SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Malang memang sangat pantas mendapat julukan sebagai kota sejuta wisata selain Bromo dan Banyuwangi. Ada ratusan nama objek wisata terkenal di Kota Apel ini. Salah satunya adalah Air Terjun Tumpak Sewu.

Tempat wisata alam ini berada di kawasan hutan sehingga suasana yang dihadirkan masih sangat asri dan sejuk. Pepohonan dengan daun yang rimbun turut menghiasi area sekitar air terjun.

Para pengunjung yang datang ke tempat wisata Bromo Malang ini pasti akan merasakan nuansa tenang. Hanya terdengar gemericik air terjun yang mendamaikan saat tengah berada di sini.

Sesekali terdengar suara kicauan burung-burung liar dari kejauhan – menambah suasana syahdu di tempat ini.

Sekilas Tentang Air Terjun Tumpak Sewu

Tempat wisata alam Air Terjun Tumpak Sewu adalah sebuah objek wisata air terjun yang dibuka sekitar tahun 2015 lalu.

Objek wisata air terjun ini masuk dalam jajaran air terjun tertinggi di Indonesia. Tingginya mencapai 120 meter dan aliran air terjunnya menyerupai bentangan tirai (tipe air terjun Tiered).

Pola aliran semacam ini disebabkan oleh kondisi air terjun yang lebar dan berlapis-lapis. Jika dilihat dari kejauhan, aliran air yang menyerupai tirai ini sangat mirip dengan pola aliran Niagara.

Air terjun ini memiliki dua akses masuk, yaitu via Lumajang dan via Malang karena letaknya ada diantara dua kabupaten tersebut.

Situs air terjun ini terbentuk di area aliran sungai yang bernama Sungai Glidih yang mana sumber airnya berasal dari Gunung Semeru.

Kemudian untuk asal-usul penamaan, air terjun ini dinamai Tumpak Sewu karena jumlah air terjunnya yang tak hanya satu atau dua saja. Melainkan ada banyak sehingga warga setempat menyebutnya ‘sewu’ yang artinya ‘seribu’.

Jika ditarik kesimpulan, sejarah penamaan air terjun ini sangat mirip dengan sejarah penamaan air terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu.

Daya Tarik Air Terjun Tumpak Sewu

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Berlabel air terjun terindah di Provinsi Jawa Timur, Tumpak Sewu menawarkan beragam daya tarik. Dan daya tarik ini belum tentu dimiliki oleh air terjun lain.

Berikut adalah sejumlah daya tarik yang bisa Anda saksikan saat mengunjungi situs wisata alam ini:

Trek yang Menantang

Untuk tiba di lokasi pusat air terjun ini tidaklah mudah. Anda harus melewati trek yang berupa yang curam karena harus melalui lembah sedalam 800 meter.

Jalur ini ada sebagian yang berupa anak tangga dan ada juga yang berupa jalan setapak biasa. Ketika hujan turun, jalur ini akan licin. Jadi, wajib hati-hati ya.

Setelah sampai di lembah, Anda akan menemui tantangan baru, yaitu menyusuri sungai dangkal hingga akhirnya sampai di air terjun.

Namun ada sebuah jalur yang tidak melewati sungai. Anda dapat memilih jalur ini jika tak ingin tubuh atau kaki Anda basah.

Bukit Panorama

Di sekitar air terjun terdapat sebuah bukit yang sering menjadi titik lokasi untuk melihat keindahan air terjun ini.

Puncak bukit ini sudah ber-paving sehingga sangat nyaman bagi wisatawan.

Di bukit yang sama juga telah dilengkapi dengan sebuah gardu pandang yang berupa bangun dengan luas 30 meter persegi.

Gardu pandang ini mampu menampung sekitar 50 orang.

Bangunan ini biasanya menjadi spot favorit bagi pengunjung yang enggan turun mendekati air terjun.

Biasanya bangunan gardu pandang ini juga akan jauh lebih ramai oleh pengunjung yang ingin liburan akhir pekan.

Ada yang datang secara perorangan dan ada juga yang datang bersama rombongan pengguna layanan paket wisata Bromo Malang.

Goa Tetes

Mendatangi tempat wisata terdekat seperti Air Terjun Goa Tetes bukanlah ide buruk. Anda bisa mencobanya bersama teman liburan Anda atau rombongan sesama peserta tour dari paket wisata yang Anda gunakan.

Anda dapat mengakses Air Terjun Goa Tetes jika Anda masuk ke objek wisata Tumpak Sewu via Lumajang.

Dinamakaan Goa Tetes lantaran di balik air terjun ini terdapat goa yang konon masih sering digunakan untuk bertapa. Goa ini juga sering menjadi lokasi wisata spiritual bagi kalangan wisatawan tertentu.

Spot Indah nan Alami untuk Sesi Fotografi

Anda pecinta fotografi tentu sangat jatuh cinta dengan situs air terjun ini, bukan? Terdapat banyak spot menarik yang bisa Anda jadikan sebagai objek fotografi Anda.

Anda dapat mulai membidikan lensa kamera DSLR Anda dari berbagai angle yang tepat. Dari gardu pandang, misalnya. Bersiaplah untuk mendapatkan hasil jepretan yang fantastis.

Spot Foto Selfie Instagenic

Air terjun ini juga menawarkan sejuta spot foto selfie yang Intstagenic. Meski bukan spot selfie khusus seperti yang ada di kawasan wisata Kawah Ijen, keindahan air terjun ini layak jadi latar selfie yang eksotis.

Anda hanya perlu memilih angle yang tepat dan pose yang menarik, maka hasil jepretan Anda pasti sangat Instagramable. Jangan lupa untuk unggah foto selfie terbaru Anda di sini dan bersiaplah menuai banyak like.

Fasilitas di Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Demi mendapatkan banyak kunjungan dari wisatawan dalam dan luar kota, pengelola (swadaya masyarakat dan pemda) terus mengembang situs wisata ini.

Salah satu caranya yaitu dengan pengadaan beragam fasilitas. Saat ini sudah tersedia sejumlah fasilitas penting dan standard seperi toilet dan mushola.

Di area wisata ini juga terdapat fasilitas untuk tempat istirahat. Di sini sembari beristirahat dan menikmati suasana tenang, Anda dapat bercengkrama dengan keluarga.

Isi momen romantis ini dengan obrolan ringan tapi seru. Akan lebih nikmat lagi jika dibarengi dengan menyantap camilan yang dibeli dari pusat oleh-oleh khas Malang terdekat.

Untuk Anda yang memerlukan jasa pemandu wisata, di sini juga menyediakannya. Tarif untuk per guide lokal cukup mahal untuk sekali trip.

Anda dapat berhemat jika Anda menggunakan jasa pemandu wisata khusus dari paket wisata yang Anda gunakan.

Kemudian jenis fasilitas yang terakhir adalah warung makan. Jumlah warung makan di sini memang tidak banyak. Akan tetapi, tiap warung menawarkan daftar menu yang lumayan komplet.

Banyak diantaranya adalah makanan khas Malang yang terkenal ndeso tapi dari segi rasa sangat enak dan otentik. Contohnya saja Sego Resek dan Soto Ayam Lombok, dan Tahu Lontong.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu

Walaupun sering mendapat julukan sebagai air terjun terindah, tidak perlu biaya mahal untuk dapat masuk ke dalam wisata air terjun ini. Tiket masuk objek wisata ini sangat murah.

Berikut adalah info HTM terbaru untuk memasuki objek wisata alam ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Sewa Guide Rp200.000,00 – Rp300.000,00

HTM di atas berlaku untuk semua kalangan wisatawan, baik anak-anak maupun dewasa, baik wisatawan lokal maupun wisman. Harga tiket di atas juga berlaku setiap hari.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Secara posisi, air terjun ini berada tepat di tengah-tengah antara Kabupaten Malang dan Lumajang. Namun secara administratif, air terjun ini masuk dalam wilayah Kabupaten Lumajang.

Alamat lengkapnya adalah di Jalan Raya Sidomulyo, Besukcukit, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Rute yang bisa Anda pilih jika Anda berangkat dari Malang adalah jalur yang menuju perbatasan Malang-Lumajang.

Jika Anda sudah sampai di gapura perbatasan ini, Anda akan menemukan beberapa papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda hingga sampai di lokasi.

Akan tetapi semua akan terasa lebih mudah dan juga praktis serta efisien waktu jika Anda menggunakan jasa sewa mobil dari Salsa Wisata.

Mengingat jalurnya yang cukup sulit, paket sewa mobil di Malang tampaknya akan jadi pilihan yang tepat.

Performa mesin yang kuat yang dimiliki oleh tipe mobil ini tentu menjadi alasan utama mengapa paket ini sangat recommended.

Jam Operasional Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Sama dengan Air Terjun Goa Tetes dan wisata air terjun pada umumnya, Tumpak Sewu buka dari Senin sampai Minggu dan hari libur nasional. Jam operasionalnya adalah 24 jam.

Namun karena medannya yang cukup sulit, sangat tidak disarankan untuk datang saat petang atau malam hari karena cukup berisiko.

Setelah membaca ulasan ini, apakah Anda semakin tertarik untuk segera mencoba kesegaran dan juga dinginnya air terjun ini?

Tunggu apalagi, agendakan dari sekarang untuk jelajah kawasan wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Jangan lupa mampir ke pusat wisata kuliner Malang terdekat untuk membeli bekal piknik Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Lumajang



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)