SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Alun alun Batu, sebagaimana alun-alun kota pada umumnya selalu ramai dikunjungi masyarakat. Apalagi bagi wisatawan dari luar kota, akan kurang rasanya jika tidak berhenti ke alun-alun kota yang dikunjungi.

Namun sedikit berbeda dari alun-alun kota lainnya, alun alun kota Batu ini benar-benar menunjukan kesan Kota Wisata dari Kota Batu. Pada awalnya alun-alun ini bernama Taman Tari Banyu dan hanya taman biasa milik pemerintah Belanda.

Baru di tahun 1942, taman ini beralih fungsi menjadi alun-alun bagi masyarakat. Lalu setelah tahun 2001 Kota Batu terpisah dengan kabupaten Malang taman ini terus direnovasi hingga menjadi cantik seperti sekarang.

Kegiatan Seru di Alun-alun Batu

Alun alun Batu Malang menjadi satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki wahana bermain permanen. Selain itu tata letak taman ini tidak hanya lapangan dengan pohon besar di tengahnya, namun dilengkapi berbagai fasilitas menarik.

Tidak heran bila tempat wisata di Malang ini juga sering menjadi tujuan wisata bagi masyarakat maupun pelancong. Karena banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan di Alun-alun Batu seperti berikut ini.

Bianglala Alun-alun Batu

Bianglala Alun-alun Batu

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ciri khas utama dari alun-alun kota Batu adalah keberadaan bianglala permanen yang juga beroperasi sebagai wahana di sini. Ukuran bianglala ini pun tidak kecil, dari atas bianglala Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan kota Batu yang indah.

Bianglala ini terdiri dari 17 kabin yang bisa menampung hingga 4 orang sekaligus. Selain itu juga perlengkapan keamanan seperti seatbelt dan yang lainnya sudah dipersiapkan.

Khusus Anak-anak juga sudah disediakan wahana lain seperti Komidi Putar. Dengan berbagai wahana ini setiap pengunjung yang datang bisa bermain dan puas berwisata dengan murah.

Taman Bermain Anak

Taman Bermain Anak Alun-alun Batu

Tidak hanya sebatas wahana, di alun alun batu juga tersedia arena bermain khusus untuk anak-anak. Mulai dari perosotan, ayunan, jungkat jungkit, dan permainan lainnya bisa digunakan anak-anak untuk bermain.

Area ini juga dibuat sangat nyaman dan aman bagi anak kecil sehingga orang tua bisa tenang mengawasi anaknya bermain. Patung dan miniatur di sekitar area bermain juga bisa menjadi tempat beristirahat atau berfoto sambil menunggu anak-anak.

Berfoto di Bangunan Buah dan Cosplayer

Ciri khas lain dari alun-alun Batu adalah bangunan berbentuk Apel dan Strawberry yang berada di area taman. Bangunan ini berfungsi sebagai tolet dan pusat informasi bagi pengunjung yang datang.

Karena bentuknya yang unik tidak jarang warga sekitar atau pengunjung yang datang berfoto di area ini. Banyaknya wisatawan yang senang berfoto, menjadi peluang bagi sebagian orang untuk melakukan cosplay.

Para cosplayer ini menggunakan kostum berbagai macam tipe ada superhero, tokoh kartun, bahkan kostum hantu untuk menarik perhatian pengunjung. Wisatawan yang ingin berfoto dengan mereka cukup membayar seikhlasnya ke tempat yang sudah masing-masing cosplayer siapkan.

Sepeda dan Mobil Hias

Di malam hari, wahana seperti sepeda hias dan mobil hias selalu menjadi pilihan wisatawan untuk berkeliling area alun-alun. Lampu-lampu yang menyala di kendaraan semakin meriah karena musik yang terdengar dari setiap wahana.

Wahana ini juga tersedia saat masih terang di siang atau sore hari meskipun lampu yang menyala tidak terlalu terlihat. Walaupun begitu wisatawan tetap bisa menikmati alun-alun Batu dengan hati riang bersama keluarga.

Air Mancur

Alun alun Batu juga memiliki banyak air mancur, ada 5 air mancur yang bisa Anda temukan di taman ini. Tiap air mancur memiliki bentuk  unik dan menarik salah satunya adalah air mancur tugu apel.

Di Air mancur tugu apel, Anda akan melihat apel yang bertumpuk di tengah air mancur bertingkat. Air mancur ini berada di tengah Alun-alun dan menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan.

Air mancur yang juga menjadi tempat favorit adalah air mancur yang berada di dekat taman bermain anak. Di air mancur ini Anda bisa berfoto dengan latar tulisan Alun alun kota wisata batu yang jadi landmark kota Batu.

Selain itu juga terdapat air mancur yang selalu jadi tempat bermain air bagi anak-anak. Air mancur ini berada di lantai dan menyembur dengan pola di titik-titik tertentu. Jadi Anda yang ingin bermain air bisa siapkan baju ganti saat berkunjung ke sini.

Lihat tempat wisata di Malang lainnya: Air Terjun Coban Rondo.

Wisata Kuliner di Alun-alun Batu

Alun-alun batu juga bisa menjadi tempat yang pas untuk wisata kuliner. Ada banyak pedagang kaki lima, resto, dan kafe di sekitar area alun-alun.

Jajanan khas indonesia seperti soto, sate, bakso malang, dan lainnya bisa dengan mudah Anda temukan. Jika Anda ingin menikmati makanan sekaligus pemandangan, resto dan kafe di pinggir alun-alun juga bisa jadi tempat yang pas.

Tidak jauh dari alun-alun juga terdapat pasar Laron. Pasar inipun menjual berbagai jajanan dan makanan ringan. Selain itu wisatawan bisa membeli oleh-oleh atau aksesoris yang Anda inginkan di Pasar Laron ini.

Harga Tiket Wahana Bermain di Alun-alun Batu

Tiket masuk area alun-alun Batu ini gratis atau tidak ada biaya apapun. Orang yang datang bebas berhenti dan masuk beraktivitas di area alun alun.

Hanya saja, untuk beberapa wahana pengunjung harus menyiapkan biaya begitu juga dengan parkirnya. Berikut ini rincian biaya beberapa wahana yang ada di alun alun Batu.

Wahana Bermain Harga Tiket
Bianglala Rp5.000,00
Komidi putar Rp5.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Alun Alun Batu

Untuk menuju Alun-Alun Kota Batu Malang sangatlah mudah, karena lokasinya berada di Jl. Diponegoro, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Jalan ini merupakan akses utama menuju Malang dan sudah pasti Anda lewati jika berkunjung ke Jatim Park 3 dari barat.

Cara paling mudah menuju alun-alun ini tentu saja menggunakan mobil sendiri atau sewa mobil murah di lokasi Anda menginap. Anda cukup menggunakan google maps dan langsung bisa menuju alun-alun berkat rute dari google.

Namun jika harus menggunakan kendaraan umum Anda bisa menaiki angkot dengan kode BL/BTL yang akan berhenti di depan alun-alun. Angkot ini bisa Anda temukan dengan mudah di terminal Landungsari.

Jam Operasional

Taman ini bebas terbuka untuk umum selama 24 jam dan bisa Anda kunjungi di hari apapun. Namun beberapa wahana hanya beroperasi di jam tertentu tergantung kebijakan pengelola.

Waktu paling ramai di alun-alun batu ini biasanya saat sore hari hingga malam. Tempat ini pun semakin ramai saat akhir pekan, jadi Anda perlu mempersiapkan diri jika ingin berkunjung saat libur.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai Alun alun kota Batu Malang. Tempat unik ini menjadi kebanggaan masyarakat kota batu dan menunjukan wajah kota batu sebagai kota wisata yang menyenangkan.

Sehingga tidak jarang wisatawan yang berlibur menggunakan paket liburan ke Malang juga ingin mengunjungi destinasi di kota Batu ini. Suasana sejuk, liburan yang murah, dan pengalaman berlibur baru jadi hal yang bisa Anda dapatkan di Kota Batu.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Salsa Rizqi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (4 votes)