Bandung terkenal sebagai kota wisata yang kaya akan wisata alam, wisata edukasi, wisata belanja, hingga makanan khas. Tidak heran bila banyak Biro Perjalanan yang menawarkan paket wisata Bandung untuk Anda menghabiskan waktu berlibur di kota satu ini.

Khusus untuk makanan, Bandung memiliki banyak sekali pilihan makanan khas yang murah dan enak. Bahkan sebagian besar makanan khas Bandung ini sudah dikenal seluruh masyarakat Indonesia seperti misalnya cireng, cilok, dan lainnya.

Semua wisata kuliner Bandung tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di setiap sisi Kota Bandung dan sekitarnya. Diantara semua makanan yang ada, sempat diri Anda untuk mencoba 16 rekomendasi makanan khas Bandung berikut ini:

Daftar Makanan Khas Bandung Murah yang Enak Wajib Dicoba

Cireng

cireng isi ayam

Cireng merupakan makanan khas Bandung yang paling populer dan sudah terkenal di seluruh Indonesia. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai bentuk variasi dari Cireng atau aci digoreng dengan rasanya yang gurih.

Cara membuat cireng ini pun sangat mudah cukup buat adonan tepung kanji dengan bumbu secukupnya lalu digoreng. Selain terkenal dengan bentuk yang tipis ada juga variasi cireng isi yang menggunakan ayam, kornet, telur, dan lainnya sebagai isian.

Tempat paling terkenal di Bandung untuk menikmati Cireng ini adalah Cireng Cipaganti Bandung yang berada di daerah Sukajadi. Harga Cireng ini pun biasanya sangat murah yakni Rp500,00 untuk satu potong cireng dan sambal cocol nya.

Siomay Bandung

Siomay Khas Bandung

Selain Cireng, Siomay juga jadi Makanan Ringan Khas Bandung yang sudah tidak diragukan lagi ketenaran dan kelezatannya. Makanan hasil serapan budaya Cina ini sangat diterima masyarakat terutama daerah Bandung dan menjadi salah satu jajanan favorit semua orang.

Perbedaan utama Siomay Bandung dan Siomay Cina ini terletak pada bumbu yang digunakan, dimana Siomay bandung menggunakan bumbu kacang. Selain itu siomay bandung juga sering menggunakan pare atau paria sebagai teman dari siomay bersama dengan kentang dan kobis.

Anda bisa menemukan dengan mudah pedagang yang menjual Siomay di pinggir jalan atau warung siomay terkenal seperti Siomay Tulen Bandung. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp25.000,00 untuk satu porsinya. Kamu bisa menjumpai makanan yang enak ini di beberapa tempat wisata Bandung yang populer.

Oncom

oncom jaya bandung

Oncom termasuk salah satu makanan tradisional khas Bandung yang sudah sangat akrab dalam kehidupan masyarakat. Biasanya hasil fermentasi kedelai ini dimanfaatkan untuk berbagai macam hidangan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Salah satu yang cukup terkenal adalah Nasi Tutug Oncom dimana oncom dimasak bersama nasi dan menjadi satu hidangan lezat yang menarik. Oncom juga sering dibuat menjadi sambal oncom yang sangat nikmat saat disantap bersama nasi hangat dan lalapan.

Anda bisa menemukan olahan Oncom ini di berbagai rumah makan yang ada di Bandung seperti misalnya Warung Talaga. Harga masakan Oncom ini pun sangat murah dan terjangkau mulai dari Rp3.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung jenis olahannya.

Cuanki Bandung

cuanki bandung instan

Cuanki dikenal juga sebagai Bakso Bandung yang memiliki cita rasa kuah yang gurih dan nikmat. Nama Cuanki sendiri merupakan singkatan dari Caru Uang Jalan Kaki karena pada awalnya pedagang bakso ini berjualan sambil berkeliling jalan kaki.

Ciri khas dari Cuanki adalah siomay goreng yang ikut direbus sehingga memberi tekstur mengembang yang unik. Selain itu tambahan siomay kukus, tahu goreng, tahu rebus dan mie semakin menambah nikmat bakso Cuanki ini.

Anda bisa mencoba bakso cuanki Bandung otentik di Pujasera serayu tepatnya di warung Cuanki Serayu Bandung. Harga satu porsi Bakso cuanki ini sekitar Rp12.000,00 untuk isian standar dan Rp17.000,00 untuk isian lengkap.

Combro

combro singkong

Combro termasuk salah satu olahan dari oncom yang digoreng bersama parutan singkong dan memiliki bentuk lonjong. Nama Combro sendiri merupakan singkatan dari Oncom di Jero atau dalam bahasa indonesia berarti Oncom di dalam.

Oncom yang telah ditumis dan dimasak bersama bawang serta bumbu lainnya dimasukan dalam parutan singkong yang gurih baru kemudian digoreng. Lapisan luar yang renyah dengan bagian dalam yang lembut dan pedas berpadu dengan sangat nikmat.

Anda bisa mencoba kuliner ringan khas Bandung ini di daerah Asia Afrika tepatnya di Combro Echo Asia Afrika. Harga jajanan ini pun sangat murah karena hanya Rp500,00 per potongnya namun adapula yang dibanderol hingga Rp5.000,00.

Bandros

bandros kelapa

Bandros yang dimaksud disini bukanlah Bus Pariwisata Bandung atau Bandung Tour On Bus, melainkan jajanan khas Bandung. Warga Betawi sering juga menyebut kue ini dengan nama Kue Pancong namun dengan sedikit perbedaan.

Bandros terbuat dari tepung beras, parutan kelapa, pandan, telur, dan santan yang dimasak dalam cetakan khusus. Untuk masyarakat bandung sendiri, ada dua tipe Bandros yang sering dimakan yakni Bandros asin atau manis.

Bahkan sekarang makanan jadul khas Bandung ini sudah beradaptasi dan banyak variasi rasa yang bisa dipilih. Satu potong Bandros ini biasanya dibanderol dengan harga Rp1.000,00 hingga Rp5.000,00 tergantung dengan rasa yang dipilih.

Surabi

surabi bandung

Selain Bandros, Jajanan Jadul Khas Bandung yang juga masih eksis hingga sekarang adalah Surabi. Surabi Bandung berbeda dengan Serabi Solo yang lebih asin, Surabi Bandung memiliki pilihan rasa yang lebih banyak.

Adonan cair tepung beras dengan berbagai campuran ini dimasak diatas tungku khusus berbahan bakar batubara panas lalu ditutup hingga matang. Secara umum Surabi atau Serabi Bandung ini memiliki rasa asin dan juga manis, namun saat ini sudah banyak variasi rasa.

Anda bisa menemukan Surabi rasa oncom, kelapa, telur, hingga isian keju dan coklat dengan mudah di Surabi Cihapit Bandung. Harga sepotong kue Surabi ini pun sangat terjangkau hanya sekitar Rp1.500,00 hingga Rp5.000,00 tergantung pilihan rasa.

Soto Bandung

Soto Khas Bandung

Setiap daerah di Indonesia memiliki versi soto khas daerahnya masing-masing tidak terkecuali Kota Bandung. Soto Bandung ini pun sedikit berbeda dengan soto-soto dari daerah lainnya karena tidak dimasak menggunakan santan.

Ciri khas lain dari Soto Bandung ini adalah tambahan potongan lobak, tomat, serta kacang kedelai goreng ke dalam kuah soto. Rasa kuah yang segar bersama daging sapi atau ayam dan sayuran yang ada sangat nikmat disantap dengan nasi hangat.

Anda bisa menikmati Soto Bandung ini di Warung Soto Bandung Pak Simon yang berada di Jl. Cibadak Bandung. Harga satu porsi dari Soto Bandung ini sekitar Rp30.000,00 hingga Rp40.000,00 tergantung ukuran porsi dan isian.

Mie Kocok

mie kocok bandung

Masakan khas Bandung yang juga wajib untuk Anda coba saat berkunjung ke Bandung adalah Mie Kocok Bandung. Mie ini diberi nama Mie Kocok karena pada proses pembuatannya mie yang sudah jadi dikocok dalam wadah khusus rebusan air.

Biasanya Mie Kocok ini disajikan dengan kuah kaldu sapi kental, kikil, tauge, bakso, jeruk nipis, serta taburan bawang goreng. Hidangan ini juga semakin nikmati bila disantap bersama sambal dan juga kerupuk.

Mie Kocok Mang Dadeng Bandung yang berada di Jl. K.H Ahmad Dahlan bisa jadi tempat terbaik menikmati hidangan ini. Satu porsi Mie Kocok ini dihargai sekitar Rp10.000,00 hingga Rp45.000,00 tergantung isian dari Mie Kocok.

Cilung

cilung goreng

Selain Cireng, Cilung juga menjadi salah satu jajanan khas Bandung yang wajib Anda coba saat berkunjung. Berbeda dengan Cireng yang digoreng, tepung kanji ini dibuat bergulung pada setangkai lidi bambu sehingga dinamakan Cilung atau Aci digulung.

Pertama-tama adonan kanji yang sudah dibumbui dituang ke wajan dan dibuat tipis baru kemudian digulung menggunakan tangkai bambu. Setelah digulung beberapa kali dan matang, cilung kemudian dibumbui dengan sambal atau bubuk cabai khusus.

Jajanan tradisional ini sudah banyak variasi rasa seperti misalnya kornet, keju, sosis, dan lainnya yang menambah rasa nikmat dari Cilung. Harga satu tangkai cilung ini biasanya dibanderol sekitar Rp1.000,00 hingga Rp5.000,00 tergantung isian atau rasanya.

Peuyeum

peuyeum singkong

Anda yang berkunjung ke Bandung tentu sudah tidak asing dengan Peuyeum atau Tapai Singkong yang sering menjadi Oleh-oleh Khas Bandung. Olahan singkong yang diberi ragi ini sering dijual dipinggir jalan menuju atau keluar dari Bandung.

Cara membuat peuyeum ini juga sangat mudah, singkong yang sudah dikukus kemudian ditaburi ragi lalu didiamkan hingga matang. Rasa peuyeum yang khas dengan aroma yang unik terasa sangat nikmat terlebih lagi peuyeum ini lebih awet dari tapai ketan.

Salah satu toko yang sangat direkomendasikan untuk membeli Peuyeum ini adalah Peuyeum Si Madu yang ada di Jl. Cihampelas. Harga peuyeum ini biasanya dihitung perkilo dengan kisaran Rp12.000,00 per kilonya.

Batagor

Batagor Bandung

Batagor atau Bakso Tahu Goreng juga sudah sangat terkenal bagi masyarakat Indonesia. Makanan Sunda Khas Bandung ini biasanya sering dijual bersama dengan Siomay karena bumbu dan karakteristiknya yang mirip.

Seperti namanya jajanan ini terbuat dari bakso aci ikan tenggiri yang diisi ke dalam tahu lalu digoreng. Biasanya Batagor disajikan bersama pangsit goreng, siomay, dan tahu yang disiram saus kacang serta timun segar.

Anda bisa menemukan dengan mudah pedagang Batagor di seluruh kawasan Bandung namun Batagor Kingsley di Jl. Veteran sangat direkomendasikan. Harga satu porsinya rata-rata sekitar Rp5.000,00 tergantung dengan isian batagornya.

Misro

misro singkong

Jajanan Bandung hampir tidak pernah lepas dari yang singkong, ada banyak olahan singkong yang bisa nikmati disini seperti misalnya Misro. Misro sendiri merupakan singkatan dari Amis di Jero atau dalam bahasa Indonesia manis di dalam.

Sesuai dengan namanya di dalam parutan singkong yang sudah digoreng ini berisi gula merah yang membuatnya memiliki rasa manis. Saat menggigit jajanan ini Anda akan merasakan sensasi krispi di bagian luar dan manis di dalam yang tentu sangat nikmat.

Jajanan ini biasanya bisa dengan mudah Anda temukan pada pedagang gorengan namun bisa juga Anda temukan di daerah Antapani. Harga satu potongnya pun bervariasi mulai dari Rp500,00 per buahnya tergantung tempat dan jumlah.

Colenak

colenak khas bandung

Peuyeum ternyata tidak hanya bisa dinikmati langsung tapi bisa juga diolah terlebih dahulu dan memberi rasa yang tidak kalah nikmat. Nama olahan tersebut adalah Colenak atau singkatan dari dicocol enak karena cara makannya yang dicocol dalam saus khusus.

Untuk membuatnya Peuyeum pertama dipotong kemudian dibakar, setelah itu diberi parutan kelapa dan disiram saus gula jawa cair. Rasa nikmat dari bagian gosong peuyeum dan gula cair menjadi cita rasa yang khas dari Colenak.

Makanan Manis Khas Bandung ini pertama kali diperkenalkan oleh Aki Murdi yang tokonya masih bisa Anda temukan di Bandung. Harga satu piring Colenak ini sekitar Rp5.000,00 untuk rasa original dan bisa lebih mahal untuk rasa yang lain.

Rujak Cuka

rujak cuka bandung

Bila Anda ingin menikmati yang makanan yang segar, bisa coba Rujak Cuka Khas Bandung ini. Buah-buahan serta sayuran segar terasa sangat nikmat saat disiram kuah pedas asam manis ciri khas Rujak cuka.

Buah-buahan yang sering digunakan biasanya mangga, jambu air, nanas, timun, bengkuang, kedondong, dan buah lainnya. Kuah asam dari cabai, ebi, terasi dan perasan jeruk lemon semakin menggugah selera makan Anda dengan rasanya yang khas.

Anda bisa menemukan pedagang Rujak Cuka ini berkeliling di pinggir jalan sambil membawa gerobak. Biasanya untuk satu porsi dibanderol sekitar Rp10.000,00 dengan pilihan buah lengkap dan level pedas yang bisa dipilih.

Ulukutek Leunca

ulukutek leunca oncom

Masakan Khas Bandung yang juga wajib untuk coba selanjutnya adalah Ulukutek Leunca atau tumis ranti. Hidangan ini termasuk masakan tradisional khas Bandung yang sangat nikmat disantap dengan nasi liwet hangat.

Cara membuat ulukutek leunca ini juga sangat mudah, leunca atau ranti ditumis bersama sambal oncom dan bumbu halus hingga wangi. Makanan ini pun dipercaya berkhasiat untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin dan gizi meski terlihat sederhana.

Anda bisa menemukan hidangan Ulukutek Leunca ini di restoran-restoran khas sunda yang ada di Bandung dan sekitarnya. Harganya pun bervariasi namun rata-rata sekitar Rp10.000,00 untuk satu porsi ulukutek leunca dengan nasi putih.

Nikmati Makanan Khas Bandung Bersama Salsa Wisata

Selain makanan-makanan yang sudah disebutkan diatas, masih banyak makanan khas Bandung lain yang bisa Anda cicipi saat berkunjung. Agar Anda bisa lebih mudah mengunjungi tempat-tempat tersebut, bisa manfaatkan jasa rental mobil Bandung yang tersedia.

Dengan sopir lokal yang handal dan berpengalaman, Anda akan diantar ke berbagai tempat makan terkenal dan lezat di Bandung. Anda juga bisa mengunjungi setiap tempat wisata di Bandung yang Anda inginkan tanpa harus repot berkendara sendiri.

Bila Anda berangkat bersama rombongan, cukup sewa bus Bandung sehingga liburan Anda di Bandung jadi lebih mudah dan menyenangkan. Jadi tunggu apalagi segera kunjungi Bandung dan nikmati berbagai kuliner lezat khas Bandung yang ada.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)