SalSari Resto & Coffee

Alas Purwo Banyuwangi tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang di Indonesia. Tempat ini terkenal karena berbagai rumor dan mitos gaib yang beredar di Masyarakat.

Meskipun begitu, hutan seluas 43.420 hektar ini menyimpan banyak pesona seperti keindahan alam hingga nilai sejarah yang penuh misteri. Hutan ini juga menjadi salah satu hutan tertua yang ada di Pulau Jawa.

Nama Alas Purwo sendiri berarti hutan permulaan atau hutan pertama, karena itu tempat ini sangat keramat bagi warga sekitar. Lingkungan hutan yang terjaga dan wingit ini akhirnya jadi tempat tinggal dari 1115 spesies tumbuhan dan hewan.

Lahannya yang luas ini terbagi menjadi 4 kawasan yang semua nya menjadi tanggung jawab dari perhutani. Kawasan tersebut yakni Kawasan Inti, Kawasan Rimba, Kawasan Pemanfaatan, dan Kawasan Penyangga.

Meskipun bernama hutan, bukan berarti yang Anda temukan saat berkunjung ke tempat ini hanya pepohonan saja. Terdapat beberapa pantai terkenal, hutan bakau, savanna, goa, hingga situs bersejarah yang bisa Anda kunjungi di Taman Nasional Alas Purwo. Agar lebih mudah, Anda bisa mengambil paket liburan ke banyuwangi dari biro tour lokal yang ada disana.

Wisata Mistis dan Penuh Misteri di Alas Purwo

Misteri Alas Purwo

Kesan horor dan angker hampir tidak bisa dipisahkan dari hutan ini meskipun memiliki pesona keindahan yang unik. Namun terkadang hal inilah yang menarik dari wisata alam satu ini.

Banyak orang yang berkunjung ke sini memiliki tujuan lain selain berwisata seperti misalnya berziarah dan bersemedi. Mereka yang bersemedi biasanya memilih Goa Padepokan dan Goa Istana sebagai tempat melaksanakan ritual.

Semedi ini dilakukan untuk berbagai maksud mulai dari mencari ilmu hingga pesugihan. Hal itu karena masyarakat meyakini tempat ini sebagai pusat kerajaan tertua makhluk halus yang ada di Pulau Jawa.

Bagi orang yang berziarah lebih sering mengunjungi makam Mbah Dowo, makam sepanjang 7 meter yang ada di hutan. Makam ini berisi tombak sakti pusaka milik Mpu Bharada yang dianggap keramat oleh warga sekitar.

Dengan keunikannya inilah kesan mistis dan angker akan sangat sulit untuk hilang. Untuk itu, masyarakat sekitar mengkeramatkan hutan ini dan pengunjung yang datang perlu menjaga adab saat berada di sini.

Harga Tiket Masuk Alas Purwo

Untuk bisa masuk ke Alas Purwo Anda tidak memerlukan uang yang banyak karena sangat terjangkau. Apalagi jika Anda datang bersama rombongan besar, biaya masuk nya bisa lebih murah.

Berikut ini rincian harga tiket masuk taman nasional serta beberapa fasilitas lainnya yang bisa Anda jadikan acuan sebelum berlibur.

Kategori Harga Tiket
Wisatawan lokal Rp5.000,00 – Rp7.500,00
Wisatawan asing Rp150.000,00 – Rp225.000,00
Biaya berkemah Rp5.000,00
Mengamati hewan liar Rp10.000,00
Rombongan WNI min. 10 orang Rp3.000,00
Rombongan WNA min. 10 orang Rp100.000,00

Harga yang tercantum di tabel sewaktu-waktu dapat berubah terutama harga penginapan yang mengikuti kebijakan pemiliknya. Namun untuk kawasan wisatanya sendiri tidak ada biaya tambahan lain jika Anda ingin menikmati pantai atau area lainnya.

Rute Menuju Lokasi Alas Purwo

Untuk menuju taman nasional ini Anda bisa berangkat ke arah Selatan Banyuwangi menuju Kantor Balai Taman Nasional Alas Purwo. Alamatnya berada di Jalan Brawijaya no. 20, Kebalenan Kecamatan Banyuwangi Jawa Timur.

Dari sana Anda akan langsung mendapat arahan dari petugas untuk menuju gerbang utama yang ada di Kecamatan Tegaldlimo dan Kalipuro. Jaraknya sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi.

Jalan menuju tempat ini pun sangat mulus, sayangnya tidak ada kendaraan umum yang langsung menuju lokasi. Sehingga Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau layanan rental hiace Banyuwangi terdekat sebelum menuju ke tempat ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (5 votes)