jangan lupa untuk membawa tahu baso sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Tahu Bakso adalah jajanan lezat yang sudah sangat populer dan bisa Anda temui di Semarang.

Makanan ini memiliki cita rasa gurih sebagaimana Tahu dan Baso pada umumnya. Uniknya, Anda bisa merasakan kelezatan Tahu dan Bakso dalam satu gigitan. Sebab Anda bisa menemukan baso di dalam tahu.

Tahu Baso sangat cocok jika dimakan bersama cabai hijau dan secangkir kopi. Perpaduan gurihnya tahu dan baso akan bercampur dengan pedasnya cabai hijau di mulut.

Terdapat dua jenis Tahu Bakso yang bisa Anda pilih, yaitu tahu baso goreng dan rebus. Namun, Anda bisa memilih tahu Bakso goreng jika ingin membawa makanan ini sebagai oleh-oleh.

Tidak perlu khawatir soal harga, karena tahu baso khas Semarang ini bisa Anda dapat dengan harga yang mudah. Anda cukup mengeluarkan uang sekitar Rp25.000,00 hingga Rp40.000,00 untuk mendapatkan makanan tradisional ini.

Getuk Trio

Getuk Trio

Jawa Tengah memang memiliki segudang makanan khas tradisional yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Salah satu yang paling populer adalah getuk trio.

Jajanan tradisional yang satu ini berasal dari Magelang dan menjadi cemilan favorit. Nama trio menunjukkan tiga lapisan berbeda warna yang menjadi ciri khas makanan ini.

Kudapan lezat ini terbuat dari ubi kayu sehingga menjadi jajanan sehat yang bisa Anda pilih. Jangan lupa untuk memborong oleh-oleh khas Magelang ini untuk keluarga di rumah.

Cemilan imut ini akan menjadi buah tangan spesial untuk keluarga. Apalagi harganya juga cukup murah, yakni mulai dari Rp20.000,00 hingga Rp50.000,00.

Lanting

Lanting

Oleh-oleh khas Jawa Tengah berikutnya yang bisa Anda bawa pulang adalah lanting. Bagi sebagian orang mungkin sudah mengenal lanting, karena jajanan tradisional ini bisa Anda temukan di beberapa daerah di Jawa Tengah.

Lanting adalah pilihan oleh-oleh yang ringan dan praktis untuk Anda bawa. Karena ukurannya yang kecil membuat cemilan ini bisa Anda borong dalam jumlah yang banyak.

Makanan ringan yang satu ini terbuat dari singkong dan memiliki bentuk seperti angka delapan. Rasanya yang gurih dan renyah membuat siapapun yang menyantapnya tidak akan mau berhenti mengunyah.

Saat ini sudah banyak inovasi pada lanting. Anda bisa menemukan lanting dengan varian rasa keju, pedas hingga jagung. Harga lanting tergantung dari jumlah pembelian, jika Anda membeli sekitar 1 kilo maka harganya berkisar mulai dari Rp30.000,00 saja.

Jenang

Jenang

Jika berkunjung ke Jawa Tengah maka pastikan Anda membawa keranjang yang cukup besar. Karena ada berbagai oleh-oleh yang bisa Anda nikmati dan bawa pulang untuk dibagikan kepada keluarga.

Salah satu yang sayang jika terlewat adalah jenang Kudus. Jenang ini biasanya memiliki kemasan kecil dan isian yang beragam. Sehingga Anda bisa membawanya dalam jumlah banyak dengan lebih mudah.

Rasanya yang manis membuat makanan ini cocok untuk makanan penutup. Harganya tergantung dari jumlah pembelian, Anda bisa mendapatkan janana ini dengan harga kurang lebih Rp10.000,00 hingga ratusan ribu rupiah.

Kerajinan Eceng Gondok

Kerajinan Eceng Gondok

Selain makanan, oleh-oleh khas Jawa Tengah yang bisa Anda bawa pulang adalah kerajinan tangan, misalnya saja kerajinan tangan eceng gondok.

Kreasi tangan ini memiliki nilai seni yang cukup tinggi bagi peminatnya. Anda bisa menemukan berbagai kerajinan eceng gondok dalam berbagai bentuk seperti tas, sandal, tempat buah dan lain sebagainya.

Lahirnya kerajinan eceng gondok merupakan bukti inovasi dari masyarakat Jawa Tengah. Eceng gondok yang biasanya tak terpakai, kali ini bermanfaat untuk membuat kerajinan tangan. Terlebih dari kerajinan tersebut dapat menghasilkan uang.

Bagi Anda yang menginginkan kerajinan ini cukup membayar dengan harga Rp85.000,00 saja. Harga kerajinan eceng gondok tergantung bentuk dan ukurannya.

Kain Batik Pekalongan

Kain Batik Pekalongan

Batik Pekalongan adalah oleh-oleh yang wajib Anda dapatkan jika berkunjung ke Jawa Tengah khususnya Pekalongan. Jangan sampai Anda tidak membawa oleh-oleh ini karena banyak turis mancanegara yang mencarinya.

Batik Pekalongan adalah hasil karya yang sudah sangat terkenal. Bahkan saking terkenalnya, Kota Pekalongan mendapat julukan sebagai Kota Batik.

Corak batik Pekalongan memang sangat unik dengan perpaduan warna yang cocok. Terlebih, batik Pekalongan terbukti mampu bertahan menyesuaikan perkembangan zaman.

Anda akan sangat menyesal jika tidak sempat membelinya. Karena tidak hanya wisatawan lokal, batik ini juga menjadi pilihan favorit turis mancanegara.

Kain Lurik

Kain Lurik

Pilihan oleh-oleh unik khas Jawa Tengah selain makanan selanjutnya adalah kain lurik. Kain tradisional salah satu kerajinan tangan masyarakat Jawa Tengah ini Anda jumpai dengan mudah di sejumlah tempat wisata Solo dan sekitarnya.

Kain ini memiliki corak khas yaitu garis memanjang dengan pola yang senada. Anda bisa memilih banyak motif batik, namun beberapa yang paling terkenal adalah sapit urang, telupat dan liris.

Harga kain lurik ini biasanya berbeda-beda sesuai dengan kualitasnya. Anda bisa mencari kain lurik yang paling cocok dengan Anda dan harganya terjangkau.

Itulah daftar oleh-oleh khas Jawa Tengah yang bisa menjadi pilihan Anda ketika berwisata. Dengan membeli salah satu dari beberapa referensi di atas, rekreasi Anda ke tempat wisata Jawa Tengah akan semakin lengkap.

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai daerah di Jawa Tengah jangan ragu untuk menggunakan layanan dari biro perjalanan, seperti Salsa Wisata. Dengan berbagai layanan lengkap yang ada, liburan Anda pasti jadi lebih mudah.

Misalnya saja seperti paket familiy gathering murah yang siap melayani perjalanan wisata Anda bersama keluarga. Berbagai destinasi unik dan hits di Jawa Tengah bisa Anda kunjungi, begitu juga dengan oleh-olehnya.

Jadi, tunggu apalagi segera hubungi Salsa Wisata sekarang jika Anda ingin mendapatkan pengalaman liburan sesuai harapan yang sangat berkesan. Selamat berlibur, semoga liburan Anda menyenangkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Indonesia, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)