Pulau Lombok Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata sangat hits di Indonesia bagian Timur. Sering orang menyebutnya, Pulau Bali Indonesia Timur. Pulau dengan luas lebih dari 4800 kilometer tersebut menyuguhkan wisata pantai, bahari, gunung, dan keindahan alam lainnya. Wisata Lombok kini semakin populer di kalangan wisatawan asing.

Kunjungan wisata ke Lombok tak akan cukup Anda lakukan sehari atau dua hari, karena ada banyak sekali tempat-tempat wisata alam indah yang perlu Anda eksplorasi.

Nah, sebagai referensi Anda, berikut ini tempat-tempat wisata terbaik yang ada di Pulau Lombok. Jelajahi satu persatu untuk pengalaman berwisata ke Indonesia Timur yang tak terlupakan.

Tempat Wisata Lombok Terbaik dan Instagramable

Pulau Gili

Kepulauan Gili

Kepulauan Gili merupakan destinasi wisata Lombok yang sangat populer. Ada 3 gili yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke tempat wisata tersebut, masing-masing Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno.

Bukan hanya karena alamnya yang indah dan memesona, Kepulauan Gili ini juga menampilkan pemandangan yang sangat Instagramable, tempat bersantai dan bersantap aneka wisata kuliner Lombok yang lezat, serta menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan wisata bahari.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama berwisata di Gili Islands, antara lain:

  • Membuat party romantis seperti ulang tahun, ulang tahun pernikahan, dan pesta-pesta kecil bersama pasangan.
  • Menikmati keindahan wisata bawah laut Pulau Lombok.
  • Snorkeling, diving, dan lainnya yang memberikan suasana rihlah baru di bawah permukaan laut.
  • Berburu spot-spot terbaik untuk membuat konten. Lombok dikenal sebagai pulau terbaik yang menyaingi keindahan Bali.

Jika Anda ingin berkunjung ke setiap Gili yang ada, berikut ini informasi penting yang bisa Anda temukan di setiap Gili populer di Lombok tersebut.

Gili Trawangan

Gili Trawangan

Dari ketiga Gili yang ada tersebut, Trawangan adalah yang paling luas. Posisinya berada di sebelah barat laut dari Lombok.

Pulau ini memiliki 800 jiwa penduduk dengan panjang 2 kilometer dan lebarnya 2 kilometer. Walaupun kecil, fasilitas di pulau ini sangat terkenal bahkan kedai Tir Na Nog menyebutkan ada bar Irlandia yang bisa Anda temukan di pulau tersebut.

Di Gili Trawangan orang-orang banyak menggelar pesta sepanjang malam. Walaupun demikian, aturan setempat tidak membolehkan kendaraan motor masuk ke kawasan ini.

Transportasi yang akan Anda temukan di sini adalah sepeda dan cidomo, sejenis kereta kuda yang sederhana.

Pengunjung melakukan aktivitas scuba diving, snorkeling, berselancar, berkuda dan lainnya. Pantai di Gili Trawangan ini menjadi lokasi paling indah untuk menikmati matahari terbenam.

Gili Meno

Gili Meno

Gili Meno bisa Anda kunjungi dengan menempuh perjalanan darat sekitar 45 menit dari Kota Mataram. Di pulau tersebut terdapat taman burung yang memiliki koleksi burung-burung langka di Indonesia.

Pasir di pantai pulau ini juga sangat terkenal, warnanya putih dan masih terlihat sangat alami.

Sama halnya dengan di Gili Trawangan, kendaraan bermotor sangat terbatas. Hanya ada sepeda dan kereta kuda. Termasuk juga penggunaan listrik yang juga terbatas.

Di pulau ini Anda bisa berenang di pantai yang indah dengan paduan suara kicauan burung yang menghibur.

Jika Anda tertarik ingin berkenalan dan memegang langsung burung-burung cantik tersebut, Anda bisa berkunjung ke Bird Park, lokasinya berada di Bird Park Homestay.

Gili Air

Gili Air

Gili Air ini lokasinya paling dekat dengan Pulau Lombok dan terkenal dengan keindahan pantainya.

Pantai di Gili ini merepresentasikan keindahan nyata dari pantai-pantai yang ada di Lombok. Lokasinya berada di Desa Gili Indah, Pemenang, daerah Lombok Utara.

Ada beberapa spot menarik yang bisa Anda nikmati di Gili Air, antara lain menyaksikan aneka ikan yang berwarna-warni, spot kura-kura, kuda laut, dan berbagai biota laut lainnya.

Masyarakat asli di Gili ini adalah suku Bugis dan Sasak. Mereka bekerja sebagai nelayan, pemandu wisata, dan pedagang.

Umumnya wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini adalah wisatawan asing. Bulan Juli hingga Agustus menjadi waktu kunjungan wisatawan asing yang cukup ramai.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi dengan ketinggian kedua paling tinggi di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan menjadi salah satu gunung favorit para pendaki.

Di kawasan gunung ini terbentang Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas 41.330 hektare. Segara anak merupakan bagian dari kaldera di bagian barat Rinjani dengan luas 11 juta meter persegi dan kedalaman 230 meter.

Air dari segara tersebut mengalir membentuk air terjun. Segara ini juga memiliki banyak ikan mas dan mujair sehingga menjadi lokasi favorit bagi para pemancing.

Kawasan puncak merupakan destinasi populer para pendaki nasional bahkan dari luar Indonesia. Kegiatan pendakian biasanya akan meningkat di bulan-bulan Juli hingga Agustus bersempena dengan perayaan hari kemerdekaan RI.

Kegiatan ‘Tapak Rinjani’ menjadi salah satu event pendakian populer di kawasan ini. Sebuah even kerjasama antara pihak pecinta alam dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Bagi Anda yang ingin melakukan pendakian di gunung tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Panorama Alam

Rinjani menjadi salah satu gunung dengan panorama paling indah di Indonesia. Bulan Juni hingga Agustus menjadi waktu paling favorit menikmati keindahan alam gunung tersebut.

  • Suhu dan Cuaca

Suhu rata-rata di kawasan gunung ini cukup stabil yakni 20 derajat Celcius dan terendah 12 derajat Celcius. Pada bulan Agustus biasanya akan terjadi angin yang cukup kencang di area puncak.

  • Destinasi Lain

Selain puncak biasanya tujuan para pendaki adalah segara anakan. Danau ini berada pada ketinggian 2000 mdpl. Bagi Anda yang ingin mencapai destinasi segara ini bisa melakukan pendakian dari Desa Senaru atau Sembalun Lawang.

  • Jalur Pendakian

Ada empat jalur pendakian yang bisa Anda pilih yakni Jalur Timbanuh di Lombok Timur, Jalur Akik Berik di Lombok Tengah, Jalur Senaru di Lombok Utara, dan Jalur Sembalun di Lombok Timur.

Jalur Sembalun merupakan jalur favorit pendaki dan berakhir di Senaru. Melalui jalur ini para pendaki bisa berhemat 700 meter ketinggian. Namun, rute ini memberi tantangan tersendiri yakni lebih panjang dan datar serta cuaca yang lebih panas karena melalui savana.

Pantai Pink (Pink Beach)

pantai pink

Sebuah pantai yang eksotis bernama Pantai Pink atau yang sering disebut orang dengan nama Pantai Tangsi. Lokasinya berada di Desa Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur. Di dunia ini ada 7 pantai yang memiliki warna pasir pink, salah satunya yang ada di Lombok tersebut.

Keindahan utama yang bisa Anda saksikan di pantai ini adalah paduan keindahan warna pasir merah muda, dengan terpaan air laut jernih yang begitu indah.

Warna pink pada pantai ini berasal dari kerang-kerang berwarna merah muda yang telah menjadi serpihan. Sangat indah bila Anda lihat view nya dari bagian atas.

Selain warna pink tersebut, pantai ini juga memiliki ombak yang tenang dan tidak terlalu besar. Hamparan bukit-bukit indah di sekeliling pantai semakin memberikan kesan pemandangan yang sempurna.

Walaupun sangat eksotis, akses menuju ke pantai ini masih cukup sulit. Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari Mataram.

Fasilitas yang ada di pantai ini juga terbatas. Hanya ada gazebo di bagian tepiannya. Tak ada kedai ataupun penginapan di tempat ini.

Para pengunjung harus membawa makanan sendiri jika ingin menikmati santapan lezat di tepi pantai. Bila telah petang hari sebaiknya kembali ke penginapan karena tidak ada fasilitas menginap di tempat wisata tersebut.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pink Beach, antara lain:

  • Snorkeling, memancing hingga menyelam menyaksikan keindahan bawah laut perairan.
  • Menjelajah pulau-pulau kecil menggunakan perahu sewa. Pulau-pulau kecil tersebut jaraknya sekitar 2 kilometer dari pantai.
  • Menjelajah goa-goa bersejarah peninggalan penjajah Jepang.
  • Berfoto dengan spot-spot yang Instagramable.

Pantai ini bisa Anda kunjungi setiap hari dengan jam buka mulai dari pukul 8 pagi waktu setempat hingga pukul 5 petang. Harga tiketnya pun bervariasi, bisa mencapai hingga 50 ribu rupiah.

Di pantai yang airnya transparan ini juga bisa Anda temukan terumbu karang berwarna merah. Tumbuh di perairan dangkal dan terlihat sangat indah pada suasana sore hari berpadu dengan sunset. Bintang laut dengan beragam warna juga bisa Anda saksikan di tempat ini.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile

Air terjun ini lokasinya berada di Desa Senaru, Bayan, Lombok Utara. Masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan air terjun ini berasal dari mata air Gunung Rinjani yang alami dan sangat sejuk.

Air Terjun Sendang Gile memiliki ketinggian hingga 31 meter. Bagi pengunjung yang ingin mencapai air terjun ini harus mendaki ratusan anak tangga dengan ketinggian hingga 40 meter.

Masyarakat sekitar sering menyebut air terjun ini dengan nama Batu Ko’ (batu kerbau). Tempat tersebut dianggap sebagai kawasan pemandian bidadari oleh warga setempat.

Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan, yakni tingkat pertama yang berada di atas tebing. Jatuhnya ke bagian dasar kolam yang ada di bagian bawah. Lalu tingkatan keduanya air yang ada pada bagian kolam mengalir ke bawah membentuk semacam sungai.

Akses menuju ke lokasi air terjun ini cukup jauh dari pusat Kota Mataram. Sekitar 1000 kilometer dengan waktu perjalanan darat sekitar 9 sampai 11 jam dengan menggunakan transportasi roda empat.

Air terjun ini termasuk salah satu gerbang pendakian ke Gunung Rinjani. Tersedia fasilitas penginapan sederhana dengan jasa pendakian yang bisa Anda manfaatkan.

Namun, fasilitas seperti tempat makan masih terbatas. Anda bisa membawa perbekalan sendiri agar lebih aman.

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Hampir mirip dengan Bali, di Lombok pun ada pantai Kuta yang cukup terkenal. Lokasinya berada di Desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah yang cukup terkenal dengan tradisi Bau Nyale (mencari cacing di laut).

Pantai Kuta memiliki warna pasir yang cantik dan putih. Pantai ini pula memiliki legenda yang cukup populer di kalangan masyarakat setempat yakni Legenda Putri Mandalika yang terjun ke laut lalu rambutnya berubah menjadi cacing Nyale.

Alasan itulah yang membuat tradisi mencari cacing di pantai ini terus menjadi tradisi turun temurun.

Fasilitas wisata di kawasan ini semakin pesat. Sudah banyak berdiri hotel-hotel untuk para wisatawan. Pemandangan pantai yang indah dengan tradisi unik ribuan orang mencari cacing di tepi pantai menjadi hal unik yang menjadi incaran wisatawan.

Bukit Mandalika yang hijau tampak gagah berpadu dengan keindahan pantai. Di pantai ini Anda bisa melakukan snorkling, berselancar atau sekadar menikmati sunset.

Sebelum sampai ke kawasan pantai cantik ini, Anda akan menyaksikan sebuah desa wisata suku Sasak bernama Desa Sade. Di desa ini menjadi tempat produksi kain tenun tradisional.

Pantai Kuta ini berjarak sekitar 72 kilometer dari Kota Mataram. Bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 90 menit. Transportasi rental atau paket wisata Lombok bisa Anda pilih untuk menuju lokasi sebab transportasi umum sangat sulit.

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Kawasan pantai lainnya yang cukup terkenal di Lombok adalah Pantai Selong Belanak. Lokasinya berada di Desa Selong Belanak, Praya, Lombok Tengah.

Pantai dengan keindahan yang bisa Anda nikmati selama 24 jam ini sering mendapat julukan Hawaii nya Pulau Lombok.

Keindahan yang memesona dari pantai ini adalah garis pantainya yang berbentuk melengkung, menyerupai bulan sabit.

Bukit-bukit indah yang mengelilinginya, pasir putih dan warna air yang jernih membuat pesona pantai ini semakin khas. Pasir di pantai ini sangat halus dan bisa mengeras.

Pantai ini terbagi atas dua kawasan yakni daerah yang ombaknya tenang dan yang cukup menantang. Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan Anda menaklukkan ombak.

Berbeda dengan pantai-pantai di Pulau Jawa, Pantai Selong Belanak ini tidak memiliki cerita atau kisah-kisah mistik yang mengikutinya.

Namun, di pantai ini tetap bisa Anda temukan tempat menikmati kuliner seafood yang lezat, fasilitas seperti kamar mandi, parkir, kafe, dan sebagainya. Pantai ini masih terus membutuhkan pengembangan dan diprediksi akan bisa bersaing dengan tiga Gili terkenal di Lombok.

Di kawasan ini juga terdapat banyak layanan penyewaan selancar, instruktur surfing, dan sebagainya.

Transportasi menuju ke lokasi pantai ini bisa Anda pilih menggunakan rental mobil atau jasa tour travel yang sudah lengkap dengan fasilitas perjalanan. Sangat sulit mencari transportasi umum ke lokasi.

Gili Nanggu

Gili Nanggu

Gili Nanggu lokasinya berada di Selat Lombok, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Pantai gili ini memiliki ombak yang tenang, air yang jernih kebiruan dan pasir yang putih. Air laut pantai ini memiliki gradasi warna yang sangat indah. Tak heran jika gili yang satu ini jadi tujuan bulan madu favorit para wisatawan.

Di pulau ini Anda bisa diving dan snorkeling, mengunjungi pulau-pulau kecil serta berburu spot berfoto keren. Pulau yang memiliki luas 8 hektare ini juga menjadi tempat terbaik menikmati matahari tenggelam.

Fasilitas seperti resort telah tersedia di pulau ini. Menjadi tempat yang ideal untuk Anda menikmati aneka biota laut seperti ikan-ikan yang terlihat sangat jinak.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan ini memiliki keunikan tersendiri dari segi bentuk pasir. Di pantai ini pasirnya berbentuk seperti butiran merica sehingga warna setempat sering menyebutnya dengan nama pantai merica atau pantai tepung.

Warna air pantainya juga sangat indah yakni hijau toska dan biru tua. Ayunan yang cukup indah menjadi lokasi berfoto menghadap ke pantai. Latar belakang yang sangat indah dan menimbulkan kekaguman.

Bagi Anda yang suka berenang, pantai ini sangat ideal karena kondisi ombaknya yang cukup bersahabat. Pantainya cukup dangkal dan tidak menjadi tempat ideal untuk menyelam.

Pantai ini juga menjadi salah satu tempat cerita legenda Putri Mandalika. Saat ini menjadi salah satu pantai indah di Lombok yang bertaraf internasional.

Pantai Mawun

Pantai Mawun

Pantai Mawun terletak di Desa Tumpak, daerah Lombok Tengah. Pantai ini memiliki keunikan dari segi garis pantai yang terbentuk. Menyerupai tapal kuda dengan kualitas pasir berwarna putih bersih dan lembut.

Pada bagian barat pantai ini memiliki tekstur pasir yang lebih kasar dan bercampur dengan karang.

Bagian tengah pantai ini memiliki ombak yang cukup besar karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Jika ingin bermain di pantai sebaiknya memilih bagian barat dan timur dengan bentuk pantai yang landai dan ombak yang relatif tenang.

Pada sisi barat dan timur pantai ini juga berdiri bukit yang sangat indah. Anda bisa mengunjunginya sambil menyaksikan keindahan pantai yang terlihat begitu sempurna.

Pantai Mawun berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Mataram. Bila berkendara roda empat bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Anda bisa membawa kendaraan pribadi atau jasa sewa mobil Lombok untuk sampai ke pantai tersebut.

Tiket masuk ke pantai ini gratis dan Anda bisa menikmatinya selama 24 jam. Terdapat fasilitas seperti parkir, toilet, hingga hotel untuk menginap.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak adalah kawah yang berada di Gunung Rinjani. Lokasinya berada di Desa Sembalun Lawang. Lokasinya berada pada ketinggian 2000 mdpl dengan kedalaman segara mencapai 190 meter.

Warna danau ini kebiruan, mirip dengan air laut. Para pendaki harus berjalan sekitar 9 jam untuk sampai ke lokasi. Sebuah gunung bernama Gunung Baru Jari berdiri kokoh di tengah danau.

Di sekitar danau ini juga bisa Anda nikmati pemandian air panas dengan tingkat panas yang berbeda-beda. Air ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Para pengunjung banyak yang melakukan aktivitas menginap di sekitar danau tersebut. Selain itu, pengunjung juga banyak yang memancing hingga melakukan aktivitas ritual.

Danau ini dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai lokasi tempat tinggal jin yang bagi suku Sasak menjadi pusat upacara adat tahunan.

Spot keindahan berfoto di danau ini sangat ideal. Keindahan danau dengan latar bukit-bukit hijau yang begitu indah. Selain menuju ke Puncak Rinjani, para pendaki juga secara khusus mengunjungi danau unik tersebut.

Benang Stokel dan Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu

Lokasi air terjun di Lombok yang cukup terkenal ini berada di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara daerah Lombok Tengah. Lokasinya berada di area Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air terjun Benang Kelambu memiliki ketinggian 552 mdpl. Ketinggian air nya sendiri cukup beragam, mulai dari 5 meter, 10 meter, hingga 30 meter. Pada tingkatan yang pertama, airnya jatuh seperti membentuk kelambu.

Di lokasi air terjun ini juga para pengunjung bisa melakukan camping, berfoto ataupun sekadar menikmati kesejukan air dari sumber alami yang jatuh dengan suara gemericik yang indah.

Desa Sade

Desa Adat Sade

Sade Village menjadi salah satu dusun tradisional yang cukup terkenal di Lombok. Desa suku Sasak yang memungkinkan pengunjung melihat secara dekat berbagai budaya dan kehidupan suku tersebut.

Sade terletak di Desa Rembitan, daerah Pujut di Lombok Tengah. Desa ini menjadi salah satu desa wisata dengan beragam keunikan budayanya.

Di desa ini pengunjung bisa menyaksikan keunikan rumah tradisional dari suku Sasak yang disebut bale. Sedikitnya ada 150 kepala keluarga di desa tersebut. Dahulunya penduduk desa ini memeluk agama Islam Waktu Telu (salatnya hanya 3 kali), tetapi saat ini rata-rata sudah memeluk Islam yang salatnya lima waktu.

Sebuah tradisi unik bisa Anda saksikan di dusun tersebut yakni masyarakat membersihkan lantai rumah menggunakan kotoran kerbau. Kotoran tersebut dipercaya mampu memberikan kehangatan dan bisa membantu mengusir nyamuk.

Pantai Mawi

Pantai Mawi

Pantai Mawi terletak di Desa Mekar Sari daerah Lombok Tengah. Jaraknya sekitar 70 kilometer dari Kota Mataram. Lokasinya sedikit tersembunyi, berada di balik beberapa bukit.

Pantai dengan pasir yang putih tersebut memiliki warna air yang biru dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Bukit-bukit kecil terlihat sangat indah mengelilingi pantai.

Keunggulan pantai ini selain keindahan pemandangannya adalah ombaknya yang sangat cocok untuk berselancar. Namun, Anda tetap harus mengikuti peraturan yang ada sebab di perairan ini juga memungkinkan penampakan hiu.

Akses menuju ke pantai ini tidak tersedia angkutan umum. Oleh karena itu, jika Anda memilih pantai ini untuk tujuan jalan-jalan, sebaiknya memilih menggunakan kendaraan rental atau jasa tour travel yang lebih lengkap fasilitasnya.

Senaru Crater Rim

Senaru Crater Rim

Tepi kawah Senaru atau Senaru Crater Rim merupakan destinasi luar biasa bagi para pendaki setelah puncak Rinjani. Pemandangan matahari terbenam dan asap dari Gunung Baru Jari menjadi dua pemandangan terindah yang membuat para pendaki banyak menginap di kawasan tersebut.

Kawah ini memiliki ketinggian 2641 meter dan berada sangat indah di kawasan Gunung Rinjani. Berkemah di tempat ini merupakan aktivitas paling banyak dipilih para pengunjung.

Bukit Pergasingan

Sebuah bukit indah di kawasan wisata alam dengan ketinggian 1.670 meter bisa Anda temukan di Desa Sembalun, Sembalun, Lombok Timur.

Bukit yang dulunya menjadi pusat permainan gasing para penduduk ini memiliki pesona keindahan yang memukau. Mulai dari spot menikmati sunrise dan sunset, lokasi camping, hamparan pemandangan sawah dan lainnya.

Mendaki Bukit Pergasingan ini membutuhkan waktu normal sekitar 2,5 jam. Para pengunjung sering menjadikan bukit ini sebagai tempat uji coba sebelum mendaki Gunung Rinjani yang lebih menantang.

Para pengunjung banyak yang mendirikan tenda dan menikmati pemandangan indah dari atas bukit. Spot berfoto dengan latar yang begitu indah bisa Anda nikmati di tempat wisata tersebut.

Bukit Merese

Bukit Merese

Bukit Merese terletak di Jalan Kuta Lombok, daerah Pujut, Lombok Tengah. Bisa Anda tempuh sekitar 40 menit dari arah Bandara Internasional Lombok, atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Mataram.

Bukit Merese ini lebih sering disebut dengan bukit cinta. Berkunjung pada bulan Januari hingga April memungkinkan Anda menyaksikan rumput hijau yang sangat subur tumbuh di bukit.

Namun, di musim kering pula akan terlihat pemandangan rumput mengering kecoklatan yang juga tak kalah indahnya. Lokasinya yang cukup tinggi memungkinkan pengunjung dapat menikmati angin yang lebih kencang.

Spot paling mengagumkan dari bukit ini adalah daerah puncaknya. Di sini Anda bisa menikmati matahari terbit dan terbenam, Tanjung Aan, hingga Batu Payung.

Masuk ke tempat wisata ini gratis, dan hanya dipungut biaya parkir. Fasilitas seperti toilet dan tempat ibadah bisa Anda temukan saat di perjalanan menuju ke arah lokasi bukit.

Gili Gede

Gili Gede

Gili Gede merupakan salah satu pulau kecil di Lombok dengan panjangnya yang hanya 4 kilometer. Lokasinya sekitar 500 meter di sebelah barat laut dari Pulau Lombok.

Selain terkenal dengan keindahan pantai dan lautnya, pulau ini juga menjadi tempat yang ideal untuk menyaksikan aneka terumbu karang. Cuaca di pulau ini cukup bagus sehingga menjadi tempat yang cukup indah untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Di kawasan pulau ini juga terdapat banyak penginapan, hotel, dan resort. Di pulau ini sudah berdiri Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Pulau ini memiliki sekitar 550 kepala keluarga dengan mata pencahariannya sebagai nelayan.

Akses menuju ke pulau ini bisa Anda lakukan menggunakan jalur laut yakni sekitar 30 menit dengan menaiki kapal ferry. Jika memilih jalur darat sekitar 1,5 jam perjalanan dari Bandar Udara Internasional Lombok.

Gili Kedis

Gili Kedis berada di daerah Sekotong Tengah, daerah Lombok Barat. Pulau ini menjadi lokasi yang sangat indah bukan hanya untuk menikmati keindahan daratannya, tetapi juga pesona alam bawah lautnya yang memukau.

Di perairan pulau ini pengunjung bisa menyaksikan terumbu karang yang beraneka warna, ikan-ikan yang terlihat jinak serta anemon yang bergoyang di perairan jernih.

Tepian pantainya cukup dangkal dan menjadi lokasi snorkeling yang ideal. Menikmati mata hari terbit dan tenggelam juga banyak dilakukan para pengunjung pantai.

Selain itu, para pengunjung yang datang juga biasa melakukan kemah. Pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkunjung ke pulau-pulau kecil yang ada. Anda bisa menikmati keindahan pulau ini selama 24 jam.

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit merupakan kawasan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan yang berada di pantai timur Lombok. Tepatnya di Desa Pemongkong, Jerowaru.

Kawasan ini bisa Anda kunjungi sekitar 2,5 jam perjalanan dari pusat Kota Mataram.

Tanjung Ringgit memiliki pantai yang indah dengan warna pasir yang putih dan tebing yang juga putih. Samudra Hindia yang berada di hadapan pantai ini membuat keindahan lautnya tak perlu Anda ragukan.

Di area ini juga terdapat gua yang dahulunya menjadi pusat aktivitas tentara Jepang pada saat Perang Dunia kedua. Bagi pecinta fotografi, tempat wisata ini adalah surganya.

Pura Batu Bolong

Bangunan pura yang ada di Lombok ini sudah ada sejak tahun 1533. Keindahan tempat ini berpadu antara keunikan bangunan pura bagi masyarakat Hindu, keindahan tebing-tebing batuan andesit serta pemandangan pantai yang sangat menakjubkan.

Pura ini berjarak sekitar 12 kilometer dari Kota Mataram. Menghabiskan waktu sekitar 30 menit saja jika menggunakan transportasi roda empat.

Anda bisa menikmati keindahan kawasan pantai dan pura selama 24 jam. Biaya masuknya hanya sekitar 20 ribu rupiah di luar biaya parkir.

Di tempat ini telah tersedia fasilitas wisata seperti tempat makan, parkir yang memadai, toilet dan lainnya.

Pantai Seger Kuta Lombok

Pantai Seger Kuta Lombok berada di Desa Sukedane, daerah Lombok Tengah. Jaraknya hanya sekitar 2 kilometer dari arah Pantai Kuta Lombok.

Pantai gratis ini bisa Anda nikmati kapan saja. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir standar untuk kendaraan roda dua dan empat.

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, antara lain warna pantainya yang berpasir putih, aneka karang yang terlihat asri, ombaknya yang cocok untuk surfing, serta keindahan gugusan bukit yang mengelilinginya.

Bila ingin melakukan snorkeling sebaiknya memilih bagian utara dari pantai ini dengan ombak yang lebih tenang.

Di pantai ini juga bisa Anda saksikan monumen Putri Mandalika yang banyak menjadi pilihan latar berfoto.

Batu Payung

Batu Payung

Wisata Batu Payung Lombok terletak di Dusun Gerupuk, Pujut, daerah Lombok Tengah.

Sebelumnya keunikan tersendiri bisa Anda saksikan di tepi pantai, sebuah batu besar yang menyerupai payung menjadi ikon wisata tempat tersebut.

Namun, seiring waktu di mana batu ini sering mendapatkan hempasan gelombang dari Samudra Hindia maka pada 31 Maret 2019 lalu batu tersebut roboh tidak tersisa.

Keindahan lainnya dari pantai ini adalah keunikan bentuk garis pantai yang menyerupai tapal kuda. Pasir dengan ukuran seperti merica bisa Anda saksikan di kawasan pantai tersebut.

Tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Keindahan pantai, sunset dan sunrise, deburan ombak serta keindahan bukit yang ada di sekelilingnya menjadi daya tarik tersendiri.

Desa Sembalun

Desa Sembalun yang terletak di kaki Gunung Rinjani menjadi potongan surga yang bisa Anda temukan di Lombok.

Berjarak sekitar 110 kilometer dari Mataram atau bisa Anda tempuh dengan waktu 2 jam perjalanan.

Bukit-bukit di Sembalun ini merupakan tempat wisata yang sangat indah. Hamparan hutan dan persawahan terlihat begitu cantik.

Selain menyaksikan keindahan pemandangan bukit, para pengunjung juga bisa menikmati paralayang dari atas bukit. Ada juga olahraga bernama paramotor yang menggunakan motor.

Selain itu, Anda juga bisa camping di kawasan bukit hingga malam hari sambil menyalakan api unggun.

Di kawasan ini juga pengunjung bisa menikmati wisata petik buah. Menyaksikan rumah adat Sembalun yang unik serta jamuan keramahan masyarakat setempat.

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu menjadi salah satu bukit indah di Lombok yang berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat Kota Mataram.

Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 45 menit dengan menggunakan transportasi rental atau milik pribadi. Kondisi jalanan yang cukup menantang kemampuan mengemudi.

Pemandangan di bukit ini cukup memukau. Selain keindahan matahari terbenam, dari atas bukit ini Anda juga bisa menyaksikan dua gili yang sangat terkenal di Lombok yakni Gili Trawangan dan Gili Meno.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Agung dari kejauhan. Di kawasan ini juga sering menjadi tempat berkumpulnya para komunitas seperti komunitas sepeda, motor, dan sebagainya.

Di sepanjang tempat wisata ini juga bisa Anda nikmati makanan ringan seperti rujak, bakso, jagung bakar, dan lainnya. Termasuk juga cendera mata seperti mutiara yang cukup terkenal.

Banyak pengunjung yang datang ke bukit ini sebelum pukul 4 atau 5 petang karena ingin menikmati keindahan matahari terbenam yang begitu istimewa.

Gili Sudak

Gili Sudak menjadi salah satu gili baru yang masih alami dan bisa Anda kunjungi selama di Lombok. Berada di Sekotong Barat dan Tengah, Lombok Barat.

Jaraknya sekitar 2 jam dari Kota Mataram. Gili Sudak dan Gili Kedis merupakan dua pulau dengan keindahan yang sering dianggap identik.

Pasir pantai di pulau ini sangat putih dengan warna air yang transparan. Para pengunjung banyak melakukan renang, diving, snorkeling hingga sekadar bermain voli pantai.

Di pulau ini sudah tersedia tempat makan yang enak, penginapan sekelas hotel yang bisa Anda manfaatkan untuk berwisata. Penyebrangan menuju ke pulau akan menghabiskan biaya yang lumayan mahal, berkisar antara 250 ribu hingga 300 ribu.

Pantai Ampenan

Pantai Ampenan merupakan sebuah pantai yang ada di Kota Tua Ampenan. Kota ini dahulunya merupakan pusat perdagangan di Lombok.

Pantainya sendiri terletak di Jalan Pantai Ampenan, daerah Ampenan Tengah, Kota Mataram.

Ribuan orang jika petang hari menikmati keindahan pantai tersebut. Salah satu keunikan utama dari pantai ini memang keindahan matahari terbenam yang menjadi hal paling ditunggu para wisatawan.

Selain itu, hal yang juga bisa menjadi tujuan Anda di pantai ini adalah berburu kuliner seafood. Ada banyak makanan khas Lombok dari laut segar dan jajanan yang bisa Anda nikmati di sekitar kawasan pantai.

Ada kuliner khas Lombok yang bisa Anda nikmati di sini yakni plecing kangkung, lontong Lombok, dan urap timun.

Di tepi pantai juga cukup banyak tersedia tempat duduk menikmati suasana senja di tepi pantai. Selain itu, fasilitas lain seperti parkir, toilet hingga musala juga telah tersedia.

Pantai Ekas Bay

Pantai ini terletak di Desa Pemongkong, Jerowaru, Lombok Timur. Jarak perjalanan sekitar 75 kilometer dari Kota Mataram.

Pantai Ekas Bay terbilang unik karena berbentuk teluk. Pasir putih bersih yang terhampar luas berpadu dengan ombak air laut yang tenang.

Deretan bukit yang begitu indah mengelilingi pantai dengan pantulan warna orange matahari pada petang hari. Suasana ini membuat pemandangan di pantai semakin eksotis.

Teluk terbesar di Lombok tersebut menyuguhkan pemandangan bawah laut yang tak kalah indahnya. Aktivitas snorkeling dan diving menjadi hal menarik yang bisa Anda lakukan di perairan pantai ini.

Pantai ini merupakan tempat para nelayan beraktivitas sehingga tak heran jika di sepanjang pantai Anda bisa menyaksikan perahu-perahu nelayan.

Di bagian dermaga teluk terdapat banyak keramba, budidaya rumput laut, udang, lobster dan sebagainya. Oleh karena itulah di sini juga menjadi tempat yang bagus untuk memancing.

Pondok-pondok ikan kerapu cukup banyak di pantai ini sehingga di sekitar pantai maupun daerah lainnya Anda bisa menyaksikan banyak nelayan yang menjual ikan tersebut.

Walaupun sangat indah, tetapi akses menuju ke lokasi pantai ini masih terbatas. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi maka bisa memakai kendaraan rental atau jasa tour wisata yang lebih lengkap fasilitasnya.

Pantai Nambung

Pantai Nambung

Pantai Nambung berlokasi di Jalan Raya Sekotong, daerah Pengantap, Buwun Emas, kawasan Lombok Barat.

Pantai ini memiliki keunikan yang khas dan membuatnya mulai populer sejak tahun 2014 lalu.

Di pantai ini Anda bisa menyaksikan air terjun yang berasal dari air laut. Ombak yang tinggi dan memecah bebatuan lalu mengalir melalui sela-sela dinding bebatuan tersebut menciptakan pemandangan unik air terjun yang berasal dari air asin.

Pasir yang ada di pantai ini hampir sama dengan pasir di pantai Lombok pada umumnya yakni memiliki ukuran seperti merica.

Aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah berselancar, berenang, menyelam, dan lainnya. Lokasi pantai ini juga menjadi daerah budidaya rumput laut yang cukup terawat. Anda bisa menyaksikan keindahannya.

Di lokasi pantai ini sudah tersedia fasilitas hotel dan penginapan yang memadai. Pantai ini bisa Anda kunjungi dari pukul 8 pagi hingga 4 sore waktu setempat. Pengunjung cukup membayar tiket 10 ribu saja.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Tak hanya pantai, di NTB Anda juga bisa berkunjung ke wisata sejarah museum. Musem ini di tahun 2006 memiliki koleksi sebanyak 7.387 benda-benda tradisional khas setempat seperti keris, songket, pakaian, dan sebagainya.

Lokasi museum ini terletak di Jalan Panji Tilar Negara 6, Mataram. Koleksi lainnya yang bisa Anda temukan di museum ini seperti pakaian dan peralatan adat dari suku Sasak, Samawa, Mbojo dan sebagainya. Koin-koin zaman penjajahan, jejak Kesultanan Bima dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin melihat potret tradisi Lombok secara lebih dekat sangat cocok mengunjungi wisata museum tersebut.

Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman wisata ini masih berada di lokasi lereng Gunung Rinjani yang ada di Jalan Wisata, Gang Rinjani. Juga masih berada di Desa Sembalun Bumbung.

Pesona keindahan hutan yang hijau, tebing-tebing yang tinggi menjulang, bukit-bukit, lembah, serta peternakan yang bisa Anda saksikan di pegunungan.

Di kawasan ini juga Anda bisa menyaksikan banyak monyet. Perlu berhati-hati untuk keamanan Anda.

Lokasi wisata ini buka selama 24 jam dengan berbagai fasilitas yang tersedia seperti area parkir, toilet, tempat makan, serta spot-spot berfoto yang Instagramable.

Tiket masuk ke tempat wisata ini pun sangat murah, hanya sekitar 5 ribu rupiah saja.

Di tempat ini Anda dapat menyaksikan tempat-tempat wisata memukau seperti Bukit Selong, Air Terjun Mangku Sakti, Desa Adat Beleq, Air Terjun Umar Maya, Bukit Pergasingan dan lainnya.

Tempat wisata ini bisa Anda kunjungi dengan perjalanan lebih dari 2 jam dari pusat Kota Mataram.

Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja terletak di Desa Santong, Kayangan, daerah Lombok Utara. Waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram.

Air terjun dengan debit air yang sangat besar ini dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Airnya sangat dingin dan segar. Para pengunjung tak akan melewatkan kesempatan berfoto ria di kawasan air terjun tersebut.

Suasana hutan tropis begitu terasa di kawasan air terjun tersebut. Kelelahan Anda setelah berjalan cukup jauh menuju ke lokasi air terjun ini akan terbayar. Di sekitar hutan kawasan air terjun ini juga bisa Anda saksikan masih banyak kera.

Gili Asahan

Gili Asahan berada di Desa Batu Putih, daerah Sekotong, Lombok Barat. Keindahan yang khas dari gili ini adalah pemandangan bawah lautnya yang sangat indah.

Di kawasan gili ini pengunjung dapat menyaksikan koral yang halus dan keras dengan kondisi yang masih alami.

Anda bisa menyelam maupun snorkeling untuk menyaksikannya lebih dekat. Air lautnya sangat jernih dan ombak laut yang kecil sehingga menjadi lokasi yang sangat ideal untuk menyelam.

Garis pantai dengan pasir yang putih terlihat semakin membuat suasana di Gili Asahan tersebut sebagai potret alam yang sangat sempurna.

Perjalanan menuju ke gili tersebut bisa Anda lakukan sekitar 2 jam perjalanan darat lalu dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan speedboat sekitar 20 menit menuju pulau.

Pada saat menyebrang saja Anda sudah bisa menyaksikan keindahan perairan yang begitu memesona. Berkunjung ke gili ini akan lebih nyaman jika Anda menggunakan layanan jasa tour wisata.

Taman Narmada

Narmada Park terletak di Desa Lembuak, Narmada, daerah Lombok Barat. Sekitar 10 kilometer sebelah timur dari Mataram.

Taman ini memiliki luas 2 hektare dan sudah ada sejak tahun 1727. Dibangun oleh Raja Mataram Lombok.

Taman wisata ini menjadi tempat upacara dan peristirahatan keluarga kerajaan. Ada beberapa bagian dari taman ini seperti balai terang, balai loji, gapura utama, jabalkap, gerbang utama, dan lainnya.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mengenal berbagai sejarah tentang kerajaan di Mataram sangat cocok berkunjung ke Taman Armada.

Pantai Tampah

Pantai Tampah berada di Desa Mertak Sari, daerah Praya Barat, Lombok Tengah. Pantai ini termasuk pantai tersembunyi di Lombok yang belum banyak dikunjungi wisatawan.

Keindahan dan keunikan yang utama dari pantai ini adalah garis pantainya yang sangat bersih. Bentuknya landai dan tidak terlalu panjang. Hampir tak ada sampah di pantai ini, sangat bersih.

Tak ada sampah organik di pantai ini, yang ada hanya lamun, sejenis rumput laut yang jika sudah mati akan kering dan tersisa di tepi pantai.

Warna pasirnya terlihat putih gading. Ombak di pantai ini juga sangat tenang dengan perairan yang dangkal. Sangat cocok menjadi lokasi berenang.

Buat Anda yang senang dengan suasana sunyi sangat cocok mengunjungi pantai ini. Suasana deburan ombak laut yang kuat akan terdengar lebih syahdu dan bisa Anda nikmati sendiri.

Di sekeliling pantai juga bisa Anda lihat tebing-tebing menjulang yang akan semakin memberi kesan cantik pada pemandangan pantai. Fasilitas seperti hotel dan penginapan sudah tersedia di kawasan wisata tersebut.

Teluk Mekaki

Lokasi teluk ini terletak di Desa Pelangan, Sekotong, Lombok Barat. Sekitar 67 kilometer dari Kota Mataram.

Kawasan teluk ini menawarkan suasana ketenangan yang begitu terasa. Jika ingin menikmati pemandangan pantai dan teluk yang indah tanpa terusik dengan keramaian pengunjung, tempat ini cukup ideal untuk Anda.

Air laut yang biru dan ombak yang tenang menjadi hal yang akan membuat inspirasi Anda tumbuh. Pasir pantai berwarna gading berpadu dengan bukit-bukit hijau di sekeliling teluk akan menjadi pemandangan indah yang sulit Anda lupakan.

Gili Layar

Gili Layar menawarkan keindahan pemandangan pulau yang tak terlupakan. Bukan hanya suasana pantainya yang indah, pemandangan bawah laut di pulau ini juga menjadi suguhan utama yang wajib Anda nikmati.

Pulau ini memiliki luas 53 hektare dengan suasana yang terkesan lebih private. Kondisi di pulau ini masih cukup tenang karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Berkunjung ke Gili Layar ini juga memungkinkan Anda untuk mengunjungi pulau-pulau kecil lain yang lokasinya mengelilingi Gili Layar.

Suasana air di gili ini sangat tenang. Kondisi yang ideal bagi Anda yang suka menyelam dan berenang melihat keindahan pesona bawah laut yang masih asri dan alami.

Bukit Selong

Bukit unik Selong berada di daerah Desa Sembalun Lawang dan menjadi salah satu wisata bukit paling populer di Lombok.

Bukit ini memiliki ketinggian 1800 mdpl dan telah memiliki anak tangga untuk mendakinya.

Menawarkan pesona keindahan Gunung Rinjani dari sudut pandang yang berbeda. Bila Anda berdiri di bukit ini, Anda akan bisa menyaksikan potret nyata kemegahan dan keindahan Gunung Rinjani.

Selain menyaksikan view alam yang alami, di bukit ini juga Anda bisa menemukan sebuah desa bernama Desa Beleq. Desa ini menjadi jalur untuk tracking ke puncak bukit.

Berkunjung ke Bukit Selong akan menghabiskan waktu lebih dari 2,5 jam dari Kota Mataram. Usahakan Anda berangkat lebih pagi untuk bisa sampai ke bukit tersebut.

Pantai Kaliantan

Tempat wisata ini terletak di Dusun Kaliantan, Seriwe, Jerowaru, Lombok Timur. Pantai tersembunyi di Lombok ini menawarkan suasana keindahan yang masih alami dan belum banyak tersentuh aktivitas ramai para wisatawan.

Suasana di pantai ini masih sangat tenang dengan kondisi pasir sebesar biji merica. Pantai ini juga mendapat julukan pantai perawan, sangat cocok untuk Anda yang kurang suka dengan tempat wisata yang ramai.

Ombak di pantai ini cocok untuk Anda pecinta surfing. Kebudayaan suku Sasak bisa Anda saksikan di kawasan pantai ini yakni melalui tradisi Bau Nyale.

Tradisi mencari cacing laut yang dianggap sebagai jelmaan rambut dari tokoh Putri Mandalika dalam budaya Sasak.

Pantai Bangko-bangko

Bangko-Bangko terletak di Jalan Putih, daerah Batu Putih Sekotong Tengah di Lombok Barat. Sering mendapat julukan desert point dengan kondisi ombak yang sangat besar dan cocok menjadi tempat bermain selancar.

Tempat ini juga telah mendapatkan survei dari lembaga selancar dunia dan menyatakan pantai ini sebagai tempat yang cukup bagus sebagai lokasi berselancar.

Pasir di pantai ini adalah pasir halus sehingga cukup cocok menjadi lokasi bermain bagi pengunjung.

Keindahan air yang jernih, berpadu dengan suasana pantai dengan pasir putih menjadi hal yang berkesan bagi pengunjung. Terlebih lagi untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas berselancar sebagai olahraga yang menantang.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Gunung Tunak

Kawasan wisata Gunung Tunak berada dekat dengan Kawasan Pariwisata Mandalika. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan gunung, pantai, camping, penangkaran kupu-kupu, trail-road, dan lainnya.

Fasilitas yang cukup lengkap sudah tersedia di kawasan wisata tersebut seperti penginapan, gedung serbaguna, pusat informasi, dan lainnya. Tempat ini sangat cocok menjadi tujuan wisata edukatif bagi para pengunjung.

Gili Tangkong

Gili Tangkong termasuk gili yang masih perawan di daerah Lombok. Belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut sehingga sangat jarang pengunjung menemukan sampah plastik dan anorganik lainnya.

Pulau yang masih perawan ini sangat ideal Anda jadikan sebagai tempat snorkeling, menyelam, berenang, dan lainnya.

Terumbu karang yang masih asri dengan ikan-ikan laut berwarna-warni bisa Anda saksikan di kawasan perairan gili tersebut.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Gili Tangkong ini bisa melalui Pelabuhan Mawun dengan menyewa perahu motor.

Pantai Labuhan Haji

Pantai bersejarah ini merupakan salah satu pantai populer yang ada di daerah Lombok Timur. Memiliki nama Labuhan Haji sebab dahulunya memang pernah menjadi pelabuhan untuk keberangkatan ibadah haji pada masa penjajahan Jepang dan Belanda.

Keindahan dan kesejukan pantai ini semakin terkenal karena adanya kuliner seafood lezat yang bisa Anda nikmati saat berkunjung.

Kuliner seperti udang, ikan kakap, cumi-cumi, tongkol, baronang, dan lainnya menjadi menu menggugah yang lezat dan wajib Anda coba saat berkunjung.

Sambil menikmati kelezatan seafood di pantai ini, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam pada petang hari.

Pantai ini menjadi destinasi populer warga yang ingin santai di petang hari dengan menikmati keindahan suasana pantai bersama orang-orang tercinta. Terlebih lagi di hari libur, suasana pantai ini sangat ramai.

Masih banyak lagi tempat-tempat wisata alam tersembunyi di Lombok yang bisa Anda eksplore dan kunjungi.

Bila Anda bingung bagaimana caranya jalan-jalan di Lombok dengan fasilitas yang lebih terjamin (transportasi, penginapan, konsumsi) dan lainnya, kami menawarkan paket Wisata Lombok terbaik dan pelayanan yang profesional. Salsa Wisata, layanan wisata Lombok terbaik dan terlengkap.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)