SalSari Resto & Coffee

Candi Gedong Songo merupakan salah satu candi tertinggi Indonesia yang ada di Jawa Tengah. Pesona candi yang terletak di ketinggian 1.200 mdpl ini mampu menarik banyak perhatian wisatawan hingga ke mancanegara.

Pemandangan kaki gunung ungaran ditambah keindahan arsitektur candi yang unik menjadikan panorama Gedong Songo terlihat epik. Udara dingin dan sejuk kawasan Candi Gedong Songo dapat mencapai 19 derajat celcius.

Anda bisa puas berkeliling kawasan candi yang luas karena bangunan candi terpisah-pisah di beberapa tempat. Setiap tempat memiliki pemandangan dan pesona yang berbeda-beda sehingga Anda tidak akan bosan.

Jarak antar komplek candi ini pun tidak terlalu jauh hanya sekitar 200 sampai 300 meter. Terhubung dengan jalan setapak yang rapi, berlibur di sini serasa piknik di atas gunung.

Sejarah Candi Gedong Songo

Sejarah Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Hindu Kuno pada masa Wangsa Syailendra. Menurut sejarah candi ini sudah ada antara abad ke-7 hingga abad ke-9 masehi.

Candi ini baru pertama kali ditemukan sekitar tahun 1740 oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Namun bangunan Candi yang ditemukan saat itu masih berjumlah 7 bangunan saja.

Baru kemudian di tahun 1908, arkeolog asal Belanda bernama Van Stein Callenfels menemukan 2 bangunan candi lain nya. Hingga saat ini kesembilan bangunan candi tersebut dinamakan Gedong Songo yang dalam bahasa jawa berarti sembilan bangunan.

Berdasarkan fungsinya candi ini digunakan untuk pemujaan Dewa-Dewa Hindu oleh para raja. Buktinya dapat dilihat dari patung-patung Dewa Siwa Mahaguru, Ganesha dan Siwa Mahakala.

Lihat tempat wisata di Semarang lainnya: Lawang Sewu.

Harga Tiket Masuk Wisata Candi Gedong Songo

Tiket masuk candi Gdong Songo ini sangat terjangkau hanya sekitar Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 saja. Namun tentu tarif ini berbeda antara turis asing dan turis lokal yang akan berkunjung.

Selain itu untuk beberapa fasilitas serta waktu tertentu biaya tiket bisa lebih mahal dari tiket masuk. Meskipun begitu, keindahan alam dan pengalaman berlibur menyenangkan yang Anda dapatkan sepadan dengan biaya yang harus Anda keluarkan.

Rertribusi Tarif
Wisatawan lokal (Weekdays) Rp10.000,00
Wisatawan lokal (Weekend) Rp15.000,00
Wisatawan asing (Weekdays) Rp50.000,00
Wisatawan asing (Weekend) Rp75.000,00

Harga yang tercantum di atas tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pengelola tempat wisata. Selain itu belum semua fasilitas dan wahana dapat masuk kedalam daftar di atas.

Namun daftar harga ini bisa Anda jadikan referensi sebelum berlibur ke Wisata Gedong Songo Semarang. Jika Anda ingin berlibur ke tempat lain yang ada di Semarang, manfaatkan saja paket family gahtering Semarang yang tersedia di banyak agen perjalanan.

Banyak tempat-tempat menarik yang bisa Anda kunjungi di Semarang hanya dengan biaya yang murah. Dengan begitu liburan Anda bisa semakin hemat dan pastinya semua hal sudah tersedia dengan lengkap dan sempurna.

Rute Menuju Lokasi Candi Gedong Songo

Lokasi Gedong Songo

Candi Gedong Songo terletak di Dusun Darum, Krajan, Candi, Bandungan, Semarang. Lokasinya persis berada di kaki Gunung Ungaran dan memiliki rute yang mudah sekali,  baik dari Semarang ataupun Jogja Solo.

Jika Anda berangkat dari Semarang Kota, waktu yang Anda perlukan untuk tiba di lokasi ini sekitar 70 menit bila lalu lintas lancar. Sebagian besar wisatawan yang datang membawa kendaraan pribadi atau rental mobil karena sangat sedikit angkutan umum yang menuju Gedong Songo.

Salah satu yang cukup populer adalah layanan rental hiace Semarang murah. Sebab kapasitasnya yang besar dan fasilitas yang nyaman membuat kendaraan ini cocok untuk berkeliling kawasan Semarang dan sekitarnya.

Jam Buka Candi Gedong Songo

Waktu operasional kawasan Candi Gedong Songo sudah buka sejak pukul 06.00 WIB sampai nanti pukul 18.00 WIB. Anda bisa mengunjungi Candi kapanpun Anda mau karena tempat ini buka setiap hari.

Tapi waktu terbaik untuk mengunjungi Candi ini adalah saat musim kemarau di pagi atau sore hari. Saat musim kemarau Anda bisa melihat pemandangan dengan jelas tanpa terganggu kabut ataupun hujan yang mengguyur.

Daya Tarik Candi Gedong Songo

Selain wisata sejarah Candi Gedong Songo juga memiliki berbagai pilihan wahana dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa wahana dan kegiatan yang bisa Anda coba di Candi ini.

Menikmati Pemandian Air Hangat

Di dalam kawasan Candi, tepatnya persimpangan antara Candi IV dan Candi V, Anda dapat menemukan pemandian air panas. Tempat ini diminati wisatawan karena dapat menghangatkan tubuh di suhu kawasan Candi yang dingin.

Air panas di pemandian ini mengandung belerang yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tidak jauh dari lokasi Anda juga dapat melihat kepulan asap keluar dari tanah yang menjadi sumber mata air ini.

Pemandian ini memiliki sebuah kolam besar dan beberapa kolam kecil yang terpisah di ruang tersendiri. Jadi jika Anda ingin bersantai tanpa terganggu pengunjung lain bisa memilih ruang pemandian tersebut.

Taman Ayanaz Candi Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo

Tempat yang juga tidak kalah menarik untuk berfoto adalah Taman Ayanaz Candi Gedong Songo. Beragam spot foto unik yang instagenic bisa Anda temukan di taman ini.

Salah satu yang paling favorit adalah spot foto balon udara karena dari spot ini Anda bisa terlihat seperti melayang di atas gunung. Selain balon udara, masih banyak spot foto lain seperti Bubble Tent, Kolam air, dan spot lain yang bisa Anda coba.

Terdapat sekitar 35 spot berfoto yang bisa Anda pilih di kawasan Taman Ayanaz ini. Sehingga tidak heran bila tempat ini viral dan selalu padat pengunjung terutama dari Semarang dan sekitarnya.

Vanaprastha Gedong Songo

Vanaprastha Gedong Songo merupakan area hutan di sekitar Candi Gedong Songo yang dimanfaatkan sebagai destinasi wisata fotogenic. Tempat ini dikelola oleh Perhutani dan memiliki berbagai fasilitas yang sangat instagramable.

Disini Anda bisa berfoto melihat pemandangan pegunungan Ungaran sambil duduk santai di hammock. Atau bisa juga menikmati matahari pagi di sela-sela hutan pinus yang ada.

Sekilas tempat ini mirip dengan beberapa tempat wisata semarang yang ada di Cikole atau Lembang Bandung. Suasana yang segar dan asri jadi andalan serta daya tarik utama tempat wisata ini.

Di tempat ini juga tersedia Villa beserta fasilitas Outbound yang bisa Anda manfaatkan bersama rombongan. Lokasi Vanaprastha Gedong Songo berada di sekitar Candi II dan Candi III, candi yang paling populer di Gedong Songo.

Camping

Camping Candi Gedong Songo

Kawasan Candi Gedong Songo juga sering menjadi salah satu jalur pendakian ke gunung ungaran oleh para pengunjung. Pemandangan indah jalur ini jadi salah satu alasan Gedong Songo cukup jadi favorit para pendaki.

Tidak jarang para pendaki ini pun memilih untuk berkemah di kawasan andi ini untuk menikmati panorama yang tampak. Suasana malam hari yang sepi dan bertabur bintang selalu momen paling menarik bagi para wisatawan.

Terdapat lahan perkemahan luas yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan camping di sini. Jadi selain belajar sejarah, Anda juga bisa menikmati keindahan alam darisang pencipta.

Menunggang Kuda

Jika Anda tidak ingin lelah berkeliling komplek Candi ini yang luas, di sini tersedia kuda tunggangan yang siap mengantar. Kuda-kuda ini merupakan milik pengelola dan warga sekitar yang memang bertujuan untuk memudahkan wisatawan berkeliling.

Selama perjalanan pun Anda tidak perlu khawatir karena selalu bersama pemandu yang menuntun kuda. Selain menjaga laju kuda, pemandu ini pun akan menjelaskan berbagai hal tentang Candi ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (5 votes)