earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, pasti Anda tak asing dengan gunung yang satu ini, Gunung Sumbing. Bisa dibilang, tempat wisata alam ini menjadi alternatif terbaik untuk Anda yang ingin menguji adrenalin dan fisik Anda.

Gunung ini juga sangat cocok untuk Anda para pendaki pemula. Pasalnya, gunung berapi aktif ini memiliki medan track level sedang cenderung mudah. Namun Anda tetap harus mempersiapkan fisik dan perlengkapan terbaik sebelum mendaki gunung ini.

Persiapan yang matang juga Anda perlukan untuk perjalanan wisata. Namun daripada repot sendiri, Anda bisa serahkan hal tersebut menggunakan layanan paket tour wisata dari Salsa Wisata.

Sekilas Tentang Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi kedua di Provinsi Jawa Tengah. Ketinggian gunung ini kurang lebih mencapai 3.362 meter di atas permukaan air laut.

Gunung ini juga memiliki dua buah puncak, yaitu Puncak Buntu dan Puncak Sejati. Masing-masing puncak memiliki titik ketinggian yang berbeda.

Puncak Buntu dengan ketinggian 3.362 mdpl, sedang Puncak Sejati sedikit lebih tinggi, yakni 3.371 mdpl. Meski memiliki poin ketinggiannya tidak sama, keduanya tetap saja menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

3 Pilihan Jalur Pendakian Gunung Sumbing

Pendakian Gunung Sumbing

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Terdapat tiga pilihan jalur pendakian untuk dapat sampai di puncak, yaitu via Cepit Parakan, via Garung Wonosobo, dan via Bowongso.

Anda yang newcomers, sangat disarankan untuk memilih jalur pendakian via Garung Wonosobo sebab jalur ini sangat mudah dijangkau. Selain aksesnya, track di jalur ini pun jauh lebih mudah dibandingkan dengan di dua jalur lainnya.

Alasan ini pula yang membuat jalur ini ramai dipilih oleh pendaki. Jadi, kegiatan Anda mendaki pun tidak akan terasa sepi.

Nah, selain 3 jalur pendakian di atas, sebenarnya masih ada 2 pilihan jalur pendakian lainnya, yaitu jalur pendakian via Sipetung dan jalur pendakian via Mangli, Kecamatan Kaliangkrik. Sayangnya kedua jalur pendakian ini kurang populer.

Harga Tiket Masuk Gunung Sumbing

Sama halnya dengan gunung-gunung lainnya di Pulau Jawa, harga retribusi untuk gunung ini sangat terjangkau. Hanya saja, harga tiket ini bisa saja berbeda-beda tergantung titik jalur pendakian yang dituju.

Nah, berikut ini sedikit informasi mengenai harga tiket masuk jalur pendakian di tempat wisata satu ini:

Retribusi Tarif
Retribusi Pendakian Sumbing Via Garung Rp20.000,00
Retribusi Pendakian Sumbing via Bowongso Rp20.000,00
Parkir Motor Rp10.000,00
Parkir Mobil Rp20.000,00

Tarif retribusi dan parkir di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi tertentu. Akan tetapi tidak ada salahnya informasi di atas menjadi referensi bagi Anda yang hendak mendaki gunung kembar ini.

Nikmati juga paket gathering murah dari Salsa Wisata untuk berbagai aktivitas seru Anda bersama rombongan. Dijamin acara gathering, outbound, atau karya wisata Anda akan berjalan lancar berkat pelayanan maksimal kru Salsa Wisata.

Fasilitas yang Tersedia di Gunung Sumbing

Lantas, bagaimana dengan fasilitas? Meski hanya menawarkan aktivitas pendakian, gunung ini menawarkan sejumlah fasilitas umum yang sangat memadai. Misalnya saja fasilitas basecamp di masing-masing jalur pendakian.

Basecamp memiliki fasilitas penting lainnya seperti kamar mandi dan toilet umum. Ada pula area parkir yang cukup luas. Area ini mampu menampung beberapa unit sepeda motor dan mobil.

Di sejumlah titik di basecamp tertentu, terdapat warung makanan kecil yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi perut Anda sebelum dimulai pendakian.

Di warung yang sama, Anda juga bisa menambah perbekalan seperti air mineral, makanan ringan, mie instan, dan lain sebagainya. Sangat menarik, bukan?

Tiap basecamp juga telah memiliki mushola, jadi Anda yang muslim dapat menunaikan ibadah sholat di mushola ini.

Sementara itu, untuk fasilitas yang ada kaitanya dengan aktivitas pendakian, pihak pengelola wisata juga menyediakan beberapa fasilitas penting seperti map atau peta jalur pendakian, pos pendakian, dan petunjuk arah.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Sumbing

Puncak Gunung Sumbing

Adapun lokasi destinasi wisata ini terletak di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang. Sedang untuk letak basecampnya berbeda-beda, sesuai dengan lokasi jalur pendakian yang Anda pilih.

Pendakian Sumbing Via Garung

Basecamp Garung berada di Dusun Butuh Lor (Dusun Butuh bagian Utara), Desa Garung, Kecamatan Kalikajar, Wonosobo. Jika Anda bertolak dari pusat Kota Wonosobo, Anda hanya memerlukan waktu tempuh 45 menit saja. Waktu tempuh yang cukup singkat, bukan?

Untuk jalur yang harus dipilih, Anda bisa manfaatkan petunjuk dari Google Maps yang akan memberikan rute terbaik. Bisa pula dengan menggunakan layanan sopir dari sewa mobil Magelang yang siap kemanapun tujuan Anda.

Pendakian Sumbing via Bowongso

Berbeda dengan basecamp di Desa Garung, basecamp yang satu ini terletak di Gn. Malang, Desa Purwojiwo, Kecamatan Kalikajar, Wonosobo. Cukup 40 menit saja dari Kota Wonosobo untuk dapat tiba di basecamp ini.

Jika Anda ingin menikmati perjalanan dari Kota Wonosobo ke basecamp dengan nyaman dan praktis, Anda bisa gunakan jasa paket tour Jogja-Dieng murah dari Salsa Wisata.

Selain paket tersebut, Salsa Wisata juga menyediakan beragam opsi perjalanan wisata domestik dan antar pulau dengan tarif terjangkau dan kualitas pelayanan terbaik.

Jam Operasional Wisata Gunung Sumbing

Tempat wisata alam ini melayani para pengunjung terutama para pendaki selama 24 jam setiap harinya. Dengan kata lain, Anda bisa melakukan pendakian kapan pun dan jam berapa pun.

Sekedar info, jumlah pendaki biasanya akan bertambah cukup signifikan ketika akhir pekan. Jadi, jika Anda ingin memiliki pengalaman mendaki yang fun dan beramai-ramai, silahkan Anda memilih akhir pekan sebagai hari pendakian Anda.

Sebaliknya, jika Anda benar-benar ingin solo hiking dengan suasana medan pendakian yang sepi, waktu selain akhir pekan bisa jadi saat yang tepat.

Tips Berkunjung di Gunung Sumbing

Nah, ada beberapa tips yang wajib Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk mendaki salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah ini. Apa saja tips-nya? Simak infonya berikut:

Kondisi Tubuh Prima dan Sehat

Tips yang satu ini adalah tips paling penting karena aktivitas mendaki gunung wajib didukung oleh kondisi tubuh yang prima dan sehat.

Khusus para pemula, tidak ada salahnya untuk rutin berolahraga minimal satu minggu sebelum mendaki. Tidak masalah jika Anda lakukan olahraga yang simpel namun efektif seperti misalnya jogging tiap pagi.

Perhatikan Peralatan dan Perlengkapan Naik Gunung

Tips selanjutnya yang tak boleh Anda abaikan adalah perlengkapan dan peralatan naik gunung. Kostum atau pakaian, misalnya, sebaiknya kenakan pakaian yang berbahan tebal agar hangat, namun tetap simpel dan nyaman dipakai.

Contoh pakaian ideal yang cocok Anda pakai adalah kemeja flanel dan jaket gunung. Sedang untuk bawahan, hindari kenakan celana jeans. Mengapa? Karena celana jeans mudah menyerap hawa dingin di gunung.

Pemilihan footwear juga tak kalah penting. Sepatu gunung atau jenis sepatu dengan sol yang tidak licin patut menjadi rekomendasi terbaik. Mengingat jalur pendakian yang berupa tanah yang bisa berubah menjadi lumpur ketika terkena guyuran hujan.

Carrier dan sejumlah peralatan lainnya seperti gear dan tali juga wajib Anda siapkan. Pilih peralatan yang sudah sesuai dengan standar agar aman ketika digunakan.

Wajib Bawa Jas Hujan

Jas hujan adalah item lainnya yang wajib masuk list Anda. Meski cuaca cerah ketika Anda masih berada di basecamp, cuaca dapat berubah sewaktu-waktu ketika sudah berada di atas gunung. Jadi, tak ada salahnya Anda siapkan jas hujan jika sewaktu-waktu hujan.

Penginapan Terdekat Gunung Sumbing

Anda yang berasal dari luar Kota Wonosobo dan memerlukan tempat menginap yang paling dekat dengan basecamp pendakiannya, Anda tak perlu bingung.

Ada tiga penginapan yang paling recommended di Kota Wonosobo, berikut informasinya:

RedDoorz Near Alun-Alun Wonosobo

Sesuai dengan namanya, RedDoorz Near Alun-Alun Wonosobo berada dekat sekali dengan Alun-Alun Kota Wonosobo. Tarif per malam yang ditawarkan sungguh terjangkau, yaitu hanya Rp. 129.000,00 saja.

Lokasi tempat penginapan ini adalah Jl. Jend. Ahmad Yani No.141, Wonosobo bagian Timur. Fasilitas yang bisa Anda nikmati di penginapan sederhana ini antara lain area parkir gratis, kamar ber-AC, dan Wi-Fi.

Untuk pemesanan kamar, silahkan Anda bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi booking yang tersedia. Bisa juga dengan memanfaatkan layanan dari Salsa Wisata yang menyediakan lengkap layanan akomodasi hotel hingga rental mobil murah.

The Cabin Tanjung Hotel

Ingin penginapan dengan tarif yang lebih mahal dan fasilitas lebih lengkap, The Cabin Tanjung Hotel adalah pilihan yang tepat. Tarif sewa kamar per malamnya sedikit lebih mahal, yaitu Rp. 221.000,00. Namun dari segi fasilitas dan kenyamanan kamar, tentu lebih baik.

Dari harga tersebut sudah termasuk dengan layanan sarapan dari hotel. Menu yang ditawarkan pun bisa Anda sesuaikan selera seperti misalnya makanan khas Solo atau makanan nusantara lainnya.

Penginapan ini terletak di Jl. Banyumas KM 2, Wonorejo, Kec. Selomerto, Wonosobo. Keunggulan utama tempat ini adalah suasana dan fasilitas hotel yang ramah anak dan disabilitas.

Rumah Sakinah Homestay Syariah

Tarif untuk menginap di penginapan ini hanya Rp200.000,00 saja per malam. Dan sesuai dengan namanya, homestay ini menawarkan konsep penginapan syariah. Artinya, hanya pasangan suami-istri saja yang boleh menginap di satu kamar.

Untuk lokasinya sendiri, Rumah Sakinah Homestay Syariah ini bisa Anda jumpai di Jl. Argopeni Indah, Desa Kalianget, Wonosobo.

Nah, dari ketiga rekomendasi penginapan di atas, penginapan mana yang kira-kira cocok dengan budget Anda? Daripada pusing memilih, langsung gunakan saja paket pilihan dari Salsa Wisata yang telah mencakup semuanya.

Objek Wisata di Sekitar Gunung Sumbing

Setelah puas mendaki, tidak ada salahnya untuk mengunjungi destinasi wisata lain yang ada di sekitar Sumbing. Siapa tahu lain waktu Anda berkesempatan langsung mengunjungi salah satu tempat wisata ini.

Terasering Sitegong

Wisata yang satu ini terbilang masih sangat baru. Lokasi wisata ini ada di Kabupaten Magelang. Spesifiknya di Desa Sukomakmur, Kec. Kajoran. Warga setempat menamai tempat wisata ini dengan sebutan Terasering View Sumbing.

Keindahan alamnya tidak kalah dengan Terasering Tegalalang yang ada di Bali. Ketika tanaman padi sedang hijau-hijaunya atau sedang menguning, Terasering Sitegong ini terlihat begitu indah.

Anda bisa berfoto di antara hijaunya tanaman padi yang ada di objek wisata ini. Tidak perlu jauh-jauh ke Bali semua bisa Anda dapatkan di Terasering Sitegong ini.

Nepal Van Java

Pemandangan cantik dan asyik juga bisa Anda dapatkan saat mengunjungi Nepal Van Java. Konsepnya yang unik jadi daya tarik tersendiri yang membuat tempat ini begitu digandrungi.

Nama “Nepal” yang disematkan di tempat ini memang terinspirasi dari sebuah desa dengan rumah bercat warna-warni di Nepal. Keduanya memang memiliki konsep yang sama.

Dari kejauhan, selain tampak warna-warni, area pemukiman di Nepal Van Java ini juga terlihat seperti terasering yang saling bertumpuk.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke sini, silahkan langsung arahkan kendaraan Anda ke Dusun Butuh, Kabupaten. Magelang. Tempat ini pun bisa menjadi titik awal pendakian Anda menuju puncak Sumbing yang menawan.

Mangli Sky View

Anda penikmat sunrise atau sunset? Mangli Sky View adalah destinasi berikutnya yang wajib masuk daftar Anda. Tempat wisata ini sering menjadi pilihan tujuan wisatawan selepas mendaki. Tentu akan terasa nikmat melihat terbenam atau terbitnya Matahari sambil melepas lelah di sini, bukan?

Lokasi Mangli Sky View ini sangat strategis, sebab berada tepat di salah satu sisi lereng Sumbing. Cocok sekali bagi Anda yang sedang turun berjalan pulang. Mampir sejenak di sini untuk menambah pengalaman petualangan Anda.

Silancur Highland

Satu lagi rekomendasi tempat wisata seru yang letaknya di lereng Sumbing, yakni Silancur Highland. Dataran tinggi ini menawarkan fasilitas camping ground dengan pemandangan gunung yang menawan.

Sehingga Anda tidak ingin lelah mendaki berkemah di gunung bisa menjadikan tempat ini sebagai alternatif. Udara yang segar, suasana yang sejuk, serta pemandangan alam pegunungan yang hijau nan indah pasti akan membuat siapapun akan betah berada di sini.

Penasaran dengan lokasi Silancur Highland? Lokasinya berada di Desa Mangli, Kaliangkrik, Magelang. Jarak tempuhnya hanya 15 km saja dari Kota Magelang. Bagaimana, berminat? Langsung gunakan saja layanan dari Salsa Wisata yang telah menyediakan segalanya.

Semua perencanaan liburan Anda mulai dari berangkat hingga pulang membeli oleh-oleh khas Jogja dan sekitarnya bisa Anda dapatkan. Sehingga selama perjalanan Anda bisa duduk tenang dan menikmati sepenuhnya waktu bersantai di Magelang, Jogja, dan sekitarnya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)