SalSari Resto & Coffee

Orang biasa mengidentikkan Cianjur dengan beras. Jarang ada yang menghubungkannya dengan tempat wisata. Padahal, sama seperti daerah di Jawa Barat lainnya, Cianjur punya potensi alam yang menakjubkan, lho. Ada banyak tempat wisata hits di Cianjur. Mungkin Anda pernah dengar Curug Citambur?

Air terjun setinggi 130 meter ini terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda. Saat menuju ke sana pun, Anda sudah akan bisa melihat curugnya. Saking tingginya, curug ini sampai punya dua tingkatan. Kedua tingkat air tersebut dibingkai oleh tebing-tebing kokoh yang sama tingginya.

Seperti layaknya curug Tilu Leuwi Opat, air terjun ini suasananya juga masih asri. Pepohonan rindang di sekitarnya membuat tempat ini jadi terlihat semakin sejuk. Sempat ditutup di awal pandemi, kini tempat wisata ini sudah dibuka kembali.

Sekilas Tentang Curug Citambur

telaga Curug Citambur

Diberi nama Citambur, karena Ci berarti air, dan Tambur adalah alat musik tabuh. Itu karena suara air terjun ini terdengar seperti tambur yang ditabuh saking derasnya.

Ada juga cerita lain yang mewarnai sejarah Curug Citambur. Dulu, kabarnya air terjun ini sering dipakai mandi oleh Prabu Tanjung Anginan. Saat mengiringi sang Prabu menuju tempat mandinya, para pengawalnya selalu memukul tambur.

Suara tambur tersebut menjadi tanda bagi warga sekitar bahwa Prabu sedang menuju air terjun untuk mandi. Prabu Tanjung Anginan sendiri adalah raja dari kerajaan Tanjung Anginan. Curug ini masuk ke dalam wilayah kerajaan tersebut.

Kisah ini diperkuat dengan dengan adanya sebuah batu yang mirip sekali dengan kursi di sekitar air terjun. Orang-orang percaya bahwa batu itu adalah singgasana untuk Prabu Tanjung Anginan yang sedang mandi.

Kebenaran cerita ini belum bisa dibuktikan dalam sejarah. Meskipun begitu, rupanya banyak orang yang menganggap curug ini bertuah. Terbukti dari banyaknya orang yang sering datang ke sini untuk bersemedi supaya keinginannya terpenuhi.

Harga Tiket Masuk Curug Citambur

Tiket masuk Curug Citambur berbeda dengan spot-spot fotonya. Meskipun begitu harganya terbilang murah:

Retribusi Harga
Tiket masuk Rp10.000,00
Spot foto Rp5.000,00 per spot
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Curug Citambur

taman Curug Citambur

Anda bisa mencapai Curug Citambur dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Meskipun begitu, Anda harus siap karena kondisi jalannya agak rusak. Jadi, pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan prima.

Rute untuk mencapainya adalah rute Ciwidey. Jadi, kalau berangkat dari Bandung, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan ke arah Ciwidey. Dari situ, bisa menuju ke kebun teh Rancabali. Dari Rancabali, masuk ke Desa Cipelah, ikuti jalan sampai bertemu Desa Karangjaya. Gerbang masuknya ada di sebelah kantor desa, jadi gampang ditemukan.

Dari gerbang, Anda harus jalan kaki kira-kira lima puluh meter untuk mencapai lokasi. Sambil jalan, bisa sekalian menikmati pemandangan sekitar.

Memang agak repot untuk memastikan apakah kendaraan Anda tahan lewat jalan ini atau tidak. Karena itu, kami sarankan untuk menggunakan jasa rental mobil plus driver Bandung. Salsa Wisata menyediakan banyak mobil baru dengan kondisi prima untuk Anda.

Anda bisa menyewa sopirnya sekalian, sehingga Anda bisa sekalian diantar ke berbagai tempat wisata Instagramable Bandung lainnya atau di Ciwidey, yang terbilang dekat dari Cianjur.

Daya Tarik Curug Citambur

Pemandangan Alam yang Indah

pemandangan Curug Citambur

Alam di sekitar air terjun ini memang masih alami. Pengelola tidak mengubah sebagian besar tempatnya, kecuali mungkin hanya menambahkan beberapa fasilitas. Maka itulah, udara di tempat ini masih sangat sejuk.

Pohon-pohon tinggi terlihat menghiasi air terjunnya. Lokasinya sendiri ada di balik tebing Gunung Lemo, gunung yang membentang dari Pasir Kuda sampai area Rancabali. Kabarnya, gunung ini membentuk huruf L.

Bermain Air

berenang di Curug Citambur

Curug yang memiliki dua tingkatan ini, tingkat pertamanya sangat tinggi, dengan ketinggian mencapai seratus meter. Saking derasnya aliran airnya, air yang jatuh itu sampai menciptakan uap tipis.

Ada kolam alami di bawah air terjun yang tidak terlalu besar. Begitu turun, airnya langsung mengalir lagi ke bawah, membentuk air terjun mini. Tidak boleh bermain air di sekitar tempat jatuhnya air, karena sangat berbahaya.

Air hasil airan curug ini punya tiga jalur. Namun, jika debit air sangat besar, yang terlihat cumaa dua jalur saja. Di sekitar tempat jatuhnya air, ada batu-batu besar yang memenuhi kolam di bawahnya.

Nah, kalau Anda mau main air, Anda bisa main di aliran air terjunnya, bukan di bawahnya persis. Namun, jangan kaget kalau airnya sangat dingin, karena memang ini air dari sumber alami. Meskipun dingin, airnya sangat jernih dan bersih.

Foto-foto

spot foto Curug Citambur

Ada beberapa spot foto cantik yang sudah disediakan oleh pengelola. Selain berfoto dengan latar belakang alam yang indah, ada juga spot foto buatan. Yang paling terkenal adalah rumah terbalik. Rumah buatan ini atapnya di bawah, sedangkan pintunya ada di bawah. Banyak yang antri untuk foto di sini.

Selain itu, ada juga gardu pandang yang ada tepat di depan curug. Berfoto di gardu pandang ini berarti latar belakangnya langsung air terjun. Ada juga rumah pohon, gapura bertuliskan nama curugnya, dan banyak spot foto lain. Kalau ingin foto di spot-spot tersebut, Anda hanya harus mengeluarkan uang sebesar Rp5.000,00.

Fasilitas Curug Citambur

warung makan Curug Citambur

Tempat wisata di Cianjur ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Setidaknya, berbagai fasilitas dasar sudah terpenuhi, seperti misalnya area parkir yang luas, toilet, dan tempat ibadah.

Tidak perlu khawatir lapar, karena ada berbagai kios dan warung makan yang berada tak jauh dari area air terjun. Anda bisa mencicipi makanan khas Sunda kekinian sambil menikmati pemandangan. Sama seperti warung makan, spot-spot foto juga ada sebagai fasilitas penunjang.

Jam Operasional Curug Citambur

Curug Citambur buka setiap hari selama dua puluh empat jam penuh. Meskipun begitu, waktu terbaik untuk menikmati air terjun ini adalah di pagi hari, ketika suasana masih sejuk dan sunyi karena belum begitu banyak pengunjung. Kalau ingin melihat air terjunnya lebih deras, Anda bisa datang di musim hujan.

Ingin liburan ke Cianjur, Ciwidey, dan Bandung sekaligus? Anda bisa pesan paket liburan Bandung 3 hari dari Salsa Wisata. Paket wisata bisa Anda pilih berdasarkan kota tujuan, durasi liburan, atau bahkan budget.

Anda juga bisa meng-custom sendiri destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi termasuk ke pusat oleh-oleh khas Jawa Barat makanan. Harga yang Anda bayarkan untuk paket sudah termasuk akomodasi dan transportasi, jadi Anda tidak perlu sewa mobil lagi. Liburan jadi jauh lebih praktis dan murah.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)