SalSari Resto & Coffee

Candi Badut termasuk salah satu tempat bersejarah yang bisa Anda kunjungi di Malang. Bentuknya tidak terlalu besar namun sangat unik, tidak seperti Candi Borobudur maupun Candi Prambanan.

Meskipun begitu, Anda tetap bisa belajar dan menikmati keindahan cagar budaya Candi ini. Ada banyak hal mulai dari sejarah hingga keindahan alam yang bisa anda temukan di Candi Badut Malang.

Candi ini bisa Anda kunjungi dengan menggunakan paket tour Malang yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum itu, mari simak terlebih dahulu ulasan lengkap mengenai Candi berikut ini

Sejarah Candi Badut

Sejarah Candi Badut

Candi Badut merupakan candi bercorak Hindu yang sudah ada sejak abad ke-7 masehi peninggalan Kerajaan Kanjuruhan. Tepatnya candi ini dibangun pada tahun 760 M atau 682 Saka oleh Raja Gajayana untuk menghormati Resi Agastya.

Nama Badut sendiri menurut beberapa sumber diambil dari sifat jenaka Raja Gajayana. Sifat tersebut sudah terlihat dari nama kecil Raja Gajayana yakni Liswa yang memiliki arti anak jenaka.

Dari sifat Raja Gajayana yang suka melucu seperti badut inilah mengapa candi buatannya dinamakan sebagai Candi Badut. Namun ada sumber lain yang menyebutkan nama badut ini diambil dari pohon badut, pohon sejenis nangka yang ada di sekitar candi.

Ada pula yang berpendapat, penamaan Candi Badut ini mengikuti arti penamaan dari Candi Mendut. Badut berasal dari kata Badyut yang berarti ‘cahaya bintang Agastya’, sebagaimana Mendut atau Mendyut yang memiliki arti ‘sorot cahaya Agastya’.

Pertama kali candi ini ditemukan kembali oleh E.W. Maurenbrecher sekitar pada tahun 1921 dalam bentuk gundukan tanah dan reruntuhan. Lalu pemugaran pertama dimulai di tahun 1925 – 1927 atas pengawasan B. Dee Han.

Saat pemugaran dan penggalian, hanya sisi kanan candi yang masih berdiri kokoh dan sisanya telah runtuh. Batu-batu penyusun candi pun dikumpulkan kemudian disortir untuk menyusun kembali bentuk candi seperti semula.

Sayangnya, bagian atap candi tidak bisa dibangun sehingga terlihat seperti bolong tanpa atap. Meskipun begitu nilai sejarah dari Candi ini tidak berkurang sedikitpun dan masih bisa Anda pelajari langsung di tempat.

Harga Tiket Masuk Candi Badut

Untuk masuk kawasan Candi Badut Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Selain itu fasilitas yang ada bisa Anda nikmati dengan biaya yang terjangkau, berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp10.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan persiapan dan perkiraan biaya jika Anda akan mengunjungi Candi Badut.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di Malang lainnya dengan biaya lebih hemat menggunakan paket liburan dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala akomodasi Anda selama berlibur di Malang sehingga Anda bisa menghemat waktu, biaya, dan tenaga selama berlibur.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Badut

Candi Badut sendiri terletak di Jl.Candi 5D, Dusun Badut, Desa Karang Widoro, Kecamatan Dau, Kota Malang. Lokasi nya dekat dengan beberapa objek wisata Malang seperti misalnya Wisata Bukit Dieng.

Jarak Candi Badut dari pusat Kota Malang ini sekitar 6 km dengan waktu tempuh kurang lebih 12 menit. Akses menuju Candi ini pun cukup mudah, Anda bisa memilih menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Untuk rute terbaik, Anda bisa menggunakan Google Maps yang akan menunjukan jalannya dari titik keberangkatan Anda. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir dari rental avanza Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.



By Categories: Destinasi, Malang

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (7 votes)