earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Berkunjung ke Jogja rasanya kurang lengkap jika tidak jalan-jalan di tempat wisata yang hits di Jogja di sekitar Gunung Merapi. Meski saat ini masih berstatus waspada, tidak membuat gunung berapi ini hilang pesona keindahannya.

Kegagahan Merapi pun dapat Anda saksikan dari kejauhan terutama dari beberapa lokasi di Jogja. Seperti misalnya di Flyover Janti, Jalan Palagan, Jalan Magelang, Jalan Kaliurang, dan Jalan Gejayan.

Ketika langit di sekitar Merapi sedang cerah, Anda bisa melihat puncak Merapi meski dari kejauhan. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang penasaran dan ingin mendakinya.

Sekilas Tentang Gunung Merapi Yogyakarta

Merapi adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Gunung ini berada di tengah Pulau Jawa dengan ketinggian 2.930 mdpl.

Lereng sebelah Selatan merupakan bagian dari wilayah D.I Yogyakarta. Sedang sisanya merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Tengah, tepatnya Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Magelang.

Serupa dengan Gunung Semeru, Merapi juga dikelilingi oleh hutan belantara yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi.

Gunung ini juga memiliki periode erupsi yang sama, yaitu sekitar 4 tahun sekali.  Meski dengan aktivitas vulkanik tersebut, tidak membuat masyarakat yang tinggal di lereng gunung gentar dan meninggalkan kawasan ini.

Setidaknya telah tercatat bahwa Merapi ini telah meletus sebanyak 68 kali sejak tahun 1548.

Gunung ini masuk dalam kategori gunung termuda dalam jajaran gunung-gunung berapi di sekitarnya seperti Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran.

Merapi terbentuk karena adanya aktivitas pergerakan di area subduksi Lempeng Indo-Australia. Lempeng ini bergerak ke bawah ke arah Lempeng Eurasia. Akibatnya, muncul aktivitas vulkanik di tengah Pulau Jawa.

Harga Tiket Masuk Gunung Merapi

Bagi Anda yang berminat untuk mendaki gunung ini, siapkan budget tersendiri untuk membeli tiket masuk dan kebutuhan lainnya.

Berikut adalah tabel harga untuk retribusi masuk serta biaya fasilitas lain yang bisa Anda nikmati di sini:

Rertibusi Tarif
Tiket Masuk Rp16.000,00
Guide Rp300.000,00
Sewa Trekking Pole Rp15.000,00
Menginap di Basecamp Sukarela
Antar-Jemput Jogja-Basecamp Kaliurang Rp800.000,00

Layanan antar-jemput dari Jogja ke basecamp Kaliurang hanya ada di kawasan wisata taman nasional ini. Biayanya memang cukup mahal tapi sangat membantu bagi pendaki yang ingin hemat tenaga.

Disamping itu masih ada alternatif lain yang sebenarnya sama-sama praktis dan jauh lebih hemat biaya. Caranya dengan menyewa kendaraan dari tempat rental mobil bulanan seperti Salsa Wisata.

Ada banyak pilihan kendaraan yang bisa Anda gunakan salah satunya paket sewa motor Jogja. Pada intinya, sepeda motor ini sangat ‘bandel’ untuk trek-trek sulit seperti trek-trek yang biasa dijumpai di gunung.

Daya Tarik Wisata Gunung Merapi

Wisata Gunung Merapi Jogja

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bagi para pendaki pro, Merapi memiliki sejumlah keistimewaan yang tidak dimiliki oleh gunung-gunung berapi lainnya.

Keistimewaan ini kemudian menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi para pendaki yang ingin ‘menyapa’ puncak Merapi. Berikut adalah beberapa daya tarik Merapi yang berhasil kami rangkum:

Pasar Bubrah

Nama Pasar Bubrah pasti sering terdengar. Tak hanya oleh kalangan para pendaki saja. Para pendengar kisah horor pendakian pasti juga sangat familiar dengan nama salah satu pos di Merapi ini.

Pasar Bubrah dahulu adalah kawah utama Merapi. Area ini memiliki kondisi trek yang sulit, yaitu berupa pasir dan batu. Jika sedikit saja salah langkah, pendaki bisa terpeleset dan jatuh.

Pasar Bubrah juga menjadi area favorit untuk mendirikan tenda karena terlindungi dari hembusan angin gunung. Pagi harinya, pendaki yang berkemah di sini juga dapat menikmati momen sunrise dari atas ketinggian.

Pos ini juga sering menjadi spot favorit untuk melaksanakan upacara bendera setiap peringatan hari Kemerdekaan RI.

Aktivitas Pendakian yang Singkat

Merapi dan Gunung Ijen adalah dua gunung berapi dengan waktu pendakian yang singkat. Jalur pendakian terpendek dimulai dari Selo. Melalui jalur ini, pendaki hanya butuh waktu 4 jam saja untuk sampai di puncak.

Puncak Merapi

puncak gunung merapi jogja

Sebenarnya, para pendaki hanya disarankan untuk mendaki hingga ke Pasar Bubrah saja. Namun banyak pendaki yang ingin menuntaskan perjalanan hingga ke puncak Merapi.

Di puncak ini, pendaki dapat melihat kawah Merapi yang masih mengeluarkan asap panas dan aroma belerang yang kuat. Trek yang terjal dan berbatu membuat pendaki harus waspada dan hati-hati.

Saat sedang tidak dalam kondisi erupsi, banyak pendaki yang melanjutkan perjalanan hingga ke puncak. Dari titik ini, pendaki dapat melihat pemandangan yang menakjubkan.

Sunrise, pemandangan Gunung Merbabu, dan puncak Gunung Lawu akan tampak memukau jika dilihat dari sini.

Fasilitas Objek Wisata Gunung Merapi

Ada beberapa basecamp di lereng gunung berapi ini. Salah satu basecamp yang terkenal adalah Barameru. Di basecamp ini, para pendaki dapat mengisi perut mereka dengan makanan dan minuman yang tersedia di warung.

Tapi jangan harap pendaki dapat menyantap makanan khas Jogja legendaris di tempat ini. Menu yang tersedia adalah menu-menu makanan sederhana seperti nasi rames dan gorengan.

Demikian juga dengan menu minumannya. Biasanya hanya ada 2 opsi saja, yaitu air putih dan teh hangat.

Fasilitas umum lainnya yang ada di basecamp ini adalah kamar mandi umum dan area parkir.  Pendaki dapat menggunakan kamar mandi lengkap dengan toiletnya dengan membayar seikhlasnya.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Merapi

Lokasi Wisata Gunung Merapi

Secara administratif, Merapi terletak di 2 provinsi, yaitu D.I Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah. Merapi berada di 4 kabupaten yaitu Kabupaten Sleman, Magelang, Boyolali, dan Kabupaten Klaten.

Basecamp Barameru terletak di Desa Jlatah, tepatnya di Dusun Plalangan, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Sedang Basecamp Babadan terletak di Desa Krinjing, Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Adapun rute terbaik untuk memulai pendakian bisa melalui rute Selo atau Barameru. Jika Anda bertolak dari luar kota, Anda bisa memulai perjalanan sebelum pendakian menuju ke Terminal Sunggingan.

Setelah sampai di Terminal Sunggingan, lanjutkan perjalanan dengan menaiki bus ke arah Pasar Cepogo. Anda bisa menaiki bus bertarif Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00.

Selanjutnya, perjalanan diteruskan hingga ke Pasar Selo dengan biaya transportasi Rp5.000,00 saja.

Sesampainya di Basecamp Barameru, Anda sudah bisa memulai aktivitas pendakian. Jangan lupa untuk mendaftar SIMAKSI di pusat informasi yang tersedia.

Akan sangat berbeda nantinya jika Anda memilih mendaki Merapi via Kaliurang. Jalur ini memang menjadi alternatif paling mudah dan aman.

Cocok untuk pendaki pemula atau wisatawan yang malas mendaki tapi sangat penasaran dengan Merapi.

Ada banyak agen wisata yang siap mengakomodasi aktivitas pendakian via Kaliurang. Salah satunya Salsa Wisata.

Khusus untuk paket wisata keluarga ke Jogja, tersedia 6 pilihan paket yang menarik. Anda dapat memilih mana yang paling cocok dengan destinasi wisata favorit Anda.

Jam Operasional Wisata Gunung Merapi

Kawasan Taman Nasional Merapi buka setiap hari selama 24 jam. Semua jalur pendakian akan ditutup jika Merapi dalam keadaan erupsi seperti sekarang ini.

Akan tetapi, semua objek wisata yang ada di lereng Merapi masih tetap bisa Anda nikmati hingga sekarang.

Jadi, bagi Anda yang ingin melihat kegagahan Gunung Merapi secara lebih dekat lagi, segera pesan tiket ke Jogja dari sekarang. Bersiaplah untuk habiskan akhir pekan kali ini di tempat wisata Jogja yang satu ini.

Jangan lupa juga untuk berburu oleh-oleh khas Jogja selain bakpia yang banyak dijual di Kaliurang. Seperti Jadah Tempe asli Kaliurang ini.

Bagaimana, sudah tak sabar untuk segera berkunjung ke sini? Siapkan fisik dan budget Anda dari sekarang.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)