SalSari Resto & Coffee

Bukit Jaddih merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Jawa Timur yang lokasinya terletak di Bangkalan, Madura. Keindahan panorama alam bukit kapurnya yang eksotis menjadi daya tarik utama dari tempat ini.

Selain itu, terdapat pula beberapa spot foto menarik seperti gazebo, area bermain untuk anak-anak, serta taman bunga yang indah. Dengan daya tariknya tersebut, tempat ini selalu ramai wisatawan terutama saat libur tiba.

Sekilas Tentang Bukit Jaddih

Bukit Jaddih Bangkalan

Bukit Jaddih merupakan bukit kapur yang viral berkat keindahan kontur batuannya. Bekas-bekas galian pertambangannya tampak sangat eksotis tidak kalah dari sejumlah Tempat Study Tour Jogja seperti Tebing Breksi.

Sebelum menjadi tempat tambang dan tempat wisata hits seperti sekarang, ternyata tempat ini punya sejarah. Dulunya kawasan bukit ini merupakan bunker senjata milik Belanda yang kemudian jadi tempat sembunyi tentara Indonesia.

Baru kemudian setelah merdeka, kawasan bukit ini menjadi tambang batu kapur bagi warga sekitar. Tidak selang beberapa lama warga sekitar bersama pihak swasta memanfaatkan tempat ini sebagai destinasi wisata.

Berbagai fasilitas tambahan seperti kolam renang, spot foto cantik hingga pusat oleh-oleh semua ada. Sehingga wajar jika tempat ini selalu ramai wisatawan dari Bangkalan dan sekitarnya terutama saat musim liburan tiba.

Alamat

Bukit ini terletak di Daerah Jakan, Parseh, Socah, Bangkalan, Madura. Untuk rute menuju lokasi bisa Anda lihat di Google Maps.

Jam Buka

Wisata bukit kapur instagramable ini buka setiap hari sampai sore, berikut ini info lebih lengkap mengenai jam operasionalnya:

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 07.00 WIB – 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk Bukit Jaddih

Tiket masuk wisata Bukit Jaddih ini sangat murah karena hanya sekitar Rp10.000,00 saja. Berikut beberapa tarif retribusi yang perlu Anda perhatikan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Meski murah namun Anda perlu berhati-hati dengan pungli yang kerap memeras para wisatawan. Biasanya akan banyak yang meminta bayaran lebih dengan berbagai alasan yang kurang masuk akal.

Agar perlananan Anda tetap nyaman, Anda bisa manfaatkan layanan rental hiace commuter Surabaya terdekat. Sebab bersama sopir rental yang bertugas, Anda bisa mengunjungi tempat ini tanpa takut terkena pungli.

Daya Tarik di Bukit Jaddih

Daya Tarik Bukit Jaddih

Walau tidak memiliki banyak wahana khusus seperti tempat-tempat wisata pada umumnya, tapi bukit kapur ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya kerap dipadati wisatawan.

Spot Foto yang Sangat Instagramable

Salah satu daya tarik utama tempat ini tentu saja panorama bukit kapur yang eksotis. View dari atas bukit serta ukiran goa dan bangunan buatan di tebingnya jadi latar berfoto yang instagramable untuk Anda pilih.

Namun salah satu spot favorit dari tempat ini adalah area danau kapur yang berwarna hijau kebiruan. Selain itu masih ada pula area puncak bukit yang memiliki pemandangan menyeluruh area bukit kapur ini.

Kolam Renang yang Seru

Siapa yang mengira bahwa di tengah-tengah perbukitan kapur ini terdapat sebuah kolam renang yang cukup luas? Airnya biru jernih dan sejuk, cocok sekali untuk Anda menyegarkan tubuh sambil bersantai.

Kolam renang ini terkenal dengan nama Aeng Goweh Pote, atau Air Gua Putih. Walau tidak ada wahana permainan air seperti di sejumlah waterpark Surabaya, wisatawan yang datang tetap merasa terhibur.

Danau Kapur

Daya tarik lainnya yang ada di lokasi bukit kapur ini adalah sebuah danau yang cukup luas dan memiliki kedalaman sekitar 2,5 meter. Air berwarna biru kehijauannya menjadi daya tarik tersendiri yang membuatnya istimewa.

Menurut keterangan pihak pengelola, danau ini terbentuk secara alami akibat proses pengerukan batuan kapur. Saat sedang menambang, tiba-tiba saja mata air muncul hingga pada akhirnya membentuk danau ini.

Pemandangan danau ini pun semakin menawan berkat tebing kapur yang mengelilinginya. Anda bisa menyewa rakit untuk menyusuri danau ini atau berfoto di bangunan yang terbuat dari ukiran tebing kapur yang ada di lokasi.

Gua-gua Kapur

Sisa-sisa bungker serta tempat persembunyian tentara pada masa lalu pun masih bisa terlihat jelas saat Anda berkunjung. Gua-gua ini cukup luas dan beberapa di antaranya memiliki anak-anak tangga tambahan.

Siapa pun bisa berfoto di sini sambil mengagumi keindahannya. Anda juga bisa menikmati keindahan gua ini sambil menunggangi kuda hias khas Madura yang bisa Anda sewa selama berkunjung ke lokasi wisata ini.

Toko Souvenir

Bagi Anda yang berniat membeli oleh-oleh menarik, bisa mampir ke toko souvenir bernama Goa Pote. Toko ini menjual beragam produk yang bisa Anda jadikan cendera mata, mulai dari makanan hingga baju.

Uniknya, tokonya ini berupa ceruk gua kecil yang didesain sedemikian rupa hingga terlihat seperti toko. Anda pun dapat bersantai menikmati sejumlah makanan khas Jawa Timur yang dijual di area toko ini.

Fasilitas di Bukit Jaddih

Fasilitas Bukit Jaddih

Fasilitas di bukit ini masih cukup terbatas, namun masih tetap memadai seperti:

  • Area parkir luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo dan saung
  • Warung makanan
  • Kolam Renang
  • Kamar bilas
  • Rakit
  • Tunggang kuda
  • Spot foto instagramable

Dengan berbagai fasilitas wisata yang tersedia tersebut mengunjungi Bukit Jaddih akan tetap terasa menyenangkan. Namun akan lebih menyenangkan lagi jika Anda berkunjung menggunakan layanan dari Salsa Wisata.

Sebab berbagai kebutuhan Anda selama liburan sudah pasti terpenuhi mulai dari berangkat hingga pulang nanti. Jadi tidak perlu ragu lagi langsung saja hubungi Salsa Wisata sekarang dan dapatkan momen liburan yang Anda inginkan.



By Categories: Destinasi, Madura

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)