SalSari Resto & Coffee

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang menjadi wishlits wajib bagi para pendaki. Dengan ketinggian mencapai 3676 mdpl, gambar pemandangan yang terlihat dapat membuat Anda takjub. Namun itu hanya bisa Anda nikmati sebelum Gunung Semeru erupsi.

Gunung tertinggi di Jawa ini dikabarkan kembali erupsi pada Minggu (4/12) dini hari pukul 02.46 WIB. Kejaidan ini terjadi bertepatan dengan satu tahun momen erupsi sebelumnya yang juga terjadi pada tanggal 4 Desember 2021.

Meski belum ada laporan terkait kerusakan dan dampak dari letusan, namun tinggi semburan asapnya mencapai lebih dari 1500 meter dari puncak gunung. Bahkan pemerintah Jepang pun mengeluarkan peringatan tsunami di wilayah Okinawa akibat dampak letusan ini.

Untuk itu, PVMBG Kementrian ESDM juga menghimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas terlebih dahulu terutama yang berada dalam jarak 17 km dari gunung.

Padahal sebelum Gunung Semeru erupsi keindahannya masih bisa terlihat dengan jelas. Berikut ini beberapa gambar keindahan Gunung Semeru sebelum erupsi yang diambil dari berbagai sumber.

Gambar Keindahan Gunung Semeru Sebelum Erupsi

1. Momen semburan asap yang terjadi pada bulan November 2022 di Gunung Semeru yang tertangkap kamera dari pemukiman warga.

Semburan Asap Gunung Semeru Bulan November

2. Keindahan Gunung Semeru saat pagi hari di bulan yang sama yakni November 2022, terlihat kawah masih bersih tanpa ada semburan asap.

Keindahan Semeru di Pagi Hari

3. Gagahnya Gunung Semeru terlihat dari kawah Bromo yang kondisinya masih tenang belum mengeluarkan asap letusan saat bulan November 2022

Gunung Semeru dari Bromo

4. View kawasan sekitar Gunung Semeru dan Bromo yang masih dalam keadaan tenang saat terlihat dari pusat kota.

Gunung Semeru Dari Pusat Kota

5. Keindahan kawasan Bromo Tengger Semeru saat sunset, terlihat Puncak Mahameru belum mengeluarkan asap dan lahar.

Keindahan Gunung Semeru Sebelum Erupsi

6. Gambar keindahan Gunung Semeru pada tanggal 3 Desember 2022 satu hari sebelum meletus yang menjadi daya tarik wisatawan untuk camping.

Keindahan Gunung Semeru Satu Hari Sebelum Erupsi

7. Kawah Gunung Semeru yang terlihat jelas dari perkebunan warga saat pagi hari.

Keindahan Gunung Semeru Dari Perkebunan

8. View puncak Mahameru setelah letusan Gunung Semeru 2021 dan beberapa waktu sebelum letusan di tahun 2022 terjadi.

Kawah Puncak Mahameru Gunung Semeru

Dari gambar-gambar tersebut tampak jelas keindahan Gunung Semeru sebelum erupsi terjadi. Untuk itu mari kita berdoa kondisi Gunung Semeru bisa segera pulih dan tidak ada korban jiwa yang jatuh seperti pada erupsi 2021 kemarin.

Sehingga Anda bisa menikmati kembali keindahan Gunung Semeru baik dari dekat maupun dari jauh dengan lebih aman serta berkesan.



By Categories: Destinasi, Lumajang

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)