earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jika Yogyakarta ada Merapi, di Provinsi Sumatera Barat ada Gunung Marapi. Keduanya memang sangat mirip dari segi nama. Akan tetapi, dua gunung api ini memiliki daya tarik yang berbeda.

Marapi yang terletak di Daerah Agam ini merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata pendakian terbaik bagi pendaki pemula.

Gunung ini juga sering menjadi sasaran pendakian bagi sejumlah wisatawan yang sekedar ingin melihat keindahan alam dari ketinggian sebuah gunung.

Sekilas Tentang Gunung Marapi

Alasan mengapa gunung ini bernama Marapi adalah karena aktivitas vulkaniknya yang sangat aktif. Gunung ini kerap memuntahkan material dari dalam dapur magma.

Tercatat sedikitnya ada 50 kali gunung ini meletus dan terakhir terjadi sekitar tahun 2018 lalu. Dampak letusannya pun cukup masif bagi lingkungan di sekitarnya.

Gunung setinggi 2.891 mdpl ini memang tak pernah sepi dari para pendaki. Walaupun tak setinggi Gunung Merapi, gunung api ini tetap menantang bagi sebagian pendaki.

Menurut pengalaman dari para pendaki, saat tiba di puncak, Anda dapat melihat keindahan beberapa sudut Sumatera Barat. Hal inilah yang membuat gunung ini selalu ramai, meski dulu pernah terjadi tragedi 12 pendaki yang hilang pada tahun 1999.

Selain panorama kota dan danau, Anda juga akan berdecak kagum dengan keindahan taman bunga edelweis yang tumbuh secara alami. Anda dapat mengabadikan momen ini dengan kamera Anda.

Tapi jangan sekali-kali membuat kerusakan di taman bunga edelweis ini karena bunga edelweis sangat sulit untuk tumbuh kembali.

Sejarah tentang gunung ini juga cukup unik. Menurut keterangan sebagian besar masyarakat, gunung ini dulunya adalah hunian pertama orang Minangkabau.

Di beberapa titik juga terdapat situs peninggalan berupa Menhir yang pastinya bisa menjadi spot yang unik untuk berfoto. Situs ini pula yang membuat Marapi seperti menyimpan misteri dan sejumlah larangan di beberapa bagian hutannya.

Marapi memiliki dua buah kawah yang mana salah satu kawahnya sudah tidak aktif, sedang kawah satunya lagi masih tergolong aktif. Hal ini terbukti dari kepulan asap putih dari dasar kawah.

Aroma belerang yang sangat menyengat di sekitar kawah yang berasap juga menjadi bukti lainnya bahwa kawah tersebut masih aktif.

Daya Tarik Gunung Marapi

Daya Tarik Gunung Marapi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Gunung api ini tentu sangat menarik sebagai destinasi pendakian. Ada sejumlah daya tarik yang kemudian menjadi alasan mengapa banyak pendaki penasaran dan ingin segera mendakinya.

Bentang Alam

Daya tarik pertama yang jelas sekali terlihat adalah bentang alamnya. Hampir di sepanjang jalur, para pendaki dapat melihat view alam yang sungguh indah dan menyejukan mata.

Mulanya hanya berupa perkebunan warga, lalu naik sedikit para pendaki akan berjumpa dengan taman bunga eldeweis.

Tak jauh dari taman ini, terdapat semacam lapangan yang sangat luas dengan pasir berwarna hitam seperti di Gunung Bromo. Pasir hitam ini tak lain adalah sisa material vulkanik yang dulu ikut keluar saat erupsi berlangsung.

Sebelum sampai di titik puncak, pendaki akan melewati dua kawah yang mana satu kawah telah mati dan kawah satunya lagi masih berstatus aktif.

Sesampainya di titik tertinggi gunung (puncak), pendaki akan semakin berdecak kagum dengan view alam sekitar. Dari titik ini, akan terlihat dua gunung besar lainnya, yaitu Gunung Tandikek dan Gunung Singgalang.

Spot Camping Terbaik di Padang

Marapi adalah tempat yang cocok sekali untuk camping. Ada beberapa spot yang sangat recomended untuk camping di gunung ini. Salah satunya adalah kawasan puncak.

Layaknya Gunung Padang, kawasan puncak Marapi adalah salah satu spot terbaik untuk camping.

Kontur tanahnya yang landai dan adanya vegetasi membuat tempat ini sangat layak untuk menjadi lokasi mendirikan tenda.

Coba Anda bayangkan betapa serunya berkemah di sini. Saat malam menjelang, dengan ditemani api unggun, Anda bersama kawan Anda ngobrol seru tentang kehidupan.

Suasana malam yang syahdu akan semakin terasa dengan beberapa teguk kopi khas Padang sebagai ‘teman’ ngobrol.

Kopi khas Padang sendiri ada cukup banyak jenisnya. Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau toko oleh-oleh khas Padang yang terkenal murah.

Fasilitas di Gunung Marapi

Gunung Marapi Sumbar

Sebagai tempat pendakian terfavorit, tentu ada cukup banyak fasilitas yang dapat Anda temui. Contohnya saja beberapa warung makan yang terletak di sepanjang jalur pendakian.

Warung-warung ini menjual berbagai pilihan menu makanan, mulai dari makanan dan minuman instan hingga makanan khas Padang selain rendang.

Ada juga fasilitas pos registrasi di mana di tempat inilah para pendaki wajib mendaftar sebelum melakukan pendakian.

Di gunungnya sendiri, terdapat beberapa pos keamanan yang menjadi pos para rangers.

Meski jumlah pos keamanannya tidak terlalu banyak, setidaknya keberadaan pos keamanan ini sangat membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Harga Tiket Masuk Gunung Marapi

Untuk memulai pendakian, Anda perlu melakukan registrasi SIMAKSI dan membayar retribusi tiket masuk yang tarifnya sangat murah. Tarif retribusi ini tidak termasuk biaya parkir kendaraan ya.

Berikut tarif terkini untuk mendaki di tempat wisata Padang khusus kegiatan pendakian:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Dewasa Rp10.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00

Lokasi & Rute Menuju Gunung Marapi

Lokasi Gunung Marapi

Dari segi geografis, kaki-kaki Marapi terletak di 3 kawasan, yaitu Kabupaten Agam, Kotamadya Padang Panjang, dan Kabupaten Tanah Datar. Namun secara administratif, gunung ini masuk dalam wilayah Kabupaten Agam.

Untuk menuju ke lokasi ini, hanya butuh waktu 1.5 jam saja dari Bandara Ketapang atau dari Kota Padang. Akan ada banyak petunjuk jalan yang akan menuntun Anda hingga sampai di lokasi tujuan Anda.

Akan tetapi bagi wisatawan luar Kota Padang yang hendak ke sini, sebaiknya gunakan opsi jasa rental mobil dari Salsa Wisata.

Alasannya, agar praktis, hemat, dan mudah. Selain itu, dengan menyewa kendaraan, perjalanan Anda dapat menjadi lebih nyaman.

Tersedia cukup banyak pilihan produk paket; silahkan pilih satu paket yang kiranya paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Untuk perjalanan jarak dekat semacam ini, semua tipe kendaraan, terutama mobil, pastinya cocok. Tapi ada satu rekomendasi yang menurut kami sangat pas untuk tipe jalan khas pegunungan.

Rekomendasinya adalah paket rental mobil Innova Venturer Padang yang secara tampilan sangat gagah namun harga  sewanya sangat bersahabat.

Jam Operasional Gunung Marapi

Wisata pendakian ini terbuka untuk umum dari Senin sampai Minggu serta  saat hari libur nasional.

Petugas siap berjaga selama 24 jam untuk melayani para pendaki yang ingin memulai pendakian. Dengan kata lain, jam operasionalnya selama 24 jam.

Gunung Marapi sungguh elok. Keindahannya semakin terpancar jika Anda lihat dari jarak dekat. Bahkan ketika Anda sedang berada di puncaknya, Marapi seolah sedang memamerkan keindahan alam yang ada di sekitarnya.

Dari ulasan singkat ini saja, Anda pasti sangat tertarik untuk segera mendaki gunung api ini, bukan? Sebelum Anda realisasikan impian Anda ini, pastikan Anda sudah siapkan segala sesuatunya dengan baik.

Paket tour dari Salsa Wisata ini sudah terbukti membantu klien untuk mendapatkan liburan yang nyaman dan menyenangkan. Khususnya persiapan mengenai hotel, transportasi, dan destinasi wisata.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)