SalSari Resto & Coffee

Masyarakat Bandung memang selalu kreatif dalam merubah tempat yang tadinya biasa saja menjadi lebih menarik. Misalnya seperti Kampung Singkur yang saat ini semakin menarik wisatawan untuk berkunjung.

Destinasi wisata hits di Bandung yang ini sangat cocok bagi pecinta alam atau Anda yang ingin merasakan sensasi tenang dan damai. Apalagi tempatnya berada di tengah hutan pinus dan pastinya jauh dari kesibukan kota.

Sekilas Tentang Kampung Singkur

Wisata Kampung Singkur

Wisata Kampung Singkur merupakan objek wisata alam di Desa Warnasari, Pangalengan, Bandung. Suasana di sini sangat tenang, asri dan menyenangkan dengan pohon pinus di sekeliling lokasi wisata.

Selain itu, daya tarik utamanya justru adanya Sungai Palayangan yang melintasi area hutan pinus. Wisata ini menawarkan berbagai kegiatan outdoor seru. Misalnya ada rafting, tubing bahkan flying fox dan paintball.

Lokasi dan wahana rekreasinya sangat cocok untuk wisata keluarga, gathering kantor atau perusahaan. Anda bisa menggunakan layanan paket gathering Bandung dari biro perjalanan jika ingin berlibur bersama keluarga tercinta di sini.

Harga Tiket Masuk Kampung Singkur

Tiket masuk Kampung Singkur sangat terjangkau hanya sekitar Rp10.000,00 saja. Tarif tiket masuk anak-anak dan orang dewasa pun sama saja. Namun untuk menikmati rekreasi dan wahana lain, ada biaya yang harus Anda bayarkan lagi.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Paket Flying Fox Rp20.000,00 per orang
Paket River Tubing (min. 2 orang) Rp50.000,00 – Rp90.000,00
Paket Paintball (min. 20 orang) Rp75.000,00 per orang
Paket Rafting (min. 5 orang) Rp125.000,00 – Rp150.000,00  per orang
Paket Team Building Rp150.000,00 per orang
Camping Rp50.000,00 – Rp350.000,00 per orang
Penginapan (max. 4 orang) Rp600.000,00 per unit
Paket Offroad Rp200.000,00 per orang
Parkir Motor Rp10.000,00 per malam
Parkir Mobil Rp40.000,00 per malam

Biaya yang tercantum di dalam tabel di atas bisa saja berubah dan berbeda sewaktu-waktu. Meski begitu daftar ini tetap bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya yang Anda perlukan jika ingin liburan di kampung wisata ini.

Rute Menuju Lokasi Kampung Singkur

Lokasi Wisata Kampung Singkur

Lokasi Kampung Singkur berada di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Jarak dari Kota Bandung sekitar 51 km atau 2 jam perjalanan. Lebih mudah untuk ikuti Google Map.

Jalan menuju lokasi wisata masih berlubang dan penuh dengan batu. Sehingga pengunjung harus ekstra hati-hati, apalagi jika sebelumnya terjadi hujan. Jalanan akan lebih licin daripada biasanya.

Untuk itu sebaiknya Anda menggunakan layanan sopir dari rental Hiace Bandung yang siap mengantar. Bersama sopir handal berpengalaman, Anda bisa sampai tujuan dengan lebih cepat dan aman.

Agendakan saja perjalanan ke Kampung Singkur dan destinasi wisata lain di Bandung bersama Salsa Wisata. Salsa Wisata dapat memastikan perjalanan lebih aman, nyaman, menyenangkan dan pastinya memorable.

Jam Buka Kampung Singkur

Kampung Singkur buka setiap hari dari pagi hingga malam hari antara pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin menginap, bisa melakukan reservasi terlebih dahulu.

Fasilitas Wisata Kampung Singkur

Fasilitas Kampung Singkur sangat lengkap misalnya seperti:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Camping Ground
  • Penginapan
  • Wahana bermain
  • Offroad
  • Paintball
  • Hammock
  • Gazebo
  • Tempat wisata kuliner Bandung

Daya Tarik Wisata Kampung Singkur

Daya Tarik Wisata Kampung Singkur

Nama lain dari tempat wisata ini bernama Saung Awi. Letaknya tidak jauh dari Situ Ciluenca. Saung Awi ini memiliki beragam daya tarik wisata yang menjadi alasan kenapa wisatawan berkunjung.

Nuansa Alami, Asri dan Menenangkan

Begitu masuk kawasan wisata Kampung Singkur, wisatawan bisa merasakan hawa dan aroma hutan pinus yang khas. Aroma yang berasal dari pohon pinus memang sangat khas.

Udaranya bersih dan sejuk dengan nuansa yang asri. Tempat ini sangat cocok untuk menjadi spot healing terbaik. Bayangkan saja, setelah sibuk sepekan dengan rutinitas, kemudian semua off begitu saja.

Dalam keadaan off ini, Anda menghabiskan waktu di tengah alam. Cobalah duduk di area penginapan atau di dekat sungai hutan pinus. Suara burung bersahutan dan deru angin menggoyangkan hutan pinus.

Suara gemericik sungai dan aroma pohon pinus membuat siapa saja ingin berlama-lama. Pejamkanlah mata Anda, dengarkan suara alam di tengah hutan pinus ini dan pikiran akan menjadi lebih rileks.

Spot Foto Instagramable

Ada cukup banyak lokasi atau spot foto instagenik yang bisa Anda pamerkan di media sosial. Spot pertama adalah berfoto dengan latar lebatnya pohon pinus.

Pohon pinus yang menjulang bisa memberikan efek estetik jika bisa mengambil angle foto yang pas. Selain itu, bisa juga berfoto di depan saung atau penginapan dekat sungai.

Wisatawan juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di atas jembatan kayu di dekat sungai. Jangan lupa juga ada banyak wahana permainan seru yang bisa Anda abadikan fotonya.

Camping

Camping di Kampung Singkur

Kampung Singkur Bandung menyediakan fasilitas berkemah atau menginap di tengah hutan pinus. Ada camping ground yang bisa wisatawan gunakan untuk berkemah, gathering atau outing dan outbound.

Tempat ini sangat cocok untuk yang ingin liburan bersama rombongan. Untuk camping, ada tenda yang bisa pengunjung sewa atau bisa juga membawa sendiri.

Paket camping bisa menampung sekitar  20 orang. Sehingga cocok untuk kegiatan sekolah, kantor atau komunitas. Paket ini menawarkan fasilitas api unggun dan listrik. Ada juga kegiatan barbekyu di malam hari.

Penginapan di Bungalow

Sedangkan wisatawan yang ingin fasilitas lebih, bisa menginap di bungalow daripada camping dengan tenda. Bungalow ini adalah rumah bambu dan letaknya persis di sebelah sungai.

Dari depan bungalow, pengunjung bisa merasakan sensasi damai dan tenang yang luar biasa. Bentangan hutan pinus berada tepat di depan bungalow begitu juga dengan aliran sungai.

Sehingga suara gemericik air sungai juga akan terdengar. Suara bintang di pohon pinus dan air sungai ini mampu memberikan efek relaksasi. Di sini, ada 4 bungalow yang tersedia untuk pengunjung yang ingin menginap.

Penginapan ini sudah termasuk layanan makanan dan minuman. Jika menginginkan menu makanan khas Bandung, wisatawan bisa sampaikan ke pihak pengelola perihal menu sarapan ini.

Rafting Seru

Rafting di Kampung Singkur

Kegiatan outdoor seru yang harus wisatawan coba di sini ada rafting dan tubing. Keduanya memanfaatkan aliran sungai sebagai media untuk rekreasi seru sekaligus menantang dan memacu adrenaline.

Untuk rafting, perlengkapan yang akan pengunjung gunakan dan pakai adalah perahu karet, jaket keselamatan air dan topi. Satu perahu ini berisi beberapa orang lengkap dengan pemandunya.

Rafting ini akan menaklukan aliran sungai sejauh 5 km sehingga wisatawan bisa merasa puas. Di sepanjang jalur 5 km ini ada beberapa tipe aliran sungai dari yang datar hingga bergolak sampai yang cukup ekstrim.

Tubing Seru

Sedangkan untuk tubing, selain menggunakan jaket dan topi keselamatan, pengunjung akan menggunakan ban pelampung. Adapun jalurnya akan menempuh jarak sekitar 400 hingga 700 meter.

Baik tubing maupun rafting, keduanya menawarkan pengalaman berbeda. Sebab arus sungai cukup keras walau tidak terlalu dalam. Untuk anak-anak, boleh atau tidaknya, tanyakan dulu pada pengelola.

Offroad

Kegiatan outdoor seru di Kampung Singkur lainnya ada offroad. Paket offroad ini hanya untuk orang dewasa yang pastinya bukan penakut. Kegiatan ini akan menggunakan Land Rover untuk menjelajah.

Jalur offroad sendiri pastinya sangat menantang dan memacu adrenalin. Bahkan beberapa di antaranya masuk kategori ekstrim. Untuk itu, pengunjung bisa memilih rute Gambung atau rute Gunung Tilu.

Kedua rute berakhir di Situ Cileunca dan di sepanjang perjalanan wisatawan akan melihat keindahan alam menakjubkan. Bahan akan melewati kebun teh dengan udara yang begitu segar dan sejuk.

Perjalanan dari Kota Bandung ke lokasi wisata akan melewati beberapa pusat oleh-oleh Bandung. Sehingga, jika berniat menginap, tidak ada salahnya untuk membeli oleh-oleh terlebih dahulu.



By Categories: Bandung, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)