SalSari Resto & Coffee

Tempat wisata Dieng memang cukup banyak yang terpopuler. Kota dieng ini merupakan sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Nama “Dieng” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “tinggi”. Hal ini disebabkan karena kota ini terletak pada ketinggian dataran tinggi Dieng, yang memiliki ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, kota ini juga terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang indah dan pemandangan alam yang mempesona, terutama karena keberadaan Telaga Warna, Candi Arjuna, Telaga Pengilon, Bukit Sikunir, dan Taman Wisata Alam Dieng.

Lihat juga tempat wisata gunung bromo

Dieng juga merupakan  yang tepat untuk menikmati pemandangan alam yang indah, seperti gunung, telaga, dan taman. Kota ini juga memiliki beberapa situs sejarah yang menarik, seperti Candi Bima dan Candi Gatutkaca.

Sekarang wisata Dieng memang semakin terkenal, bukan hanya Gunung Dieng saja tetapi tempat lain juga. Jadi, bagi yang berkunjung ke Dieng Anda memiliki banyak pilihan menarik. Anda juga dapat menemukan berbagai macam kegiatan dan tempat wisata yang menarik.

Tempat Wisata Dieng Populer dan Terkenal

Dieng adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Jawa Tengah, Indonesia. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di Dieng:

  1. Telaga Warna – Telaga Warna adalah sebuah telaga yang terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Telaga ini memiliki air yang berwarna kebiruan dan terkenal sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di Dieng.
  2. Candi Arjuna – Candi Arjuna adalah salah satu candi Hindu yang terkenal di Dieng. Candi ini terletak di atas sebuah bukit yang menawarkan pemandangan yang indah ke sekitar kawasan.
  3. Telaga Pengilon – Telaga Pengilon adalah sebuah telaga yang terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Telaga ini memiliki air yang jernih dan sejuk, serta terkenal sebagai tempat wisata yang indah di Dieng.
  4. Bukit Sikunir – Bukit Sikunir adalah sebuah bukit yang terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbit di Dieng. Bukit ini terletak di ketinggian 2.600 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan yang indah ke sekitar kawasan.
  5. Taman Wisata Alam Dieng – Taman Wisata Alam Dieng adalah sebuah taman wisata yang terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Taman ini menawarkan berbagai macam aktivitas rekreasi seperti trekking, bersepeda, dan lain-lain.

Apa saja daftar tempat wisata Dieng yang menarik dan sayang bila belum pernah kesana? Jawabannya banyak. Apabila belum ada gambaran dan butuh referensi Anda bisa melihat rekomendasi wisata Dieng berikut:

Wisata Gunung Prau

Gunung Prau

Mendaki Gunung Prau saat ini sedang menjadi tren atau hits di kalangan anak muda. Jadi, bila kita kategorikan sebagai wisata Dieng paling hits ya pas-pas saja karena animo masyarakat terutama kawula muda sangat besar.

Untuk pemula, bila ingin naik Prau musim kemarau paling baik karena tidak licin. Kemudian, ambil jalur Patek banteng yang merupakan paling mudah dan cepat karena hanya 4 jam. Akan tetapi, karena ini jalur terenak Anda harus siap jalurnya ramai apalagi musim liburan.

HTM Prau terbagi menjadi 3, yaitu parkir, fasilitas basecamp, dan tiket pendakian. Masing-masing Anda harus merogoh kocek Rp5.000, Rp10.000, dan Rp15.000. Biaya ini sudah bersih dengan pemakaian kamar mandi, pembuangan sampah, menginap di basecamp dan lain-lain.

Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Hal yang spesial dari Tieng adalah Anda bisa melihat sunrise di atas awan dari gardu pandang yang tersedia. Pemandangan ini tidak bisa Anda dapatkan di semua tempat bukan?

Gardu Pandang Tieng, merupakan salah satu destinasi terfavorit sebelum pengunjung berkeliling Dieng. Tempat ini tidak pernah sepi dan selalu ramai terutama pagi hari karena semuanya mempunyai tujuan yang sama. Benar, tujuan mereka adalah melihat mata hari terbit.

Tieng sangatlah dingin, jadi persiapkan jaket tebal dan jika perlu pakai berlapis terutama di pagi hari. HTM Tieng lumayan murah per orang Rp10.000 baik itu akhir pekan atau hari biasa sama saja.

Telaga Warna

Telaga Warna

Keindahan telaga warna bukan lagi rahasia, Anda pasti sudah banyak yang tahu bukan? Apalagi bagi yang suka bermain sosial media, ada ratusan bahkan ribuan foto diambil di tempat ini.

Telaga warna sendiri memang tidak memiliki terlalu banyak atraksi. Akan tetapi, warna telaga yang unik dan bisa berubah serta keindahannya sudah lebih dari cukup menjadi alasan singgah. Setiap bibir danau tersedia set foto cantik, jadi bisa sepuasnya berfoto.

Hanya saja, berhati-hati dengan bau belerang yang menyengat bila terlalu lama dan tidak kuat bisa pusing. Habiskan waktu secukupnya saja di tempat ini, dan kemudian jajal tempat wisata dieng terbaik lainnya.

HTM hanya Rp10.000 berlaku untuk semua, dan waktu operasinya mulai 06:00-17:30.

Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca

Salah satu sisa candi dari masa pemerintahan Ratu Sima yang masih tersisa adalah Candi Gatotkaca. Berdasarkan info tempat wisata Wonosobo, candi tersebut mulai berdiri sejak 1814.

Sebagian candi mungkin sudah tidak terlihat utuh, tapi tetap masih ada yang bisa Anda lihat kemegahannya. Anda juga bisa berfoto dengan duduk di candi walau harus ekstra hati-hati.

Candi yang masuk kawasan Banjarnegara ini termasuk Cagar Budaya. HTM untuk saat ini hanya Rp10.000, dan beroperasi mulai 08:00-17:00 baik hari besar atau biasa.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Bagi yang suka naik gunung atau anak-anak rombongan pecinta alam, Bukit Sikunir pasti tidak asing, betul? Kalau ke Dieng Wonosobo belum lengkap rasanya jika tidak singgah ke Sikunir dan menikmati sunsetnya.

Perjalanan dari bawah menuju puncak bukit cukup singkat, berjalan santai 50 menit juga sampai. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu udara yang sangat dingin dan berangkat pagi-pagi buta. Pasalnya, jika mulai naik jam 5 pagi lebih, sunrise yang indah bisa terlewat.

Oleh karena itu, tidak jarang yang lebih memilih menginap berkemah di puncak agar tidak ketinggalan. Lagi pula, jika telat sedikit sudah ramai dan Anda tidak bisa memilih spot pilihan.

HTM ke Puncak Bukit Sikunir hanya Rp10.000, bebas mau datang kapan saja karena terbuka 24 jam penuh.

Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka

Solfatara adalah sebutan untuk fumarol atau lubang pada kerak bumi yang mengeluarkan gas oksida belerang. Anda dapat menyaksikan langsung fenomena menakjubkan ini di Kawah Candradimuka.

Sisi menakjubkannya melebihi apa yang ada pada gambar wisata Dieng. Untuk saat ini, ada dua fumarol solfatara yang masih aktif dan mengeluarkan gas belerang. Masing-masing solfatara mengeluarkan belerang dengan ritme yang berbeda-beda, terkadang langsung dan terkadang berjeda.

Kawasan kawah beroperasional seharian penuh, kapan saja Anda bisa datang mau itu pagi-pagi buta atau kala petang tiba. HTM hanya Rp5.000, ini berlaku secara general kapanpun.

Telaga Merdada

Telaga Merdada

Suka memancing dan ingin mencari tempat memancing dengan panorama menawan? Ayo ke Telaga Merdada karena di sana semua yang Anda butuhkan tersedia.

Apalagi jika memancing beramai-ramai dengan wisatawan lain atau orang sekitar, pasti lebih seru bukan? Luas telaga sendiri 21 hektar, jadi jika satu spot tidak memuaskan masih bisa berpindah ke tempat yang lain saking luasnya.

Jam operasional telaga terbatas, hanya dari 07:00-17:00 saja, tetapi buka setiap hari. Untuk HTM juga murah, Anda cuma perlu mengeluarkan budget Rp5.000 per orang.

Telaga Menjer

Telaga Menjer

Apabila di Medada lebih asyik untuk memancing, untuk Anda yang ingin mengelilingi danau naik perahu. Luas danau sendiri sekitar 5 kali lebih luas dari lapangan sepak bola. Air danau Telaga Menjer cenderung berwarna hijau dengan sekelilingnya penuh dengan pohon pinus.

Setiap hari ada penyewaan kapal yang siap membawa Anda berkeliling. Lama durasinya sekitar 45-60 menit tergantung harga sewa. Untuk sewa sendiri antara Rp15.000-Rp20.000 per orang baik anak-anak atau dewasa.

Sayangnya, jika belum cukup orang biasanya perahu perlu menunggu sampai terpenuhi. Hal ini untuk menutupi ongkos operasional, Anda juga bisa menyewanya sendiri jika mau.

Telaga Cebong

telaga cebong dieng

Telaga Cebong merupakan tempat yang sempurna jika Anda ingin berkemah di tempat yang tidak biasa. Lokasi yang enak dan nyaman membuat Anda bisa mengajak teman atau bahkan keluarga.

Selain karena telaga yang indah dan panorama sekitar yang menawan, masih ada hal menarik lain, apa itu? Hal itu adalah letak telaga yang berada di ketinggian 2.300 mdpl. Ketinggian tersebut membuat telaga terkadang seperti di selimuti awan, dan pemandangan dari atas sangatlah indah.

HTM Telaga Cebong sangat murah, Rp10.000 per orang tanpa kecuali. Untuk jam operasional sendiri 24jam, mau mulai berkemah siang, sore, atau malam bisa.

Lubang Sewu

Lubang Sewu

Lubang Sewu, kawasan ini penuh dengan bebatuan cantik nan eksotik dari ujung hingga ujung. Spesialnya lagi, dari batu-batu unik yang menjulang tersebut Anda bisa melihat waduk yang cantik. Lebih indahnya lagi, jika Anda berkunjung saat matahari terbenam karena pantulan cahayanya begitu menawan.

Sayangnya, Lubang Sewu bukanlah wisata yang bisa Anda kunjungi sesuka hati. Nama tempat wisata di Dieng yang terinspirasi dari batuan-batuannya yang berlubang ini bisa disebut musiman. Pasalnya, saat musim hujan Anda tidak akan bisa melihat bebatuannya sama sekali.

Batu-batu tersebut akan tenggelam seiring naiknya debit air danau saat musim hujan. Jadi, silahkan datang kesini kala musim kemarau saja ya jika tidak mau kecewa. Untuk HTM Rp15.000, waktu operasionalnya mulai dari 08:00-17:30 sepanjang Minggu.

Padang Savana Dieng

Padang Savana Dieng

Kemah di Savana Dieng pastinya memberikan sensasi yang berbeda. Lokasi camping yang indah dan banyak spot rata untuk mendirikan tenda membuat berkemah menyenangkan. Apalagi, fasilitas savana juga lengkap Anda tidak perlu takut jika ingin ke kamar mandi malam hari.

Oh ya, karena ini savana jadi jangan membuat api unggun atau semacamnya agar tidak terjadi kebakaran. Jika ingin makan, Anda bisa memakai kompor portable atau membeli di sekitar area perkemahan. Ada warung yang menjajakan makanan khas Wonosobo beraneka ragam.

HTM Savana Dieng Rp10.000 berlaku general baik liburan atau hari biasa. Sedangkan jam operasional sendiri mulai 07:00-17:00, jadi jika mau berkemah datanglah sebelum itu untuk mendaftar.

Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater

Wisata Dieng Plateau Theater merupakan tempat menonton dokumenter sejarah. Setiap satu sesi pemutaran waktunya sekitar 25 menit dengan kuota satu ruangan terbatas 60 orang saja. Jadi, jika membawa rombongan besar yang melebihi kuota perhitungkan waktunya, ya.

Di depan gedung tersedia banyak penjual makanan dan oleh-oleh khas Wonosobo. Apabila sembari mengantri perut keroncongan, bisa langsung mampir.

Tiket Theater sementara ini masih Rp5.000 per orang entah anak-anak atau orang dewasa. Sedangkan waktu operasional cukup panjang yaitu 07:00-18:00 sepanjang Minggu.

Museum Kailasa

Museum Kailasa

Penasaran bagaimana dataran Dieng dan tempat wisata Dieng Wonosobo di sekitarnya bisa terbentuk? Anda bisa mengetahui hal ini jika singgah ke Museum Kailasa.

Di sana selain bisa menonton film arkeologi, banyak juga artefak-artefak yang tersimpan. Artefak tersebut berasal dari candi dan hasil temuan yang berasal dari Dieng.

Bagi yang mengajak keluarga, jangan takut anak akan bosan karena bagian taman museum cukup luas. Anda bisa melihat pemandangan Dieng dan sekitarnya dari museum serta banyak spot foto menarik.

HTM museum Rp5.000, sedangkan waktu operasional 08:00-16:00 setiap hari.

Sikidang Crater

Sikidang Crater

Kawah Sikidang atau Sikidang Crater merupakan salah satu foto tempat wisata di Dieng yang mungkin paling sering dilihat. Pemandangan kawahnya memang indah, selain itu jalan ke arah kawah juga dibuat jembatan elok.

Biasanya dari Sikidang Anda bisa terus ke Candi Arjuna, hal ini karena tiketnya terusan. Jadi, alangkah baiknya jika Anda bisa mengunjungi kedua tempat tersebut supaya tidak sayang ongkos tiketnya.

Kedua tiket tidak bisa Anda beli terpisah karena sudah terhitung satu paket. Paket HTM untuk keduanya Rp15.000, jika hilang maka Anda perlu membayar lagi saat singgah ke Candi Arjuna.

Bagaimana? Apakah ada wisata Dieng terbaru atau yang bernuansa sejarah dan alam menarik bagi Anda? Jika iya, ayo segera kunjungi Dieng sekarang dan ajak keluarga.

Apabila Anda tidak ada waktu untuk memikirkan dan merancang agendanya serahkan ke Salsawisata. Kami memiliki berbagai paket wisata menarik hanya untuk Anda. Jika, hanya ingin rental mobil juga bisa karena Salsawisata juga menyediakan rental mobil terdekat baik itu lepas kunci dan tidak.

Jadi, ayo kunjungi tempat wisata Dieng dan buktikan sendiri keindahannya. Tunggu apalagi, tempat-tempat wisata yang elok dan menawan tersebut sudah menunggu.



By Categories: Destinasi, Wonosobo

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)