earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu air terjun yang ada di provinsi Jawa Timur, tepatnya di kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Air terjun ini menjadi destinasi favorit banyak pengunjung karena menawarkan keindahan alam dan berbagai aktivitas menarik.

Udara sejuk ketinggian 1.135 mdpl ditambah derasnya air terjun menambah segar suasana sekitar kawasan Coban Rondo. Tinggi air terjun ini mencapai 84 meter dengan dengan debit air yang dapat melebihi 90 L per detik.

Aliran air terjun Coban Rondo ini bersumber dari mata air di kaki gunung Kawi yakni Cemoro Dudo. Kemurnian dan kesegaran Coban Rondo inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

Sejarah Air Terjun Coban Rondo

Sejarah Coban Rondo tidak lepas dari cerita rakyat tentang Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo. Menurut kisah, setelah beberapa hari menikah mereka berencana untuk pergi ke Gunung Anjasmoro.

Namun hal tersebut dilarang karena menurut adat jawa kuno, jika usia pernikahan belum genap selapan pengantin baru dilarang bepergian. Sayangnya Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo tetap nekat berangkat.

Sampai di tengah perjalanan rombongan mereka dicegat oleh Joko Lelono yang ingin merebut Dewi Anjarwati yang cantik. Akhirnya terjadilah pertarungan antara Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo.

Agar tetap aman Dewi Anjarwati bersembunyi di balik air terjun sampai dijemput kembali oleh Raden Baron Kusumo. Sayangnya Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo tewas akibat pertarungan sehingga Dewi Anjarwati meratapi nasibnya menjadi janda.

Air terjun tempat Dewi Anjarwati inilah yang kemudian diberi nama Coban Rondo yang berarti Air Terjun Janda. Sampai saat ini cerita tersebut terus dipercaya masyarakat dan menjadi keunikan tersendiri dari Air Terjun Coban Rondo.

Mitos Air Terjun Coban Rondo

Cerita asal usul Coban Rondo yang tragis membuat banyak mitos dan misteri beredar di masyarakat. Salah satunya adalah penampakan sosok perempuan di atas batu besar dekat air terjun.

Masyarakat meyakini sosok tersebut adalah Dewi Anjarwati yang masih belum merelakan dirinya menjadi janda. Tidak sedikit pengunjung yang datang untuk membuktikan kebenaran hal tersebut.

Mitos lain menyebutkan jika sepasang kekasih yang masih pacaran datang ke Coban Rondo, siap-siap untuk menjalani hubungan yang tidak langgeng. Alasannya karena Dewi Anjarwati cemburu dan ingin sepasang kekasih tersebut bernasib sama dengan nya.

Wahana Coban Rondo

Terlepas dari berbagai mitos dan misteri yang beredar, Coban Rondo merupakan tempat wisata alam keluarga yang lengkap. Tidak hanya menyajikan pemandangan alam, namun berbagai wahana bisa bisa dimainkan di tempat ini.

Bahkan Coban Rondo dikenal menjadi tempat terbaik untuk melakukan kegiatan outbound bersama-sama. Berikut ini 3 wahana wajib yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Coban Rondo.

Lihat tempat wisata di Malang lainnya: Air terjun Coban Talun.

Taman Labirin Coban Rondo

Taman Labirin Coban Rondo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Wahana yang paling populer di kawasan Coban Rondo ini adalah Taman Labirin. Tempat ini mendapat sebutan taman karena labirin yang ada terbuat dari tanaman asli yang tumbuh dan tersusun sedemikian rupa agar membentuk pola tertentu.

Dengan tinggi sekitar 2 meter dan lebar jalan 1.75 meter, wisatawan yang datang akan cukup kesulitan melihat jalan keluar labirin. Namun itulah letak keseruannya, pengunjung harus berusaha mencari jalan keluar dari labirin.

Di tengah labirin terdapat air terjun dan juga jembatan tinggi yang memungkinkan pengunjung melihat sekitar area labirin. Tempat ini juga yang biasanya menjadi tempat favorit berfoto para pengunjung.

Di luar area labirin terdapat  juga gardu pandang untuk melihat dan menjadi tempat memberi arahan menuju jalan keluar labirin. Dari gardu pandang ini juga kameramen bisa mendapatkan angle terbaik untuk berfoto di taman labirin.

Fun Tubing

fun tubing coban rondo

Bermain air di Coban Rondo bisa jadi sangat menyenangkan jika Anda berani mencoba wahana Fun Tubing. Dengan wahana ini, Anda dapat menjelajah aliran sungai air terjun Coban Rondo yang segar.

Anda akan melewati berbagai jeram di sungai sambil menikmati pemandangan menggunakan ban khusus untuk aktivitas ini. Aliran sungai yang deras dan jeram yang menantang mampu memacu adrenalin Anda sepanjang perjalanan.

Wahana ini pun sudah terjamin keamanannya lewat peralatan keselamatan yang lengkap untuk pengunjung. Selain itu, para pemandu yang siap memantau keamanan Anda selama penjelajahan sungai juga akan ikut menemani perjalanan Anda.

Fun Tubing ini sangat cocok Anda lakukan bersama rombongan sambil membentuk sebuah rangkaian panjang. Keseruan dari wahana ini jadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Coban Rondo.

Paintball

Paintball coban rondo

Wahana Paintball juga jadi salah satu wahana seru yang bisa Anda coba di Coban Rondo. Sensasi perang tembak-tembakan dengan senjata khusus dan seragam lengkap pasti Anda dapatkan di wahana ini.

Uniknya lagi arena dari permainan ini merupakan area hutan asli, sehingga pohon dan semak belukar bisa menjadi tempat persembunyian Anda. Dengan begitu perang antar dua tim ini akan semakin seru, persis seperti sedang berperang.

Biasanya permainan ini membutuhkan paling sedikit oleh 6 orang yang terbagi menjadi dua tim berbeda. Durasi permainan nya pun sekitar 30 sampai 45 menit tergantung jumlah peluru dan juga gas dari senjata.

Keamanan permainan ini sudah sangat terjamin, banyak aturan keselamatan yang harus Anda patuhi agar tidak terjadi kecelakaan. Permainan perang-perangan di area hutan Coban Rondo akan jadi pengalaman tak terlupakan untuk Anda dn rombongan.

Masih banyak wahana seru lain yang bisa Anda coba di Coban Rondo seperti Flying Fox, menaiki sepeda gunung, hingga menunggangi kuda. Setiap wahana yang ada menjadikan Coban Rondo tempat wisata malang yang lengkap bagi Anda, Keluarga, bahkan rombongan besar.

Harga Tiket Masuk Coban Rondo

Biaya masuk yang harus Anda bayarkan untuk bisa masuk Coban Rondo pun tidak terlalu mahal. Semua masih sangat terjangkau terlebih lagi jika Anda bersama rombongan.

Berikut ini tabel rincian biaya yang kira-kira harus Anda bayarkan untuk menikmati keindahan yang ada di Coban Rondo.

Tike Masuk Weekday Weekend
Wisatawan Lokal Rp15.0000,00 Rp18.0000,00
Wisatawan Mancanegara Rp30.000,00 Rp35.000,00

Harga yang tercantum di tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pengelola Coban Rondo. Namun biaya yang ada di sini bisa Anda jadikan referensi dan perkiraan sebelum nantinya berkunjung ke Malang.

Untuk paket lengkap terusan wahana meskipun lebih mahal, namun sudah termasuk biaya dari beberapa wahana plus tiket masuk. Anda bisa menikmati Taman Labirin, Sepeda gunung, dan lainnya tanpa perlu biaya tambahan lagi.

Jika Anda ingin liburan di Malang yang lebih murah bisa manfaatkan paket wisata ke Malang dari agen perjalanan. Berbagai destinasi wisata di Malang dan sekitarnya bisa Anda kunjungi dengan lebih mudah dan hemat.

Lokasi dan Rute Menuju Coban Rondo

Wisata Coban Rondo ini terletak di Kabupaten Malang tepatnya Jl Coban Rondo, Dusun Krajan, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Lokasinya sekitar 12 Km dari Kota Batu atau 20 km dari pusat Kota Malang.

Dari arah Kota Batu, pintu masuk wisata Coban Rondo in hanya berjarak sekitar 30 menit perjalanan berkendara. Banyak wisatawan yang datang lebih memilih untuk sewa mobil daripada menggunakan kendaraan umum.

Hal ini karena untuk kendaraan umum, Anda harus beberapa kali ganti kendaraan dan biaya pasti lebih mahal. Patokan menuju Coban Rondo ini adalah pertigaan patung sapi pujon, dengan melewati gang pertigaan ini Anda akan tiba loket masuk.

Dari loket masuk, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu sebelum sampai ke area air terjun. Sepanjang perjalanan ini Anda akan mendapatkan pemandangan hutan yang asri dan beberapa wahana yang bisa Anda coba.

Jam Operasional Coban Rondo

Jika Anda berencana mengunjungi Coban Rondo bisa datang antara pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya. Saat hari libur pun tempat ini tetap buka bahkan seringnya saat liburan tempat ini selalu ramai.

Untuk waktu terbaik datang ke Coban Rondo sebaiknya datang saat pagi hari sebelum pukul 10.00 WIB. Bisa juga saat menjelang sore mulai dari jam 14.00 WIB agar tidak terlalu panas saat perjalanan.

Hindari juga datang saat musim hujan karena biasanya jalanan licin serta tertutup kabut. Datanglah saat musim pancaroba, saat suhu tidak terlalu panas dan hujan masih jarang terjadi.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)