Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara berkat pesonanya. Hampir setiap tempat wisata Jogja hits menyajikan keindahan yang khas sehingga membuat kota satu ini terasa begitu istimewa.

Mulai dari kemegahan keraton, segarnya pegunungan, hingga indahnya pantai bisa Anda nikmati semua di Jogja selama liburan. Namun semua itu belum lengkap jika Anda belum berbelanja dan membeli barang-barang menarik di Jogja sebagai oleh-oleh.

Di kota yang terkenal dengan harga barang-barang yang murah ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Jogja berkualitas. Berikut ini beberapa pilihan oleh-oleh khas Jogja yang wajib dibeli saat Anda berkunjung ke Jogja:

Daftar Oleh-oleh Khas Jogja yang Terkenal

Gudeg

Gudeg

Jogja sudah sangat terkenal dengan kenikmatan gudegnya yang khas dan selalu menjadi incaran wisatawan yang datang. Rasa gudeg yang pedas, manis, gurih membuat siapapun yang mencoba akan ketagihan untuk mencoba lagi. Gudeg sendiri terbuat dari nangka yang dimasak bersama santan hingga berubah warna dengan tambahan lauk seperti telur, ayam atau krecek.

Makanan khas Jogja satu ini ternyata juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang setelah liburan. Terdapat dua jenis gudeg yang bisa Anda pilih yakni gudeg kering atau gudeg kaleng yang keduanya tetap terasa nikmat. Khusus untuk gudeg basah karena tidak bisa bertahan lama jadi lebih baik dinikmati langsung di tempat.

Salah satu gudeg terkenal di Jogja adalah Gudeg Yu Djum yang terletak di Jl. Wijilan dan Jl. Kaliurang km 5. Disini Anda bisa memilih berbagai variasi gudeg baik yang dikemas menggunakan besek atau memakai kendil. Harga gudeg sendiri biasa dibanderol mulai dari Rp30.000,00 hingga Rp150.000,00 per paket tergantung lauk yang dipilih.

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Selain gudeg, hidangan tradisional Jogja yang juga bisa Anda jadikan oleh-oleh adalah wedang uwuh atau dalam bahasa Indonesia ‘minuman sampah’. Minuman ini disebut seperti itu karena semua rempah yang digunakan dicampur jadi satu di dalam gelas sehingga terlihat seperti sampah. Rempah yang digunakan biasanya seperti cengkeh, kayu secang, kayu manis, pala, jahe dan juga gula batu.

Rasa dari wedang uwuh yang pedas, manis, dan segar ini mampu menghangatkan badan saat cuaca dingin. Wedang uwuh juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh sebab mengandung antioksidan dan mampu menurunkan kolesterol. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik menjadikan minuman khas Bantul ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Anda bisa mendapatkan wedang uwuh ini di sejumlah toko oleh-oleh khas Jogja atau langsung datang ke hutan pinus daerah imogiri. Disana banyak dijual wedang uwuh sachet atau dalam kemasan kering siap seduh dan praktis untuk dibawa pulang. Harganya pun sangat terjangkau karena hanya dibanderol sekitar Rp2.000,00 per bungkus untuk ukuran kecil.

Bakpia Kukus

Bakpia Kukus

Saat ini terdapat variasi baru dari bakpia yang cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh saat berlibur ke Jogja yaitu bakpia kukus. Seperti namanya, pembuatan bakpia ini tidak dipanggang seperti bakpia pada umumnya melainkan di kukus. Sehingga tekstur yang didapat saat digigit menjadi lebih lembut bahkan menyerupai rasa dari kue bolu.

Salah satu merek bakpia kukus yang paling dikenal adalah Bakpia Tugu Jogja yang bisa Anda temukan dengan mudah di Jogja. Seperti halnya bakpia pathuk, bakpia kukus tugu jogja ini memiliki pilihan rasa yakni cokelat, keju, strawberry, kacang hijau, dan brownies. Kemasannya yang lucu dan unik membuat bakpia kukus termasuk oleh-oleh Jogja kekinian yang wajib Anda beli.

Outlet dari bakpia tugu ini bisa Anda kunjungi di sejumlah tempat seperti di stasiun, bandara, atau di jalan-jalan protokol Jogja. Bahkan khusus di bandara atau rest area toko bakpia kukus ini buka hingga 24 jam penuh. Anda bisa mendapatkan satu kotak bakpia kukus tugu Jogja dengan harga mulai dari Rp35.000,00 dengan isi 10 buah.

Bakpia

Bakpia Pathok

Bakpia sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Jogja terutama bagi para wisatawan yang datang. Meski sudah banyak varian bakpia yang bermunculan seperti bakpia kukus, bakpia pathok dari Bantul ini tidak bisa tergantikan kenikmatannya. Bahkan toko Bakpia Pathok 25 selalu ramai wisatawan yang mengantre untuk bisa mendapatkan makanan khas Jogja satu ini.

Ukurannya yang kecil dengan tekstur lembut menjadi ciri khas dari bakpia Jogja ini. Rasa yang tersedia juga bermacam-macam mulai dari kacang hijau, kumbu hitam, cokelat, keju, hingga rasa buah-buahan semua ada. Terdapat dua tipe bakpia yang bisa Anda pilih yakni bakpia basah dan bakpia kering yang masing-masing memiliki ketahanan berbeda.

Jika Anda ingin menjadikan bakpia sebagai oleh-oleh khas Jogja yang awet, jenis bakpia kering sangat cocok untuk dipilih. Harga bakpia ini juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp10.000,00 hingga Rp35.000 per kotaknya. Untuk mendapatkannya pun mudah, cukup gunakan jasa sopir dari tempat sewa innova venturer Jogja yang siap mengantar Anda langsung ke produsennya.

Tiwul

Nasi Tiwul

Tiwul dulunya merupakan makanan pokok pengganti nasi yang berasal dari Gunung Kidul saat masa paceklik melanda. Namun kini tiwul sudah menjadi camilan dan jajanan pasar nikmat yang mudah untuk dijumpai serta dinikmati oleh siapapun. Bahan utama tiwul terbuat dari gaplek atau singkong yang sudah dijemur dan ditumbuk sebelum akhirnya dikukus kembali.

Ada banyak cara untuk menikmati tiwul ini, ada yang mencampurkannya dengan gula dan parutan kelapa ada pula yang menjadikannya nasi. Nasi tiwul tersebut sangat nikmat saat disantap bersama sambal bawang, lombok ijo, gathot, dan belalang goreng. Warung Tiwul Yu Tum yang berada di sekitar daerah Wonosari bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin menikmati tiwul.

Tiwul juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dari Jogja karena sudah ada tiwul instan yang lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Anda bisa mendapatkan tiwul instan ini di sejumlah toko oleh-oleh khas Jogja terdekat atau di pasar-pasar tradisional. Harga tiwul instan ini juga sangat murah karena hanya sekitar Rp15.000,00 per kemasan.

Kopi Merapi

Kopi Merapi

Bagi para penikmat kopi, sajian kopi merapi yang khas di lereng gunung Merapi wajib untuk dicoba. Di kedai kopi merapi ini Anda bisa menyaksikan pemandangan indah Jogja dan gunung Merapi yang megah. Tempat ini selalu ramai oleh wisatawan yang tertarik untuk menikmati kopi ditemani pemandangan indah gunung Merapi.

Pengalaman nikmat menyeruput kopi merapi juga bisa Anda rasakan di rumah dengan membeli kemasan bubuk kopi merapi. Terdapat dua jenis kopi yang bisa Anda beli yaitu kopi arabika dan kopi robusta yang semuanya merupakan hasil kebun warga.

Kemasan kopi merapi bubuk ini bisa Anda dapatkan di Jl. Kaliurang KM 20 daerah pakem tepatnya di Koperasi Kebun Makmur. Harga yang dibanderol untuk satu bungkus kopi merapi ini berkisar antara Rp15.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung jenisnya.

Batik Jogja

Kain Batik Jogja

Selain dikenal sebagai kota gudeg, Jogja juga termasuk kota penghasil batik terbaik di Indonesia bersama dengan kota Pekalongan dan Solo. Batik Yogyakarta selalu menjadi incaran wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh karena memiliki motif yang cantik dan harga yang murah.

Batik yang dijual juga tidak hanya berbentuk kain atau baju, ada pula batik yang diubah menjadi souvenir menarik lainnya. Anda bisa menemukan tas, sandal, syal, serta barang-barang lain yang semua terbuat dari bahan batik Jogja.

Tempat terbaik untuk mendapatkan batik Jogja dengan harga murah tentu saja di area Malioboro dan Pasar Beringharjo. Batik Jogja sendiri biasa dijual dengan harga mulai dari Rp20.000,00 per meter tergantung jenis kain dan modelnya.

Surjan

Surjan

Surjan merupakan pakaian khas Jawa yang sering digunakan masyarakat Jogja saat waktu-waktu tertentu misalnya saat berlangsungnya upacara adat Jawa. Pakaian tradisional Jogja ini sangat menarik untuk dijadikan oleh-oleh karena motifnya yang unik.

Surjan sendiri memiliki dua motif yaitu surjan lurik yang bermotif garis-garis dan surjan ontrokusuma yang memiliki motif bunga. Biasanya surjan lurik digunakan oleh rakyat biasa karena berbahan kasar dengan warna cenderung gelap seperti coklat, kuning, dan abu-abu. Sedangkan surjan ontrokusuma biasa digunakan kaum bangsawan dan terbuat dari kain sutra dengan hiasan bunga beraneka warna.

Jika Anda ingin membeli surjan bisa datang langsung ke Pasar Beringharjo atau pedagang kaki lima di pinggir jalan Malioboro. Disana surjan biasa dijual dengan harga sekitar Rp45.000,00 hingga ratusan ribu tergantung motif dan kelengkapannya seperti blangkon.

Geplak

Geplak

Geplak termasuk salah satu jenis makanan khas Jogja selain gudeg yang juga bisa Anda jadikan oleh-oleh saat berlibur ke Jogja. Jajanan tradisional ini terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan gula pasir atau gula jawa sebagai penambah rasa.

Agar semakin menarik biasanya adonan geplak dicampurkan lagi dengan pewarna makanan dengan warna terang seperti pink, kuning, atau hijau. Geplak pun ikut berkembang dengan berbagai pilihan rasa selain rasa manis seperti rasa cokelat, durian, nangka, hingga vanilla.

Anda bisa mendapatkan geplak ini dijual di berbagai toko oleh-oleh Yogyakarta termasuk salah satunya di Geplak Mbok Tumpuk daerah Bantul. Geplak Jogja ini biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp30.000,00 hingga Rp45.000,00 per 500 gram tergantung rasanya.

Salak Pondoh

Salak Pondoh

Jika Anda berada di daerah Sleman, sempatkan untuk mampir ke perkebunan salak pondoh yang berada di daerah Bangunkerto, Sleman. Di tempat ini Anda bisa bermain di area perkebunan seluas 27 hektar sekaligus mencicipi lezatnya salak pondoh langsung dari pohonnya.

Terdapat beberapa jenis salak pondoh yang bisa Anda coba diantaranya salak pondoh super, salak pondoh merah dan jenis salak lainnya. Rasa salak yang manis dengan daging yang tebal sangat cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh dari Jogja.

Biasanya salak pondoh ini dijual dengan harga Rp15.000,00 per kilonya dan bisa lebih murah saat musim panen. Jika Anda tertarik bisa manfaatkan paket wisata Jogja yang siap membantu Anda mendapatkan pengalaman seru mengunjungi kebun salak pondoh tersebut.

Belalang Goreng

Belalang Goreng

Bosan dengan oleh-oleh yang biasa, belalang goreng atau walang goreng khas Gunung Kidul ini patut untuk dicoba. Dibalik bentuknya yang unik dan sedikit ekstrem, rasa dari belalang goreng ini begitu nikmat berkat perpaduan pedas gurih yang pas.

Ukuran belalang yang besar serta teksturnya yang renyah membuat belalang goreng ini pas menjadi camilan saat Anda di perjalanan. Selain belalang utuh, ada pula pedagang yang menjual bagian kakinya saja sehingga bentuknya tidak terlalu mengerikan.

Merek Belalang Goreng Pak Gareng menjadi salah satu belalang goreng terenak yang bisa Anda coba beli di sejumlah toko oleh-oleh. Harganya pun berkisar antara Rp6.000,00 hingga Rp35.000,00 per kemasan tergantung ukuran belalang dan berat kemasannya.

Dowa Bag

Dowa Bag

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh khas Jogja selain makanan, tas rajut dari Dowa Bag bisa jadi pilihan yang tepat. Dibuat langsung oleh pengrajin rajutan yang handal, desain lucu dan cantik dari Dowa Bag siap menyenangkan kaum hawa.

Di sini Anda bisa memilih berbagai jenis tas dengan model menarik atau aksesoris lucu seperti hanging charm sebagai oleh-oleh. Untuk masalah kualitas tidak perlu diragukan lagi karena Dowa Bag sudah dikirim ke berbagai negara di Eropa dan Asia.

Jika Anda tertarik untuk membeli Dowa Bag bisa datang ke toko pusatnya yang terletak di Jl. Godean KM.7 Godean. Harga yang dibanderol untuk produk Dowa Bag ini berkisar antara Rp50.000,00 hingga Rp850.000,00 per buah.

Yangko

Yangko

Yangko merupakan salah satu makanan khas Jogja yang bisa Anda jadikan alternatif pilihan jika ingin membawa oleh-oleh khas Jogja. Bahan utamanya terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula dan kacang cincang serta memiliki tekstur yang kenyal.

Banyak yang menyebut yangko ini sebagai mochi jawa karena proses pembuatan dan teksturnya yang mirip. Namun sekarang setelah perkembangan zaman mulai banyak variasi rasa yangko yang bisa Anda coba seperti rasa buah-buahan.

Anda bisa dengan mudah menjumpai para penjual yangko ini di daerah Kotagede dan sejumlah pusat oleh-oleh khas Jogja. Satu kotak Yangko biasa dijual dengan harga sekitar Rp20.000,00 hingga Rp30.000,00 per kotak tergantung rasanya.

Dagadu Jogja

Dagadu Jogja

 

Bila di Bali ada Joger, Jogja memiliki Dagadu yang juga menjual berbagai pernak-pernik menarik seperti kaos, tas, topi, dan lainnya. Ciri khas dari kaos dagadu ini adalah plesetan lucu yang dituliskan pada bagian depan kaos sehingga terlihat menarik.

Nama Dagadu sendiri memiliki arti ‘matamu’ dalam bahasa walikan Jogja sehingga logonya berbentuk sebuah mata. Di Dagadu, Anda bisa mendapatkan kaos-kaos serta souvenir khas Jogja dengan harga yang murah dan terjangkau.

Ada sejumlah tempat untuk Anda mendapatkan produk asli dari Dagadu, salah satunya di Yogyatorium Dagadu Djokdja Jl. Gedongkuning arah Kotagede. Barang-barang yang dijual di sini biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp5.000,00 hingga ratusan ribu rupiah saja.

Jogja Scrummy

Jogja Scrummy

Jogja Scrummy merupakan toko kue milik artis Dude Herlino yang hanya bisa Anda temukan di Jogja saja. Roti Jogja Scrummy bisa dibilang unik karena menggabungkan puff pastry dan juga brownies kukus dalam satu kue dengan berbagai isian.

Selain itu bahan utama pembuatannya menggunakan tepung kentang yang menjadikan kue Jogja Scrummy bebas dari gula. Ada beberapa variasi isian yang bisa Anda pilih diantaranya cokelat, keju, mangga, srikaya, serta banana banono yang semuanya terasa nikmat.

Harga yang dijual untuk setiap produk Jogja Scrummy ini berkisar antara Rp58.000,00 hingga Rp60.000 per kotaknya. Anda bisa mendapatkan produk Jogja Scrummy langsung di beberapa outlet yang tersebar di Jogja seperti di Jl. Kaliurang KM 5.

Jadah Tempe

Jadah Tempe

Siapa sangka ternyata jadah tempe ini termasuk salah satu jajanan tradisional Jogja yang menjadi camilan favorit keluarga keraton. Jadah atau campuran olahan beras ketan dengan parutan kelapa ini terasa nikmat saat disantap bersama tempe bacem dan cabai.

Tekstur kenyal dan legit dari jadah atau kue beras ketan ini berpadu nikmat dengan rasa khas tempe atau tahu bacemnya. Salah satu tempat Jadah Tempe terkenal di Jogja adalah Jadah Tempe Mbah Carik yang ada di puncak Kaliurang.

Anda bisa kesana dengan memanfaatkan jasa dari sewa bus pariwisata Jogja yang siap mengantar Anda dan rombongan langsung ke lokasi. Saat tiba di lokasi, Anda bisa langsung memesan Jadah Tempe ini untuk dibawa pulang dengan biaya cukup Rp10.000,00.

Keripik Belut

Keripik Belut

Makanan oleh-oleh khas Jogja selain gudeg yang juga bisa Anda beli untuk dibawa pulang adalah keripik belut. Rasa gurih dan nikmat dari tekstur keripik belut yang renyah membuatnya sangat cocok untuk menjadi camilan saat Anda bersantai.

Cara membuatnya pun sangat mudah, belut yang sudah dibersihkan tulang dan isinya kemudian diberi bumbu sebelum digoreng hingga krispi. Dari bumbunya inilah keripik belut ini bisa terasa begitu nikmat dan pantas dijadikan sebagai oleh-oleh Jogja.

Anda bisa mendapatkan belut goreng ini di sejumlah toko oleh-oleh khas Jogja terdekat atau area Pasar Godean yang ramai. Harga per kilonya biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp50.000,00 hingga Rp60.000,00

Mamahke Jogja

Mamahke Jogja

Kue artis yang juga tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Mamahke Jogja milik Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo. Tidak hanya menjual kue yang enak, Mamahke Jogja juga menjadi toko oleh-oleh khas Jogja kekinian yang menawarkan beberapa produk lainnya.

Ada banyak varian rasa Mamahke Jogja yang bisa Anda pilih seperti red velvet, double chocolate, tiramisu, oreo cheese, dan lainnya. Selain itu Anda juga bisa memesan Beleger, burger khas Mamahke atau sejumlah produk UMKM yang tersedia.

Outlet Mamahke Jogja ini tersebar di beberapa tempat di Jogja dengan pusatnya yang berada di Jl. Tamanan dekat Taman Sari. Harga dari produk Mamahke Jogja ini bervariasi mulai dari Rp30.000,00 hingga Rp65.000,00 tergantung jenis dan rasanya.

Cokelat Monggo

Cokelat Monggo

Selain kue kekinian, oleh-oleh khas Jogja yang lagi hits saat ini adalah Cokelat Monggo, cokelat lokal cita rasa Belgia. Bahan baku yang digunakan berasal dari biji cokelat pilihan dan diproses dengan cara khusus ala Belgia sehingga rasa coklatnya sempurna.

Anda bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan Cokelat Monggo ini dengan datang ke pusatnya di Jl. Dalem Kotagede. Disini Anda juga bisa memilih berbagai macam rasa cokelat yang nikmat seperti dark chocolate, white chocolate, cabai, jeruk, dan lainnya.

Harga yang dibanderol juga tidak terlalu mahal yakni sekitar Rp30.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung rasa yang dipilih. Kualitas rasa yang disajikan terasa nikmat dan mirip dengan cokelat dari luar negeri yang mahal.

Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk

Jangan mengaku sebagai pencinta wisata kuliner Jogja jika Anda belum mencoba peyek tumpuk khas Bantul. Peyek Mbok Tumpuk yang ada di Bantul ini sudah sangat melegenda berkat rasa dan bentuk peyeknya yang unik.

Seperti namanya peyek tumpuk ini berbentuk tidak beraturan dan saling bertumpuk dengan jumlah kacang yang banyak. Meski bentuknya tidak karuan, rasa peyek tumpuk ini terasa lebih gurih dan renyah dibanding peyek biasa.

Jika Anda tertarik mencoba bisa langsung datang ke Jl. KHA. Wahid Hasyim No.104 Bantul di warung Peyek Mbok Tumpuk. Di sini Anda bisa mendapatkan satu kilogram peyek Mbok Tumpuk dengan harga sekitar Rp45.000,00 saja.

Perak Kotagede

Perhiasan Perak

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh khas Jogja yang berupa barang, langsung saja datang ke daerah Kotagede. Daerah ini sudah terkenal sebagai pusat kerajinan perak terbaik yang bisa Anda temukan di Jogja sejak zaman kerajaan Mataram.

Ada banyak pilihan kerajinan perak yang bisa Anda beli sebagai souvenir seperti misalnya miniatur bangunan, perhiasan, dan juga peralatan makan. Setiap produk dibuat dengan tangan mahir para pengrajin dengan kualitas ekspor yang terjamin.

Anda bisa memilih sendiri showroom atau galeri kerajinan perak mana yang ingin Anda kunjungi di Kotagede. Biasanya kerajinan perak disini dijual dengan harga kurang lebih sekitar Rp25.000,00 hingga jutaan rupiah tergantung kerumitan desainnya.

Keramik Jogja

Keramik Jogja

Anda juga bisa menjadikan keramik Jogja sebagai salah satu oleh-oleh khas Jogja yang unik untuk dibawa pulang setelah puas berlibur. Berbagai bentuk kerajinan keramik khas Jogja bisa Anda dapatkan mulai dari cangkir, mangkok, piring, dan tableware lainnya.

Salah satu tempat terkenal penghasil keramik khas Jogja ini adalah Kaloka Pottery yang juga menawarkan kursus pembuatan keramik. Keramik handmade yang dibuat di Kaloka Pottery sudah melewati Quality Control yang ketat sehingga tetap berkualitas.

Bila tertarik, Anda bisa datang langsung ke lokasi Kaloka Pottery yang terletak di daerah Bausasran, Danurejan. Harga yang dibanderol untuk satu produk keramik ini berkisar antara Rp75.000,00 hingga Rp750.000,00 per item.

Souvenir Khas Jogja

Souvenir Khas Jogja

Untuk Anda yang ingin membawa banyak oleh-oleh tapi tidak ribet membawanya bisa memilih pernak-pernik khas Jogja untuk dibeli. Dengan harga yang murah dan ukuran yang kecil pernak-pernik atau aksesoris khas Jogja ini sangat cocok untuk jadi pilihan.

Ada banyak macam gelang, kalung, cincin, gantungan kunci, tas, dompet, hingga topi yang bisa Anda pilih dengan bentuk menarik. Pernak-pernik khas Jogja ini bisa Anda temukan dengan mudah di pedagang kaki lima sepanjang jalan Malioboro dan pasar Beringharjo.

Harga yang dibanderol untuk setiap barang bervariasi namun rata-rata berkisar antara Rp2.000,00 hingga Rp25.000,00 saja. Bahkan harga tersebut bisa Anda tawar lagi jika membeli dalam jumlah yang banyak sebagai souvenir atau untuk dijual lagi.

Kerajinan Kulit Jogja

Tas Kulit

Selain kerajinan perak yang ada di Kotagede, Anda juga bisa mengunjungi pusat kerajinan kulit di daerah Manding Bantul. Disini Anda bisa menemukan berbagai macam kerajinan berbahan dasar kulit hewan dengan bentuk dan kualitas terbaik siap ekspor.

Barang-barang seperti sepatu, tas, ikat pinggang, dompet, dan barang-barang lainnya dibuat manual dengan tangan menggunakan kulit hewan asli. Kulit hewan yang digunakan juga bermacam-macam mulai dari sapi, kerbau, ular, buaya, hingga ikan pari semua ada.

Harga yang dijual juga bervariasi tergantung desain barang dan jenis kulit yang digunakan sebagai bahan baku. Rata-rata barang di pusat kerajinan kulit Manding ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp25.000,00 hingga jutaan rupiah.

Souvenir Pantai

Souvenir Pantai

Kerajinan tangan khas pantai yang ada di kawasan Pantai Baron dan Kukup juga bisa Anda jadikan pilihan sebagai oleh-oleh dari Jogja. Setelah puas bermain di pantai, Anda bisa melihat-lihat berbagai macam souvenir dari cangkang kerang dan bintang laut yang dijual pedagang.

Anda bisa membeli tirai, hiasan dinding, tirai, kap lampu, bingkai, dan berbagai aksesoris lain dengan harga murah. Barang-barang ini sangat cocok menjadi kenang-kenangan dan buah tangan untuk orang-orang tercinta di rumah.

Harga yang dibanderol untuk souvenir pantai ini biasanya berkisar antara Rp5.000,00 hingga Rp50.000,00 per item. Jika masih terasa mahal, Anda juga bisa menawar barang tersebut dengan harga yang Anda inginkan.

Tahu Susu Bakso

Tahu Susu Bakso

Tahu bakso untuk oleh-oleh mungkin terdengar tidak menarik, namun berbeda dengan tahu susu bakso dari Jogja ini. Dengan menggunakan tahu susu produksi sendiri tekstur lembut yang padat dari tahu terasa nikmat dengan adonan baksonya.

Proses pembuatannya yang organik tanpa bahan pengawet membuat tahu susu bakso atau tasuba ini mampu bertahan hingga 6 bulan. Cita rasanya yang khas dan nikmat membuat tahu susu bakso ini menjadi oleh-oleh khas Jogja terbaru yang cocok untuk camilan.

Anda bisa datang langsung ke outletnya di Jl. Laksda Adisucipto KM 7.6 atau pusat produksinya di Jl. Candi Gebang. Harganya pun sangat terjangkau karena hanya Rp32.000,00 per kotak dengan isi sekitar 5 sampai 10 buah.

Geblek

Geblek

Geblek merupakan jajanan khas Kulon Progo yang bisa menjadi alternatif pilihan oleh-oleh khas Jogja yang bisa Anda bawa pulang. Sekilas geblek ini sangat mirip dengan cireng namun dengan tekstur dan bentuk yang sedikit berbeda.

Geblek biasanya berbentuk angka delapan dengan tekstur yang sedikit lebih kenyal saat dikunyah dibandingkan dengan cireng. Cara menikmatinya bisa dengan langsung dimakan atau dicocol kedalam saus kacang pedas.

Jajanan tradisional ini bisa Anda dapatkan di sejumlah pasar tradisional atau toko oleh-oleh khas Jogja terdekat sekitar Kulon Progo. Harganya pun terjangkau karena hanya Rp10.000,00 per kemasan dan mampu bertahan 4 hari jika belum di goreng.

Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk Anda jadikan oleh-oleh atau cenderamata saat berkunjung ke Jogja. Berbagai macam barang dari tanah liat bisa Anda dapatkan di tempat ini dengan kualitas dan desain yang menarik.

Vas bunga, guci, lampu hias, hingga asbak dengan bentuk menarik bisa Anda beli dan sebagian besar sudah diekspor hingga ke Eropa. Di sini Anda juga bisa melihat dan belajar bagaimana proses pembuatan gerabah yang masih dilakukan secara tradisional.

Harga gerabah yang dijual di desa ini bervariasi mulai dari Rp5.000,00 hingga jutaan rupiah bisa Anda dapatkan. Untuk berkunjung Anda bisa datang langsung ke Jl. Kasongan tepatnya di Pedukuhan Kajen, Bangunjiwo, Kasihan Bantul.

Itulah tadi sejumlah oleh-oleh khas Jogja yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang setelah puas berlibur bersama teman atau keluarga. Masih banyak oleh-oleh menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan di kota istimewa satu ini.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

3.9/5 - (55 votes)