SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jawa Barat memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Selain itu, ada juga oleh-oleh khas Jawa Barat yang harus Anda cicipi saat sedang berwisata. Oleh-oleh ini memiliki cita rasa khas.

Jika bersama rombongan besar, Anda bisa memanfaatkan jasa sewa bus pariwisata Jawa Barat. Layanan ini akan mengantarkan Anda ke sentra atau pusat oleh-oleh setiap daerah di Jawa Barat.

Daftar Oleh-oleh Khas Jawa Barat yang Terkenal

Daftar buah tangan khas Jawa Barat berikut dapat menjadi referensi saat Anda sedang berwisata. Jangan lupa untuk membeli jajanan berikut saat Anda dan rombongan pergi berkunjung ke pusat oleh-oleh Jawa Barat terdekat.

Peuyeum

Peuyeum

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Oleh-oleh khas yang pertama adalah peuyeum. Makanan ini sangat terkenal dengan cita rasanya yang khas antara manis dan sedikit asam. Campuran rasa ini membuatnya begitu unik dan ini berbeda dengan tape.

Makanan ini berbahan dasar singkong yang sudah mengalami proses fermentasi. Mulanya, rebus singkong sampai tekstur lembut kemudian tabur atau tambahkan ragi. Setelah itu biarkan proses fermentasi bekerja.

Jika sudah waktunya untuk panen, warna singkong akan berubah kuning keputihan. Ada yang memiliki tekstur agak keras dan ada juga yang lembek. Makanan khas ini cocok menjadi buah tangan karena tahan lama.

Anda bisa menjumpai penjual peuyeum di banyak tempat wisata di Bandung dan daerah lain di Jawa Barat. Bahkan banyak juga yang menjualnya di pinggir jalan atau sentra souvenir di seluruh Jawa Barat.

Tahu Sumedang

Berikutnya di daftar oleh-oleh khas Jawa Barat yang populer ini ada tahu Sumedang. Tahu yang satu ini sangat legendaris dan sudah terkenal di mana-mana dari zaman dulu. Rasa tahunya memang sangat khas dan tidak berubah.

Tahu Sumedang berbahan dasar tahu seperti pada umumnya yakni berasal dari kacang kedelai. Hanya saja, tahu Sumedang biasanya memiliki rongga di bagian tengah. Adapun di bagian luar kering dan gurih.

Rasanya sangat enak dan khas, apalagi Anda memakannya dalam keadaan hangat. Tahu ini bisa Anda makan secara langsung, cocol sambal atau saus dan bisa juga Anda makan bersama dengan cabe rawit pedas.

Tahu ini sering menjadi camilan saat bersantai atau dalam perjalanan. Jika Anda menggunakan layanan sewa mobil di Bandung murah, menikmati tahu ini di perjalanan pulang tentu sangat nikmat.

Galendo

Galendo

Galendo merupakan makanan khas Jawa Barat yang bisa juga menjadi buah tangan saat berkunjung ke tempat wisata Ciamis. Makanan atau camilan khas ini terinspirasi dari Ciamis yang merupakan penghasil kelapa.

Pengolahan kelapa yang terkenal adalah menjadikannya minyak kelapa. Nah, karena banyak pengolahan kelapa, tentu saja ada ampas kelapa yang kemudian menjadi limbah. Banyak yang membuangnya secara percuma.

Kemudian, ampas kelapa yang masih bermanfaat ini oleh masyarakat sekitar mereka olah menjadi Galendo. Galendo ini memiliki berbagai varian rasa seperti original, coklat, susu, kacang dan pisang.

Sale Pisang

Sale Pisang

Sebagian orang mengatakan bahwa sale pisang adalah oleh-oleh dari daerah Cilacap dan Kebumen. Oleh sebab itu, ketika berkunjung ke tempat wisata Cilacap, Anda akan mendapati banyak orang menjualnya.

Tapi ada juga yang mengatakan bahwa aslinya dari Bandung, Jawa Barat. Apapun itu, nyatanya makanan khas ini memiliki cita rasa yang khas. Bahkan, sekarang muncul banyak varian rasa baru selain original tentunya.

Bahan dasar oleh-oleh khas ini adalah pisang. Untuk pengolahannya iris pisang terlebih dahulu. Untuk sale kering, proses pembuatan sale ini dengan cara goreng hingga matang atau kecoklatan.

Sedangkan untuk sale basah, pengolahan pisang dengan menggunakan asap yang berasal dari natrium bisulfite atau belerang. Tapi yang paling umum adalah sale kering dengan rasa yang khas.

Sale kering ini memiliki tekstur yang crispy dan renyah. Rasanya khas, sedikit manis dengan rasa pisang yang masih terasa juga. Ketika Anda menggigitnya, harus sedikit lebih keras dan menariknya perlahan.

Manisan Pala

Manisan Pala Khas Jawa Barat

Daftar khas Jawa Barat tidak lengkap tanpa adanya manisan pala. Ini adalah jajanan tradisional dan masih bertahan hingga saat ini. Rasanya, bentuknya, warnanya bahkan aromanya sangat khas sekali.

Seperti namanya, asal manisan ini adalah buah pala. Pengolahannya sendiri ada dua jenis, yakni manisan pala basah dan kering. Untuk pala kering prosesnya adalah dengan menjemurnya di bawah terik matahari.

Sedangkan manisan pala basah adalah dengan mencampur pala dengan larutan gula. Selanjutnya tiriskan pala tanpa perlu menjemur. Baik kering maupun basah, keduanya memiliki rasa yang manis.

Hanya saja, karena bahan dasar utamanya adalah pala maka ada rasa khas tersendiri. Manisnya gula di bagian luar bercampur dengan rasa pala yang cukup kuat di bagian dalam. Dari dulu hingga sekarang rasanya tetap khas.

Dorokdok

Dorokdok

Dorokdok juga menjadi bagian dari jajanan khas Jawa Barat yang harus Anda beli. Panganan ini sendiri merupakan kerupuk gurih dan asin dengan menggunakan kulit sapi atau kerbau sebagai bahan utamanya.

Tekstur makanan ini crispy, gurih, renyah dan sedikit asin. Anda bisa menjumpainya dengan mudah di berbagai tempat wisata Garut terdekat. Bahkan, Dorokdok sudah menjadi ikon Garut karena memang berasal dari sini.

Adapun untuk namanya yang unik berasal dari suara yang keluar saat Anda menggigit atau memakannya. Ya, saat menggigitnya maka akan keluar bunyi “dorok dok dorok”. Bunyi ini keluar karena kerupuk yang kering.

Untuk varian rasanya ada rasa original dan juga pedas. Rasa pedas ini berasal dari bumbu cabai pedas pada saat proses pengolahan. Ya, Anda bisa mencampur dorokdok dengan aneka bumbu.

Anda bisa menikmati dorokdok secara langsung seperti camilan atau juga sebagai pelengkap saat makan. Ini karena teksturnya seperti kerupuk sehingga cocok untuk Anda nikmati sambil makan nasi dengan aneka lauk.

Ubi Cilembu

Ubi Cilembu

Ubi cilembu di Jawa Barat cukup berbeda dengan daerah lain. Perbedaan utamanya ada pada rasanya yang lebih manis. Oleh sebab itu, ubi cilembu Jawa Barat sangat terkenal. Apalagi teksturnya juga sangat pulen.

Rasa manis dari ubi cilembu khas Jawa Barat ini seperti madu. Oleh sebab itu ada yang menyebutnya sebagai ubi cilembu madu. Aromanya juga khas apalagi tekstur pulennya. Warna daging ubinya juga sangat khas.

Paling enak menikmati Ubi Cilembu ini saat masih hangat. Biasanya, orang lebih suka merebus ubi ini daripada membakarnya. Makin nikmat jika makan ubi ini dengan kopi apalagi saat cuaca dingin atau hujan.

Ada banyak tempat di Jawa Barat yang menjual ubi cilembu madu berkualitas. Salah satunya di Sumedang. Jadi jika sedang berkunjung ke destinasi wisata viral Sumedang, jangan lupa beli ubi ini untuk oleh-oleh orang di rumah.

Makaroni Panggang

Makaroni Panggang

Berikutnya di daftar oleh-oleh khas Jawa Barat yang tahan lama ada makaroni panggang khas Bogor. Makaroni panggang ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan berbagai varian isian yang bisa Anda pilih sesuka selera.

Ada yang menyajikan menu khas ini dengan isian berupa bumbu rempah, daging ayam atau daging sapi. Untuk bagian atas atau toppingnya berupa daun bawang, keju dan bisa juga tambah mayonaise.

Oleh karena ukuran yang besar dan sifatnya yang mengenyangkan, Anda bisa membeli jajanan ini untuk menjadi pengganti nasi. Mungkin, Anda membutuhkan satu atau dua teman untuk menghabiskan seporsi.

Bahan utama dari makanan khas ini adalah makaroni atau pasta. Pertama, rebus makaroni terlebih dahulu sampai teksturnya lembut. Setelah itu campur dengan aneka bumbu seperti bawang, cabai, garam dan lainnya.

Masukkan juga beberapa isian sesuai selera bisa daging ayam, sapi, ikan tuna, sosis, telur dan banyak lagi. Tambahkan bawang bombay dan jamur agar rasanya semakin juara. Untuk tingkat kepedasan juga bisa Anda pilih.

Menu khas ini paling enak untuk Anda santap dalam keadaan hangat. Cocok sekali dengan suasana Bogor yang sejuk dan dingin di malam hari atau saat hujan. Jadi, saat mengunjungi destinasi wisata Bogor, cobalah menu khas ini.

Dodol Garut

Dodol Garut

Cenderamata khas Jawa Barat yang tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah dodol Garut. Ya, jajanan khas dengan bentuk balok memanjang dan warna-warni ini sudah melegenda dan masih jadi primadona.

Berbahan dasar tepung ketan dan campuran lain seperti gula merah dan pewarna makanan, dodol ini banyak peminatnya sampai sekarang. Apalagi ada banyak varian rasa yang bisa Anda coba.

Ada dodol garut original atau classic dengan warna dodol pada umumnya, yakni coklat tua seperti warna gula jawa. Varian lain adalah dodol garut durian, zebra yang warna-warni, kacang dan banyak lagi.

Dodol Garut ini jenis camilan yang bisa Anda nikmati kapan saja baik itu pagi, siang, sore atau malam. Tak peduli juga apakah cuaca hujan atau panas, dodol ini enak untuk Anda santap kapan saja, di mana saja.

Makanan khas ini bisa bertahan cukup lama. Sehingga jika Anda berwisata ke Garut dan menyewa bus pariwisata, pastikan untuk membelinya. Satu box dodol Garut mungkin tidak cukup, Anda perlu membeli beberapa lagi.

Brownies Amanda

Brownies Amanda

Brownies Amanda sudah ada sejak tahun 1999 dan hingga saat ini masih menjadi salah satu kenang-kenangan primadona di berbagai kota. Ya, saat ini brownies Amanda bisa Anda temukan di banyak kota besar di Indonesia.

Tapi, awalnya adalah dari kota Bandung. Oleh sebab itu sering menjadi tanda mata ‘wajib’ bagi wisatawan yang sedang berlibur ke Bandung. Ini karena rasanya yang khas dengan tekstur lembut dan manis.

Brownies kukus Amanda ini hadir dengan banyak varian rasa. Anda bisa memilih rasa original, choco marble, tiramisu marble, sarikaya pandan, cheese cream dan banyak lagi. Semuanya enak, lezat dan nikmat.

Itulah kenapa brownies Amanda ada dalam daftar jajanan oleh-oleh khas Jawa Barat untuik pacar, karena rasanya yang khas. Bahkan jika Anda membandingkan dengan brownies kukus lain, brownies Amanda masih juara.

Oleh sebab itu wajar jika di berbagai kota pun pecinta brownies ini sangat menyukainya. Mungkin, ada juga yang pertama kali mencicipinya saat berwisata ke Jawa Barat. Selanjutnya merasa ketagihan saking enaknya.

Roti Unyil

Roti Unyil

Roti Unyil khas Bogor ini juga bisa menjadi oleh-oleh khas Jawa Barat yang murah. Seperti namanya, roti ini memiliki bentuk yang unik dan kecil. Harga per buahnya sekitar Rp1.500. Rasanya lembut dan enak di lidah.

Jika Anda ke Bogor, maka bisa menemukan roti unyil dengan berbagai macam. Misalnya seperti coklat negro, roti jagung, smoke beef keju, keju susu, ayam asap dan banyak lagi. Semua rasa ini dapat memanjakan lidah.

Jadi, saat berwisata ke Bogor dengan layanan dari tempat sewa Hiace Bogor terdekat, Anda bisa mampir ke pusat oleh-oleh roti unyil Bogor. Dalam satu box, isi roti unyil ini bisa dengan berbagai varian rasa dengan berbagai bentuk yang unik.

Surabi

Surabi Bandung

Hampir sama dengan serabi Notosuman khas Solo Jawa Tengah, surabi atau serabi di Jawa Barat juga hadir dengan berbagai rasa. Bahkan proses pembuatannya yang menggunakan tungku juga sama.

Sehingga rasanya juga tidak jauh berbeda. Teksturnya lembut, legit, empuk dan gurih. Untuk rasanya ada selai kacang, coklat, markisa, original, strawberry dan banyak lagi. Semua rasa itu enak dan menggoyang lidah.

Tapi, karena serabi ini adalah makanan bersifat basah, maka tidak bertahan cukup lama. Oleh sebab itu, oleh-oleh ini cocok untuk Anda makan saat di perjalanan atau jika jarak perjalanan pulang hanya beberapa jam saja.

Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang

Tahu ini mulai menarik perhatian wisatawan sejak sekitar tahun 2008. Sekilas dari luar, tahu ini memiliki bentuk yang sama dengan tahu pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah bagian dalamnya.

Bagian dalam tahu susu Lembang ini sangat lembut dan padat. Rasa bagian dalamnya juga khas karena bercampur dengan susu. Ya, pada saat proses pembuatannya, Anda perlu mencampur bahan tahu yakni kedelai dan susu.

Sehingga jika Anda membandingkan dengan tahu lain, maka rasa bagian dalamnya sangat berbeda. Sehingga tahu ini cocok menjadi camilan di siang hari apalagi Anda memakannya dengan cabai atau saus pedas.

Tahu juga merupakan kategori makanan basah sehingga tidak cocok Anda simpan dalam waktu yang lama. Anda bisa menjadikannya camilan saja saat sedang berwisata di Lembang. Nikmati tahu ini saat masih hangat.

Gapit Cirebon

Kue Gapit Cirebon

Selanjutnya di daftar ini ada oleh-oleh khas Cirebon, gapit. Nama unik makanan ini berasal dari proses pembuatannya yakni dengan cara digapit atau diapit dengan menggunakan dua lempengan besi untuk memipihkan.

Ini adalah salah satu oleh-oleh yang sudah legendaris. Oleh sebab itu, proses pembuatannya juga masih sangat tradisional. Bahkan, makanan ini juga sudah masuk kategori makanan tradisional atau bahkan kuno.

Mungkin bagi generasi sekarang, makanan unik ini tidak terlalu memikat. Tapi, ini masih menjadi kekayaan oleh-oleh khas Cirebon. Maka jika belum pernah mencicipinya cobalah satu terlebih dahulu.

Untuk rasanya, ada beberapa pilihan seperti original, udang keju, keju, wijen, rasa bawang dan banyak lagi. Jika sudah terbiasa, semua varian rasa ini enak dengan tekstur gapit yang khas.

Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak

Siapa yang tidak kenal dengan kerupuk rambak? Kerupuk ini sangat crispy, gurih, renyah dan sensasinya saat menggigit berbunyi cukup keras. Kerupuk ini sangat cocok Anda makan menamani menu makanan apa saja.

Anda bisa makan soto, nasi Padang, bakso atau sate sekalipun, kerupuk ini cocok untuk melengkapi hidangan tersebut. Bahkan ada yang merasa tidak lengkap jika makan tapi tidak ada kerupuk rambak.

Kerupuk yang menjadi oleh-oleh khas ini berasal dari kulit kerbau, ikan atau sapi. Awalnya, potong kulit kecil-kecil kemudian jemur langsung di bawah terik matahari. Setelah itu rebus bersama air bumbu.

Setelah bumbu meresap, proses selanjutnya adalah pengeringan kulit. Cara ini sama seperti yang pertama yakni jemur kulit yang sudah bercampur bumbu di bawah matahari langsung.

Setelah kering, penjual akan menjualnya langsung dalam keadaan mentah dan ada juga yang menjualnya dengan menggorengnya terlebih dahulu. Untuk menggoreng kerupuk ini tidak perlu Anda tambahkan bumbu.

Cukup goreng saja seperti biasa dan pastikan untuk menggoreng saat minyak sudah panas. Ini bertujuan agar kerupuk tetap renyah dan gurih. Simpan juga sisa kerupuk di tempat kering. Hindarkan dari tempat lembab.

Wajit

Wajit

Wajit atau wajik juga harus ada di daftar oleh-oleh khas Jawa Barat makanan. Wajik ini berbahan dasar beras ketan dengan proses pembuatan hampir sama dengan dodol. Tapi, rasanya berbeda. Rasa wajit ini lebih khas lagi.

Untuk tekstur wajit ini lembut, sedikit lengket dan terdapat parutan kelapa yang menjadi ciri khasnya. Warnanya sendiri seperti warna gula jawa karena proses pembuatannya memang menggunakan gula jawa.

Nah, yang membedakan antara wajit Jawa Barat dan daerah lain adalah pembungkusnya. Ya, wajit ini memiliki bungkus berupa daun jagung yang sudah kering. Pembungkus ini yang menjadi ciri khas wajit Cililin.

Mochi

Mochi

Selanjutnya ada mochi. Jajanan khas ini sudah legendaris dan terkenal di mana-mana. Kue mochi memiliki tampilan yang unik dengan bentuk bulat dan berlapis tepung putih. Rasanya juga sangat khas dengan berbagai isi.

Awalnya, kue mochi ini berasal dari negeri Sakura saat era penjajahan. Tapi, seiring perjalanan waktu, makanan ini menjadi oleh-oleh khas Sukabumi. Apalagi rasanya juga cocok dengan lidah orang Indonesia.

Kue berbahan dasar utama tepung ketan ini hadir dengan rasa yang manis. Untuk teksturnya sedikit kenyal dan saat Anda gigit, bagian dalamnya juga enak. Ada yang memberi isian coklat, kacang bahkan bisa juga dengan keju.

Oleh-oleh Kekinian Untuk Keluarga Khas Jawa Barat

Terakhir di daftar ini adalah oleh-oleh kekinian. Oleh-oleh ini tergolong baru dan hits berkat peran media seperti Instagram. Ada banyak sekali oleh-oleh hits yang masuk dalam kategori kekinian, beberapa di antaranya:

  • Bolu Susu Lembang
  • Bandung Kunafe
  • Kue Balok Brownies Mahkota
  • Bandung Makuta
  • Roti Leutik
  • Chocodot
  • Donat Madu Cihanjuang
  • Belah Doeren

Semua oleh-oleh kekinian tersebut memiliki cita rasa yang khas dan sangat banyak peminatnya sekarang. Apalagi dengan teknik marketing yang mereka lakukan, membuat banyak orang menyukainya.

Tapi memang, semuanya memiliki rasa yang enak sehingga banyak pelanggan setianya. Jika Anda berwisata ke Jawa Barat khususnya Bandung, tentu akan mudah menemui oleh-oleh kekinian tersebut.

Sebagai contoh ada donat madu Cihanjuang. Donat ini memiliki tekstur yang lembut di lidah. Rasanya juga enak dengan berbagai pilihan topping sehingga layak untuk menjadi oleh-oleh ketika berlibur ke Bandung.

Nah, jika Anda ingin berwisata ke Bandung atau daerah manapun di Jawa Barat, pastikan untuk menggunakan jasa tour and travel yang tepat. Anda bisa memilih Salsa Wisata sebagai teman perjalanan wisata terpercaya.

Salsa Wisata dapat mengantarkan Anda ke berbagai destinasi wisata unik dan hits di Jawa Barat. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi pusat sovenir untuk bisa mendapatkan daftar oleh-oleh di atas.

Jadi, jika Anda ingin berwisata dan membeli buah tangan dari daftar oleh-oleh khas Jawa Barat yang terkenal, bisa segera hubungi Salsa Wisata. Dengan layanan terbaik yang ada, Kami siap membuat liburan Anda lebih berwarna.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Indonesia, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)