SalSari Resto & Coffee

Liburan keluarga, pasti akan jauh lebih seru jika menggunakan rental bus pariwisata Pekalongan murah! Dengan bus ini, Anda sekeluarga dapat bermain game, berkaraoke dan melakukan kegiatan seru lainnya sampai ke tempat tujuan. Salah satu tempat tujuan yang wajib Anda kunjungi adalah Black Canyon Pekalongan!

Siapa bilang Pekalongan hanya tempat jual-beli batik? Pekalongan memiliki banyak sekali tempat wisata Pekalongan terkenal, termasuk wisata air yang satu ini!

Wisata alam ini masih terletak di kawasan wisata Pegunungan Dieng, Jawa Tengah. Dengan ketinggian di atas 1.300 mdpl, maka tidak heran jika udaranya sejuk dan menyegarkan.

Sekilas Tentang Black Canyon Pekalongan

Black Canyon pekalongan

Wisata alam ini menawarkan keindahan mata air yang sangat jernih. Air tersebut berasal dari tebing bebatuan tinggi yang bermuara di Sungai Welo.

Pada awalnya, wisata alam ini bernama Kedung Sipingit Petungkriyono. Kata singit sendiri memiliki arti angker. Wisata alam ini mendapatkan nama tersebut karena Sungai Welo yang memiliki kesan angker.

Namun, lama-lama nama itu terlupakan dan tergantikan dengan Black Canyon. Alasan penamaan tersebut adalah karena tebing bebatuan hitam yang mengelilingi sungai.

Pengelola mengemukakan bahwa penggantian nama tersebut merupakan salah satu upayanya untuk branding dan menghilangkan kesan angker pada wisata alam ini. Beruntungnya, upaya branding tersebut berhasil dan membuat obyek wisata ini lebih terkenal lagi di kalangan masyarakat.

Fasilitas Black Canyon Pekalongan

Tempat parkir tempat wisata ini lumayan luas. Walaupun letaknya outdoor, tetapi pengelola memasang tenda-tenda sehingga kendaraan Anda tidak akan kepanasan atau kehujanan.

Selanjutnya, Anda juga bisa menaruh barang di tempat penitipan barang dengan harga Rp5.000,00. Ketika di pertengahan jalan menuju sungai, Anda juga akan menemukan bilik-bilik ruang bilas dan ruang ganti.

Selain itu, wisata alam ini juga menyediakan warung-warung jajanan, serta makanan berat. Di area ini juga terdapat Masjid Al Huda Tinalum bagi umat islam yang ingin melaksanakan sholat.

Harga Tiket Black Canyon Pekalongan

Untuk menikmati keindahan wisata alam ini, harga yang harus Anda bayarkan sangat murah. Karena itu, tidak perlu ragu jika Anda ingin berkunjung kesini.

Apalagi tempat ini hanya 2 jam dari Semarang, jadi setelah puas berkeliling Pekalongan, Anda bisa lanjut berlibur ke Semarang. Tidak perlu khawatir soal budget, karena Salsa Wisata menyediakan paket wisata Semarang murah.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Paker wisata Black Canyon

-Tiket masuk

-Sewa pelampung

-Camping Area

Rp20.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00

Lokasi Black Canyon

wisata Black Canyon Pekalongan

Wisata alam ini berada di Taman Alam Nasional Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Untuk pergi ke tempat wisata ini, Anda dapat melewati Kecamatan Doro ke arah Dieng.

Jika berangkat dari Semarang, Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih dua jam melalui Jl. Tol Semarang. Karena perjalanannya yang lumayan jauh, ditambah lika-liku, serta tanjakan dan turunannya, Anda harus memastikan mobil Anda dalam kondisi prima.

Kalau tidak yakin dengan kondisi mobil Anda, Anda bisa menggunakan layanan rental mobil terpercaya. Setelahnya, Anda juga masih bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya atau menikmati wisata kuliner.

Di kawasan ini, ada banyak restoran makanan khas Wonosobo kekinian yang wajib Anda kunjungi.

Daya Tarik Black Canyon Pekalongan

Tracking

trekking Black Canyon

Untuk sampai ke lokasi wisata alam ini, Anda masih harus berjalan kaki dari tempat pembelian loket. Jalannya berupa tangga menurun dan tidak terlalu sulit untuk dilewati.

Meskipun jalurnya lumayan mudah dan panjangnya kurang dari 300 meter, tetapi Anda harus tetap berhati-hati. Anda harus mengenakan alas kaki yang tidak licin, karena semakin dekat ke permukaan sungai, jalannya akan semakin licin.

Jalurnya juga bisa dilintasi untuk sepeda. Banyak para pesepeda yang menjadikan Black Canyon Pekalongan ini sebagai destinasi bersepeda.

Bermain air

berenang di Black Canyon

Anda yang sudah kelelahan sehabis menuruni tangga akan merasa segar kembali ketika sampai di mata air ini. Jika cuaca sedang baik, kedalaman sungai hanya mencapai 3 meter, tetapi jika cuaca sedang buruk, kedalamannya mencapai 6 meter.

Meskipun, Anda bermain air saat cuaca sedang baik, tetapi tetap saja sebaiknya Anda menggunakan pelampung. Apalagi jika Anda tidak terbiasa berenang di sungai.

Jika Anda tidak suka basah-basahan, Anda juga bisa duduk-duduk di atas bebatuan sambil merendam kaki dan menikmati pemandangan alam. Jika ingin berfoto, jangan lupa untuk memasukkan ponsel Anda ke dalam kantung ponsel anti air!

Sebaliknya, jika menyukai tantangan, Anda bisa meloncat dari bebatuan tebing. Kegiatan ini agak berbahaya, jadi sebaiknya Anda tidak melakukannya jika belum berpengalaman. Anda juga harus tanya dulu ke petugas, batu-batu mana saja yang bisa Anda pijak.

Body Rafting

Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan di sungai ini adalah body rafting. Bagi Anda yang menyukai tantangan, pasti akan sangat menyukai aktivitas ini!

Dengan pelampung yang bisa Anda sewa dengan harga Rp10.000,00, Anda dapat mengapung mengikuti arus sungai. Arus sungai ini lumayan kencang, sehingga sangat cocok untuk aktivitas body rafting.

Namun, sekali lagi, Anda harus tetap berhati-hati, dan sebaiknya mengurungkan niat Anda jika cuaca mendadak buruk.

Minum Kopi

cafe Black Canyon

Setelah lelah bolak-balik naik turun tangga dan bermain air, Anda dapat beristirahat dengan nyaman sambil menikmati kopi kesukaan Anda. Di tengah cuaca dingin dan dengan tubuh yang pegal-pegal, kopi ini pasti terasa jauh lebih nikmat daripada kopi-kopi lainnya.

Bila tak membawa bekal, tenang saja di sekitar area terdapat kedai kopi yang menawarkan banyak jenis kopi yang menggiurkan. Apa lagi jika menyeduhnya dengan pisang goreng hangat.

Camping

camping ground Black Canyon

Sudah puas menikmati keindahan tebing batu dan air jernihnya, tapi Anda belum puas menikmati keindahan pegunungan dan perkebunannya? Tenang saja, Anda masih bisa berlama-lama disini dengan menyewa spot perkemahan!

Untuk menyewa spot kemah beserta tendanya ini, Anda hanya harus membayar Rp10.000,00. Agar lebih menikmati suasana alam perkemahan, malamnya Anda bisa membuat api unggun untuk menghangatkan badan.

Jam Buka Black Canyon Pekalongan

Bila ingin mengunjunginya, Anda bisa datang kapan pun karena wisata Black Canyon buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Meskipun begitu, jam operasional ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi cuaca. Jika pada jam 1 siang, air sudah mulai meninggi, maka wisata alam ini akan langsung tutup. Karena itu, pastikan Anda berkunjung kesini sebelum musim hujan datang.

Jika ingin berkunjung ke Black Canyon Pekalongan, sebaiknya Anda berangkat di pagi hari. Sebab, jalanan menuju wisata alam ini berkelok-kelok serta masih berada di antara kawasan hutan yang pohonnya rapat-rapat.

Lalu, setelah pulang dari sini jangan lupa untuk membeli oleh-oleh! Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa mampir ke toko oleh-oleh khas Jawa Tengah tahan lama yang hanya berjarak 12 menit dari sini!



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)