Gunung Telomoyo merupakan salah satu pegunungan yang ada di antara Kabupaten Semarang dan Magelang selain Gunung Merbabu. Dibandingkan gunung lain disekitarnya, Gunung ini puncaknya cukup mudah untuk diakses.

Bahkan keindahan puncak gunung ini sempat viral dan mengalahkan ketenaran beberapa tempat wisata Semarang lainnya. Kelebihan lain dari Gunung ini adalah fasilitas yang tersedia lebih lengkap dibanding puncak gunung yang lain.

Anda bisa mengunjungi Gunung Telomoyo dengan memanfaatkan paket gathering Semarang yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak apa saja hal menarik yang telah menunggu Anda di Puncak Gunung ini.

Sekilas Tentang Wisata Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo termasuk salah satu gunung berapi yang ada di Kabupaten Semarang. Namun meski termasuk gunung berapi, Gunung ini belum pernah tercatat sekalipun meletus atau erupsi.

Gunung ini juga terbilang cukup tinggi dimana ketinggian puncaknya dapat mencapai 1894 mdpl. Berkat tingginya tersebut, gunung ini bisa terlihat dari sejumlah kota di sekitarnya seperti Salatiga, Secang, Magelang, dan Ambarawa.

Pemandangan yang terlihat dari puncak Gunung ini pun sangat indah karena diapit beberapa gunung. Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran dari puncak Gunung Telomoyo.

Uniknya lagi untuk menuju puncak Anda tidak perlu bersusah payah berjalan kaki melewati medan berat seperti mendaki gunung pada umumnya. Sudah tersedia jalanan beraspal yang bisa Anda lalui hingga ke puncak Gunung ini dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Fasilitas jalan aspal ini dibuat untuk memudahkan akses menuju tower komunikasi dan juga spot landasan paralayang yang berada di puncak. Dengan begitu Anda bisa merasakan sensasi berada puncak gunung tanpa harus berjalan kaki yang menguras tenaga.

Di puncak Gunung Telomoyo, Anda juga masih bisa melakukan berbagai aktivitas di gunung seperti camping. Mengunjungi Gunung ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melihat indahnya puncak gunung dari atas awan.

Hal Menarik Gunung Telomoyo

Foto Gunung Telomoyo

Ada banyak sekali hal seru yang bisa Anda lakukan dan temukan saat berkunjung ke Gunung Telomoyo. Kegiatan tersebut tentu akan memberikan pengalaman berkesan untuk Anda dan teman-teman, berikut ini beberapa diantaranya:

Mendaki Dengan Motor dan Mobil

Seperti yang sudah disebutkan, untuk menuju puncak Gunung ini sangatlah mudah berkat adanya jalan aspal. Jalan aspal ini bisa Anda nikmati dari kaki gunung hingga puncak gunung dengan berkendara.

Jalanan berkelok-kelok dengan pemandangan dari ketinggian membuat perjalanan Anda terasa menyenangkan. Namun Anda tetap harus berhati-hati karena jalan aspal ini sebagian rusak dan pastikan kendaraan Anda dalam kondisi terbaik.

Bila ingin lebih mudah, Anda bisa menyewa mobil jeep yang tersedia di dekat gerbang penjagaan di bawah gunung. Rute pendakian ini pun bisa Anda pilih melalui dua arah dari Sepakung Semarang atau Pandean Magelang.

Untuk sampai ke puncak waktu perjalanan yang diperlukan hanya 30 menit dengan berkendara santai sambil melihat pemandangan. Pengalaman mendaki puncak gunung dengan kendaraan ini bisa jadi pengalaman baru yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan.

Menikmati Keindahan Alam

Keindahan alam yang tersaji di Gunung ini tidak kalah dengan pemandangan dari gunung-gunung lainnya. Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan kota di sekitar seperti Ambarawa dan Kopeng yang sangat indah dari ketinggian.

Tidak terlewat juga Gunung Merbabu dan Gunung Andong yang berada di sisi selatan dari Telomoyo. Punggung gunung yang panjang seperti naga terlihat begitu menakjubkan dari puncak Gunung Telomoyo.

Pemandangan indah dari Gunung ini juga sudah bisa Anda nikmati bahkan dari perjalanan Anda dimulai. Tanjakan berliku yang harus dilewati tampak seperti ular yang melingkari gunung dan selama perjalanan Anda bisa menemukan beberapa tempat menarik.

Di salah satu sisi jalan terdapat tempat beristirahat untuk Anda berhenti sejenak dan melihat keindahan alam dari pinggir jalan. Anda dapat duduk santai sambil menikmati jajanan dan makanan khas Semarang di warung-warung yang tersedia di sepanjang jalan.

Ada pula air terjun Telomoyo atau yang lebih dikenal dengan nama Watu Tlatar yang bisa dilihat dari pinggir jalan. Keindahan alam di Gunung Telomoyo menjadi salah satu daya tarik yang tidak bisa terlewatkan.

Sunset dan Sunrise

sunset gunung telomoyo

Daya tarik lain dari Gunung ini adalah pemandangan saat matahari terbit dan tenggelam. Langit sore berwarna jingga di atas pemandangan hijau pegunungan menjadi pemandangan menakjubkan untuk dinikmati.

Tidak sedikit pengunjung yang duduk bersantai menunggu matahari terbenam di beberapa spot terbaik. Ditambah dengan lampu-lampu kota yang menyala saat malam, panorama yang terlihat semakin menawan.

Saat matahari terbit, kabut akan menyelimuti sebagian besar gunung namun dari puncak Anda bisa melihat dengan jelas lautan awan. Dari balik awan terlihat puncak Gunung Merbabu muncul bersamaan dengan sinar matahari yang hangat.

Udara segar pagi hari ditambah hangatnya mentari menjadi semangat baru untuk memulai hari saat liburan di Semarang. Kedua momen indah ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang datang mengunjungi Gunung Telomoyo.

Camping

Sama seperti gunung yang lain, di Gunung Telomoyo Anda juga bisa berkemah bersama teman. Ada camping ground yang bisa Anda gunakan untuk mendirikan tenda dan melihat lebih lama keindahan dari Gunung ini.

Camping Ground ini terletak di bagian puncak dan dapat menampung 7 hingga 10 tenda dengan kapasitas 4 orang. Meskipun sempit, tempat ini bisa jadi lokasi yang pas untuk Anda melihat panorama di sekeliling.

Biasanya pengunjung yang ingin berkemah akan datang siang hari saat suasana puncak masih sepi dan mulai mendirikan tenda. Sore harinya Anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan sunset yang indah menawan di ufuk barat.

Saat malam hari lampu kota dan bintang-bintang di langit terlihat sangat apik ditambah cahaya bulan yang terang. Lalu saat fajar tiba, lautan awan akan terlihat menyelimuti sebagian besar pemandangan gunung dan menjadi pemandangan menakjubkan dari Gunung Telomoyo.

Camping di Gunung ini bisa mengisi kegiatan berlibur Anda bersama teman atau keluarga. Bercengkrama di tengah panorama alam yang asri dapat menjadi pengalaman berlibur paling berkesan yang bisa Anda dapatkan.

Berfoto di Spot Menarik

Spot di gunung telomoyo

Keindahan dari Gunung ini sangat sayang untuk dilewatkan tanpa berfoto. Setiap sisi dari Gunung Telomoyo bisa menjadi foto menarik untuk diupload ke sosial media Anda selama liburan.

Ada banyak spot yang bisa Anda pilih, salah satu yang cukup populer adalah landasan paralayang atau gantole. Di papan landasan tersebut pemandangan yang terlihat sangat menakjubkan, Anda bisa berfoto dengan berbagai gaya berlatar belakang punggung Gunung Telomoyo.

Spot lain yang juga ramai oleh pengunjung adalah awang-awang Telomoyo yakni gardu pandang kaca dengan panorama kota dan pegunungan. Anda pun bebas berfoto di pinggir jalan yang menawarkan keindahan alam gunung yang asri.

Dimanapun lokasi yang Anda pilih, foto apik dan menarik pasti bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Gunung Telomoyo. Jadi tunggu apalagi sempatkan untuk mampir ke Gunung ini saat liburan ke Semarang

Harga Tiket Masuk Gunung Telomoyo

Untuk masuk kawasan Gunung Telomoyo dan menuju puncak, Anda tidak perlu membayar biaya mahal. Cukup persiapkan beberapa ribu rupiah serta kendaraan yang kuat Anda bisa tiba di puncak dengan selamat.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Ojek Rp40.000,00
Sewa Motor Rp60.000,00
Sewa Mobil Jeep Rp300.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dan perkiraan biaya yang diperlukan untuk mengunjungi Gunung ini.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain di Semarang dengan mudah menggunakan paket wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama liburan, sehingga Anda bisa santai menghemat banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo terletak di perbatasan antara Kabupaten Semarang dan juga Kabupaten Magelang. Namun secara administrasi gunung ini berada di daerah Karangbawang, Nogosaren, Kecamatan Getasan, Semarang.

Jaraknya sekitar 70 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam melewati Kota Ambarawa. Rute terbaik bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Google Maps yang akan menunjukan jalan dari titik Anda berada.

Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir sewa mobil Semarang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Sehingga Anda tidak perlu lelah berkendara sendiri atau repot menghafal jalan yang harus dilalui.

Jam Operasional Gunung Telomoyo

Tidak ada jam operasional khusus yang harus diikuti bila Anda ingin berkunjung karena objek wisata Gunung Telomoyo ini buka selama 24 jam. Anda bisa datang kapan pun Anda mau, namun ada waktu terbaik untuk mengunjungi gunung ini.

Salah satu nya saat sore hari ataupun pagi hari karena pada waktu tersebut Anda bisa mendapatkan pemandangan sunset dan sunrise. Usahakan pula untuk datang saat musim kemarau agar panorama tersebut bisa terlihat jelas tanpa kabut maupun hujan.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)