SalSari Resto & Coffee

Kalau di Jakarta ada Allianz Ecopark, di Garut ada Kamojang Ecopark! Tempat ini bisa jadi merupakan salah satu pembuktian bahwa Garut yang seringkali disebut kota dodol juga memiliki julukan kota intan.

Pasti Anda bertanya-tanya, sehebat apa tempat wisata ini sampai bisa meningkatkan pesona Kota Garut? Di sini, bukan hanya panoramanya yang memanjakan mata! Anginnya yang sejuk dan wahana permainannya yang menarik juga akan membuat Anda merasa bebas!

Kalau Anda ingin melepas segala keresahan, Anda tinggal pergi ke sini dan semua beban Anda akan hilang! Anda juga tidak perlu khawatir akan pergi jauh-jauh ke Garut hanya untuk ke sini. Sebab ada banyak tempat wisata hits Garut lainnya yang wajib Anda kunjungi.

Sekilas Tentang Kamojang Ecopark

vespa Kamojang Ecopark

Tempat wisata yang satu ini, mendapatkan nama berdasarkan kawah yang berjarak 3 km darinya, yaitu Kawah Kamojang. Keduanya terletak di dataran tinggi. Karena itu, tidak heran kalau seringkali ada kabut tipis yang menghiasi langitnya.

Kabut tersebut akan membuat angin di tempat ini sejuk mendekati dingin. Hutan Pinusnya juga akan melindungi Anda dari sinar matahari yang berhasil menembus kabut. Mau tidak mau, Anda akan betah berlama-lama di sini.

Tidak hanya udaranya, berkat posisinya yang tinggi, pemandangan tempat ini juga menjadi lebih luas dan memukau. Kemanapun menoleh, Anda hanya akan menemukan pegunungan yang biru kehijauan.

Harga Tiket Masuk Kamojang Ecopark

Meskipun tempat wisata ini terkesan sangat elegan dan memiliki fasilitas yang lengkap, harga masuknya tetap terjangkau! Harga tiket yang Anda bayarkan sudah bisa masuk ke dalam dan bermain wahana permaianan yang ada. Untuk lebih jelasnya bisa lihat tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp17.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00

Rute Menuju Kamojang Ecopark

wahana Kamojang Ecopark

Lokasi Kamojang Ecopark terletak di Jl. Samarang Garut, Cisarua, Kec. Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Anda tidak perlu khawatir tersesat, karena wisata alam ini terletak di pinggir jalan utama.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Garut, Anda bisa memulai perjalanan dari Jl. Perintis Kemerdekaan. Selanjutnya, Anda harus memilih Jl. Merdeka, lalu ke Jl. Cimanuk dan Jl. Raya Samarang-Garut. Kemudian, Anda hanya perlu belok kanan dari Barkah Photo menuju Jl. Raya Kamojang.

Dari Jl. Raya Kamojang, Anda tinggal mengikuti jalan untuk bisa menemukan tempat wisata ini. Perjalanan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 – 40 menit.

Jika Anda berangkat dari Bandung, maka Anda harus mengambil rute Majalaya. Setelah itu Anda pergi ke arah Ibun, sampai ke Kamojang. Kalau Anda tidak memiliki kendaraan, Anda bisa menggunakan layanan rental mobil Innova plus driver Bandung.

Fasilitas Kamojang Ecopark

fasilitas Kamojang Ecopark

Berbicara mengenai fasilitas, secara keseluruhan pihak pengelola telah menyediakan sarana dan prasarana yang sudah memadai dan lengkap. Mulai dari fasilitas umumnya yaitu tempat parkir yang luas, mushola, toilet, warung makan, playground, camping ground.

Adapun fasilitas penunjang lainnya terdapat kolam renang, wahana permainan, panggung hiburan, penyewaaan kimono, spot foto Instagramable, dan masih banyak lagi.

Daya Tarik Kamojang Ecopark

Kalau membahas daya tarik, obyek wisata ini tentu saja akan menjadi juaranya! Bukan hanya menawarkan pemandangan yang asri dan cantik! Obyek wisata ini juga menawarkan lebih dari 10 aktivitas!

Hutan Pinus

hutan pinus Kamojang Ecopark

Hutan Pinus di sini menjulang tinggi-tinggi, sehingga sangat estetik untuk dijadikan background foto Anda. Letak pohonnya juga tertata rapi, sehingga jalanan setapaknya mudah dilalui.

Belum lagi, keberadaan bangunan-bangunan mungil nan modernnya juga akan menambah keestetikaan foto Anda. Pokoknya, tempat ini tidak kalah menarik dari Hutan Pinus Jogja. Kalau Anda juga belum pernah ke sana, Anda bisa memesan paket wisata 1 hari ke Jogja dari Salsa Wisata.

Beberapa Spot Foto Unik

gardu pandang Kamojang Ecopark

Selain Hutan Pinus, tempat ini juga menyediakan berbagai spot foto khusus yang cocok untuk masuk feed Instagram Anda! Dari mulai sangkar burung, ayunan, balon udara, gardu pandang, sepeda kabel, bahkan ada spot foto bernama gerbang langit!

Karena itu, pastikan Anda membawa kamera saat datang ke sini! Selain kamera, Anda juga perlu membawa uang yang cukup, karena beberapa spot foto akan dikenakan biaya Rp5.000,00 sampai Rp10.000,00. Kalau Anda tidak percaya diri dengan kamera hp Anda, Anda juga bisa menyewa jasa foto di sini!

Menyewa Kimono

Tidak kalah menarik dengan tawaran-tawaran di atas, dengan menyewa kimono Anda juga akan menghasilkan foto yang cantik! Bukan hanya background-nya yang menarik, Anda sebagai modelnya juga akan tampil manis di layar kamera!

Aktivitas yang menarik

wisata Kamojang Ecopark

Tidak hanya spot foto, tempat ini juga menyediakan berbagai aktivitas yang mendebarkan! Mulai dari flying fox dan ATV yang bisa Anda coba untuk mengarungi Hutan Pinus! Lalu ada juga area outbond, panahan, serta outdoor games lainnya!

Untuk Anda yang lebih menyukai aktivitas santai, Anda bisa menaiki kereta mini untuk mengelilingi tempat wisata ini. Anda juga bisa berenang karena tempat ini menyediakan kolam berenang. Kalau Anda tidak mau basah-basahan, Anda cukup menggelar tikar untuk piknik, atau beristirahat di gardu pandang!

Tempat Menginap

penginapan Kamojang Ecopark

Anda mungkin merasa sayang kalau hanya sebentar di sini, karena itu tempat ini menyediakan dua pilihan untuk menginap. Anda tinggal memilih, mau camping atau menginap di hotel.

Untuk camping sendiri, tempat ini menyediakan camping ground yang luasnya bisa menampung 100 tenda. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp40.000,00/orang jika ingin camping di sini. Tak hanya camping, di sini Anda juga bisa menyewa tenda ukuran 4 orang seharga Rp250.000,00.

Sementara, jika ingin menginap di hotel, Anda bisa memesan kamar di Kamojang Green Hotel&Resort. Namun, jika setelahnya Anda berniat berlibur di Bandung, ada banyak bisa hotel murah di Bandung.

Kuliner

Anda kelelahan dan butuh asupan energi? Tenang saja, Anda tidak perlu keluar dari wisata alam ini untuk mencari makanan. Sebab, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai macam makanan, mulai dari mie rebus, ayam geprek sampai sate maranggi. Tidak hanya sate maranggi, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai makanan khas Jawa Barat kekinian lainnya.

Walaupun begitu, tidak masalah jika Anda ingin membawa bekal sendiri dari rumah. Makan makanan rumahan di tengah Hutan Pinus, rasanya pasti akan berbeda dengan makan di rumah. Di sini, Anda bisa menggelar tiker piknik, atau makan di rumah makan yang bentuknya seperti rumah pohon!

Tempat ini juga menyediakan kafe! Jadi, jika Anda berprinsip prinsip tiada hari tanpa kopi, Anda tidak perlu khawatir melewatkan kopi kesukaan Anda. Apalagi, sensasinya pasti berbeda minum segelas kopi hangat di tengah dinginnya kabut Hutan Pinus.

Jam Buka Kamojang Ecopark

spot foto Kamojang Ecopark

Wisata alam ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 18.00 WIB. Karena buka setiap hari, Anda bisa memilih hari dengan bebas untuk mengunjungi tempat ini. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tidak memilih bulan-bulan musim hujan.

Selain itu, walaupun memiliki jam buka yang panjang, sebaiknya Anda pergi Kamojang Ecopark sejak pagi. Dengan begitu, Anda akan memiliki lebih banyak waktu saat memilih oleh-oleh khas Jawa Barat makanan di sekitar Kamojang Ecopark.

 



By Categories: Destinasi, Garut

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)