SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Gili Trawangan adalah pulau kecil yang selalu jadi incaran wisatawan saat mengunjungi Lombok. Keindahannya sudah terkenal hingga Mancanegara dan mampu bersaing dengan keindahan Bali.

Berlibur ke pulau ini bisa jadi rencana berlibur terbaik yang akan Anda dapatkan. Banyak sekali pesona Gili Trawangan yang tidak hanya sebatas pantai dan pemandangan bawah laut. Berikut ini ulasan singkat mengenai pulau ini yang bisa jadi referensi Anda sebelum berlibur ke sini

Sekilas Tentang Wisata Gili Trawangan

Gili Trawangan termasuk ke dalam gugusan Gili Island bersama Gili Air dan Gili Meno. Namun dari gili-gili yang lain, ukuran pulau ini terbilang cukup luas dan besar.

Luas pulau ini sekitar 6 km persegi dan jumlah warga sekitar 800 orang yang berasal dari suku Sasak, Bali, dan Bugis. Nama Gili Trawangan sendiri, berasal dari kata Gili dan juga Terangang  yang memiliki arti Pulau Tempat Penyu Bertelur.

Namun karena pengucapan Terangang terasa sulit akhirnya diganti menjadi Trawangan yang memiliki suara penyebutan yang mirip. Pada awalnya pulau ini merupakan tempat pembuangan sekitar 350 pemberontak suku Sasak namun sekarang menjadi pulau wisata terbaik Lombok.

Suasana tenang di pulau ini sangat pas untuk menghabiskan waktu liburan santai di Lombok. Anda tidak akan menemukan satupun kendaraan bermotor di pulau ini, entah itu mobil, motor, atau bus.

Untuk berkeliling wisatawan bisa berjalan kaki, menggunakan sepeda atau menaiki cidomo kendaraan sejenis delman yang ada. Tidak adanya kendaraan bermotor di sini, bertujuan agar suasana pulau tetap memiliki udara yang segar tanpa polusi kendaraan.

Selain itu, pulau ini juga termasuk pulau yang paling meriah untuk para wisatawan. Hampir setiap malam selalu ada pesta pantai yang berlangsung secara bergilir di tempat-tempat tertentu.

Fasilitas di pulau ini pun sangat memadai terutama bagi para wisatawan. Ada banyak kafe, restoran, spa, resort dan hotel di Gili Trawangan yang siap membuat liburan Anda di sini benar-benar nyaman

Aktivitas Seru di Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan Lombok

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan saat tiba di pulau ini. Mulai dari menikmati indahnya pantai, jelajah pulau yang asri, melihat keindahan bawah laut, hingga bersantai di Spa bisa Anda lakukan.

Berikut ini beberapa aktivitas yang patut untuk Anda coba lakukan saat berkunjung ke pulau ini:

Bermain Kayak

Menikmati keindahan pantai di pulau ini tidak hanya bisa Anda lakukan dengan berenang tapi juga dengan menaiki kayak. Dengan menggunakan kayak Anda bisa menjelajah pantai dan melihat keindahan bawah laut secara bersamaan.

Dari perahu kayak yang transparan, ikan-ikan dan penyu yang berenang di antara terumbu karang pantai di pilau ini akan terlihat. Kegiatan ini juga bisa Anda lakukan bersama teman-teman karena kapasitas kayak yang dapat menampung 2 orang sekaligus.

Snorkeling

Jika Anda lebih senang bermain air, Snorkeling bisa jadi kegiatan yang pas. Pilau ini memiliki spot snorkeling yang keindahannya sudah sangat terkenal hingga ke luar negeri.

Spot tersebut diantaranya Coral Garden, Turtle Point, dan Bounty Wreck. Di tempat-tempat ini, Anda bisa berenang dan melihat biota laut yang indah seperti penyu dan ikan kecil.

Anda juga bisa melakukan kegiatan ini di Panta-pantai Gili Trawangan dengan mudah. Semua berkat tempat penyewaan peralatan snorkeling yang ada di pinggir pantai.

Diving

Ingin pengalaman yang lebih seru, Anda bisa lakukan Diving di spot-spot snorkeling tadi. Dengan menyelam lebih dalam, pemandangan bawah laut bisa terlihat lebih jelas dan dekat.

Jika Anda belum bisa dan belum pernah diving, tempat-tempat penyewaan peralatan diving biasanya bisa memberikan pelatihan. Waktu pelatihan sekitar 3 jam dan setelah itu Anda bisa memulai aktivitas diving bersama para ikan dan penyu yang ada.

Menaiki Glass Bottom Boat

Melihat keindahan laut tidak hanya bisa dilakukan dari kayak, Anda bisa menyewa Glass Bottom Boat yang ada di pilau ini. Dari atas kapal Anda akan diajak berkeliling 2-3 jam melihat pemandangan bawah laut tanpa harus basah.

Bahkan beberapa kapal memiliki rute hingga ke arah Gili Meno untuk melihat bangkai kapal karam. Kapal ini sering disebut juga kapal titanic Lombok dan menjadi spot favorit wisatawan.

Bersepeda Berkeliling Pulau

Tidak adanya kendaraan bermotor membuat aktivitas bersepeda di pulau ini sangat menyenangkan. Hanya dalam waktu 1 jam Anda bisa mengelilingi pulau ini dari ujung ke ujung.

Dengan sepeda Anda juga bisa mengeksplor jalan-jalan kecil di pulai eksotis ini dengan bebas. Hal yang perlu menjadi perhatian adalah saat pemilihan sepeda yang pas dan nyaman untuk Anda gunakan.

Berfoto

Momen saat liburan ke pulau ini sangat sayang jika tidak diabadikan dalam foto. Karena banyak sekali tempat bagus yang bisa jadi spot foto Anda saat berlibur.

Spot menarik seperti ayunan sunset, keindahan bawah laut, atau pasar seni Gili Trawangan selalu menjadi tempat foto favorit wisatawan. Jadi Anda harus menyiapkan kamera yang mumpuni saat berkunjung ke pulau ini.

Mengunjungi konservasi penyu

Sesuai namanya, Gili Trawangan menjadi salah satu tempat penyu bertelur. Untuk itu di pulau ini terdapat tempat konservasi penyu, terutama penyu hijau.

Anda bisa menyaksikan penyu-penyu yang dipelihara dalam penangkaran sebelum dilepas kembali ke laut. Jika datang disaat yang tepat, Anda pun bisa mengikuti prosesi pelepasan penyu ke laut yang diiringi upacara adat tertentu.

Wisata kuliner

Di pulau ini terdapat banyak tempat makan dengan sajian yang nikmat dan menggugah selera. Mulai dari makanan khas Lombok hingga makanan eropa siap tersaji di warung dan restoran di Gili Trawangan.

Lelah setelah beraktivitas di pulau ini langsung hilang saat nikmatnya makanan masuk kedalam perut. Harganya pun bervariasi namun masih terjangkau dan tidak terlalu mahal.

Harga Tiket Fast Boat Liburan ke Gili Trawangan

Untuk berlibur ke pulau ini Anda perlu menyiapkan budget yang cukup mulai dari penyeberangan, penginapan, dan berbagi fasilitas lain. Berikut ini rincian harga yang bisa jadi bahan referensi Anda yang ingin berlibur ke pulau ini.

Fast Boat Harga Tiket One Way
Eka Jaya Rp600.000,00
Wahana Gili Rp195.000,00
Patagonia Rp280.000,00
Putri Island Rp550.000,00
Ganggari Rp190.000,00
Mahi-mahi Rp190.000,00
Golden Queen Rp195.000,00
Meranti Xpress Rp225.000,00
Blue Water Rp400.000,00
Karunia Jaya Rp650.000,00
ScootCruise start from Rp250.000,00
Kapal Penyeberangan Umum Rp15.000,00

Harga yang tercantum di atas sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pemerintah setempat atau penyedia layanan. Namun bisa dijadikan patokan untuk Anda yang ingin menikmati liburan di Gili Trawangan.

Jika ingin berlibur ke pulau ini dengan biaya yang lebih murah, Anda bisa memanfaatkan paket wisata di agen perjalanan. Dengan paket wisata Lombok yang ditawarkan, berbagai tempat indah lain di Lombok dapat Anda jelajahi dengan biaya yang murah.

Lokasi dan Rute Menuju Gili Trawangan

Lokasi Gili Trawangan

Secara administrasi, Gili Trawangan beralamat di Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat. Pulau ini terpisah sejauh 3 Kilometer dari pulau utama Lombok, atau sekitar 27 kilometer dari Kota Mataram

Ada beberapa pilihan cara untuk menuju pulau di lombok ini namun cara terbaik menggunakan kapal penyeberangan atau Fast Boat. Pelabuhan yang sering menjadi tempat penyeberangan ke pulau ini dari Lombok adalah pelabuhan Bangsal.

Di Pelabuhan ini Anda bisa memilih berbagai operator kapal penyeberangan dan fast boat ke pulau ini. Waktu tempuh menuju pulau ini dari Lombok ini sekitar 15 sampai 20 menit jika menggunakan fast boat.

Sedangkan untuk kapal penyeberangan umum waktu yang dibutuhkan sekitar 30 hingga 45 menit dari pelabuhan Bangsal. Namun saat menggunakan kapal umum Anda perlu menunggu kapasitas penumpang penuh baru bisa berangkat.

Jika Anda berangkat dari Bali, Pelabuhan Padang Bai dan Pelabuhan Serangan merupakan tempat penyeberangan langsung menuju Gili Trawangan dari Bali. Dari sini untuk menuju pulau ini membutuhkan waktu 1.5 sampai 2 jam perjalanan menggunakan fast boat.

Jam Operasional Gili Trawangan

Secara umum Gili Trawangan bisa dinikmati hari apapun dan kapanpun waktunya. Hanya saja Anda perlu menyesuaikan dengan waktu keberangkatan kapal yang tidak setiap jam ada.

Beberapa tempat dan wahana di sini pun memiliki waktu buka yang berbeda-beda. Meskipun begitu keindahan pulau ini tetap bisa Anda nikmati sampai puas selama berada di pulau ini.

Akomodasi Wisata di Gili Trawangan

Saat berkunjung ke pulau indah ini tidak perlu khawatir dengan penginapan karena banyak hotel murah dan nyaman yang bisa Anda temukan. Berikut ini beberapa rekomendasi hotel yang bisa Anda pilih saat berkunjung ke pulau ini.

Secret Garden

Villa ini berada di sisi timur Gili Trawangan dan menghadap langsung pantai arah Gili Meno. Bangunan villa terbuat dari kayu dengan desain tradisional namun memiliki fasilitas dan pelayanan lengkap.

Mosaix Gili

Berada tidak terlalu jauh dari Pelabuhan, Villa Mosaix Gili bisa jadi tempat beristirahat yang nyaman. Bentuk kamar nya berdesain rumah panggung kayu dan pas untuk Anda yang ingin berbulan madu.

Gili Gypsi

Untuk Anda yang senang backpacker hotel Gili Gypsi bisa jadi pilihan. Tampilan bangunan nya terlihat low budget namun tetap nyaman untuk bermalam dalam waktu singkat.

Dua Nina Homestay

Dengan suasana pedesaan dan asri dari Homestay ini pasti akan memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan. Fasilitas yang lengkap dan kesan rumah yang nyaman sangat pas untuk berlibur.

Selain penginapan di atas, masih banyak penginapan lain yang bisa Anda temukan di Gili Trawangan. Mulai dari penginapan low budget hingga hotel berbintang dan resort semua siap untuk Anda tinggali.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Salsa Rizqi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (5 votes)