SalSari Resto & Coffee

Candi Prambanan termasuk salah satu candi di Yogyakarta yang ketenarannya tidak kalah dengan tempat wisata serupa seperti Candi Borobudur. Keunikan dari candi ini bahkan sudah menjadi sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia menurut UNESCO.

Dengan keindahannya wajar bila candi ini termasuk tempat wisata Jogja hits yang selalu ramai wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda juga bisa menemukan banyak sekali hal menarik dari Candi ini selain menikmati bentuk candi yang megah.

Cagar budaya ini bisa Anda kunjungi dengan mudah karena selalu masuk dalam destinasi wajib paket tour Jogja yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum Anda berkunjung, mari simak beberapa informasi menarik mengenai sejarahnya berikut ini.

Sejarah Candi Prambanan

Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan atau Prambanan Temple merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia. Menurut penelitian, candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Wangsa Sanjaya pada masa Raja Balitung Maha Sambu di abad ke-9.

Prasasti yang menyebutkan hal tersebut adalah Prasasti Siwagrha yang ditemukan di sekitar kawasan candi. Penanggalan pada prasasti ini tertulis di tahun 778 Saka atau sekitar 856 Masehi pada masa pemerintahan Raja Rakai Pikatan.

Penemuan serta pemugaran tempat ini pertama kali terjadi sekitar tahun 1733 berdasarkan laporan C.A Lons dari Belanda. Setelah penemuan pertama tersebut, Prambanan telah mengalami banyak sekali perbaikan dan pembangunan kembali.

Namun hanya beberapa bagian bangunan saja yang bisa kembali karena banyak batu asli candi yang hilang atau hancur. Sehingga Anda masih bisa melihat melihat banyak tumpukan batu di sekitar bangunan besar Candi ini yang berdiri kokoh.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Tiket masuk Candi Prambanan tidak perlu biaya yang terlalu mahal karena hanya sekitar Rp25.000,00 hingga Rp50.000,00. Terlebih lagi bila Anda datang bersama rombongan, lebih jelasnya perhatikan tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Dewasa Rp50.000,00
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Anak (max 10 tahun) Rp25.000,00
Tiket Masuk Rombongan Pelajar (min 20 orang) Rp25.000,00
Tiket Masuk Rombongan Pelajar (min 20 orang) Terusan Rp30.000,00
Tiket Masuk Terusan Borobudur Rp35.000,00 – Rp75.000,00
Tiket Masuk Terusan Ratu Boko Rp40.000,00 – Rp85.000,00
Tiket Masuk Terusan Plaosan-Sojiwan Rp35.000,00 – Rp75.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung dengan kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa menjadi bahan perkiraan biaya yang Anda perlukan bila ingin mengunjungi Candi ini.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di Jogja terkenal lainnya dengan paket tour yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Paket tersebut akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda mulai dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh khas Jogja seperti Bakpia.

Rute Menuju Lokasi Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Klaten tepatnya di Jl. Raya Solo – Yogyakarta Bokoharjo Prambanan Sleman. Jaraknya sekitar 15 km dari pusat kota dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit melalui Jl. Laksda Adi Sucipto.

Rute terbaik menuju candi ini bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan bantuan petunjuk dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa fortuner Jogja atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Buka Candi Prambanan

Candi Prambanan buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Bila Anda ingin menikmati Sendratari Ramayana bisa datang saat bulan purnama di hari Selasa, Kamis, atau Sabtu.

Biasanya pementasan berlangsung mulai pukul 20.00 WIB di Ramayana Ballet Prambanan hingga pukul 22.00 WIB. Sembari menunggu waktu pementasan Anda bisa berkeliling atau bersantai menikmati makanan khas Jogja yang enak di Angkringan yang tidak jauh dari lokasi.

Usahakan juga untuk datang saat musim panas atau musim kemarau sehingga perjalanan Anda tidak terganggu hujan. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan pemandangan candi dengan puas dan sempurna.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (6 votes)