earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kawah Sikidang sudah sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di kawasan Dieng. Di tempat ini Anda bisa melihat kawah vulkanik yang biasa ada di puncak gunung berada di lapangan yang datar.

Kepulan asap serta lumpur panas di kawah ini bisa Anda saksikan dalam jarak dekat. Keunikan dari kawah vulkanik aktif ini adalah lokasi kepulan asapnya yang selalu berpindah-pindah.

Anda bisa mengunjungi Kawah ini dengan menggunakan paket tour Semarang dari Biro Perjalanan. Namun sebelum itu, mari simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai Kawah Sikidang berikut ini.

Sekilas Tentang Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan kawah vulkanik aktif yang berada di dataran tinggi Dieng. Menurut catatan penelitian, Kawah ini terbentuk akibat sisa letusan Gunung Perahu Tua beberapa abad silam.

Kawah ini juga termasuk kawah terbesar yang bisa Anda temukan di ketinggian 2000 mdpl daerah Dieng. Terdapat beberapa lubang sisa kawah yang dulu sempat aktif di sekitar kawasan ini yang bisa Anda jumpai.

Suhu dari permukaan Kawah ini dapat mencapai 80 hingga 90 derajat Celcius. Di sekitar kawasan ini Anda juga bisa menemukan beberapa kolam air panas alami yang mengandung belerang.

Nama Sikidang sendiri berasal dari kata kidang atau kijang yang mengacu pada karakteristik kawah ini. Dalam beberapa tahun sekali, lokasi kawah sikidang akan berpindah-pindah sama seperti sifat kijang yang senang melompat.

Legenda Kawah Sikidang

Proses terbentuknya Kawah ini juga diabadikan dalam cerita rakyat atau legenda tentang Pangeran Kidan dan Shinta Dewi. Alkisah, Shinta Dewi merupakan seorang  gadis yang sangat cantik dan kecantikannya ini sudah terkenal ke seluruh daerah.

Banyak pemuda yang ingin melamar Shinta Dewi namun semua ditolak karena tidak sanggup memberikan mas kawin yang diinginkan. Kabar cantiknya Shinta Dewi ini akhirnya sampai ke Pangeran Kidang Garungan yang juga tertarik untuk melamar.

Dengan mengutus pengawalnya, Pangeran Kidang menyanggupi mas kawin yang diminta Shinta Dewi. Mendengar permintaan mas kawin nya dapat dipenuhi seorang pangeran, Shinta Dewi langsung menerima lamaran tersebut.

Namun ternyata saat bertemu, Shinta Dewi kaget karena rupa Pangeran Kidang yang memiliki kepala rusa berbadan manusia. Terlanjur menerima lamaran, Shinta Dewi mencari cara agar lamaran tersebut batal.

Shinta Dewi pun meminta syarat lagi kepada Pangeran Kidang untuk dibuatkan sumur besar sebagai persediaan air desa. Sumur ini harus selesai dalam sehari dan dibuat sendiri oleh pangeran, lalu Pangeran Kidang pun menyanggupinya lagi.

Melihat Pangeran Kidang berhasil menggali tanah cukup dalam dengan tangan dan tanduknya, membuat Shinta Dewi  khawatir syaratnya berhasil dipenuhi kembali. Akhirnya Shinta Dewi meminta penduduk untuk menimbun galian sumur ketika pangeran masih berada di dalamnya.

Pangeran Kidang pun terkubur hidup-hidup di dalam sumur buatannya. Tidak terima merasa di tipu, amarah dari Pangeran Kidang inilah yang membuat terbentuknya Kawah Sikidang.

Daya Tarik Kawah Sikidang

Daya Tarik Kawah Sikidang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Anda bisa menikmati dan mencoba banyak hal baru ketika berkunjung ke Kawah Sikidang Dieng. Berikut ini beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan saat berada di Kawah ini.

Berfoto Menikmati Pemandangan

Pemandangan unik dari Kawah ini sangat cocok untuk aktivitas fotografi. Kepulan asap putih di tengah lapangan batu kapur dan pepohonan hijau menjadi panorama apik Kawah ini.

Jembatan kayu yang menjadi jalan bagi wisatawan menuju kawah utama sering menjadi spot berfoto yang cantik. Susunan kayu yang rapi dengan pemandangan kawah yang khas sangat cocok untuk dijadikan penghias timeline sosial media Anda.

Selain itu pihak pengelola juga sudah mempersiapkan banyak spot foto menarik untuk para pengunjung yang senang berfoto. Beberapa dari spot ini ada yang dikenakan biaya, meskipun begitu biaya yang dipatok juga tidak terlalu mahal.

Terkadang wisatawan juga dapat menyewa properti yang tersedia agar foto semakin indah. Berfoto dengan panorama Kawah Sikidang yang eksotis akan memberikan kesan yang mungkin tidak akan terlupa.

Merasakan Sensasi Merebus Telur

Biasanya merebus telur perlu menggunakan kompor dan panci, di Kawah ini Anda hanya perlu plastik dan telur. Suhu air panas di sekitar Kawah Sikidang yang mendekati titik didih ini sangat pas menjadi tempat merebus terlur.

Anda bisa memasukan telur kedalam plastik dan mengikatnya pada kayu panjang sebagai pegangannya. Kemudian tinggal celup kedalam kolam air panas dan tunggu sekitar lima menit baru kemudian Anda angkat.

Hasil rebusan ini telur dari Kawah ini sama persis dengan telur rebus yang biasa. Namun dengan sensasi berbeda dalam memasak, rasa telur rebus ini semakin terasa nikmat saat Anda santap.

Selain telur Anda juga bisa merebus beberapa sayuran seperti jagung, ubi, atau kentang. Mencoba kegiatan ini bisa jadi hal baru yang jarang Anda dapatkan di tempat wisata Semarang lain selain di Kawah Sikidang.

Memacu Adrenanlin

Anda yang senang akan tantangan juga bisa menikmati kegiatan seru seperti menaiki motor trail atau bermain flying fox. Kontur tanah kawah yang tidak rata dan penuh batuan berpasir sangat pas untuk kegiatan offroad.

Anda bisa menyewa motor trail dari pihak pengelola untuk merasakan serunya offroad di Kawah Sikidang. Sensai melewati jalur terjal di atas motor trail akan menjadi pengalaman baru Anda dan sangat berkesan.

TIdak bisa naik motor trail, bermain flying fox bisa jadi cara untuk menguji keberanian Anda. Jalur lintasan flying fox ini sangat panjang dan melewati kawasan kawah.

Saat meluncur Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan Kawah ini dari atas. Anda yang tidak berani sendiri juga bisa mencoba flying fox tandem bersama petugas atau teman dan yang pasti tetap seru.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang

Tiket masuk Kawah Sikidang Dieng ini sangat murah karena menjadi satu dengan tiket masuk Candi Arjuna. Dengan membeli satu tiket Anda bisa mengunjungi Kawah ini dan Candi Arjuna, lebih jelasnya perhatikan tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp15.000,00
Spot Foto Mulai dari Rp3.000,00
Sewa Motor Trail Rp50.000,00 per 30 menit
Wahana Flying Fox Rp25.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun list ini bisa Anda gunakan sebagai bahan perkiraan sebelum nanti mengunjungi Kawah Sikidang.

Dapatkan juga kesempatan mengunjungi tempat wisata menarik lainnya dengan Paket Wisata yang bisa Andadapatkan dari Biro Perjalanan. Melalui paket tersebut, segala kebutuhan akomodasi Anda selama berlibur sudah siap, Anda cukup duduk santai menikmati liburan.

Lokasi dan Rute Menuju Kawah Sikidang

Kawah Sikidang terletak di Jl. Kawah Sikidang, Karangsari, Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Lokasi nya tidak jauh dari Candi Bima dan Candi Arjuna yang hanya berjarak beberapa puluh meter.

Untuk menuju Kawah ini ada banyak rute yang bisa  Anda pilihbaik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Namun agar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik menuju Kawah ini.

Bisa juga dengan bantuan sopir dari sewa elf Semarang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke tujuan. Dengan begitu Anda tidak perlu repot mencari jalan agar bisa sampai ke Kawah ini.

Jam Operasional Kawah Sikidang

Waktu berkunjung ke Kawah ini bisa Anda kunjungi sejak pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap hari. Agar bisa menikmati suasana Kawah ini dengan sempurna sebaiknya Anda datang saat pagi hari di musim kemarau.

Cuaca yang cerah dan matahari yang belum terlalu panas akan membuat perjalanan Anda mengelilingi Kawah Sikidang terasa nyaman. Pada waktu pagi ini juga Anda masih bisa melihat kabut yang menyelimuti kawasan Dieng.

Saat berkunjung ke Kawah ini jangan lupa untuk memakai jaket dan masker. Gunanya agar Anda tidak kedinginan dan menghirup gas belerang dari asap dan lumpur yang sangat menyengat di kawah.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)