Paket Wisata Malang

start form:
Rp 255.000

  • Jatim Park 2
  • Eco Green Park
  • Museum Angkut
  • Dll

Paket 1 Hari (1D Tour)

start form:
Rp 935.000

  • Coban Rondo
  • Taman Labirin
  • Jatim Park 2
  • BNS
  • Dll

Paket 2 Hari (2D1N Tour)

start form:
Rp 1.375.000

  • The Onsen
  • Museum Angkut
  • Alun Alun Batu
  • Jatim Park 3
  • Dll

Paket 3 Hari (3D2N Tour)

Transportasi Wisata Malang

Sewa Bus Malang

  • Medium Bus
  • Big Bus
  • Bus SHD
  • Elf Short
  • Elf Long
  • Hiace Commuter
  • Hiace Premio

Sewa Mobil Malang

  • Avanza.
  • Grand New Innova.
  • Honda Brio.
  • Honda Jazz.
  • Honda Mobilio.
  • Grand Fortuner.
  • Dll

Selain Bromo ada banyak tempat wisata di Malang yang bisa Anda jelajahi dan coba kunjungi seperti misalnya Coban Jahe. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pasar Tumpang, pos keberangkatan menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari arah Malang.

Di tempat ini Anda bisa menikmati keindahan air terjun yang dipenuhi tanaman hijau lebat yang tumbuh memenuhi tebing batu. Suasana asri kaki Gunung Bromo dan alam yang tenang membuat siapapun yang datang bisa rileks menikmati waktu bersantai.

Curug Jahe ini bisa Anda kunjungi dengan memanfaatkan paket liburan ke Bromo yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak apa saja hal menarik yang bisa Anda temukan serta lakukan di Curug Jahe berikut ini:

Sekilas tentang Curug Jahe

Coban Jahe merupakan salah satu air terjun yang berada di kaki Gunung Bromo dan memiliki banyak cerita menarik. Contohnya saja dari asal usul nama coban yang cukup unik yakni Jahe padahal tidak ada satupun tanaman Jahe di sekitarnya.

Nama Jahe ini diambil dari kata Pejah yang dalam bahasa Jawa memiliki arti meninggal. Kata tersebut kemudian diberi imbuhan menjadi Pejahe atau ‘meninggalnya’ yang berkaitan dengan kisah perjuangan para pahlawan masa kemerdekaan.

Menurut cerita dan catatan sejarah yang beredar, sekitar tahun 1947-1948 sekitar 38 pejuang sedang bersembunyi di sekitar kawasan curug. Namun hal tersebut diketahui oleh Belanda sehingga para pejuang tersebut dibredel tembakan hingga meninggal di tempat.

Curug ini pun menjadi tempat meninggalnya para pahlawan yang gugur saat berperang dengan Belanda saat agresi militer 1 tersebut. Para pahlawan ini kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Tugu Makam Kali Jahe sekitar 500 meter sebelum Coban Jahe.

Tinggi dari Curug Jahe ini sendiri sekitar 45 meter dengan luas kawasan kurang lebih 1 hektar. Kawasannya masih tersembunyi di balik hutan milik Perhutani sehingga terasa sangat asri dan sejuk.

Suasana sejuk dan tenang dari Coban Jahe sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dari rutinitas kerja setiap hari. Tidak jauh dari tempat wisata ini Anda bisa menemukan coban lain yang tidak kalah indah seperti Coban Tarzan dan Coban Tangkil.

Kegiatan Menarik di Coban Jahe

Lokasi Coban Jahe

Mengunjungi Coban Jahe ini bisa menjadi kegiatan refreshing yang seru dan menyegarkan saat berlibur ke Bromo dan juga Malang. Berbagai aktivitas menarik bisa Anda lakukan bersama rombongan keluarga dan teman, berikut diantaranya:

Menikmati Pemandangan Sekitar

Panorama alam yang ditawarkan dari Coban Jahe ini terasa sangat asri dan sejuk. Pada tebing sekitar air terjun ini dipenuhi dengan berbagai macam tumbuhan rambat hijau yang rimbun dan juga lumut.

Bentuk tebing batu yang lurus dengan warna sedikit kekuningan berpadu indah dengan alam sekitar dan air yang turun. Batu-batu kali yang ada di bawah sungai pun berukuran besar dan tampak cantik saat basah terkena air.

Di sekeliling air terjun Anda bisa melihat berbagai tanaman hias yang sengaja ditanam pihak pengelola untuk mempercantik suasana. Tumbuhan seperti pakis, bambu kuning, dan bunga lainnya tumbuh dengan subur dan tertata rapi.

Pohon mahoni yang tumbuh di sepanjang jalan juga memberikan keteduhan dan kesejukan saat Anda berjalan menuju coban. Gabungan antara kesejukan alam dengan kesegaran air coban menjadi destinasi wisata Malang yang pas untuk Anda melepas penat.

Meraskan Segarnya Air Coban

Bermain air menjadi kegiatan wajib yang sayang sekali jika dilewatkan ketika Anda mengunjungi destinasi wisata ini. Kolam yang terbentuk di bawah air terjun seperti mengundang Anda untuk menceburkan diri dan merasakan langsung segarnya air coban.

Namun cukup berbahaya bila Anda bermain terlalu dekat dengan aliran air terjun karena debit air yang deras. Solusi lainnya, Anda bisa mencoba wahana river tubing yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Dengan menaiki ban khusus Anda diajak menyusuri aliran sungai yang segar sambil duduk santai menikmati alam. Berpetualang melewati berbagai jeram kecil di sungai ini bisa jadi pengalaman seru yang berkesan.

Bila tidak ingin terlalu basah, hanya dengan mencelupkan kaki ke dalam air saja hawa dingin yang terasa begitu menyegarkan. Lelah dan letih Anda setelah berjalan kaki cukup jauh dari area parkir langsung terobati.

Camping di Taman Indian

Suasana alam yang masih asri juga sangat nyaman untuk kegiatan camping bersama teman-teman. Sebagian dari kawasan hutan mahoni di sekitar Coban Jahe sudah dipersiapkan sebagai camping ground untuk pengunjung yang ingin berkemah.

Area camping ini juga berada dekat dengan Coban Jahe 2 yang memiliki panorama tidak kalah cantik dari Coban Jahe utama. Meski tidak setinggi tempat wisata ini 1 taman dan bunga di sekitar Coban Jahe 2 menjadi daya tarik yang menarik.

Sambil berkemah Anda juga bisa bersantai di kawasan Taman Indian menikmati teduhnya kawasan hutan mahoni. Di tempat ini Anda akan menemukan tenda unik khas suku indian yang di sekeliling kawasan taman.

Makan di Cafe Tengah Sungai

Foto Coban Jahe

Bergeser sedikit dari Taman Indian, Anda juga bisa bersantai sambil menikmati makanan di Cafe Indian yang tidak kalah unik. Anda akan merasakan sensasi seru bersantap sambil duduk di tengah aliran sungai yang menyegarkan.

Semua ornamen yang digunakan di cafe ini pun terbuat dari kayu dan bergaya tradisional sehingga sangat menyatu dengan alam. Anda bisa menikmati berbagai menu lezat mulai dari makanan khas Malang hingga makanan instan.

Selain cafe ini Anda juga bisa dengan mudah menemukan warung makan lain yang ada sepanjang jalan menuju Coban Jahe. Dengan begitu Anda tidak perlu repot dan kesulitan membawa bekal sendiri dari rumah.

Berfoto di Spot Menarik

Sudah menjadi hal wajib untuk Anda berfoto saat menyaksikan keindahan dari Coban Jahe. Banyak sekali spot menarik yang bisa Anda pilih untuk menjadi latar belakang dan tempat Anda mengambil gambar.

Salah satu yang cukup populer tentu saja di bebatuan depan air terjun. Dari tempat ini Anda bisa mendapatkan gambar yang jelas keindahan dari Coban Jahe dengan derasnya air dan hijaunya tumbuhan sekitarnya.

Pihak pengelola juga sudah menyediakan spot-spot menarik untuk berfoto seperti Taman Indian, jembatan bambu, dan cafe indian. Bahkan ada rakit serta ayunan yang bisa Anda gunakan untuk berfoto dan berekspresi secara bebas selama liburan.

Harga Tiket Masuk Coban Jahe

Untuk masuk kawasan Coban Jahe Anda hanya perlu membayar beberapa ribu rupiah saja. Sedangkan untuk sejumlah fasilitas dan wahana yang ada dikenakan biaya tambahan yang juga tidak terlalu mahal.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Coban Jahe Rp5.000,00
River Tubing Trek Pendek Rp75.000,00
River Tubing Trek Panjang Rp150.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya ketiak akan mengunjungi Coban Jahe.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain di sekitar Bromo dan Malang dengan paket wisata ke Malang dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama liburan mulai dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh Khas Malang.

Lokasi dan Rute Menuju Coban Jahe

Coban Jahe terletak di Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang dan tidak terlalu jauh dari kawasan Bromo. Jaraknya hanya 10 km dari pasar tumpang atau sekitar 25 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Rute terbaik menuju Coban Jahe ini bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan bantuan dari Google Maps. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa dari sopir rental fortuner Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Coban Jahe

Untuk mengunjungi Coban Jahe Anda bisa datang mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB setiap hari. Sangat dianjurkan untuk datang saat pagi hari dimana udara masih sangat segar dan suasana coban masih sepi.

Usahakan juga untuk datang saat musim kemarau agar Anda terhindar dari hujan yang bisa menyebabkan aliran air meluap dan keruh. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan dari tempat wisata ini dengan lebih sempurna.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyana terkait layanan kami