earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Anda masyarakat Indonesia yang ingin sekali-kali liburan ke Nepal, kini tak perlu bingung lagi. Belum lama ini telah hadir sebuah objek wisata unik yang tak kalah indah dari Nepal yang sesungguhnya. Nepal Van Java namanya.

Nama objek wisata ini terinspirasi dari sebuah pedesaan di Negeri Nepal. Secara geografis, destinasi wisata ini berlokasi di lereng Gunung Sumbing. Tepatnya di Dusun Butuh, Magelang.

Karena keindahan dan keunikannya, dusun ini sering mendapat julukan sebagai salah satu tempat wisata Magelang paling recommended. Penasaran ada apa saja di sini? simak informasinya berikut ini.

Objek Wisata Nepal Van Java

Nepal Van Java sendiri merupakan satu-satunya objek wisata di Dsn. Butuh, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Sekedar info, Dusun Butuh berlokasi di dataran tertinggi di Kabupaten Magelang. Ketinggiannya sendiri mencapai 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dengan ketinggian ini, tentunya area pedesaan ini menawarkan suasana yang asri, udara segar, dan pemandangan yang memanjakan mata. Suasananya pun tidak kalah asyik dari Gunung Telomoyo yang terletak di perbatasan Magelang dan Kabupaten Semarang.

Sejarah Nepal Van Java

Kawasan objek wisata kebanggaan masyarakat Magelang ini memiliki asal-usul atau sejarah yang terbilang cukup unik. Terutama dari segi penamaan destinasi wisata yang ada di lereng Gunung Sumbing ini.

Posisi area lereng yang identik dengan bidang daratan miring dan bertumpuk-tumpuk menjadikan rumah-rumah di Dusun Butuh ini terlihat bertumpuk-tumpuk pula. Kriteria bangunan semacam ini sangat mirip dengan rumah-rumah di Nepal.

Ketika cuaca di Dusun Butuh ini sedang cerah, para wisatawan dapat menikmati panorama pegunungan yang begitu indah dengan Gunung Sumbing sebagai latar belakangnya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Nepal Van Java

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk segera berkunjung ke sini, Anda tak perlu khawatir soal biaya. Harga tiket masuk objek wisata ini sangat terjangkau. Apalagi jika Anda bandingkan dengan pengalaman liburan yang akan Anda Dapatkan. Pastinya sangat memuaskan.

Berikut list singkat harga tiket dan informasi biaya lainnya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp8.0000,00
Parkir sepeda motor Rp3.000,00
Parkir mobil Rp10.0000,00
Ojek Rp10.000,00 – Rp30.000,00 (sesuai tujuan)
Teras Nepal Van Java Rp2.000,00

Harga tiket masuk dan biaya-biaya lainnya dapat berubah sewaktu-waktu. Anda bisa jadikan informasi biaya di atas sebagai referensi bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini.

Menariknya lagi, suasana dan keindahan di sini dapat Anda jadikan salah satu destinasi favorit untuk liburan bersama keluarga. Terlebih jika Anda manfaatkan jasa paket gathering di Jogja dari Salsa Wisata.

Pastinya akan lebih praktis dan berbiaya lebih murah bila Anda bandingkan dengan liburan tanpa menggunakan penyedia layanan serupa.

Namun jika Anda lebih nyaman touring dengan berkendara sendiri, tak ada salahnya Anda gunakan jasa rental mobil magelang. Ada begitu banyak pilihan kendaraan yang bisa Anda dapatkan terutama di Salsa Wisata.

Fasilitas yang Ada di Nepal Van Java

Sama halnya dengan objek wisata hits lainnya, tempat ini juga menawarkan berbagai fasilitas menarik. Apa saja fasilitasnya?

Berbagai Spot yang Instagramable

Foto Nepal Van Java

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pihak pengelola seperti begitu tahu dengan keinginan para wisatawan yang berkunjung di pedesaan ini. Terutama para pengunjung dari kalangan muda-muda yang begitu menggilai sesuatu yang nge-hits.

Di beberapa area, Anda dapat menjumpai spot-spot yang sangat Instagramable. Spot-spot ini memang sengaja dibuat untuk Anda yang gemar berfoto atau sekedar membuat Insta Story di kawasan wisata hits ini.

Anda dapat mengambil foto selfie atau berfoto bersama teman-teman di sini, lalu mengunggahnya di akun Instagram Anda. Dijamin postingan terbaru Anda akan tuai banyak like dan comment.

Adapun beberapa spot yang dimaksud adalah Teras Nepal, Gapura Dusun, Teras Masjid, Taman Depok, dan Gapura Pendakian.

Coffee Shop

Jika Anda pecinta kopi dan ingin sekali-kali menikmati sruputan kopi di atas ketinggian? Tempat ini adalah opsi yang paling tepat. Ada cukup banyak pilihan kedai kopi yang bisa Anda kunjungi di sini.

Anda hanya perlu memilih kedai kopi mana yang kiranya menawarkan seduhan kopi yang sesuai dengan selera Anda. Soal pemandangan di sekitar kedai, tak perlu ditanya lagi. Pastinya Anda akan betah di sana.

Pasalnya, semua kedai kopi di sini siap menyuguhkan view pegunungan yang indah dan suasana sejuk. Udara yang dingin di kedai tentu cocoknya ‘ditemani’ dengan secangkir kopi hangat, bukan?

Homestay

Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati sunrise di lereng Gunung Sumbing ini, Anda tak perlu bingung untuk mencari penginapan. Ada beberapa pilihan homestay yang boleh Anda jadikan sebagai tempat beristirahat.

Homestay di kawasan Nepal Van Java ini dibanderol dengan harga sewa yang cukup terjangkau per-malam-nya. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap dan pastinya akan membuat Anda nyaman.

Sembari menunggu waktu matahari terbit, Anda dapat beristirahat dengan nyaman di homestay pilihan Anda.

Aktivitas Menarik di Nepal Van Java

Ada beragam pilihan aktivitas menarik di objek wisata ini . Salah satunya adalah jelajah kampung. Coba bayangkan, Anda dapat melihat aktivitas-aktivitas khas warga desa di sini.

Misalnya saja bertani, memanen sayuran dan buah-buahan segar, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Anda bisa menikmati ini semua sembari Anda berjogging di pagi hari mungkin? Sekaligus ‘mencicipi’ keramahan para warga di sini.

Selain jelajah kampung, Anda juga dapat memulai tour Anda dengan mengunjungi beberapa spot Instagramable yang telah disebutkan di atas.

Dan jangan lupa untuk menikmati wisata kuliner khas Magelang seperti mendoan dan makanan tradisional lainnya.

Lokasi dan Rute Menuju Nepal Van Java

Lokasi objek wisata ini berada di Dusun Butuh, salah satu dusun di Kecamatan Kaliangkrik. Dusun ini berada di Desa Temanggung, Kabupaten Magelang lebih jelasnya bisa Anda lihat di Google Maps.

Sementara itu, untuk rute menuju ke kawasan wisatanya, terdapat dua opsi, yaitu dari Kota Jogja dan Semarang.

Waktu tempuh dari kedua titik pemberangkatan di atas tentu berbeda. Jika Anda berangkat dari Kota Jogja, Anda membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 2 jam saja. Anda sebaiknya menggunakan jalur  Jalan Magelang untuk sampai di Kabupaten Magelang terlebih dahulu.

Sesampainya di Magelang, silahkan Anda mengarahkan kendaraan Anda ke Pasar Kaliangkrik (jarak tempuh sekitar 12 km). Setelah sampai di Pasar Kaliangkrik, lanjutkan perjalanan Anda menuju ke jalan kecil hingga Anda tiba di SDN Desa Temanggung.

Dari titik ini, silahkan Anda ambil jalur sebelah kanan yang nantinya akan mengarahkan Anda ke area basecamp Gunung Sumbing via Dusun Butuh. Hanya sekitar 500 meter sebelum basecamp, Anda sudah sampai di lokasi.

Jam Operasional Nepal Van Java

Jam operasional objek wisata ini aktif beroperasi mulai pukul 06.30 – 17.00 WIB. Usai penutupan sementara sejak tanggal 29 Juni 2021 lalu, lokasi ini kini telah beroperasi kembali. Namun dengan syarat sesuai dengan prokes yang wajib ditaati oleh para wisatawan.

Tips Berkunjung ke Nepal Van Java

Objek Wisata Nepal Van Java

Jika kamu tertarik untuk liburan di sini, sebaiknya Anda simak beberapa tips penting berikut ini:

Kondisi Kendaraan harus Prima

Pastikan bahwa kondisi kendaraan Anda prima. Alasannya karena jalur yang akan Anda lalui adalah jalur aspal yang menanjak-menurun, dan berkelok, mengingat lokasinya yang berada di lereng Gunung Sumbing.

Agar Anda tidak mengalami hal-hal yang tak diinginkan, ada baiknya Anda servis kendaraan Anda terlebih dahulu. Namun jika Anda tak ingin repot dengan hal-hal semacam itu, rental mobil murah plus supir bisa jadi pilihan yang sangat tepat.

Waspada dengan Rem Blong

Wajib perhatikan juga kondisi rem pada kendaraan Anda. Pastikan rem mobil atau sepeda motor Anda dalam kondisi baik alias tidak blong. Sebab akan ada cukup banyak turunan dan tanjakan yang sangat berpotensi membuat rem kendaraan Anda blong secara tiba-tiba.

Kenakan Kostum dan Sepatu yang Tepat

Tips yang satu ini juga tak kalah pentingnya.  Siapkan kostum dan sepatu yang tepat agar selama liburan, Anda tetap nyaman. Terlebih jika Anda ingin jalan-jalan menyusuri tiap jalur di pedesaan cantik ini.

Kenyamanan selama liburan juga bisa Anda dapatkan melalui paket tour wisata dari Salsa Wisata. Semua kebutuhan perjalanan wisata Anda bisa kami persiapkan senyaman mungkin sehingga Anda tinggal menikmatinya.

Perhatikan Cuaca

Terakhir adalah soal cuaca. Pastikan Anda memilih hari dan waktu liburan yang tepat. Perhatikan perkiraan cuaca di hari H Anda liburan. Anda dapat memanfaatkan aplikasi perkiraan cuaca yang bisa Anda akses melalui Smartphone Anda.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa memprediksi cuaca pada hari keberangkatan. Cobalah untuk melihat hasil perkiraan cuaca sehari atau beberapa hari sebelum Anda berangkat berlibur di desa wisata khas Magelang ini.

Penginapan di Sekitar Nepal Van Java

Berbicara soal penginapan atau homestay, ada beberapa tempat yang sangat direkomendasikan. Homestay ini tak lain adalah rumah-rumah warga Dusun Butuh yang kemudian dijadikan sebagai bagian dari bisnis penginapan.

Meski begitu, fasilitas dan layanan yang diberikan tidak kalah dengan sejumlah hotel, villa, dan resort yang ada. Beberapa penginapan tersebut antara lain:

Villa Sumbing Indah

Lokasi Rate/ Malam
Jl. Raya Kalegen, Dsn. Wonosobo (9 km dari Dsn. Butuh) Standard Room – Rp. 550.000,00

Family Room – Rp. 1.100.000,00

VIP Room – Rp. 1.300.000,00

Holiday Home – Rp.2.000.000,00

Jambu Klutuk Resort

Lokasi Rate/ Malam
Jl. Raya Parakan – Wonosobo km 3 (14 km dari Dsn. Butuh) Sumbing Villa – Rp.2.900.000,00

Merbabu Villa – Rp.2.900.000,00

Sindoro Villa – Rp.4.000.000,00

Anjani Homestay Magelang

Lokasi Rate/ Malam
Jl. Banyuwangi, Desa Bandongan, Kab. Magelang (14,8 km dari Dsn. Butuh) 3 tempat tidur – Rp.600.000,00

Objek Wisata di Sekitar Nepal Van Java

Usai berwisata di sini, Anda bisa puaskan kembali jiwa petualangan Anda dengan mengunjungi beberapa objek wisata lain yang ada di sekitarnya. Berikut beberapa tempat wisata sekitar lokasi yang juga menarik untuk Anda kunjungi.

Wisata Silancur Highland

Silancur Highland merupakan salah satu opsi destinasi lain yang terletak di Kecamatan Kaliangkrik, tepatnya di Desa Mangli, sebelah Tenggara di kaki Gunung Sumbing.  Sesuai dengan namanya, Silancur Highland ini merupakan sebuah dataran tinggi yang mirip dengan Sikunir di Dieng.

Ketinggiannya sendiri mencapai 1.300 mdpl. Dari titik ini, Anda tentu dapat menikmati pemandangan alam yang begitu indah. Deretan gunung mulai dari Gunung Merapi hingga salah satu gunung terbesar di Jawa Tengah, yaitu Gunung Ungaran dapat terlihat dari sini.

Mangli Sky View

Masih di lokasi yang sama, yaitu Desa Mangli, Kec. Kaliangkrik, Mangli Sky View berlokasi di dataran tinggi (1.570 mdpl) sebelah Timur Gunung Sumbing. Dari sini, Anda dapat menikmati view berupa hamparan awan saat langit dalam kondisi cerah.

Curug Silawe

Gemar mengunjungi area air terjun? Segera masukan nama Curug Silawe ke dalam list destinasi wisata Anda. Lokasinya memang berbeda dari dua tempat wisata sebelumnya. Curug Silawe ini berada di Dusun Kopeng, Ds. Sutopati.

Air terjunnya yang dingin mampu menyegarkan tubuh Anda yang mungkin lelah setelah perjalanan.  Daya tarik lainnya dari curug ini adalah keindahan Curug Silawe atau air terjun itu sendiri.

Ketinggian air terjun ini mencapai 60 meter. Pepohonan dan tanaman yang tumbuh mengelilingi curug ini menambah keindahan dan kesejukan di lokasi ini.

Candi Selogriyo

Di sekitar kawasan wisata ‘Nepal ala Jawa’, ada juga sebuah situs candi yang bisa Anda jumpai. Candi tersebut adalah Candi Selogriyo. Kondisi fisik candi ini masih sangat baik, terutama di bagian relief-reliefnya.

Candi ini menggambarkan kehidupan umat Hindu pada saat itu. Anda bisa melihatnya melalui pahatan-pahatan relief yang indah.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)