SalSari Resto & Coffee

Tidak kalah dengan Batu yang memiliki kebun binatang Jatim Park, Jember si kota seribu bukit juga memiliki Jember Mini Zoo! Kebun binatang yang baru dibuka ini memiliki banyak hewan unik yang menarik! Ada juga waterboom yang tak kalah seru lho, disini!

Bukan hanya hewan-hewan unik seperti merak biru dan musang bulan, disini juga ada hewan-hewan jinak seperti kelinci dan sapi. Pengunjung bisa mencoba memerah sapi disini! Dan yang lebih menarik lagi, disini ada kafe kucing untuk Anda para pecinta anabul!

Bagaimana? Kalau penasaran, Anda bisa langsung datang kesini! Atau Anda juga bisa berkunjung ke Jatim Park dengan paket wisata Malang 1 hari murah dari Salsa Wisata!

Sekilas Tentang Jember Mini Zoo

Jember Mini Zoo drone view

Kebun binatang yang baru beroperasi sejak Mei tahun 2021 ini, sebenarnya sudah menjadi rumah binatang sejak tahun 1956. Dulunya tempat ini adalah tempat  pemerahan susu sapi.

Pemilik kebun binatang ini, Adnan Mochammad, memiliki ide pembuatan kebun binatang sejak tahun 2018 lalu. Menurutnya, sayang jika Jember tidak memiliki kebun binatang, padahal ada banyak flora dan fauna yang tumbuh di kawasan ini.

Wisata edukasi ini memiliki area seluas 3 hektar. Namun masih ada potensi pengembangan yang tinggi, karena luas lahannya mencapai 7 hektar. Pihak pengelola berharap kebun binatang ini dapat menjadi tempat wisata yang nyaman bagi keluarga.

Bukan hanya keluarga, nyatanya banyak rombongan pelajar yang berkunjung kesini. Rombongan tersebut bahkan berasal dari luar kota, seperti Bondowoso, Lumajang, serta Banyuwangi. Kalau ingin berlibur bersama rombongan kesini, Anda bisa menggunakan jasa sewa big bus pariwisata Banyuwangi murah.

Harga Tiket Jember Mini Zoo

Walaupun memiliki area yang luas, serta hewan-hewan yang menarik, harga tiket masuk kebun binatang ini sangat terjangkau. Apalagi anak-anak dengan tinggi badan kurang dari 80 cm tidak perlu membayar tiket.

Ada tiga jenis tiket masuk wisata kebun binatang ini, yaitu tiket masuk, wahana, dan paket tiket terusan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat tabel harga di bawah, berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp20.000,00
Waterboom Rp10.000,00
ATV Rp25.000,00
Mini train Rp10.000,00
Panahan Rp10.000,00
Sepeda air Rp10.000,00
Beri makan hewan Rp5.000,00
Paket terusan Macau (Tiket masuk, sepeda air, memberi makan kelinci, mini train, dan panahan) Rp44.000,00/Orang
Paket terusan Sulcata (Tiket masuk, sepeda air dan memberi makan kelinci) Rp28.000,00/Orang

Rute Menuju Jember Mini Zoo

rute Jember Mini Zoo

Kebun binatang mini ini terletak di Jl. Brawijaya, Komplek Redjo Agung, Tanjung, Mangli, Kaliwates, Jember, Jawa Timur. Baik dari Bandara Notohadinegoro, maupun Stasiun Jember, Anda hanya membutuhkan waktu 20 menit dengan taksi online, untuk mencapai lokasi ini.

Jika berangkat dari Banyuwangi, sebaiknya Anda menggunakan layanan rental mobil innova Banyuwangi plus driver. Rutenya lumayan mudah, Anda cukup mengikuti Jl. Nasional III sampai Jember. Hanya saja, perjalanan ini memakan waktu sampai 3 jam lebih, sehingga sebaiknya Anda berangkat dari pagi.

Kebun binatang ini sangat strategis. Di sekitarnya, terdapat beberapa tempat wisata seperti Alun-alun Jember, serta Taman Botani Sukorambi Jember. Sementara itu, sekitar 50 menit dari sini ada Puncak Rembangan Jember yang terkenal.

Fasilitas Jember Mini Zoo

fasilitas Jember Mini Zoo

Berbicara mengenai fasilitas, secara keseluruhan pihak pengelola telah menyediakan sarana dan prasarana yang cukup lengkap dan memadai. Kebun binatang ini memiliki area parkir yang luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan lahan parkir. Selanjutnya, ada juga toilet serta mushola untuk Anda beribadah.

Kalau lapar, Anda bisa makan di Restoran Raja Rimba yang berada di dalam kebun binatang ini. Disini, Anda bisa menyantap berbagai menu khas nusantara yang lezat, seperti ayam cabe ijo, bakso, nasi goreng, dan lain-lain.

Kalau ingin lebih banyak pilihan, di sekitar kebun binatang ini juga ada banyak restoran. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk memilih  restoran yang menjual makanan khas Jawa Timur kekinian.

Daya Tarik Jember Mini Zoo

Hewan Unik

burung unta Jember Mini Zoo

Meskipun kecil, kebun binatang ini memiliki banyak jenis hewan yang unik. Secara keseluruhan, kebun binatang ini memiliki 300 ekor satwa. Pihak pengelola memperhatikan kesehatan binatang-binatang ini dengan seksama.

Disini Anda dapat melihat kura-kura sulcata Afrika, Biawak Papua, Musang Bulan asal Asia Timur dan Asia Tenggara. Selain itu, ada tupai tiga warna, ular albino dan blue Iguana. Ada juga hewan-hewan lucu nan eksotis, seperti Kuda Pony, domba bertanduk, burung hantu, kalkun, dan Sugar Glider.

Terakhir, kalau Anda suka menonton film Rio, Anda wajib sekali datang kesini! Di kebun binatang ini Anda akan melihat langsung burung-burung berwarna-warni di film Rio. Mulai dari burung Macaw, Nuri Abu-abu asal Afrika, burung unta sampai Merak Biru!

Rumah Kucing & Kafe Kucing

Kalau Anda pecinta kucing, Anda pasti akan senang sekali datang kesini! Rumah kucing dan rooftop cafe kucing ini letaknya bersebelahan.

Sampai saat ini, ada 17 kucing dengan sebelas jenis yang berbeda. Ada jenis-jenis kucing yang unik, seperti sphynx, mainecoon, scottish, dan lain sebagainya. Untuk di kafenya, ada menu-menu menarik yang bisa Anda coba, seperti smoothie bowl dan purple tea. 

Aktivitas Menarik dan Wahana Permainan

wahana Jember Mini Zoo

Untuk rombongan pelajar, kebun binatang ini menyediakan paket edukasi khusus. Di dalam paket ini, ada beberapa aktivitas menarik untuk anak-anak. Mulai dari senam, outbond, feeding kelinci, bermain waterboom, memerah susu sapi segar, dan lain-lain.

Selanjutnya, ada juga wahana-wahan permainan yang seru. Ada ATV. mini train, panahan, dan sepeda air. Pengunjung juga bisa memberi makan kelinci secara langsung!

Spot Foto

spot foto Jember Mini Zoo

Di kebun binatang ini ada banyak spot foto yang dapat Anda temukan. Salah satunya yaitu patung hewan-hewan film madagaskar di depan waterboom.

Selain spot-spot foto di sepanjang area, Anda juga bisa mendapat foto instagramable di Taman Kincir. Seperti namanya, di taman ini, ada banyak sekali kincir angin mini yang berjajar rapi. Dengan latar alam, ditambah kincir angin yang imut, foto Anda pasti akan sangat menawan!

Waterboom

waterboom Jember Mini Zoo

Waterboom memang bukan daya tarik utama tempat wisata ini. Namun, Anda tetap harus mencobanya! Permainan dan fasilitas waterboom ini tidak kalah dengan waterpark bagus di Surabaya!

Wisata air khusus anak ini memiliki banyak area permainan. Ada tiga water slide rendah dengan bentuk yang beragam, lalu ada juga dua water slide lengkung yang lebih tinggi.

Beri Makan Hewan

beri makan rusa Jember Mini Zoo

Daya tarik lainnya yaitu, setiap wisatawan yang datang dapat mencoba memberikan hewan-hewan yang ada di sini, seperti rusa, kelinci, domba, dan lain-lain. Anda dapat mendapatkan makanan hewan dengan membeli di loket.

Sensasi memberi makan hewan secara langsung tentu menjadi sebuah pengalaman yang sangat menarik bukan? Apa lagi anak-anak, pasti sangat excited melakukannya.

Jam Buka Jember Mini Zoo

Buat Anda yang ingin berkunjung ketahui lebih dulu jam operasionalnya. Adapaun, wisata Jember Mini Zoo ini buka setiap hari, dari pukul 09.00-16.30 WIB. Sebelum berangkat siapkan segala kebutuhan seperti bekal makanan, baju ganti, peralatan mandi, dan lain-lain.

Sepulang dari Jember Mini Zoo,  jangan lupa membeli oleh-oleh khas Jawa Timur makanan sekitar 15 menit dari kebun binatang ini, ada beberapa toko oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi!

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)