SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Sumbar memiliki cukup banyak referensi destinasi wisata pendakian yang asik untuk dicoba. Salah satunya adalah Gunung Singgalang yang ketinggiannya lebih dari 2.000 mdpl.

Tempat wisata pendakian ini merupakan sebuah gunung yang berstatus tidak aktif. Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa bentuk gunung ini sangat mirip dengan salah satu gunung api di Jawa Tengah, yaitu Gunung Merbabu.

Tepatnya dari segi topografi dan bentang alamnya. Pada bagian puncak juga terlihat begitu mirip. Namun ada satu hal yang membedakan gunung ini dengan Merbabu.

Di bagian puncak gunung ini terdapat sebuah telaga yang menjadi daya tarik utama bagi kalangan pendaki dan juga wisatawan. Telaga ini dinamakan Telaga Dewi.

Seputar Gunung Singgalang

Sama dengan Gunung Marapi, Singgalang juga terletak di kawasan Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Gunung setinggi 2.877 mdpl ini merupakan kelompok gunung berapi yang sudah lama mati. Tidak ada aktivitas di dapur magmanya.

Sebagian besar kawasan gunung ini berupa hutan tropis yang lembab dan mudah menyerap air. Dengan kondisi tersebut, gunung ini memiliki cadangan air yang melimpah di dalamnya.

Keunikan yang terdapat pada gunung ini terletak pada keberadaan sebuah telaga yang bernama Telaga Dewi. Telaga ini merupakan Ranu Kumbolo ala Singgalang karena lokasinya berada pada ketinggian di atas 2.500 mdpl lebih.

Terbentuknya berawal dari sebuah kawah yang telah mati lalu terisi air hingga menjadi sebuah telaga cantik. Hingga akhirnya, tempat ini menjadi daya tarik utama dan juga primadona bagi kalangan para pendaki.

Letak Telaga Dewi sendiri berada di bagian puncak gunung pada ketinggian 2.765 mdpl. Air danaunya begitu tenang dan jernih sehingga pada permukaannya sering terlihat pantulan pepohonan yang ada di sekitar telaga.

Daya Tarik Gunung Singgalang

Telaga Dewi Gunung Singgalang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Semua tempat wisata pastinya memiliki daya tarik yang berbeda. Seperti gunung yang satu ini. Ada beberapa daya tarik yang sebaiknya tak boleh Anda lewatkan. Berikut daftarnya:

Panorama Singgalang

Gunung dengan postur tinggi ini diselimuti oleh vegetasi hutan hujan tropis yang sangat subur. Suasana dari kaki gunung hingga puncak gunung terasa sangat asri. Secara keseluruhan, visual yang nampak dari gunung ini juga masih begitu natural.

Saat mendaki, Anda akan merasakan udara pegunungan yang masih sangat bersih dan fresh. Di sepanjang jalur pendakian, yang Anda lihat adalah barisan pohon dengan dedaunan yang lebat nan hijau.

Jarak antar pohonnya masih rapat, membuat kontur area perbukitannya terlihat begitu penuh. Sungguh lukisan alam yang sempurna.

Telaga Dewi

Mendaki Singgalang memang cukup berat karena selain tinggi, jalur yang dilalui juga tak mudah. Namun semua rasa lelah akan terbayarkan begitu Anda sampai di Telaga Dewi.

Sebagai telaga tertinggi di Sumbar, danau alami ini menjadi ikon sekaligus tempat wisata Padang yang sangat terkenal. Banyak pendaki luar Sumbar yang penasaran dan ingin segera mengunjungi telaga ini.

Bahkan seringnya telaga ini menjadi tujuan akhir pendakian bagi sebagian besar pendaki; bukan lagi puncaknya.

Danau alami bekas kawah ini terhampar seluas 1 Hektar. Di sekelilingnya ditumbuhi berbagai jenis vegetasi khas hutan hujan tropis.

Tepat di tepi danau yang tidak ditumbuhi pepohonan, terdapat area kecil dimana biasanya para pendaki mendirikan tenda mereka.

Dengan posisi tenda menghadap telaga, pendaki dapat dengan puas menikmati keindahan danau.

Saat cuaca sedang cerah dan langit berwarna biru, permukaan air danau yang tenang bak sebuah cermin raksasa. Cermin ini yang memantulkan keindahan langit, awan, dan juga pepohonan hijau di sekelilingnya. Sungguh pemandangan yang memikat hati siapapun yang melihatnya.

Fasilitas di Gunung Singgalang

Wisata Gunung Singgalang

Tak banyak fasilitas yang bisa Anda jumpai di basecamp pendakian Singgalang. Salah satu fasilitas yang tersedia yaitu area parkir kendaraan yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penitipan kendaraan.

Kemudian terdapat juga fasilitas pos pendaftaran yang juga berperan sebagai pusat informasi. Ini adalah tempat para pendaki melakukan pendaftaran, pengisian SIMAKSI, dan juga membayar retribusi tiket masuk.

Masih di area yang sama, ada fasilitas kamar mandi lengkap dengan toilet untuk keperluan bersih-bersih dan MCK para pendaki.

Sejauh ini, masih belum tersedia fasilitas warung makan yang menjual makanan atau minuman yang bisa untuk mengganjal perut para pendaki.

Fasilitas ini banyak tersedia di kaki gunung. Ada aneka macam pilihan warung makan atau resto di kaki gunung ini.

Salah satu menu andalannya Teh Talua Ayam Rimbo yang menjadi salah satu pilihan wisata kuliner Padang populer. Dari namanya saja sangat unik, bukan? Apalagi rasanya.

Harga Tiket Masuk Gunung Singgalang

Sebelum mendaki, setiap pengunjung wajib melakukan pendaftaran di pos pendakian lalu membayar registrasi dengan tarif yang sangat murah.

Bagi pendaki yang membawa kendaraan, dapat menitipkan kendaraan mereka di area parkir basecamp. Informasi biaya parkir plus penitipan kendaraan bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Pendakian Rp10.000,00
Parkir & Penitipan Kendaraan Rp20.000,00

Lokasi & Rute Menuju Gunung Singgalang

Lokasi Gunung Singgalang

Singgalang merupakan bagian dari kawasan Bukit Barisan. Gunung ini juga terletak di jalur yang dekat dengan Gunung Tandikat, atau di sisi Barat Marapi.

Jika Anda berkendara dari Padang Panjang ke arah Jam Gadang Bukittinggi, letak gunung ini ada di sisi kiri Anda.

Lokasi lengkapnya adalah sebagai berikut: Balingka, IV Koto, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Di sepanjang jalan menuju lokasi ini, Anda akan disuguhi deretan penjual oleh-oleh khas Padang murah dengan berbagai pilihan jenisnya.

Terdapat dua pilihan rute untuk dapat sampai di basecamp. Silahkan Anda pilih rute yang sesuai dengan jalur pendakian pilihan Anda.

Untuk jalur pendakian Koto Baru, Anda bisa menggunakan rute dari Padang ke Koto Baru. Setelah itu, arahkan kendaraan Anda ke Pandai Sikek.

Namun jika Anda ingin mendaki dari jalur pendakian Balingka, artinya Anda harus memilih rute Padang menuju arah Padang Luar. Baru kemudian ke Batu Tagak dan Penambatan.

Masing-masing rute memiliki kondisi jalan yang baik, namun semakin dekat dengan basecamp, jalannya semakin naik dan berkelok. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan kendaraan yang fit dan berperforma baik.

Jika Anda memerlukan jasa sewa mobil untuk keperluan transportasi ke Singgalang, Salsa Wisata siap melayani Anda.

Terdapat beberapa opsi paket sewa mobil untuk Anda. Silahkan Anda pilih yang terbaik dan pastinya yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan budget Anda.

Paket sewa mobil Fortuner Padang adalah salah satu rekomendasi terbaik untuk kelancaran perjalanan dengan jalur perbukitan. Silahkan hubungi call center kami untuk reservasi.

Jam Operasional Gunung Singgalang

Loket pendaftaran pendakian buka setiap hari, termasuk hari libur nasional selama 24 jam. Anda tak perlu khawatir tempat ini tutup sebab, kapan pun Anda mau, petugas akan selalu siap melayani Anda.

Bila Anda ingin mengunjungi tempat menarik lainnya, jangan ragu untuk memilih paket liburan dari Salsa Wisata.

Dengan menggunakan paket tersebut, Anda akan mendapat banyak keuntungan. Diantaranya keuntungan hemat biaya, kepraktisan, dan kemudahan selama masa liburan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Padang



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)