Firdaus Fatimah Zahra mungkin terdengar seperti nama seseorang, sedikit yang menyangka nama ini merupakan salah satu tempat wisata di Semarang. Fatimah Zahra Semarang terkenal sebagai destinasi wisata religi khusus untuk manasik haji.

Anda bisa merasakan sensasi naik haji yang persis seperti aslinya berkat suasana yang dibuat serupa Mekah. Bangunan yang ada sangat menarik dan unik membuat Anda merasa seperti benar-benar berada di luar negeri.

Fatimah Zahra Semarang bisa Anda kunjungi melalui paket gathering Semarang yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum itu, mari simak keseruan apa saja yang sudah menunggu Anda di Firdaus Fatimah Zahra Semarang.

Sekilas Tentang Firdaus Fatimah Zahra Semarang

Firdaus Fatimah Zahra Semarang pertama kali dibangun pada tahun 2014 dan selesai di tahun 2017. Tempat wisata ini dikelola oleh PT Wanda Fatimah Zahra, sebuah biro perjalanan haji dan umroh di Semarang.

Pada awalnya tempat ini hanya dibuat untuk para calon jamaah haji dan umrah belajar dan latihan pelaksanaan manasik haji. Namun antusias masyarakat sekitar yang penasaran dan ingin ikut mencoba latihan manasik haji, membuat tempat ini berubah menjadi destinasi wisata.

Dengan total luas kurang lebih 4.8 hektar, Fatimah Zahra Semarang dibangun semirip mungkin dengan Mekah dan Madinah. Sehingga pengunjung bisa merasakan secara langsung sensasi mendekati asli saat manasik haji di lokasi ini.

Daya Tarik Firdaus Fatimah Zahra Semarang

Firdaus Fatimah Zahra Semarang

Fatimah Zahra Semarang sangat cocok menjadi destinasi wisata religi edukasi berkat daya tarik yang dimilikinya. Berikut ini beberapa hal menarik yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Firdaus Fatimah Zahra Semarang.

Belajar Manasik Haji

Fatimah Zahra Semarang memang dikhususkan untuk kegiatan manasik haji bagi para jamaah. Namun manasik haji di tempat ini tidak seperti manasik biasa pada umumnya yang hanya menggunakan peralatan seadanya.

Di Fatimah Zahra Semarang, Anda bisa manasik haji dengan suasana asli seperti di Mekah dan Madinah. Berbagai replika bangunan dan tempat penting saat haji bisa Anda temukan disini seperti Bandara, Ka’bah, tempat lempar jumrah, dan lainnya.

Anda akan diberikan paspor sebagai tanda masuk dan dicek di replika Bandara Arab Saudi kawasan Fatimah Zahra Semarang. Suasana manasik haji di sini terasa semakin otentik dengan adanya beberapa pohon kurma yang tumbuh di sekitarnya.

Anak-anak dan orang dewasa bisa belajar manasik haji dan merasakan seperti telah berada di Mekah dan Madinah. Fatimah Zahra menjadi destinasi wisata edukasi yang pas untuk Anda dan rombongan yang ingin belajar lebih jelas mengenai pelaksanaan haji.

Area Ka’bah dan Masjidil Haram

Replika Kabah Firdaus Fatimah Zahra

Bangunan Ka’bah di Fatimah Zahra Semarang menjadi pusat kegiatan manasik haji bagi para pengunjung. Di sini Anda bisa melihat Ka’bah dengan ukuran yang cukup besar yakni 9x9x8 meter lengkap dengan batu hitam hajar aswad.

Di sekeliling Ka’bah ini juga terdapat lorong yang menjadi replika dari Masjidil Haram dengan arsitektur dan hiasan kaligrafi yang serupa. Selain tawaf, di kawasan ini juga menjadi tempat untuk sai atau lari-lari kecil dari Safa ke Marwa bolak balik.

Dalam area ka’bah ini pula terlihat replika Maqam Ibrahim serta hijir Ismail yang tidak bisa terpisahkan dari Ka’bah. Bentuk Ka’bah dan sekitarnya yang sangat serupa aslinya ini bisa jadi pengalaman otentik belajar manasik haji untuk Anda dan rombongan.

Area Masjid Nabawi

Setelah tawaf di area Ka’bah, Anda akan melihat replika bangunan Museum Al Haramain, museum yang menyimpan sejarah Masjidil Haram dan Nabawi. Pengunjung bisa melihat megahnya bangunan lengkap dengan ukiran pintu yang sama dengan aslinya.

Museum Al Haramain ini termasuk dalam area Masjid Nabawi di kawasan Firdaus Fatimah Zahra Semarang. Terlihat pula 9 tiang lampu tinggi khas Masjid Nabawi sebelum pintu masuk masjid.

Di dalam masjid, hawa dingin dan sejuk sangat terasa sehingga banyak pengunjung yang betah berlama-lama di dalam masjid. Selain itu hiasan kaligrafi serta replika raudhah Nabi Muhammad menjadi pelengkap keindahan dari Masjid Nabawi di sini.

Beristirahat di Padang Arafah

Replika Padang Arafah di Firdaus Fatimah Zahra

Perjalanan pun dilanjutkan di area Padang Arafah yang berada di belakang Masjid Nabawi. Pada area ini berdiri banyak tenda dengan alas keramik yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat.

Tenda arafah ini menjadi replika dari pemandangan di Padang Arafah tempat jamaah haji menginap sebelum melempar jumrah. Tidak jauh jauh dari tenda padang arafah berdiri tiga replika jamarat yakni Jumrah Ula, Wustho, dan Aqabah.

Pengunjung bisa mengambil batu di sekitar area dan melempar jumrah sebagaimana aslinya saat ibadah haji. Adanya tenda di padang arafah ini menjadi tempat istirahat yang pas dari hawa panas kawasan Firdaus Fatimah Zahra ini.

Mengunjungi Jabal Rahmah

Saat naik haji, ziarah ke Jabal Rahmah sudah menjadi hal wajib untuk dilakukan, begitu juga di Fatimah Zahra Semarang ini. Terdapat replika dari gunung tempat Nabi Adam dan Siti Hawa bertemu di bumi setelah berpisah dan diusir dari surga.

Anda harus menaiki beberapa anak tangga untuk bisa tiba di puncak replika Jabal Rahmah ini. Dari atas puncak Anda bisa melihat pemandangan sekitar seperti padang arafah dan arabian park yang tidak jauh dari lokasi.

Jabal Rahmah ini menjadi tempat terbaik untuk Anda melihat sekitar area Fatimah Zahra. Dari setiap detail yang ada, pengalaman latihan manasik haji di Fatimah Zahra Semarang akan jadi pengalaman terbaik untuk Anda.

Berfoto di Berbagai Spot Menarik

Sayang rasanya bila tidak menyempatkan diri berfoto di berbagai replika bangunan yang ada di Fatimah Zahra Semarang. Replika yang detailnya sangat mirip bangunan aslinya ini akan jadi foto yang bagus untuk Anda upload ke sosial media.

Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih untuk berfoto bahkan dari pertama masuk yakni di pintu gerbang Firdaus Fatimah Zahra. Pintu gerbang besar dengan ornamen yang indah jadi tempat yang cukup sering dipilih wisatawan selain replika Ka’bah dan bangunan lainnya.

Foto menarik juga bisa Anda dapatkan di kawasan Toko Madinah dan Arabian Park. Bangunan khas kota Madinah serta patung-patung hiasan menarik di Arabian Park jadi latar belakang foto yang bagus untuk foto Anda.

Belanja Oleh-oleh Haji

Fatimah Zahra Semarang juga mereplika pasar yang dulu terkenal sebagai tempat belanja oleh-oleh yakni Pasar Seng. Di Pasar Seng ini Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh yang sering dibawa jamaah haji saat pulang ke Indonesia.

Mulai dari Kurma, wewangian, kacang arab, dan pernak-pernik lain bisa Anda temukan dijual di Pasar Seng Fatimah Zahra. Selain itu juga terdapat foodcourt yang menjual berbagai makanan khas Semarang dan minuman yang bisa Anda nikmati di area Padang Arafah.

Selain Pasar Seng, Anda juga bisa membeli oleh-oleh ini di Toko Madinah yang berada terletak setelah replika Bandara Arab Saudi. Anda bisa merasakan sensasi naik haji yang sebenarnya dengan pulang membawa oleh-oleh Haji dari Fatimah Zahra Semarang.

Harga Tiket Masuk Firdaus Fatimah Zahra Semarang

Untuk bisa merasakan tour naik haji otentik di Fatimah Zahra Semarang, Anda perlu membayar tiket yang sudah ditentukan. Dengan tiket ini Anda sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada dan berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Pengunjung Rp40.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Bus Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan perkiraan sebelum nantinya mengunjungi Firdaus Fatimah Zahra Semarang.

Kunjungi juga berbagai tempat wisata di Semarang lainnya dengan Paket Wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan memberikan Anda banyak kemudahan terutama akomodasi selama Anda berlibur di Semarang.

Lokasi dan Rute Menuju Firdaus Fatimah Zahra Semarang

Lokasi Firdaus Fatimah Zahra terletak di Jl. Muntal, Mangunsari, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. Jaraknya sekitar 16 km dari pusat Kota Semarang dengan waktu tempuh kurang lebih 35 menit.

Jika Anda berangkat dari dekat Rumah Sakit Dr. Kariadi, Anda bisa langsung berjalan menuju arah Taman Sampangan. Lalu dari Taman Sampangan terus berjalan ke arah selatan menuju UNNES dengan menyeberangi Tol Jatingaleh-Krapyak.

Setelah melewati UNNES lanjutkan perjalanan ke Jl. Ampelgading Raya hingga bertemu pertigaan ke Jl. Muntal. Dari Jl Muntal ini Anda akan melihat pintu gerbang megah dengan tulisan Firdaus Fatimah Zahra dan itu artinya Anda sudah tiba di lokasi.

Kawasan ini bisa Anda kunjungi pula dengan kendaraan umum dengan jurusan Gunung Pati. Namun agar lebih mudah gunakan saja kendaraan pribadi atau jasa sopir dari sewa alphard Semarang dan Biro Perjalanan agar liburan Anda tidak merepotkan.

Jam Operasional Firdaus Fatimah Zahra Semarang

Untuk waktu kunjungan, Anda bisa datang setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tempat ini akan sangat ramai pada saat mendekati musim haji, musim liburan, dan akhir pekan.

Anda bisa pilih sendiri kapan waktu yang pas untuk namun disarankan saat musim kemarau agar terhindar dari hujan. Jangan lupa pula untuk membawa payung, topi, atau kacamata karena hawa panas di sini juga sangat mirip panas di Arab.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (6 votes)