Kota Semarang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang menyajikan makanan khas Semarang yang enak dan terkenal. Banyak bangunan tua peninggalan Belanda masih berdiri kokoh dan memperlihatkan sisa kemegahannya pada masa itu di Kota bersejarah ini.

Selain itu Kota Semarang juga kaya akan keragaman budaya karena pernah menjadi kota pelabuhan penting untuk perdagangan. Berbagai suku dan budaya hidup rukun dalam satu lingkungan dan menciptakan keharmonisan budaya baru.

Hal ini bisa terlihat dari kuliner khas Kota Semarang yang sebagian besar dipengaruhi budaya-budaya tersebut. Mulai dari jajanan ringan seperti lumpia hingga hidangan utama seperti Nasi Ayam Semarang sedikit banyak telah dipengaruhi budaya luar.

Keunikan itulah yang membuat banyak biro perjalanan menawarkan paket wisata Semarang disetiap paket perjalanannya. Diantara semua makanan khas Semarang yang terkenal yang ada, berikut ini rekomendasi kuliner Semarang yang wajib Anda coba saat berkunjung.

Daftar Makanan Khas Semarang yang Enak dan Terkenal

Lumpia

Lumpia

Makanan khas Semarang lumpia sudah sangat terkenal menjadi makanan Semarang yang wajib Anda coba saat berkunjung sama seperti Bakpia Jogja. Sejarah Lumpia ini berawal dari kreasi seorang Tionghoa Tjoa Thay Yoe yang menetap di Semarang dan membuat Lumpia cita rasa lokal.

Resep Lumpia Semarang juga sedikit berbeda dengan hidangan asli tiongkoknya yakni Lun Pia karena menggunakan rebung rebung sebagai isian. Selain rebung terkadang daging ayam dan juga udang digunakan menjadi isian dari Lumpia sehingga semakin nikmat saat dicocol ke sambal.

Ada banyak tempat untuk Anda menikmati Lumpia Semarang ini namun yang paling terkenal adalah Lumpia Pandanaran dan Lumpia Gang Lombok. Untuk satu porsi Lumpia bisa Anda nikmati dengan harga mulai Rp7.000,00 hingga Rp17.000,00 per potongnya.

Lapis Legit

Lapis Legit

Semarang yang dulu jadi pusat pemerintahan Belanda sedikit banyak telah meresap kebudayaan Eropa dan bisa terlihat dari Kue Lapis Legitnya. Lapis Legit atau Spekuk ini terinspirasi dari kue lapis Eropa yang ditambah berbagai rempah dan aromatik sehingga terasa manis.

Resep Lapis Legit tidak jauh berbeda dengan kue lapis lain hanya saja di dalam adonan ditambahkan dengan kapulaga dan rempah lainnya. Adonan yang sudah jadi tersebut  dimasukan ke dalam loyang secara bertahap sehingga memiliki minimal 18 lapisan dan bertumpuk rapi.

Rasa manis dan aromatik rempah Lapis Legit ini bisa Anda nikmati di toko kue Lapis Legit Anggrek Jl. Majapahit Semarang. Harga satu kotak Lapis Legit ini bervariasi antara Rp25.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung rasa dan ukuran kotak.

Wingko Babat

Wingko Babat

Selain jajanan seperti Lumpia, Semarang juga terkenal dengan salah satu jajanan lain yakni Wingko Babat Semarang. Wingko Babat biasanya mudah sekali ditemukan di stasiun, terminal, serta toko kue dan toko oleh-oleh khas Semarang.

Kue tradisional ini terbuat dari parutan kelapa muda, tepung beras ketan, dan juga gula yang dibentuk bulat lalu dipanggang. Rasa gurih dari kelapa serta manis dari gula jawa yang digunakan sangat cocok untuk menemani Anda menikmati kopi atau teh.

Anda bisa membeli Wingko Babat ini di pusat oleh-oleh Semarang Jl Pandanaran yang menjual berbagai merek Wingko Babat terkenal. Harga satuan dari Wingko Babat juga terjangkau yakni sekitar Rp2.000,00 per bungkusnya atau Rp26.000,00 isi 20.

Bandeng Presto

Bandeng Presto

Semarang juga dikenal sebagai kota pesisir sehingga banyak hidangannya yang memanfaatkan ikan sebagai bahan utama seperti Bandeng Presto. Bandeng Presto pertama kali diperkenalkan oleh Hanna Budimulya pada tahun 1977 dan menjadi salah satu makanan khas Semarang oleh-oleh yang terkenal.

Cara memasak dengan teknik presto ini membuat duri-duri kecil yang ada di daging ikan bandeng bisa menjadi lunak. Selain itu daging ikan bandeng pun menjadi semakin lembut sehingga sangat nikmat untuk disantap bersama nasi hangat dan sambal.

Salah satu tempat terkenal untuk menikmati hidangan Bandeng Presto ini adalah Bandeng Presto Juwana Elrina yang ada di Jl. Pandanaran. Anda bisa mendapatkan satu kotak berisi lima ekor Bandeng Presto dengan harga sekitar Rp40.000,00 per kotak.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal

Selain kue dan makanan ringan, Semarang juga memiliki makanan yang bisa membuat Anda kenyang seperti Tahu Gimbal. Nama Gimbal sendiri berasal dari tambahan adonan tepung dan udang yang terlihat bertumpuk dan ikut disajikan dalam hidangan.

Makanan khas Semarang tahu gimbal juga menggunakan kol mentah, tauge, lontong dan telur sebagai pelengkap di samping tahu goreng dan gimbal. Saat disiram saus kacang encer dengan campuran bumbu petis udang, rasa nikmat dari Tahu Gimbal terasa sangat sempurna.

Tahu Gimbal Semarang yang cukup terkenal di Semarang adalah Warung Tahu Gimbal Pak Man yang ada di Jl. Plampitan Semarang. Selain itu biasanya makanan ini sering dijual di sekitar tempat wisata Semarang. Bila Anda ingin menikmati tahu gimbal cukup siapkan uang Rp8.000,00 hingga Rp12.000,00 per porsinya.

Tahu Pong

Tahu Pong

Semarang terkenal dengan hidangan berbahan dasar tahu yang nikmat salah satu yang cukup terkenal adalah Tahu Pong atau tahu kopong. Sesuai dengan namanya, pada bagian tengah tahu ini kosong dan berongga sehingga memberi sensasi unik saat dimakan bersama sambal kecap.

Biasanya tahu pong disajikan dengan gimbal dan tahu goreng biasa yang dicocol ke dalam sambal kecap bumbu petis yang khas. Rasa gurih dari tahu yang masih hangat terasa nikmat saat bercampur dengan rasa pedas manis sambal kecapnya.

Salah satu tempat rekomendasi untuk mencoba Tahu Pong ini berada di Jl. Gajahmada tepatnya Tahu Pong Gajahmada Semarang. Satu buah tahu pong biasanya dihargai Rp500,00 per buah dan Rp5.000,00 untuk satu piring tahu dengan sambalnya.

Tahu Petis

Tahu Petis

Tahu Petis termasuk salah satu makanan ringan khas Semarang yang juga menggunakan tahu sebagai bahan utama. Hal yang membedakan tahu ini dengan olahan tahu lainnya adalah penggunaan sambal petis dari udang yang kental dan tidak bau.

Sambal petis yang digunakan diracik dengan bumbu khusus sehingga memberi rasa manis, asin, dan sedikit pedas saat dimakan bersama tahu. Tahu Petis semakin nikmat saat disantap bersama dengan cabai rawit segar untuk memberi rasa pedas yang membuat ketagihan.

Anda bisa menikmati Tahu Petis ini di warung Tahu Petis Prasojo yang berada di dekat Simpang Lima Semarang. Tahu Petis juga termasuk hidangan yang terjangkau, Anda bisa menikmati hidangan ini dengan harga Rp5.000,00 per porsinya.

Soto Semarang

Soto Semarang

Semarang juga memiliki versi soto sendiri yang berbeda dengan soto dari daerah lain yang dikenal sebagai Soto Semarang. Masyarakat sekitar juga sering menyebut soto ini dengan sebutan Soto Angkring karena pada awalnya dijual di angkringan.

Soto Semarang ini memiliki kuah yang lebih bening kecoklatan bila dibandingkan dengan soto kudus. Selain itu isian seperti bawang merah goreng, bihun, tauge, tomat, dan perkedel menjadi ciri khas dari Soto Semarang ini.

Ada banyak tempat terkenal untuk Anda menikmati Soto Semarang ini seperti Soto Pak No, Soto Pak Man dan Soto Bangkong. Rata-rata Soto Semarang ini dijual mulai dari harga Rp8.000,00 hingga Rp12.000,00 untuk porsi besarnya.

Babat Gongso

Babat Gongso

Babat Gongso merupakan salah satu hidangan legendaris dan terkenal sejak lama yang berasal dari Kota Semarang. Masakan ini memanfaatkan babat atau lambung sapi sebagai bahan utama dengan cara ditumis atau dalam bahasa Semarang disebut Gongso.

Cara membuat Babat Gongso ini dimulai dengan memotong kecil-kecil babat yang sudah direbus lalu ditumis bersama bumbu gongso. Tidak lupa untuk memberi kecap, kaldu jamur serta gula merah dan cabai hingga rasanya pas.

Salah satu tempat yang sudah sangat terkenal dengan kelezatan Babat Gongsonya adalah Babat Gongso Pak Karmin di Jl. Pemuda. Biasanya satu porsi Babat Gongso ini dijual dengan harga sekitar Rp20.000,00 hingga Rp35.000,00 tergantung ukuran porsi.

Nasi Ayam Semarang

Nasi Ayam Khas Semarang

Nasi Ayam mungkin sudah biasa terdengar dan Anda nikmati namun Nasi Ayam Semarang ini berbeda dari nasi ayam biasanya. Perbedaan utama dari Nasi Ayam Semarang ini terletak pada kuah opor kuning yang digunakan untuk menyiram nasi dan lauk pauknya.

Nasi ayam Semarang biasanya disajikan bersama suwiran ayam, sate usus, krecek, urap dan sayuran lainnya. Rasa gurih dari kuah santan dan campuran berbagai lauk pauk membuat Nasi Ayam Semarang ini bisa jadi pengganjal lapar Anda.

Hidangan ini bisa Anda temukan dengan mudah di sekitar Semarang namun yang paling terkenal adalah Nasi Ayam Bu Wido. Harganya pun sangat terjangkau hanya sekitar Rp10.00,00 sampai Rp15.000,00 untuk satu porsinya.

Roti Gambang

Roti Gambang

Roti Gambang atau yang lebih akrab disebut sebagai Roti Ganjel Rel ini ternyata memiliki sejarah panjang di Semarang. Resep asli Roti Gambang ini berasal dari Belanda dan jadi hidangan sarapan wajib bagi Belanda pada waktu itu.

Roti Gambang disebut ganjel rel karena bentuknya yang menyerupai kayu bantalan rel serta teksturnya yang padat. Selain bentuknya, yang membuat roti ini istimewa adalah aroma wangi kayu manis yang tercium dari roti mampu menggugah selera.

Roti Gambang ini bisa Anda beli dengan mudah di berbagai toko roti atau toko oleh-oleh Semarang yang ada di Kota. Untuk harganya juga bervariasi mulai dari Rp12.000,00 hingga Rp50.000,00 per boxnya tergantung ukuran dan rasa.

Gudangan

Gudangan

Gudangan menjadi salah satu wisata kuliner Semarang yang favorit oleh penduduk Semarang. Hidangan yang terdiri berbagai macam sayuran ini mirip dengan urap karena menggunakan parutan kelapa sebagai pendamping sayuran.

Perbedaannya dengan urap terletak dari sayuran yang digunakan serta cara pengolahan sambal gudangan atau parutan kelapa. Sayur yang digunakan biasanya bayam, kubis, wortel, kacang panjang dan sayur lain dengan parutan kelapa yang dimasak bersama bumbu khusus.

Gudangan ini biasanya hadir di acara hajatan atau syukuran namun sudah banyak rumah makan yang menjadikan Gudangan sebagai menu andalan. Satu porsi dari Gudangan ini biasanya berkisar antara Rp6.000,00 hingga Rp10.000,00 tergantung ukuran porsi yang dipesan.

Wedang Tahu

Wedang Tahu

Olahan tahu ternyata tidak hanya bisa jadi makanan, ada Wedang Tahu khas Semarang yang nikmat diminum saat cuaca dingin. Seperti namanya minuman ini terbuat dari kembang tahu sari kedelai dan disiram kuah wedang yang terbuat dari jahe.

Cara membuat Wedang Tahu dimulai dengan membuat kembang tahu dari sari kedelai yang dimasak bersama agar-agar, gula, dan garam. Setelah matang dan dingin, kembang tahu ini disiram kuah saringan dari jahe, gula merah, daun pandan, kayu manis, dan lainnya.

Salah satu tempat paling terkenal untuk menikmati Wedang Tahu ini terletak di Jl. Setia Budi tepatnya Wedang Tahu Pak Adi. Harga dari Wedang Tahu ini sekitar Rp6.000,00 untuk satu mangkok penuh Wedang Tahu hangat.

Kue Mochi

Moaci Semarang

Mochi merupakan kue tradisional khas Semarang hasil serapan dari Jepang dan juga Tionghoa dengan rasa yang mirip Mochi dari Jepang. Perbedaan utama terletak pada ukuran yang lebih kecil serta isian kue moaci yang menggunakan kacang.

Selain itu teksturnya yang lebih kenyal dan padat menjadi pembeda lain antara Moaci dengan Mochi dari Jepang, Taiwan, atau Sukabumi. Bahan utama dari moaci ini adalah adonan tepung ketan yang dibentuk bulat dengan isian kacang dan terkadang dibalur biji wijen.

Tempat paling populer untuk menikmati makanan khas Semarang mochi ini terletak di Jl. RA. Kartini tepatnya di Moaci Gemini Semarang. Harga satu kotak Moaci Semarang ini sekitar Rp20.000,00 hingga Rp60.000,00 tergantung jumlah dan rasa dari Moaci.

Pisang Plenet

Pisang Plenet

Selain tahu, Semarang juga memiliki jajanan khas yang terbuat dari pisang dan sangat melegenda yakni Pisang Plenet. Cara membuat pisang plenet ini terbilang unik karena pisang harus diplenet atau dipipihkan terlebih dahulu sebelum dibakar.

Setelah dibakar baru kemudian diberi berbagai macam topping mulai dari gula jawa cair, coklat, keju, hingga selai stroberi. Rasanya yang manis serta aroma khas hasil pembakaran arang membuat hidangan ini terasa nikmat.

Anda bisa dengan mudah Pisang Plenet legendaris ini di Pasar Semawis atau di Pisang Plenet Pak Yuli Jl. Gajahmada. Harga satu porsi Pisang Plenet ini sekitar Rp5.000,00 dengan isi empat sampai lima pisang yang bertumpuk.

Mie Kopyok

Mie Kopyok

Mie Kopyok merupakan hidangan mie khas Semarang yang dikenal juga dengan nama Mie Teng-Teng karena saat berkeliling terdengar suara teng-teng. Ciri khas lain dari masakan ini adalah cara pembuatannya yang dikopyok atau dikocok pada air panas.

Sebagian masyarakat juga menyebut Mie Kopyok ini sebagai mie lontong berkat penggunan lontong sebagai isian. Selain lontong mie ini juga menggunakan tahu pong, kerupuk gendar, kecambah, daun seledri, bawang goreng, serta kecap sebagai pelengkap.

Mie Kopyok makanan khas Semarang yang wajib dicoba ini biasa dijual dengan cara berkeliling, namun Anda juga bisa datang langsung ke warung Mie Kopyok Pak Dhuwur. Harga satu porsi Mie Kopyok ini sekitar Rp12.000,00 dengan ukuran porsi yang cukup mengenyangkan.

Selain sejumlah makanan yang sudah disebutkan tadi masih banyak makanan khas Semarang malam hari yang bisa Anda eksplor dan coba selama liburan. Agar memudahkan hal tersebut bisa manfaatkan jasa sewa mobil Semarang yang tersedia di sekitaran kota.

Dengan begitu Anda bisa puas berkeliling berbagai tempat yang ada di Semarang tanpa perlu naik kendaraan umum. Selain itu sopir lokal dari rental yang sudah berpengalaman bisa memberi rekomendasi tempat menarik untuk Anda kunjungi.

Anda yang berencana datang bersama rombongan juga bisa mencari tempat rental bus Semarang yang siap mengantar kemanapun tujuannya. Sehingga wisata kuliner, budaya, sejarah, bahkan liburan belanja Anda di Semarang bisa berjalan dengan lancar.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)