SalSari Resto & Coffee

Selain Bromo ada banyak tempat wisata di Malang yang bisa Anda jelajahi dan coba kunjungi seperti misalnya Coban Jahe. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pasar Tumpang, pos keberangkatan menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari arah Malang.

Di tempat ini Anda bisa menikmati keindahan air terjun yang dipenuhi tanaman hijau lebat yang tumbuh memenuhi tebing batu. Suasana asri kaki Gunung Bromo dan alam yang tenang membuat siapapun yang datang bisa rileks menikmati waktu bersantai.

Curug Jahe ini bisa Anda kunjungi dengan memanfaatkan paket liburan ke Bromo yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak apa saja hal menarik yang bisa Anda temukan serta lakukan di Curug Jahe berikut ini:

Sekilas tentang Curug Jahe

Coban Jahe merupakan salah satu air terjun yang berada di kaki Gunung Bromo dan memiliki banyak cerita menarik. Contohnya saja dari asal usul nama coban yang cukup unik yakni Jahe padahal tidak ada satupun tanaman Jahe di sekitarnya.

Nama Jahe ini diambil dari kata Pejah yang dalam bahasa Jawa memiliki arti meninggal. Kata tersebut kemudian diberi imbuhan menjadi Pejahe atau ‘meninggalnya’ yang berkaitan dengan kisah perjuangan para pahlawan masa kemerdekaan.

Menurut cerita dan catatan sejarah yang beredar, sekitar tahun 1947-1948 sekitar 38 pejuang sedang bersembunyi di sekitar kawasan curug. Namun hal tersebut diketahui oleh Belanda sehingga para pejuang tersebut dibredel tembakan hingga meninggal di tempat.

Curug ini pun menjadi tempat meninggalnya para pahlawan yang gugur saat berperang dengan Belanda saat agresi militer 1 tersebut. Para pahlawan ini kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Tugu Makam Kali Jahe sekitar 500 meter sebelum Coban Jahe.

Tinggi dari Curug Jahe ini sendiri sekitar 45 meter dengan luas kawasan kurang lebih 1 hektar. Kawasannya masih tersembunyi di balik hutan milik Perhutani sehingga terasa sangat asri dan sejuk.

Suasana sejuk dan tenang dari Coban Jahe sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dari rutinitas kerja setiap hari. Tidak jauh dari tempat wisata ini Anda bisa menemukan coban lain yang tidak kalah indah seperti Coban Tarzan dan Coban Tangkil.

Harga Tiket Masuk Coban Jahe

Untuk masuk kawasan Coban Jahe Anda hanya perlu membayar beberapa ribu rupiah saja. Sedangkan untuk sejumlah fasilitas dan wahana yang ada dikenakan biaya tambahan yang juga tidak terlalu mahal.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Coban Jahe Rp5.000,00
River Tubing Trek Pendek Rp75.000,00
River Tubing Trek Panjang Rp150.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya ketiak akan mengunjungi Coban Jahe.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain di sekitar Bromo dan Malang dengan paket wisata ke Malang dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama liburan mulai dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh Khas Malang.

Lokasi dan Rute Menuju Coban Jahe

Coban Jahe terletak di Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang dan tidak terlalu jauh dari kawasan Bromo. Jaraknya hanya 10 km dari pasar tumpang atau sekitar 25 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Rute terbaik menuju Coban Jahe ini bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan bantuan dari Google Maps. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa dari sopir rental fortuner Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Coban Jahe

Untuk mengunjungi Coban Jahe Anda bisa datang mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB setiap hari. Sangat dianjurkan untuk datang saat pagi hari dimana udara masih sangat segar dan suasana coban masih sepi.

Usahakan juga untuk datang saat musim kemarau agar Anda terhindar dari hujan yang bisa menyebabkan aliran air meluap dan keruh. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan dari tempat wisata ini dengan lebih sempurna.



By Categories: Destinasi, Malang

Bagikan Artikel Ini Ke:

4/5 - (4 votes)