SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Air Terjun Coban Talun mungkin terdengar kurang begitu familiar dibanding destinasi wisata seperti Jatim Park 3, Jatim Park 2, dan Museum Angkut. Namun pesona tempat ini tidak kalah indah dengan wisata alam lain yang ada di Malang dan Batu.

Anda bisa menikmati sejuknya air terjun yang mengalir deras ditambah pemandangan indah yang bisa menjadi spot foto terbaik Anda. Ingin tahu lebih lanjut? berikut ulasan lengkap mengenai Coban Talun mulai dari daya tarik, harga tiket, rute, dan penginapan nya.

Daya Tarik Air Terjun Coban Talun

Coban Talun berada di kaki gunung Arjuno sekitar kota Batu dengan ketinggian mencapai 950 mdpl. Aliran air Coban Talun merupakan hulu dari Sungai Brantas, sungai terpanjang di Jawa Timur.

Pada awalnya tempat ini hanya berupa air terjun biasa dengan pemandangan yang alami. Namun setelah pihak Perhutani dan Swasta mengelola tempat ini, Coban Talun menjadi ramai pengunjung.

Mulai banyak wahana dan spot wisata yang dipercantik untuk menarik wisatawan datang. Berikut ini beberapa daya tarik yang ditawarkan dari kawasan Coban Talun.

Air Terjun

Air terjun dengan ketinggian 75 meter ini menjadi daya tarik utama kawasan wisata Coban Talun. Cipratan embun dari deru air yang deras memberikan rasa sejuk dan segar bagi wisatawan yang datang dan berfoto.

Sayang nya karena aliran air yang deras dan kedalaman sungai yang mencapai 4 meter, pengunjung dilarang bermain air di kawasan ini. Meskipun begitu pemandangan indah dari air terjun ini tidak akan mengecewakan.

Taman Bunga

Sepanjang jalan setapak menuju air terjun, wisatawan akan melihat taman bunga berwarna warni bermekaran. Bunga seperti Hortensia yang indah bisa Anda jumpai tumbuh bermekaran dengan rapi di taman ini.

Taman Bunga Coban Talun jadi salah satu spot yang favorit wisatawan berfoto. Jika Anda ingin membeli bibit bunga di sini juga bisa karena pengelola juga menyediakan bibit atau rangkaian bunga disini.

Spot Foto

Berfoto jadi hal wajib saat berkunjung ke tempat wisata manapun, terlebih lagi tempat tersebut memiliki pemandangan indah seperti Coban Talun. Disini Anda bisa memilih spot foto mana yang ingin Anda jadikan background seperti gardu pandang hingga bangunan unik semua tersedia.

OYOT

OYOT merupakan singkatan dari Obyek Wisata Coban Talun yang masih bagian dari aliran sungai Coban Talun. Bentuknya berupa bendungan yang membentuk air terjun mini dan aman untuk dikunjungi.

Wisatawan bisa bebas bermain air, berfoto, atau menaiki wahana yang tersedia seperti sepeda gantung di kawasan OYOT. Suasana asri dan segarnya aliran air sungai jadi tempat yang pas untuk beristirahat di perjalanan menuju Coban Talun.

Alas Pinus

Kawasan hutan pinus yang asri milik perhutani mengeliling setiap sisi jalan menuju air terjun ini. Meskipun hutan tapi kesan seram di tempat wisata malang ini justru tidak terasa sama sekali.

Banyak wahana seperti Hammock, camping ground, dan spot lain nya yang bisa Anda nikmati di hutan pinus ini. Jajaran pohon pinus yang rapi juga menjadi tempat foto yang ciamik dan sayang untuk dilewatkan.

Mitos

Salah satu daya tarik lain dari Coban Talun adalah adanya mitos bagi sepasang kekasih yang berkunjung ke tempat ini. Mitos ini berkaitan dengan jembatan kayu yang harus Anda lewati agar tiba di area air terjun.

Konon katanya jika sepasang kekasih melewati jembatan kayu berukuran lebar 1 meter berbarengan, hubungan mereka akan langgeng.  Meskipun sulit, tapi tidak sedikit wisatawan yang mencoba membuktikan mitos tersebut.

Lihat tempat wisata menarik di Malang lainnya: Taman Safari Prigen.

Harga Tiket Coban Talun

Untuk bisa masuk kawasan Coban Talun, biaya yang perlu Anda keluarkan cukup murah dan terjangkau. Namun beberapa spot mungkin memerlukan biaya tambahan yang berbeda beda seperti misalnya spot untuk berfoto.

Berikut ini rincian harga tiket masuk Coban Talun terbaru yang bisa Anda jadikan referensi.

Tiket Harga Tiket
Kawasan wisata coban talun Rp10.000,00
Kawasan air terjun Rp15.000,00
Hutan pinus Rp5.000,00
Spot foto Rp10.000,00

Harga yang tercantum di atas sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pengelola wisata Coban Talun. Selain itu belum semua biaya wahana dan fasilitas masuk ke dalam tabel di atas. Namun list harga ini bisa Anda jadikan perkiraan biaya untuk mengunjungi Coban Talun.

Lokasi Rute Menuju Coban Talun

Menuju kawasan Coban Talun cukup mudah karena hanya berjarak sekitar 20 menit dari Alun-alun kota Batu. Lokasi persis nya berada di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Anda bisa menggunakan jasa rental mobil murah yang tersedia di sana jika ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Wisatawan yang datang menggunakan kendaraan umum bisa memulai dari terminal Batu dan naik angkot berwarna oranye dengan jurusan Coban Talun. Angkot ini juga menuju arah Selecta Recreation Park yang masih sejalur dengan Coban Talun.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor bisa langsung menggunakan Google maps menuju arah Coban Talun. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi menunggu angkutan umum ngetem terlebih dahulu.

Sesampainya di lokasi parkir, Anda harus berjalan kaki menuju kawasan air terjun yang berjarak sekitar 2 kilometer melewati jalan licin. Walaupun begitu, wahana dan pemandangan sepanjang perjalanan akan cukup mengobati lelah Anda sampai akhirnya tiba di Coban Talun.

Jam Operasional wisata Coban Talun

Gerbang utama kawasan Coban Talun ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi Coban Talun adalah pada musim kemarau di pagi hari dan bukan saat hari libur.

Karena pada waktu tersebut, jalan menuju Coban Talun tidak terlalu licin dan ramai. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan Coban Talun dengan sempurna. Jika Anda penasaran dan ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa memesan paket tour malang yang telah biro perjalanan siapkan di sana.

Penginapan Disekitar Coban Talun

Penginapan Disekitar Coban Talun

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Perjalanan menuju Coban Talun yang cukup melelahkan bisa Anda obati dengan beristirahat di kawasan wisata ini. Banyak tempat penginapan yang bisa Anda pilih sambil mengisi waktu liburan di Coban Talun dan berikut ini diantaranya.

Pagupon Camp

Pagupon Camp tidak hanya menjadi spot berfoto yang unik di kawasan Coban Talun tapi juga dapat berfungsi sebagai penginapan. Sesuai namanya, bangunan ini memiliki bentuk seperti sangkar burung merpati dan terbuat dari kayu.

Meskipun begitu fasilitas yang ada di sini cukup lengkap, wisatawan bisa mendapat kamar tidur, kamar mandi dari banguna kecil ini. Sekitar Pagupon Camp juga tersedia warung, tempat ibadah dan taman indah yang tentu dapat membuat nyaman pengunjung yang menginap.

Apache Camp

Penginapan yang tidak kalah menarik adalah Apache Camp, bentuk bangunannya mirip dengan tenda ala suku Indian. Terletak di area hutan pinus, pemandangan hutan yang asri dan sejuk jadi tempat yang pas untuk beristirahat.

Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap, ada tempat api unggun, meja kursi untuk bersantai, dan kantor OYO serta kamar eksklusif untuk menginap. Wisatawan juga bisa berfoto dan menikmati malam di tempat ini sepuasnya.

Omah Segitiga

Seperti namanya bentuk penginapan ini seperti sebuah segitiga dengan atap yang panjang sampai ke tanah. Pada bagian depan juga terdapat taman bunga dan instalasi seni yang unik yang sering menjadi spot foto wisatawan.

Di area ini juga wisatawan bisa mencoba bermain flying fox, masuk kedalam rumah pohon dan hal lainnya. Penginapan ini sangat cocok untuk Anda dan keluarga menginap bersama sambil berlibur.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Salsa Rizqi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (5 votes)