earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Sebagai provinsi terluas di Pulau Jawa, Jawa Timur tentu memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Sebab sebagian besar destinasi populer Indonesia bisa Anda temukan di provinsi ini.

Sebut saja misalnya Gunung Bromo, Kawah Ijen, dan Jatim Park yang selalu jadi incaran wisatawan mancanegara saat liburan. Selain itu masih banyak lagi hidden gem lain yang bisa Anda temukan di Jawa Timur, berikut beberapa di antaranya:

Daftar Tempat Wisata Jawa Timur Populer

Bukit Jaddih Bangkalan

Bukit Jaddih Bangkalan

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Salah satu tempat wisata instagramable di Jawa Timur bisa Anda temukan di Bangkalan tepatnya di kawasan Bukit Jaddih. Sekilas tempat wisata Jawa Timur yang terkenal ini terlihat mirip dengan Tebing Breksi yang ada di Jogja namun dengan area yang lebih luas.

Pengunjung yang datang dapat bebas berfoto di berbagai spot menarik yang tersedia. Batuan kapur berwarna putih dengan pahatan berbagai bentuk jadi latar yang apik untuk foto di sosial media Anda.

Anda juga dapat berenang dan bermain air di kolam buatan di tempat bekas penambangan kapur ini. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota yakni di Jl. Goa Pote, Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan.

Untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu membayar Rp10.000,00 dan itu sudah termasuk tiket untuk berenang jika Anda mau. Tempat ini sendiri buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen termasuk destinasi andalan di Kabupaten Banyuwangi yang menjadi tujuan pariwisata internasional. Tempat wisata Jawa Timur yang sudah buka ini memiliki atraksi langka yang hanya ada dua di dunia yakni Blue Fire atau Blue Flame.

Fenomena alam ini bisa Anda nikmati pada ketinggian 2.443 mdpl dari atas kawah sedalam 200 meter pada saat fajar. Ketika langit masih gelap, indahnya api biru yang menyala dapat terlihat dengan jelas.

Untuk menuju lokasi Anda harus berjalan kaki hingga ke puncak atau menggunakan gerobak taksi manusia. Waktu terbaik berkunjung berlangsung saat pagi hari mulai pukul 02.00 WIB, sebab Anda bisa menikmati blue fire dan sunrise sekaligus.

Langsung saja datang ke Pos Paltuding Kawah Ijen di Jl. Kawah Ijen, Sri Wulung, Tamansari, Licin, Kabupaten Banyuwangi. Dengan tiket masuk antara Rp5.000,00 hingga Rp30.000,00 Anda sudah bisa menikmati tempat wisata hits di Jawa Timur ini.

Blitar Park

Blitar Park

Sebagai kota kelahiran Presiden Soekarno, Blitar punya banyak tempat wisata seru seperti Blitar Park. Taman rekreasi ini memiliki berbagai macam wahana menarik yang cocok untuk semua usia seperti yang ada di Dufan Jakarta.

Misalnya saja roller coaster dan kora-kora yang siap memacu adrenalin orang dewasa, atau game zone yang cocok untuk anak-anak. Selain itu, tempat wisata keluarga di Jawa Timur ini juga punya wahana edukatif seru seperti cinema 5D dan waterpark.

Anda juga bisa seru-seruan bersama sambil bermain go-kart di tempat ini. Apalagi dengan tiket masuk yang hanya Rp15.000,00 hingga Rp30.000,00 sangat cocok untuk liburan murah Anda bersama keluarga.

Taman bermain ini terletak di Jl. Raya Desa Pojok-Garum, Sawahan, Pojok, Garum, Blitar. Anda bisa berkunjung antara pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya.

Waduk Pacal Bojonegoro

Waduk Pacal Bojonegoro

Tidak kalah cantik dari Waduk Sermo di Kulon Progo, Waduk Pacal Bojonegoro juga bisa menjadi destinasi Anda di Jawa Timur. Bendungan peninggalan Belanda ini sudah ada sejak tahun 1933 dan memiliki keindahan alam yang menawan.

Suasananya asri berkat pepohonan rindang di sekitar waduknya. Biasanya wisatawan menjadikan waduk ini sebagai lokasi piknik santai bersama keluarga yang murah.

Selain dapat menikmati pemandangan dari tepian, Anda juga bisa menyewa getek untuk berkeliling kawasan waduk. Untuk masuk, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 saja.

Lokasi waduk ini berada di sisi selatan kota, tepatnya di Jl. Waduk Pacal, Kedungsumber, Temayang, Gondang, Bojonegoro. Anda bisa datang kapanpun ke waduk ini karena selalu buka selama 24 jam untuk wisatawan.

Kawah Wurung Bondowoso

Kawah Wurung Bondowoso

Tidak seperti Kawah Sikidang yang mengeluarkan belerang, Kawah Wurung ini justru berselimut padang rumput. Rerumputan ini membuat panorama kawah terlihat seperti bukit teletubbies saat musim subur.

Area perbukitannya pun sangat menarik untuk berbagai aktivitas outdoor seperti camping, bersepeda, hingga bermain ATV. Fasilitasnya juga sudah tersedia jadi Anda bisa langsung sewa di tempat.

Tidak sedikit pula wisatawan yang menjadikan kawah ini sebagai lokasi prewedding mereka. Cukup siapkan saja budget Rp5.000,00 untuk membayar tiket masuk tempat wisata alam terkenal di Jawa Timur ini.

Anda juga bisa datang setiap hari antara pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Lokasinya berada di Daerah Margahayu, Kalianyar, Ijen, Kabupaten Bondowoso.

Pantai Delegan Gresik

Pantai Delegan Gresik

Berbeda dengan Pantai Tirang atau pantai di pesisir Utara pada umumnya, Pantai Delegan mempunyai pasir berwarna putih. Air lautnya pun lebih jernih dengan sedikit warna biru kehijauan yang apik.

Pantai ini pun sangat ramah anak dengan berbagai fasilitas dan wahana permainan seru. Misalnya saja seperti banana boat, penyewaan ban, atau sepeda bebek air.

Tiket masuk yang hanya Rp10.000,00 per orang juga jadi alasan tempat ini selalu ramai saat liburan tiba. Anda dapat bersantai sambil bermain pasir atau menikmati kuliner khas yang tersedia dengan nyaman.

Alamat pantai ini sendiri terletak di Jl. Pasir Putih, Rejodadi, Pasir Putih, Panceng, Kabupaten Gresik. Anda bisa berkunjung antara pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma Jember

Jember juga memiliki pantai cantik bernama Pantai Papuma yang tidak kalah dari Pantai Jogja yang terkenal. Pantai berpasir putih ini punya panorama laut yang eksotis terutama saat sunset dengan air laut tenang berwarna kebiruan.

Selain bersantai, pantai ini juga asyik untuk berbagai aktivitas seperti menaiki perahu, bermain banana boat, hingga mencoba ikan bakarnya. Anda juga bisa menjelajah kawasan Bukit Siti Hinggil atau Goa Jepang yang ada di sekitar pantai.

Untuk menikmati pesona pantai ini, Anda harus menyiapkan biaya retribusi sebesar Rp20.000,00 hingga Rp25.000,00. Jam operasional pantai ini sendiri berlangsung antara pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Anda bisa datang langsung ke lokasinya di Jl. Papuma, Curahrejo, Sumberejo, Ambulu, Kabupaten Jember. Dengan segala pesonanya ini wajar jika Pantai Papuma masuk dalam daftar Pantai Terindah di Indonesia dari TripAdvisor pada tahun 2015.

Bale Tani Jombang

Bale Tani Jombang

Meski terkenal sebagai Kota Santri, Jombang juga memiliki banyak destinasi seru salah satunya Agrowisata Bale Tani. Tempat wisata di Jawa Timur yang cocok untuk anak ini bisa jadi lokasi yang tepat untuk Anda liburan bersama keluarga.

Selain dapat belajar mengenai pertanian, Anda juga bisa melakukan aktivitas wisata yang menyenangkan. Seperti misalnya berenang, berfoto di spot cantik, karaoke, hingga melakukan acara gathering semua bisa.

Tempat ini juga menyediakan fasilitas pijat untuk Anda yang ingin relaksasi dan bersantai. Tiket masuknya pun tidak mahal, hanya Rp10.000,00 per orang, sehingga wajar jika banyak tempat rental mobil terdekat merekomendasikan tempat ini.

Bale Tani buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Jika tertarik Anda bisa mengunjungi alamatnya di Jl. Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Bareng, Kabupaten Jombang.

Simpang Lima Gumul Kediri

Simpang Lima Gumul Kediri

Hampir setiap kota memiliki ikon pariwisatanya sendiri seperti misalnya Kediri yang punya Simpang Lima Gumul. Keunikan tempat ini terletak pada bentuknya yang mirip dengan Arc de Triomphe di Perancis.

Monumen ini memiliki tinggi 25 meter dan luas 804 meter persegi yang ternyata berkaitan erat dengan sejarah Kota Kediri. Tempat ini biasa menjadi lokasi nongkrong anak muda terutama saat akhir pekan.

Selain itu, di sekitar monumen Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di Kediri populer lainnya seperti Taman Gumul. Lokasi SLG ini sendiri berada di persimpangan Jl. Totok Kerot, Dadapan, Tugurejo, Ngasem, Kediri.

Tidak ada tiket masuk yang harus Anda bayar untuk menikmati keindahan ikon Kota Kediri ini, hanya perlu membayar parkir saja. Tempatnya pun buka 24 jam jadi bisa kapanpun Anda kunjungi sesukanya.

Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Wisata Bahari Lamongan

WBL atau Wisata Bahari Lamongan termasuk salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur. Tempat ini menawarkan berbagai macam wahana permainan seru mulai dari wahana rekreasi hingga wahana air.

Kawasan ini bisa dibilang mirip dengan Nusa Dua Bali yang menyediakan fasilitas wisata bahari lengkap. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin rekreasi bersama keluarga.

Mulai dari bermain kayak, mencoba permainan seru, hingga belajar berbagai hal bisa Anda lakukan. Tiket masuknya juga masih terjangkau mulai Rp40.000,00 hingga Rp130.000,00 yang sudah sekaligus tiket beberapa wahana.

Kawasan wisata ini berlokasi di Jl. Raya Paciran, Tunggul, Paciran, Kabupaten Lamongan. Anda bisa berkunjung ke taman bahari ini setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 16.30 WIB.

Gunung Semeru Lumajang

Wisata Gunung Semeru Lumajang

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Jawa yang selalu menjadi incaran para pendaki lokal maupun mancanegara. Salah satu daya tarik gunung dengan tinggi 3676 mdpl ini adalah keindahan bentang alamnya.

Di jalur pendakian gunung ini, Anda bisa melihat banyak landscape yang begitu instagramable. Misalnya saja jembatan merah tengah hutan, ranu kumbolo, atau padang savana yang sangat menawan.

Gunung ini juga menjadi gunung suci bagi warga sekitar sehingga ada beberapa pantangan yang harus Anda patuhi saat mendaki. Untuk pendakiannya sendiri, Anda perlu menyiapkan retribusi sebesar Rp19.000,00 hingga Rp24.000,00 per orang.

Loket pendaftaran pendaki ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Jika Anda tertarik bisa datang ke alamat basecampnya di Jl. Ranupani, Ranupane Satu, Ranupani, Senduro, Kabupaten Lumajang

Watu Rumpuk Madiun

Watu Rumpuk Madiun

Di daerah Madiun, terdapat satu tempat wisata alam terkenal yang selalu ramai saat liburan yakni Watu Rumpuk. Destinasi di kawasan Gunung Tapak Bimo ini menawarkan panorama cantik bebatuan dan spot foto menarik.

Dari keindahannya, watu rumpuk ini tidak kalah dari salah satu tempat wisata di Klaten terkenal yaitu Puncak Arjuna Sidowayah. Anda bisa bebas berfoto dan bersantai di spot batu tumpuk atau tempat apik lainnya.

Tak hanya itu, tempat ini juga menawarkan wisata sejarah berupa Goa Jepang dan bunker yang terletak di kawasan puncak. Lokasi objek wisata ini terletak di Morosowo, Mendak, Dagangan, Kabupaten Madiun.

Anda bisa datang mengunjungi Watu Rumpuk ini antara pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap hari. Siapkan saja biaya tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orang dan Anda sudah bisa sepuasnya bersantai di sini.

Telaga Sarangan Magetan

Telaga Sarangan Magetan

Sejak zaman Belanda, Telaga Sarangan sudah sangat terkenal karena keindahannya yang menyerupai Danau Geneva di Swiss. Panorama asri kaki Gunung Lawu langsung terasa saat Anda mengunjungi danau seluas 30 hektar ini.

Selain menikmati panorama danau di atas gunung, Anda bisa bermain dengan sejumlah fasilitas yang tersedia. Misalnya seperti speed boat untuk berkeliling danau atau menunggangi kuda mengitari sekitar danau.

Berbagai kuliner lezat pun bisa Anda dapatkan di warung-warung sekeliling telaga. Anda bisa mengunjungi telaga ini menggunakan paket wisata Solo murah atau langsung ke alamatnya di Jl. Raya Telaga No.193, Telaga Pasir, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan.

Untuk tiket masuk kawasan telaga ini pun tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp20.000,00 per orang. Anda pun bisa datang kapanpun karena Telaga Sarangan buka selama 24 jam.

Malang Night Paradise

Malang Night Paradise

Kota Malang memiliki banyak destinasi menarik dan satu yang cukup populer adalah Malang Night Paradise. Tempat wisata hits di Malang satu ini menawarkan wisata malam yang seru untuk rekreasi Anda bersama keluarga.

Ada banyak wahana permainan seru seperti pasar malam lengkap dengan lampu-lampu hias cantik. Pengunjung yang datang bisa puas berfoto dan mencoba wahana yang ada.

Tiket masuknya pun tidak terlalu mahal sekitar Rp55.000,00 hingga Rp145.000,00 untuk tiket terusan. Jadi wajar jika tempat ini selalu menjadi destinasi dari banyak paket liburan murah ke Malang.

Anda bisa langsung mengunjungi lokasinya di Jl. Graha Kencana Raya, Karanglo, Balearjosari, Blimbing, Kota Malang. Tempat wisata Jawa Timur ini buka pada pukul 17.45 WIB hingga 22.00 WIB, namun Anda tetap bisa datang lebih awal sebab siang harinya tempat ini menjadi Hawai Waterpark.

Gunung Penanggungan Mojokerto

Wisata Gunung Penanggungan Mojokerto

Gunung Penanggungan termasuk salah satu tempat wisata populer di Mojokerto. Meski tingginya hanya 1653 mdpl, gunung ini menawarkan panorama Gunung Arjuna dan Welirang yang menawan.

Treknya tidak terlalu berat sehingga untuk pemula sekalipun bukan masalah. Para pengunjung biasanya memilih berkemah di sekitar kawasan puncak untuk dapat menikmati sunset dan sunrise.

Anda hanya butuh waktu kurang lebih 3 jam untuk bisa mencapai puncak. Retribusi pendakian gunung ini pun tidak terlalu mahal hanya Rp10.000,00 per orang.

Anda pun bisa datang kapanpun karena basecamp gunung ini buka selama 24 jam. Ada banyak pilihan jalur yang bisa Anda pilih namun salah satunya berada di daerah Kedungudi, Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Air Terjun Sedudo Nganjuk

Air Terjun Sedudo Nganjuk

Bagi warga Nganjuk dan sekitarnya, tentu sudah tidak asing lagi dengan air terjun Sedudo. Air terjun ini memiliki keindahan yang tidak kalah dari air terjun Coban Rondo yang lebih populer.

Tingginya sendiri mencapai 105 meter dan berada pada ketinggian 1.438 mdpl sehingga suasana terasa sejuk. Air terjun ini juga memiliki mitos yakni barang siapa yang mencuci muka di aliran airnya, ia akan awet muda.

Legenda inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari air terjun Sedudo ini. Jika penasaran ingin membuktikan mitos tersebut, Anda bisa datang ke lokasinya di Jl. Sedudo, Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

Tempat wisata Jawa Timur instagramable ini hanya mematok biaya tiket masuk sebesar Rp8.000,00 hingga Rp15.000,00. Anda bisa mendatangi objek wisata ini setiap hari antara pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB

Sumber Koso Ngawi

Sumber Koso Ngawi

Sumber Koso di Ngawi memiliki suasana yang mirip dengan Sumber Jenon di Malang. Namun tempat wisata terkenal di Ngawi ini punya fasilitas wisata yang lebih lengkap.

Selain dapat menikmati suara gemericik air serta ikan yang berenang di kolam, Anda juga bisa camping santai bersama teman. Tempat ini juga memiliki fasilitas outbound yang asyik untuk berbagai acara.

Suasana asri di antara pepohonannya pun sangat cocok untuk menjadi lokasi piknik bersantai Anda bersama keluarga. Sumber Koso sendiri buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Cukup siapkan saja budget retribusinya yang hanya Rp5.000,00 hingga Rp7.000,00. Lokasinya berada di Desa Girikerto, Sine, Kabupaten Ngawi sekitaran lereng Gunung Lawu.

Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan

Salah satu pantai andalan di Pacitan yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Klayar yang mirip dengan Pantai Telawas. Pantai dengan ombak besar ini memiliki panorama cantik gugusan batu karang besar di tengah pasir putih dan lautan biru.

Saat berkunjung Anda dapat berfoto dengan beberapa batu karang unik seperti batu sphinx dan seruling paus. Dua batu ini menjadi salah satu ikon dari pantai pasir putih Pacitan ini.

Selain dapat berfoto, pantai ini juga menyediakan fasilitas permainan seperti ATV untuk Anda coba. Siapkan saja uang tiket masuk sebesar Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 untuk menikmati keindahan pantai ini.

Lokasinya pun cukup mudah untuk Anda kunjungi karena berada di Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan. Pantai ini buka selama 24 jam sehingga Anda bisa bebas datang kapanpun sesuai keinginan.

Puncak Ratu Pamekasan

Puncak Ratu Pamekasan

Di Madura tepatnya di daerah Pamekasan, terdapat pula panorama alam cantik seperti yang ada di Puncak Lawang. Nama tempat tersebut adalah Puncak Ratu Pamekasan.

Di sini tersedia berbagai macam spot selfie menarik dengan pemandangan lembah dan bukit yang menawan. Tempat wisata instagramable di Madura ini selalu jadi incaran kawula muda saat musim liburan tiba.

Anda dapat berfoto di spot gardu pandang, gerbang cinta, atau rumah pohon sambil bersantai menikmati pemandangan. Biaya masuk kawasan instagenic ini pun tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp5.000,00 per orang.

Selain itu, meski buka selama 24 jam, puncak bukit ini paling cantik Anda datangi saat pagi hari. Lokasinya berada di daerah Kongsi, Tebul Barat, Pegantenan, Kabupaten Pamekasan.

Telaga Ngebel Ponorogo

Telaga Ngebel Ponorogo

Telaga Ngebel termasuk salah satu danau cantik yang tidak kalah menarik dari Danau Batur. Punggung gunung yang mengelilingi tepian danau menjadi panorama apik telaga ini.

Anda bisa menikmati keindahan Telaga Ngebel dengan menggunakan perahu atau sepeda air untuk berkeliling. Agar semakin seru, pihak pengelola juga menyediakan wahana menantang seperti flying fox yang bisa Anda coba.

Namun aktivitas paling menarik di sini tentu saja mencoba kulinernya seperti ikan bakar atau buah durian matang. Keseruan yang ada di sini bisa Anda nikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp8.000,00 saja.

Langsung saja datang antara pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB setiap harinya. Lokasi telaga ini beralamat di Jl. Raya Ngebel No.16, Bentis, Wagir Lor, Ngebel, Kabupaten Ponorogo.

Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air terjun Madakaripura sering menjadi destinasi tambahan dalam setiap paket tour Bromo murah dari Surabaya. Selain karena lokasinya yang dekat, keindahan air terjun ini memang sangat mempesona.

Apalagi dengan legenda mengenai Patih Gajah Mada yang melekat di air terjun ini memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung. Ciri khas air terjun ini terletak dari lokasinya yang tersembunyi dan tebing yang melingkar.

Anda bisa puas bermain air dan berenang di bawah aliran air terjun ini. Lokasi Air Terjun Madakaripura sendiri berada di Jl. Raya Tersono, Lambangkuning, Lumbang, Probolinggo pada ketinggian 1000 mdpl.

Wisatawan yang ingin berkunjung hanya perlu menyiapkan fisik serta biaya tiket masuk sebesar Rp22.000,00. Air terjun ini bisa Anda kunjungi antara pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya.

Pantai Lon Malang Sampang

Pantai Lon Malang Sampang

Salah satu pantai yang menjadi favorit warga Madura untuk camping santai adalah Pantai Lon Malang. Pantainya terletak di Jl. Raya Batu Lenger, Batu Lenger Timur, Bira Tengah, Sokobanah, Kabupaten Sampang, bukan di Malang.

Panorama sunset dan sunrisenya menjadi daya tarik dan alasan mengapa pantai ini selalu ramai terutama saat akhir pekan. Anda dapat bersantai bercengkrama bersama teman di atas hamparan pasir putih yang landai.

Keindahannya pun tidak kalah dari Pantai Wohkudu di Gunung Kidul yang juga sering menjadi spot berkemah. Pengalaman bermalam di tepian pantai ini bisa jadi pengalaman terbaik Anda selama liburan.

Cukup siapkan saja biaya masuk yang hanya Rp5.000,00 dan biaya sewa jika Anda tidak mempunyai tenda. Untuk Anda yang tidak mau camping bisa datang antara pukul 07.30 WIB hingga 17.30 WIB setiap harinya.

Lumpur Lapindo Sidoarjo

Wisata Lumpur Lapindo Sidoarjo

Musibah yang muncul akibat semburan Lumpur Lapindo ternyata membawa berkah tersendiri. Kawasan perkampungan yang terendam semburan lumpur kini menjadi tempat wisata Jawa Timur paling hits dan populer di Sidoarjo.

Banyak wisatawan yang penasaran dengan kondisi terkini dan ingin melihat langsung dampak semburan yang terjadi belasan tahun silam. Dari atas tanggul Anda dapat melihat hamparan luas lumpur yang sudah mengering.

Di tempat ini pula Anda bisa melihat manekin yang menjadi monumen bagi para korban lumpuran dan sering menjadi lokasi foto wisatawan. Jika Anda tertarik, Anda perlu membayar Rp10.000,00 untuk naik tanggul dan Rp50.000,00 untuk menuju pusat semburan.

Lokasi wisata lumpur Lapindo ini sendiri berada di Jl. Raya Tanggulangin, Ketapang, Tanggulangin, Jatirejo, Porong, Kabupaten Sidoarjo. Anda bisa datang antara pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB jika ingin melihat-lihat.

Taman Nasional Baluran Situbondo

Taman Nasional Baluran Situbondo

Banyak yang mengenal Taman Nasional Baluran ini sebagai ‘The Little Africa of Java’. Bukan tanpa alasan, sebab panorama savana di Taman Nasional ini memang terlihat sangat menawan seperti di Afrika.

Anda bisa melihat hewan-hewan seperti banteng, rusa, hingga merak berlalu lalang di sekitar hutan. Selain savana, taman nasional seluas 25.000 hektar ini juga memiliki hutan unik serta pantai-pantai cantik seperti hutan evergreen.

Kawasan taman nasional ini sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan petualangan seru di suasana alam yang asri. Lokasinya berada di daerah Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Taman nasional ini buka mulai pukul 07.30 WIB hingga 16.00 WIB setiap hari. Untuk masuk kawasan ini pun Anda hanya harus membayar Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00 saja.

Pantai Sembilan Sumenep

Pantai Sembilan Sumenep

Pantai Sembilan merupakan salah satu pantai di kepulauan Madura yang menjadi favorit banyak wisatawan seperti Pantai Pandan Sibolga. Lokasinya berada di pulau kecil Gili Genting tepatnya di Jl. Raya Bringsang, Bringsang, Giligenting, Kabupaten Sumenep.

Pasirnya berwarna putih dengan hamparan yang luas dan landai sehingga cocok untuk bersantai. Anda bisa memilih untuk duduk di gazebo atau camping bersama teman di pantai ini.

Selain itu, pantai ini juga menyediakan wahana permainan air seru mulai dari ATV hingga banana boat. Dengan segala pesonanya, pantai ini wajib sekali untuk Anda kunjungi.

Biaya tiket masuknya pun tidak mahal hanya Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00 sudah termasuk penyeberangan kapal. Waktu kunjungannya pun bebas karena pantai ini terbuka selama 24 jam.

Pantai Prigi Trenggalek

Pantai Prigi Trenggalek

Mengunjungi Trenggalek sempatkan untuk mampir ke Pantai Prigi di Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Pantai di Selatan pulau Jawa ini punya ombak yang tenang karena berada di kawasan teluk seperti Pantai Gesing.

Pasirnya pun berwarna putih dengan berbagai fasilitas wisata yang lengkap. Misalnya saja panggung pentas, kapal sewaan, serta warung-warung makan sederhana tersedia di pantai ini.

Dengan fasilitasnya yang lengkap itu, Anda bisa puas bermain air dan berenang bersama keluarga selama liburan. Sehingga cocok sekali untuk menjadi destinasi saat liburan Anda bersama keluarga.

Tiket masuk pantai ini pun hanya Rp10.000,00 per orang. Anda bisa datang setiap hari di jam berapapun yang Anda inginkan karena tempat ini buka selama 24 jam.

Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa Tuban

Ingin bermain flying fox di pantai? Datang saja ke Pantai Kelapa Tuban. Pantai dengan pasir putih serta pohon-pohon kelapa yang melambai ini punya wahana flying fox yang bisa Anda coba.

Selain itu, suasana pantai yang rindang seperti di Pantai Goa Cemara sangat pas untuk Anda piknik bersama keluarga. Sambil duduk santai, Anda bisa menikmati segarnya es kelapa muda saat sunset tiba.

Foto-foto yang Anda dapatkan di pantai ini pun pasti terlihat sangat menarik dengan latar pohon kelapanya. Jika Anda penasaran, bisa langsung kunjungi lokasinya yang terletak di Jl. Gresik, Kepoh, Panyuran, Palang, Kabupaten Tuban.

Tempat ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap hari. Tiket masuknya pun masih sangat murah hanya sekitar Rp3.000,00 namun belum termasuk karcis parkir.

Pantai Sine Tulungagung

Pantai Sine Tulungagung

Di daerah Tulungagung, Pantai sine menjadi salah satu destinasi favorit yang wajib untuk Anda kunjungi. Kondisi pantainya pun masih segar dan terjaga berkat pepohonan di sekitarnya.

Kesejukan di pantai ini pun tidak kalah dari Pantai Virgin Karangasem, sehingga pas menjadi tempat untuk bersantai. Apalagi pemandangan di tempat ini akan terlihat semakin indah saat sunset tiba.

Selain bisa bersantai, kondisi pantai yang landai juga memungkinkan Anda untuk puas bermain air. Lokasi pantai ini sendiri berada di Jl. Pantai Sine Tulungagung, Sine, Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung.

Anda bisa berkunjung kapanpun karena tempat ini terbuka untuk wisatawan selama 24 jam penuh. Siapkan saja biaya tiket masuknya yang hanya sekitar Rp10.000,00 per orang.

Jatim Park 3 Batu Malang

Jatim Park 3 Batu Malang

Kota Batu sudah terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang menarik salah satunya Jatim Park 3. Theme park di bawah naungan Jatim Park Group ini menawarkan tema dinosaurus yang unik.

Hampir semua wahana yang ada bertemakan dinosaurus mulai dari wahana menantang seperti roller coaster hingga wahana edukasinya. Tidak hanya itu, tempat wisata Jawa Timur hits ini juga cocok untuk Anda menghabiskan waktu bersama pasangan.

Ada banyak spot yang bisa Anda pilih untuk seru-seruan berdua seperti zona Jepang, Korea, dan house of zombie. Semua wahana ini bisa Anda nikmati dengan membayar tiket masuk yang berkisar antara Rp30.000,00 hingga Rp160.000,00.

Lokasinya pun sangat strategis karena berada di jalur utama menuju Malang, tepatnya di Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Junrejo, Kota Batu. Taman rekreasi ini bisa Anda kunjungi pada jam operasionalnya mulai pukul 11.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Gunung Kelud Blitar

Gunung Kelud Blitar

Blitar juga menawarkan banyak destinasi wisata alam yang menarik seperti misalnya Gunung Kelud. Gunung berapi setinggi 1731 mdpl tidak hanya menjadi tujuan pendakian namun juga wisata yang tidak ada duanya.

Misalnya seperti kawah Kelud yang bisa Anda lihat dari dekat atau tebing sumbing yang berbentuk seperti taring. Tidak kalah aneh adalah jalan tanjakan misteri yang bisa membuat mobil atau botol menggelinding ke atas.

Destinasi wisata ini bisa jadi alternatif untuk Anda yang ingin mengajak keluarga rekreasi. Biayanya pun murah karena hanya sekitar Rp22.000,00 per orang.

Area wisatanya sendiri terbuka untuk umum mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.30 WIB. Anda yang ingin berkunjung bisa langsung datang ke alamatnya di Jl. Kelud, Mulyorejo, Sugihwaras, Ngancar, Kabupaten Kediri.

Sumber Sirah Kediri

Sumber Sirah Kediri

Salah satu tempat wisata terpopuler di Kediri adalah Sumber Sirah. Pemandian air alami ini mempunyai panorama bawah air yang cantik dan suasana yang sejuk.

Kejernihan serta airnya yang segar tidak kalah dari Umbul Ponggok yang ada di Klaten. Pohon-pohon besar yang tumbuh di sekeliling kolam membuat tempat ini terasa teduh dan asyik untuk berlama-lama.

Selain itu, Anda juga bisa puas berfoto serta bermain di sejumlah wahana yang ada di tempat ini. Alamat Sumber Sirah sendiri terletak di Desa Sukorejo, Kerkep, Gurah, Kabupaten Kediri.

Anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk mengunjungi tempat ini cukup Rp2.000,00 saja per orangnya. Jika tertarik, Anda bisa datang antara pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya.

Alun-alun Kota Madiun

Alun-alun Kota Madiun

Alun-alun kota Madiun bisa menjadi alternatif destinasi untuk Anda yang ingin liburan murah di Jawa Timur. Ruang terbuka untuk umum ini gratis dan selalu buka selama 24 jam.

Anda bisa bebas datang kapanpun waktu yang Anda inginkan. Jika datang saat pagi atau siang hari, suasana sejuk area alun-alun bisa jadi tempat beristirahat yang tepat.

Alun-alun ini juga memiliki Taman Pintar yang menjadi sarana edukasi gratis bagi masyarakat. Sedangkan saat malam hari, area alun-alun berubah menjadi pasar malam yang ramai dan meriah.

Anda bisa menemukan banyak stand makanan, permainan, hingga lampion cantik di sekitar alun-alun. Jika tertarik berkunjung bisa datang ke alamatnya di Jl. Kolonel Marhadi, Nambangan Lor, Manguharjo, Kota Madiun.

Lembah Indah Malang

Lembah Indah Malang

Tak hanya di area kotanya saja, daerah kabupaten Malang juga punya banyak tempat menarik seperti Lembah Indah Malang. Tempat satu ini menjadi salah satu tujuan staycation favorit di Malang.

Tempatnya indah dengan landscape perbukitan hijau yang asri. Dari area glamping yang tersedia, Anda bisa melihat langsung keindahan kota Malang saat malam hari.

Selain itu, tempat-tempat di objek wisata ini sangat instagramable jadi Anda bisa mendapatkan banyak foto menarik saat berkunjung. Jika tidak ingin menginap, Anda cukup membayar Rp20.000,00 untuk bisa masuk kawasan ini.

Lokasinya pun bisa Anda kunjungi menggunakan layanan rental mobil di Malang yang siap mengantar. Atau bisa pula langsung mengunjungi alamatnya di Gendogo, Balesari, Ngajum, Kabupaten Malang antara pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Ranu Manduro Mojokerto

Ranu Manduro Mojokerto

Ranu Manduro termasuk salah satu tempat wisata Indonesia yang viral saat kemunculannya. Sebab keindahan padang rumput di lembah bekas galian pasir ini terlihat seperti di luar negeri.

Bahkan saat viral, antrian wisatawan yang ingin berkunjung padat memenuhi jalan menuju lokasi. Tempat ini sering menjadi pilihan pengunjung untuk melakukan sesi pemotretan prewedding.

Waktu terbaik berkunjung biasanya saat akhir musim panas atau awal musim penghujan sebab rumput-rumputnya terlihat hijau. Sedangkan untuk jam operasional tempat ini tidak ada jadi Anda bisa bebas datang kapan saja.

Tiket masuknya pun hanya sekitar Rp3.000,00 hingga Rp10.000,00 tergantung warga sekitar. Lokasinya bisa Anda temukan di Daerah Mandurono, Watesnegoro, Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo sudah menjadi salah satu tujuan utama wisatawan dari berbagai belahan dunia. Keindahan golden sunrisenya jadi buah bibir yang selalu jadi incaran wisatawan yang datang.

Panorama eksotis lautan pasirnya pun menjadi daya tarik tersendiri. Selain dapat menikmati keindahan alam, Bromo juga menawarkan kekayaan budaya dari Suku Tengger yang sering melakukan upacara di gunung suci ini.

Sambil menaiki jeep Anda bisa mendapatkan pengalaman seru selama liburan di tempat ini. Tiket masuk per orangnya pun tidak mahal hanya sekitar Rp30.000,00 hingga Rp35.000,00 belum termasuk sewa jeep.

Jika ingin menikmati sunrise, Anda bisa berangkat pukul 02.00 WIB dari pos terdekat atau datang kapanpun karena tempat ini buka selama 24 jam. Lokasi persis gunung ini sendiri berada di Podokoyo, Tosari, Pasuruan.

Alun-alun Probolinggo

Alun-alun Probolinggo

Seperti halnya alun-alun Kota Magelang, Alun-alun Probolinggo juga bisa menjadi destinasi menarik selama liburan. Tempat ini menawarkan berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan.

Misalnya seperti berwisata kuliner saat car free day berlangsung. Berbagai macam makanan khas Probolinggo hingga jajanan kekinian bisa Anda temukan di stand makanan yang berjajar.

Tempat ini juga memiliki banyak spot menarik untuk Anda berfoto seperti patung garuda dan dinding reliefnya. Suasana alun-alun pun semakin ramai dengan kehadiran merpati yang bisa Anda beri makan secara langsung.

Seperti halnya ruang terbuka umum lainnya, tempat ini gratis dan bebas Anda kunjungi selama 24 jam. Langsung saja datang ke Jl. KH Mas Mansyur, Mangunharjo, Sukabumi, Mayangan, Kota Probolinggo jika Anda ingin berkunjung.

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Kota Pahlawan juga punya banyak tempat menarik yang wajib Anda kunjungi salah satunya Kebun Binatang Surabaya. Berbagai macam hewan bisa Anda temukan di dalam kebun binatang ini mulai dari mamalia, aves, reptil hingga ikan semua ada.

Selain itu tersedia pula wahana bagi para pengunjung yang siap membuat liburan semakin seru. Misalnya seperti hewan tunggangan, taman bermain, dan juga sepeda air.

Ikon kota Surabaya yakni patung buaya dan hiu pun bisa Anda temukan di kawasan kebun binatang ini. Untuk tiket masuknya juga masih sangat terjangkau hanya Rp15.000,00 per orang.

Anda bisa mengunjungi tempat ini setiap hari antara pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Alamatnya berada di Jl. Setail No.1, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya.

Itulah tadi sejumlah tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Jawa Timur. Daftar tempat wisata di atas baru sebagian kecil destinasi yang bisa Anda jelajahi lagi di Jawa Timur.

Agar rencana liburan Anda semakin mudah dan sempurna, jangan ragu manfaatkan layanan biro perjalanan seperti Salsa Wisata. Dengan berbagai pilihan layanan terlengkap, segala kebutuhan liburan Anda bisa terpenuhi dengan mudah.

Sehingga tidak ada lagi masalah selama liburan yang harus Anda tangani sendiri. Semua sudah siap tersedia, terlayani oleh Salsa Wisata demi liburan impian yang Anda inginkan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)