Anda yang sudah bosan mengunjungi pantai dan ingin mencoba tempat wisata Bali yang tidak biasa bisa kunjungi Air Terjun Kanto Lampo. Air terjun ini tidak seperti kebanyakan air terjun lain karena terletak di dataran rendah dan cukup mudah untuk diakses.

Kontur batu yang bertingkat-tingkat di bawah air terjun menjadi ciri khas serta daya tarik tersendiri dari Kanto Lampo Waterfall. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berlibur dan menikmati suasana alam Bali yang berbeda dengan menyenangkan.

Kanto Lampo Waterfall dan beberapa destinasi lainnya bisa Anda kunjungi dengan mudah menggunakan paket wisata Bali yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak terlebih dahulu sejumlah informasi menarik mengenai Kanto Lampo Waterfall berikut ini:

Sekilas Tentang Air Terjun Kanto Lampo

Air terjun Kanto Lampo merupakan salah satu air terjun yang bisa Anda temukan di sekitar daerah Gianyar. Tinggi air terjun ini hanya sekitar 15 meter saja, namun keindahan yang disajikan patut untuk dikunjungi meski sekali seumur hidup.

Menurut cerita masyarakat, air terjun ini terbentuk dari bendungan sumber air tanah untuk irigasi yang meluap hingga membentuk sungai. Tempat ini juga dulunya masih sangat sepi karena belum banyak wisatawan yang datang berkunjung namun setelah tahun 2015 semua berubah.

Pada saat itu seorang pemudah desa mengunggah foto keindahan Kanto Lampo Waterfall ke sosial media dan mampu menarik perhatian wisatawan. Mulai banyak wisatawan yang datang dan penasaran ingin melihat langsung keindahan dan keunikan undakan batu di bawah air terjun tersebut.

Nama Kanto Lampo sendiri diambil dari nama sebuah pohon langka sejenis Juwet yang tumbuh di dekat air terjun. Pohon tersebut memiliki buah yang bisa berubah warna mulai dari warna hijau, kuning, oranye, hingga merah yang membuatnya begitu mencolok.

Oleh masyarakat sekitar, air terjun Kanto Lampo sering digunakan sebagai beji atau tempat pengambilan air suci dalam beberapa upacara adat. Kegiatan ini biasa disebut Mendak Toya Ning atau mencari air suci yang sering dilakukan dalam upacara Pitra Yadnya.

Di dekat air terjun juga terdapat sebuah goa kecil yang diyakini menjadi tempat persembunyian Belanda saat menyusun strategi penyerangan. Mengunjungi Kanto Lampo Waterfall bisa menjadi pengalaman baru yang seru untuk dilakukan saat liburan ke Bali.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Kanto Lampo

Meski terbilang baru sebagai destinasi wisata Bali, namun dengan daya tarik yang dimilikinya air terjun ini mampu menarik banyak wisatawan. Berikut ini beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda coba lakukan saat mengunjungi Kanto Lampo Waterfall:

Trekking Menikmati Keindahan Alam

Trekking menjadi salah satu kegiatan seru yang pasti Anda lakukan agar bisa mencapai lokasi air terjun Kanto Lampo. Perjalanan ini dimulai dari pintu masuk dengan melewati sejumlah anak tangga menuruni tebing serta menembus hutan yang lebat.

Sepanjang perjalanan, Anda akan ditemani dengan suara kicau burung serta teduhnya pepohonan yang menaungi jalur trek yang Anda lalui. Saat menuruni tebing, kontur batu yang unik dengan hiasan akar dan tanaman merambat jadi pemandangan apik sebelum tiba ke lokasi.

Meski terlihat sulit, jalan yang dilalui sudah dibuat dengan cukup baik namun saat musim hujan bisa menjadi sangat licin. Anda yang datang bersama anak-anak harus lebih hati-hati dan waspada agar tidak terpeleset atau tergelincir saat menuruni tangga menuju air terjun.

Perjalanan panjang membelah hutan dan melewati tebing yang melelahkan akan terbayarkan saat Anda tiba di air terjun Kanto Lampo. Trekking menuju Kanto Lampo Waterfall bisa menjadi pengalaman baru yang seru untuk Anda lakukan selama liburan di Bali.

Bermain Air

Saat sudah mulai dekat dengan air terjun Anda bisa mendengar dengan jelas suara deburan air yang kencang. Hawa segar air terjun yang membasahi tubuh seperti mengundang pengunjung yang datang untuk langsung bermain air di sekitarnya.

Aliran sungai yang tidak terlalu deras membuat air terjun ini cukup aman untuk Anda dan anak-anak bermain air. Beberapa area sungai juga telah dilengkapi dengan kolam-kolam kecil agar pengunjung yang datang bisa bebas berenang.

Tidak sedikit pula pengunjung yang menaiki batuan di sekitar air terjun untuk merasakan langsung segarnya aliran air dari Kanto Lampo Waterfall. Tumbukan air terjun yang mengenai badan terasa seperti pijatan relaksasi yang membuat segala pegal dan penat Anda hilang.

Selain tempat bermain air, pihak pengelola juga telah menyediakan ruang bilas dan ganti baju untuk pengunjung yang datang. Dengan begitu Anda bisa dengan tenang mengganti pakaian setelah puas bermain air di sekitar air terjun Kanto Lampo.

Bersantai Menikmati Pemandangan

Anda yang tidak ingin basah-basahan juga bisa bersantai menikmati pemandangan air terjun yang unik dan menawan. Air terjun ini memiliki kemiringan sekitar 45 derajat dan terdiri dari batu-batu yang saling bertingkat dengan bentuk yang unik.

Bentuknya yang unik inilah yang membuat air terjun ini memiliki aliran air yang tidak begitu deras. Undakan batu ini juga menjadikan pemandangan Kanto Lampo Waterfall tampak menakjubkan saat difoto.

Batuan yang unik ini juga bisa Anda temukan di sekitar sungai yang membentuk sebuah dinding pada bagian kiri dan kanan. Sambil duduk di kursi yang telah disediakan Anda bisa berfoto, bersantai, dan menikmati bekal di tengah indahnya suasana alam.

Berfoto di Spot Menarik

Foto Air Terjun Kanto Lampo

Keindahan air terjun Kanto Lampo sangat sayang bila tidak Anda abadikan dalam setiap jepretan kamera yang Anda miliki. Ada banyak spot menarik yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan foto yang apik dan menawan salah satunya area air terjun.

Banyak wisatawan yang naik ke atas undakan batu di air terjun ini untuk bergaya di tengah air terjun yang mengalir. Ada pula wisatawan yang memilih area sungai dengan latar dinding batunya yang unik untuk berfoto bersama.

Patung-patung serta ukiran di batu yang ada juga bisa Anda jadikan tempat untuk mengambil gambar menarik di Kanto Lampo Waterfall. Area manapun yang Anda pilih sudah pasti akan menjadi foto yang apik untuk diunggah ke sosial media Anda.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kanto Lampo

Wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun Kanto Lampo tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal karena tiketnya yang terjangkau. Hanya dengan beberapa ribu rupiah Anda sudah bisa masuk dan berkeliling menikmati keindahan air terjun ini yang menawan.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp20.000,00
Izin Sesi Pemotretan Rp300.000,00
Izin Pengambilan Video Rp1.000.000,00 – Rp3.000.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya dan pertimbangan jika Anda ingin mengunjungi Kanto Lampo Waterfall.

Dapatkan pula kemudahan mengunjungi berbagai tempat wisata di Bali lainnya dengan menggunakan Paket Wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini juga memungkinkan Anda menikmati berbagai makanan khas Bali atau membeli oleh-oleh khas Bali yang Anda inginkan selama liburan.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Kanto Lampo

Kanto Lampo Waterfall terletak di daerah Gianyar tepatnya di Jl. Kaliasem lingkungan kelod kangin, Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Jaraknya sekitar 30 km dari Kota Denpasar dengan waktu tempuh kurang lebih 55 menit perjalanan melewati Bali Safari Park.

Anda bisa mendapatkan rute terbaik menuju Kanto Lampo Waterfall dengan menggunakan petunjuk navigasi dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari rental mobil avanza Bali atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Air Terjun Kanto Lampo

Kanto Lampo Waterfall bisa Anda kunjungi setiap hari sejak pukul 08.00 WITA hingga pukul 17.30 WITA. Namun waktu terbaik mengunjungi air terjun Kanto Lampo biasanya berlangsung saat siang hari di musim kemarau.

Sebab saat musim hujan jalan menuju air terjun semakin licin dan ada risiko banjir dari aliran sungai yang meluap.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (1 vote)