SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tidak jauh dari Telaga Madirda Anda bisa menemukan sebuah air terjun indah yang dikenal dengan nama Grojogan Sewu. Air terjun ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan Coban Rondo yang ada di Malang.

Udara sejuk lereng Gunung Lawu semakin menambah segar air alami yang mengalir dari air terjun Grojogan Sewu ini. Anda juga bisa menemukan berbagai hal menarik saat mengunjungi tempat satu ini mulai dari berenang hingga bertemu dengan monyet liar.

Grojogan Sewu bisa Anda kunjungi dengan memanfaatkan paket liburan Solo yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung mari simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik mengenai Grojogan Sewu berikut ini:

Sekilas Tentang Air Terjun Grojogan Sewu

Bila di artikan kedalam bahasa Indonesia, Grojogan Sewu ini memiliki arti Air Terjun Seribu. Asal usul dari kata Sewu atau seribu ini pun masih simpang siur, ada yang menyebut karena debit airnya yang banyak.

Namun ada pula yang menyebutkan kata Sewu ini berasal dari tinggi air terjun yang mencapai 1000 pecak. Pecak sendiri merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur tinggi pada masa lalu yang ukurannya sama dengan telapak kaki orang dewasa.

Sumber lain menyebutkan kata sewu ini berasal dari 1000 lebih anak tangga yang harus dilewati untuk tiba di lokasi. Terlepas dari penamaannya, Grojogan Sewu ini termasuk air terjun yang sangat indah dan asri.

Grojogan Sewu berada dalam kawasan hutan konservasi seluas 20 Hektar yang berada pada ketinggian sekitar 1000 mdpl. Anda bisa melihat berbagai macam tumbuhan serta hewan yang masih berkeliaran dengan bebas selama perjalanan menuju air terjun.

Tinggi air terjun ini sendiri mencapai 81 meter dengan beberapa air terjun kecil di sekitar air terjun utama. Debit air yang jatuh pun termasuk sangat deras terlebih lagi saat musim hujan yang semakin terlihat indah.

Meski berada di tengah hutan fasilitas yang ada di Grojogan Sewu ini cukup lengkap. Mulai dari permainan hingga toko souvenir semua ada dan yang pasti membuat liburan Anda semakin seru dan menyenangkan.

Aktivitas Seru di Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sama seperti tempat wisata Solo lain, Grojogan Sewu memiliki segudang hal menarik yang bisa membuat liburan Anda semakin asyik. Berikut ini beberapa kegiatan yang wajib Anda lakukan ketika mengunjungi Grojogan Sewu:

Trekking Santai Menembus Hutan

Sebelum menuju area air terjun, dari loket pembelian tiket Anda masih harus melakukan perjalanan menuruni tangga yang cukup panjang. Tangga ini berjumlah sekitar 1250 dan terbuat dari corcoran semen sehingga tidak terlalu sulit untuk dilalui.

Selain itu pemandangan hijau pepohonan yang tumbuh bisa menjadi penyejuk selama perjalanan Anda menuju air terjun. Beberapa jenis pohon seperti pohon pinus, beringin, kemlandingan gunung, puspa hingga gondang tumbuh subur di kawasan Grojogan Sewu.

Angin yang bertiup membawa kesegaran saat Anda beristirahat di sejumlah shelter yang sudah disediakan pengelola. Anda yang tidak ingin terlalu lelah melewati banyak anak tangga bisa masuk melalui loket 2 yang memiliki jalur trekking lebih landai.

Meski lokasinya cukup jauh dibanding loket 1, jalan dan pemandangan yang ada di tempat ini tidak kalah menarik. Anda bisa melihat kolam ikan dengan patung ular dan kodok yang sedang bertarung, perjalanan Anda pun menjadi lebih menyenangkan.

Bertemu Monyet

Keberadaan monyet di sekitar kawasan air terjun menjadi hal unik yang bisa Anda temukan di Grojogan Sewu. Selain monyet kawasan hutan konservasi yang masih asri juga menjadi habitat bagi hewan lain seperti burung, tupai, dan lainnya.

Anda bisa dengan mudah melihat monyet-monyet tersebut turun dan berkeliaran di dekat kawasan pengunjung. Monyet yang ada di sini pun selalu menjadi objek foto para pengunjung yang datang berkat tingkahnya yang lucu dan menggemaskan.

Biasanya pengunjung diizinkan untuk memberi makan dengan menggunakan kacang atau buah-buahan lain. Namun tetap harus berhati-hati untuk menjaga jarak karena terkadang monyet ini akan merebut makanan atau barang yang Anda bawa.

Pengalaman melihat monyet dari jarak dekat ini bisa jadi hal baru yang menyenangkan untuk anak-anak. Dengan begitu liburan Anda di Grojogan Sewu bisa menjadi liburan terbaik untuk Anda dan keluarga.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Setibanya di area air terjun, Anda bisa mendengar dengan jelas gemuruh air yang jatuh terhempas ke batu kali di bawahnya. Tebing batu yang ditumbuhi tanaman rambat terlihat indah mendampingi air yang terlihat seperti susu.

Tidak jauh dari air terjun utama, Anda juga bisa menemukan aliran air terjun kecil yang muncul dari balik tebing. Air ini mengalir mengikuti kontur tebing yang penuh celah dan terlihat cantik dengan tumbuhan hijau di sekitarnya.

Batu kali berukuran besar yang tersebar di sepanjang aliran sungai semakin menambah apik panorama dari Grojogan Sewu. Gemericik air yang terdengar serta embun air yang tertiup angin membuat suasana di sekitar kawasan air terjun terasa begitu menyegarkan.

Anda juga bisa berfoto dan melihat keindahan dari air terjun ini melalui 3 jembatan yang dibangun di atas aliran sungai. Jembatan jaring, jembatan kayu, dan jembatan beton ini menjadi ciri khas unik dari Grojogan Sewu yang sayang untuk dilewatkan.

Puas Bermain Air

Meski air terjun yang terlihat segar begitu menggoda, Anda tidak boleh langsung bermain air di bawah air terjun. Derasnya aliran air terjun terlalu berbahaya untuk  Anda terlebih lagi tepat di bawahnya, Anda hanya boleh bermain di aliran sungai.

Namun untuk mengatasi hal tersebut pihak pengelola sudah menyediakan kolam renang untuk para pengunjung yang ingin bermain air. Kolam ini terbagi menjadi dua yakni mini waterboom untuk anak-anak dan juga kolam dewasa.

Di mini waterboom, anak-anak bisa bermain air dengan menggunakan seluncuran yang sudah disiapkan dengan baik. Sedangkan di kolam dewasa, Anda bisa puas berenang menikmati segarnya air alam yang diambil langsung dari sungai.

Outbound dan Permainan Lainnya

Selain kolam renang Anda juga mencoba berbagai permainan lain seperti outbound atau berkuda. Wahana permainan seperti Flying Fox bisa Anda mainkan sambil memacu adrenalin di kawasan hutan yang asri.

Anda juga bisa mencoba rafting sambil menyusuri aliran sungai yang beriak penuh tantangan. Namun untuk permainan rafting ini hanya bisa Anda nikmati di waktu-waktu tertentu, tidak setiap hari bisa.

Saat berada di pintu masuk Anda pun dapat menyewa kuda untuk berkeliling menuju kawasan air terjun yang luas. Berbagai permainan yang ada ini dapat membuat liburan Anda di Grojogan Sewu bisa terasa begitu menyenangkan.

Menikmati Kuliner Khas

Setelah puas berkeliling saatnya untuk bersantap mengisi kembali perut yang kosong setelah lelah beraktivitas. Ada banyak warung yang menjual berbagai makanan khas Solo di sekitar area, namun yang paling terkenal adalah sate kelinci.

Menu sate kelinci ini jadi makanan wajib yang harus Anda coba karena jarang sekali ditemukan selain di Tawangmangu. Rasa dagingnya yang khas dan dipercaya berkhasiat jadi alasan menarik untuk menikmati sate kelinci ini.

Anda juga bisa mencoba sata landak yang tidak kalah menarik untuk mengisi perut Anda yang lapar. Dengan begitu liburan Anda di Grojogan Sewu ini akan jadi senang karena perut Anda yang kenyang.

Mitos Grojogan Sewu

Hal menarik lain dari Grojogan Sewu ini adalah mitos yang beredar di kalangan masyarakat terkait jembatan di tempat ini. Konon katanya pasangan kekasih yang belum menikah, hubungan asmara mereka akan kandas bila melewati jembatan tersebut bersama.

Jembatan ini pun diberi nama oleh penduduk sekitar sebagai Kretek Pegat karena banyaknya pasangan yang putus hubungan setelah melewatinya. Mitos ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang, ada yang percaya ada pula yang berani mencoba.

Harga Tiket Masuk Grojogan Sewu

Untuk masuk kawasan Grojogan Sewu Anda perlu mempersiapkan biaya tiket masuk yang tidak terlalu mahal. Dengan beberapa puluh ribu rupiah Anda sudah bisa menikmati berbagai fasilitas dan keindahan dari Grojogan Sewu.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp20.000,00
Flying Fox Rp11.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan perkiraan biaya yang diperlukan jika ingin mengunjungi Grojogan Sewu.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi berbagai destinasi wisata lain di Solo dengan paket study tour dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda mulai dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh Khas Solo yang Anda inginkan.

Lokasi dan Rute Menuju Grojogan Sewu

Grojogan Sewu ini terletak di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Jaraknya sekitar 40 km dari Kota Solo dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 20 menit dengan menggunakan mobil.

Rute terbaik menuju Grojogan Sewu bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan bantuan dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari rental hiace Solo atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Grojogan Sewu

Grojogan Sewu ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Waktu pagi hari merupakan waktu terbaik untuk Anda berkunjung karena udaranya yang masih segar dan terjaga.

Usahakan untuk datang saat musim pancaroba tiba agar air terjun dapat terlihat jelas tanpa harus takut kehujanan saat berkunjung. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan dari Grojogan Sewu ini dengan sempurna.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Solo



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)