Jika Anda mencari tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan eksotis dan menenangkan, maka Air Terjun Tanggedu Sumba bisa menjadi pilihan yang tepat.

Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, telah menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik perhatian para traveler, terutama mereka yang mencintai keindahan alam.

Keunikan dan pesona air terjun ini telah menarik minat wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Tak heran jika sekarang banyak wisatawan yang sengaja datang ke sini untuk menikmati pemandangan spektakuler dan mengabadikan momen tak terlupakan dalam perjalanan mereka.

Bahkan, artis terkenal Titi Kamal pun pernah mengunjungi air terjun ini dan membagikan pengalaman serunya di media sosial.

Sekilas Tentang Air Terjun Tanggedu

wisata Air Terjun Tanggedu Sumba

Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur, NTT, merupakan tempat yang jernih, bersih, sejuk, segar, teduh, dan tenang.

Keindahan alam yang dimiliki oleh air terjun ini membuat pengunjung mendapatkan pengalaman yang luar biasa saat berkunjung ke lokasi wisata di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Pesona keindahan yang dimiliki oleh Tanggedu Waterfall dapat memanjakan mata dan hati setiap pengunjung.

Selain itu, objek wisata ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan tebing-tebing curam yang berdiri di samping kanan dan kiri air terjun. Keunikan air terjun ini terletak pada posisinya yang berada di balik tebing-tebing terjal tersebut.

Selanjutnya, air yang mengalir dengan kejernihan dan kebiru-biruan memberikan keindahan yang luar biasa pada air terjun ini.

Air terjun ini terkenal sebagai Grand Canyon dari Sumba Timur karena bentuk undakan sungainya dan juga bentuk alam disekitarnya yang menyerupai Grand Canyon di Amerika Serikat .

Jam Buka

Jam Buka Pukul
Senin – Minggu 07.00 – 18.00 WITA

Alamat

Air Terjun Tanggedu adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Waingapu, sekitar 46 km di sebelah utara.

Untuk mencapai air terjun ini, Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor melalui Desa Mondu dan Kampung Adat Prainatang. Karena terletak di pedalaman hutan yang jauh dari keramaian kota, air terjun ini masih belum terlalu dikenal oleh banyak wisatawan.

Akses menuju area air terjun ini juga tidak mudah, dan perjalanan menuju ke sana membutuhkan usaha yang cukup panjang.

Anda akan memulai perjalanan dari Kota Waingapu dan perjalanan tersebut akan memakan waktu sekitar dua jam, dengan rute yang melibatkan naik turun bukit dan jurang di sisi kanan dan kiri.

Harga Tiket Masuk

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00

Mobil Rp5.000,00

Daya Tarik Air Terjun Tanggedu Sumba

Keindahan Alam

trekking menuju Air Terjun Tanggedu Sumba

Salah satu daya tarik utama dari Air Terjun Tanggedu Sumba yaitu keindahan alamnya yang luar biasa. Anda bisa melihat pemandangan sungai yang membentuk undakan-undakan dengan air yang berwarna biru dan jernih.

Di sekitar sungai, ada tebing batu besar yang membentuk dinding alami yang mengesankan. Di atas tebing, ada padang rumput yang hijau dan luas. Dan di langit, ada awan putih yang menghiasi birunya langit. Semua elemen alam ini menciptakan suasana yang indah dan menenangkan.

Kesegaran Air

berenang di Air Terjun Tanggedu Sumba

Daya tarik lain yaitu kesegaran airnya. Air terjun ini berasal dari aliran sungai yang bersih dan segar. Anda bisa merasakan sensasi berenang di kolam alami yang ada di sekitar air terjun.

Airnya sangat dingin dan menyegarkan, terutama di siang hari yang panas. Anda juga bisa merasakan pijatan alami dari air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar delapan meter.

Spot Foto

Spot foto di air terjun ini juga tak kalah dengan wisata alam di NTT hits lainnya. Anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang eksotis dan tebing batu yang megah.

Selain itu, Anda juga bisa berpose di atas batu-batu besar yang ada di sekitar sungai. Anda bisa mengabadikan momen-momen berharga Anda di sini dengan kamera ponsel atau kamera profesional.

Fasilitas di Air Terjun Tanggedu Sumba

fasilitas di Air Terjun Tanggedu Sumba

Meskipun terletak di tempat yang cukup terpencil, Air Terjun Tanggedu Sumba memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk para pengunjung. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang ada:

  • Tempat parkir kendaraan
  • Toilet dan kamar ganti
  • Warung makan dan minum
  • Gazebo dan tempat duduk
  • Tempat sampah
  • Papan petunjuk dan informasi
  • Pos penjagaan dan pengawasan

Tips Mengunjungi Air Terjun Tanggedu Sumba

Sebelum Anda mengunjungi Air Terjun Tanggedu Sumba, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan aman. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Persiapkan fisik dan stamina Anda sebelum mengunjungi, karena Anda harus melakukan trekking sejauh 2,5 kilometer dengan medan yang cukup menantang.
  • Bawa bekal makanan dan minuman secukupnya
  • Bawa perlengkapan renang seperti handuk, baju ganti, dan sandal jika Anda ingin berenang di kolam alami.
  • Bawa perlengkapan fotografi seperti kamera, tripod, dan baterai cadangan jika Anda ingin mengambil foto-foto menarik di Air Terjun Tanggedu Sumba.
  • Jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak tanaman dan hewan di sekitar air terjun.
  • Patuhi aturan dan petunjuk yang ada di lokasi air terjun, seperti tidak berenang di tempat yang berbahaya atau mendekati tebing yang curam.
  • Nikmati setiap momen yang Anda habiskan di Air Terjun Tanggedu Sumba dengan rasa syukur dan bahagia.

Dengan segala keindahan yang dimiliki oleh Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur, NTT, tidak ada alasan untuk melewatkan pengalaman luar biasa ini. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Lombok terkenal sebagai kenang-kenangan dari perjalanan Anda.

Salsa Wisata, perusahaan travel yang terpercaya, siap membantu Anda dalam menyusun perjalanan yang sempurna. Anda dapat memesan rental Hiace harian murah untuk kenyamanan perjalanan Anda atau memilih paket wisata murah yang mencakup berbagai destinasi menarik di sekitar Sumba Timur.

Segera rencanakan perjalanan Anda dan nikmati pesona Air Terjun Tanggedu serta keindahan alam NTT lainnya bersama Salsa Wisata.

By Categories: Destinasi, NTT

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (10 votes)