Air Terjun Sekumpul Bali (Sekumpul Waterfall) merupakan tempat wisata Bali yang sudah cukup terkenal hingga mancanegara. Pesona air terjun ini tidak kalah dengan keindahan dari pantai-pantai yang ada di Bali.

Anda dapat menyaksikan indahnya air terjun kembar yang menjadi keunikan dari Sekumpul Waterfall. Lingkungan yang asri menambah keindahan dari air terjun ini bahkan banyak wisatawan menobatkan Sekumpul Waterfall sebagai air terjun Bali terindah.

Keindahan Air Terjun Sekumpul ini bisa kunjungi dan Anda saksikan langsung dengan menggunakan paket wisata Bali dari Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung simak terlebih dahulu segala hal yang perlu Anda ketahui tentang tempat wisata ini.

Sekilas Tentang Air Terjun Sekumpul

Nama dari air terjun Sekumpul dipilih karena di lokasi tersebut terdapat sekumpulan air terjun yang bisa Anda temukan. Tidak hanya satu ataupun dua, namun ada sekitar 7 air terjun yang lokasi nya masih tersembunyi di sekitar air terjun utama.

Ada juga yang menyebutkan nama air terjun sekumpul diambil dari 2 air terjun utama yang saling berdekatan di satu tempat. Oleh penduduk lokal, air terjun utama ini disebut juga sebagai air terjun Ceburan.

Meskipun berdekatan, dua air terjun ini berasal dari sumber mata air yang berbeda. Air terjun di sebelah kiri merupakan aliran air dari sungai sekumpul sedangkan air terjun di sisi kanan berasal dari sumber mata air alami.

Saat musim hujan tiba, warna Air Terjun ini akan terlihat sangat berbeda. Air terjun yang berasal dari sungai akan berwarna coklat keruh sedangkan di sisi kiri air tetap jernih sehingga terlihat kontras.

Tebing batu hijau setinggi 100 sampai 150 meter yang mengelilingi Sekumpul Waterfall semakin menambah keindahan air terjun ini. Sehingga tidak heran bila Sekumpul Waterfalls menjadi primadona dan salah satu andalan tempat wisata di Bali.

Daya Tarik Air Terjun Sekumpul

Air terjun Sekumpul menyimpan banyak potensi dan keindahan yang masih belum banyak tereksplor seluruh nya. Berikut ini beberapa kegiatan dan hal menarik yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Sekumpul Waterfalls.

Panorama Alam Sekitar

Air Terjun Sekumpul berada di area pegunungan kabupaten Buleleng Bali bagian utara. Suasana sejuk dan asri sudah langsung menyambut Anda saat tiba di loket pintu masuk air terjun.

Area air terjun ini dikelilingi jalur bebatuan yang dihiasi berbagai tanaman hijau segar di sekeliling nya. Suara gemuruh air yang jatuh dengan cipratan embun air terjun membuat pemandangan air terjun ini terlihat sangat mengagumkan.

Kolam yang terbentuk di bawah pancuran seolah mengundang wisatawan yang datang untuk masuk berenang di air yang segar. Batu di sekitar kolam sering menjadi spot berfoto wisatawan untuk mengambil gambar megahnya panorama dari Sekumpul Waterfall.

Selain dari bawah, Anda juga dapat melihat keindahan air terjun utama Air Terjun ini dari atas tebing di seberang. Kedua air terjun dapat terlihat dengan jelas mengalir diantara celah tebing hijau tinggi menjulang.

Siapkan baju ganti dan perlengkapan anti air untuk kamera atau handphone Anda. Semburan air terjun yang deras sudah pasti membasahi seluruh tubuh Anda dan memberikan kesegaran yang tiada duanya.

Jalur Trekking Seru

Untuk menuju lokasi air terjun dari loket masuk kawasan wisata, Anda harus berjalan kurang lebih sejauh 300 meter membelah hutan. Jalur yang dilalui merupakan anak tangga dari beton yang sudah dipersiapkan pengelola lengkap dengan pegangan yang kuat.

Jumlah anak tangga yang harus dilewati sekitar 350 hingga 365 anak tangga. Dari tangga ini Anda sudah dapat mendengar suara gemuruh air terjun yang seolah memberikan semangat untuk terus berjalan.

Setelah menuruni tangga, Anda akan menyeberangi sungai kecil menggunakan jembatan kayu yang sudah tersedia sebelum akhirnya tiba di lokasi. Waktu yang diperlukan untuk perjalanan ini sekitar 30 menit jika berjalan dengan santai.

Selama jalur trek juga sudah tersedia gazebo untuk para pengunjung beristirahat sejenak sambil menikmati alam sekitar. Lelah dan letih perjalanan Anda akan terbayarkan langsung dengan keindahan dari Air Terjun ini.

Jelajah Air Terjun Lain

Selain dua air terjun utama, di sekitar area ini Anda masih bisa menemukan 5 air terjun lain yang tidak kalah indah. Jarak antar air terjun pun tidak terlalu jauh sehingga Anda bisa berpetualang mencari lokasi tersebut dan berikut ini beberapa diantaranya

Air Terjun Fiji

Fiji Waterfall atau air terjun Fiji terletak sekitar 300 meter dari lokasi air terjun Sekumpul. Jika Anda meneruskan perjalanan selama 15 menit ke arah selatan, Anda bisa tiba di lokasi air terjun ini.

Berbeda dengan Sekumpul Waterfall yang memiliki dua air terjun, Fiji Waterfall memiliki 3 air terjun yang saling berdekatan. Meskipun tidak terlalu tinggi, keindahan dari air terjun ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Suasana air terjun yang tenang dan lebih sepi membuat banyak wisatawan tertarik mengunjungi air terjun ini. Anda juga bisa berenang langsung di bawah pancuran air terjun karena debit air yang tidak terlalu berbahaya seperti di air terjun Sekumpul.

Hidden Waterfall

Di sisi utara air terjun Anda bisa menemukan lokasi dari Hidden Waterfall. Cukup berjalan 10 menit dari lokasi air terjun sekumpul, Anda bisa melihat keindahan air terjun tersembunyi ini.

Aliran air yang jernih terlihat seperti untaian benang sutera yang keluar dari celah batu. Kolam luas di bawah air terjun juga jadi tempat yang pas untuk berenang dan menyegarkan diri.

Areal air terjun ini dikelilingi dengan pepohonan hijau dan batu-batu besar berlumut yang sangat indah. Anda seperti menemukan hidden gems berkat indahnya air terjun Hidden Waterfall yang masih sangat terjaga.

Air Terjun Puncak Sari

Air terjun ini dikenal juga dengan nama secret garden karena letaknya yang sangat tersembunyi. Jika Anda ingin mengunjungi lokasi ini bisa minta bantuan guide lokal yang mengetahui letak lokasi nya.

Berbeda dengan air terjun lainnya, Secret Garden ini hanya memiliki tinggi beberapa meter saja namun keindahan nya berani diadu. Daya tarik utama air terjun ini adalah kolam luas dengan air jernih kebiruan yang sangat cocok untuk Anda berenang.

Panorama sekitar dengan pepohonan dan daun yang menjuntai dari tebing menjadi alasan tempat ini dinamakan secret garden. Anda bisa menikmati suasana tenang dan alami yang begitu terasa karena memang tempat ini jarang sekali dikunjungi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sekumpul

Untuk bisa memasuki area air terjun ini Anda perlu membayar biaya masuk yang cukup terjangkau. Fasilitas yang ada juga cukup memadai dengan tarif yang tidak terlalu mahal, berikut ini rincian lebih lengkapnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Rp10.000,00
Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Rp15.000,00
Terusan Hidden Waterfall + Guide Rp125.000,00
Terusan Hidden dan Fiji Waterfall + Guide Rp200.000,00
Penginapan Sekitar Mulai dari Rp140.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari masing-masing pengelola. Namun daftar ini dapat Anda jadikan bahan acuan dan persiapan sebelum mengunjungi Sekumpul Waterfalls.

Untuk liburan yang lebih hemat dan mudah Anda bisa memanfaatkan Paket Wisata yang ditawarkan Biro Perjalanan. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan seperti segala urusan akomodasi yang ditanggung biro, sehingga Anda tidak perlu repot lagi.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Sekumpul

Lokasi Sekumpul Waterfall terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Air terjun ini bisa diakses melalui dua arah yakni dari Desa Sekumpul di utara dan Desa Lemukih di selatan.

Jika Anda berencana datang dari arah Pantai Lovina, bisa langsung mengambil rute menuju Desa Desa Sekumpul. Waktu yang diperlukan untuk tiba di Desa Sekumpul dari Pantai Lovina sekitar 1 jam perjalanan.

Sedangkan untuk Anda yang berangkat dari arah selatan seperti Pura Ulun Danu Beratan bisa mengambil rute menuju Desa Lemukih. Dari Pura Ulun Danu Anda hanya perlu waktu kurang lebih 37 menit untuk bisa sampai ke pintu masuk Sekumpul Waterfall.

Jalan yang menanjak dan berkelok menjadi rute yang harus Anda lalui untuk itu persiapkan kendaraan dengan baik. Biasanya wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan karena jarang sekali angkutan umum ke lokasi ini.

Tidak jarang juga wisatawan memanfaatkan paket tour Bali dari agen perjalanan untuk bisa mengunjungi Sekumpul Waterfall. Wisatawan juga bisa langsung mengunjungi tempat wisata di sekitar Sekumpul Waterfall dengan lebih mudah berkat paket wisata tersebut.

Jam Operasional Air Terjun Sekumpul

Waktu berkunjung ke Sekumpul Waterfall bisa di mulai sejak pukul 08.00 WITA hingga 17.00 WITA setiap hari. Dari jam operasional tersebut waktu terbaik untuk berkunjung berlangsung antara pukul 10.00 WITA sampai 15.00 WITA menggunakan rental fortuner Bali.

Suasana alam yang asri serta sumber air dari sekumpul waterfall akan memberikan kesegaran sempurna saat siang hari. Perjalanan pun semakin mudah jika Anda berkunjung saat musim kemarau tiba.

Anda bisa terhindar dari jalur berbahaya terutama anak tangga yang licin akibat terguyur hujan. Selain itu debit air tidak terlalu besar sehingga Anda bisa aman berenang dibawah air terjun.

Musim kemarau ini biasa berlangsung antara bulan April Hingga Oktober, namun untuk nuansa sempurna sebaiknya datang di bulan April sampai Mei. Dengan berkunjung di waktu yang tepat, Anda bisa menikmati liburan terbaik di Sekumpul Waterfall.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (1 vote)