earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Daerah Wonosobo, khususnya Dieng menawarkan pengalaman wisata super-lengkap. Sebut saja mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam bisa Anda temukan di sini seperti salah satunya Kawah Sileri.

Dahulu, kawah ini pernah menyemburkan material vulkanik yang meluluhlantakkan tanah Dieng. Bahkan, pernah ada kejadian di mana ratusan penduduk meninggal akibat tak sengaja menghirup gas Co2 yang keluar dari celah-celah tanah.

Kini kondisi kawah sudah mulai stabil. Hanya mengeluarkan aroma belerang yang kuat serta uap putih yang terlihat dari permukaan air kawah.

Sekilas Tentang Kawah Sileri Dieng

Tempat ini terkenal sebagai kawah terluas di Dataran Tinggi Dieng. Luasnya mencapai 4 ha – jauh lebih luas dibandingkan dengan Kawah Sikidang dan kawah-kawah lainnya.

Selain itu kawah ini termasuk yang paling aktif di Dieng. Sedikitnya pernah 5 kali meletus. Tepatnya pada tahun 1944, 1984, 1964, 2009, dan 2003.

Air belerang yang bergejolak dan mendidih serta berwarna putih membuatnya tampak seperti leri atau liri (air cucian beras). Itulah mengapa tempat ini kemudian dinamakan Kawah Sileri.

Namun untuk saat ini, kondisinya masih relatif aman dan boleh dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menyaksikannya secara langsung.

Meski demikian, pihak pengelola telah memasang aturan batas aman yang jelas dan harus dipatuhi oleh semua pengunjung.

Pasalnya, hingga sekarang tempat ini masih mengeluarkan asap putih dari permukaan airnya. Sehingga Anda tetap harus waspada dan siaga saat berkunjung.

Harga Tiket Masuk Kawah Sileri

Dieng memang terkenal sebagai kawasan wisata low budget. Hal ini terbukti dari harga tiket dari berbagai destinasi wisata yang masih sangat terjangkau.

Jika dibandingkan dengan tarif karcis masuk di Kebun Teh Tambi, HTM tempat satu ini jauh lebih murah. Berikut adalah info lebih lengkapnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga tiket masuk di atas tentu dapat berubah kapan saja, terutama saat akhir pekan dan saat puncak musim liburan.

Daya Tarik Kawah Sileri

Kawah Sileri Dieng

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Berbicara soal daya tarik di tempat wisata Wonosobo ini, sebenarnya ada cukup banyak aktivitas wisata menarik yang dapat Anda lakukan selama berkunjung di tempat ini.

Sekedar jalan-jalan di sekitar kawah, misalnya. Tapi dengan syarat tetap harus jaga jarak yang aman seperti yang sudah ditentukan oleh pihak pengelola.

Berfoto Ria

Aktivitas menarik lainnya yang tentu tak boleh Anda lewatkan adalah berfoto dengan menggunakan kamera terbaik Anda.

Ada cukup banyak rekomendasi spot foto yang tersedia. Salah satunya adalah spot foto yang memperlihatkan kawah sebagai latar belakangnya.

Merebus Telur

Kemudian ada juga aktivitas merebus telur di spot-spot tertentu yang aman. Merebus telur di air panas belerang tentu akan menjadi pengalaman baru bagi pengunjung karena dilakukan di sekitar area kawah.

Selain adrenalin terpacu karena kawah bisa sewaktu-waktu meletus, merebus telur di sini juga akan memberikan sensasi istimewa.

Mencoba Kuliner Khas

Pengunjung juga dapat mencicipi makanan khas Dieng yang dijual di warung-warung makan di sekitar pusat wisata kawah.

Nasi Megono Wonosobo atau warga setempat menyebutnya sego reged adalah salah satunya. Kudapan ini tadinya hanya ada saat ada upacara adat Bekakak.

Namun kini Nasi Megono dapat disantap kapan saja dan bahkan menjadi ikon wisata kuliner Wonosobo selain Mie Ongklok.

Meski hanya berupa nasi hangat dan irisan sayur yang telah masak, rasa Nasi Megono ini akan terasa lebih nendang jika Anda santap bersama dengan tempe garit dan telur dadar.

Fasilitas Kawah Sileri

Objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut tersedia guna membuat para pengunjung merasa nyaman.

Meski fasilitas-fasilitas di sini tak selengkap fasilitas yang tersedia di Telaga Warna, sebagian besar pengunjung tetap nyaman selama liburan di sini.

Daftar fasilitas yang tersedia di objek wisata kawah ini, antara lain:

  • toilet
  • Area parkir
  • Warung makan
  • Pusat oleh-oleh
  • Spot foto
  • Pusat persewaan tempat untuk merebus telur
  • Stand penjual telur mentah

Lokasi dan Rute Menuju Objek Wisata Kawah Sileri

Destinasi wisata alam ini terletak di Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Rute terbaik untuk tiba di tempat wisata ini adalah melewati rute Wonosobo-Dieng yang jaraknya sekitar 37 KM. Jarak tempuh ini hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam berkendara saja.

Jalur yang harus Anda lewati juga relatif mudah. Hanya saja pada saat memasuki jalan Wonosobo-Dieng, medannya menjadi terlihat menanjak dan berkelok.

Akan cukup berbahaya untuk pengunjung yang tidak biasa dengan jalur ekstrim semacam ini. Lantas, apa solusinya?

Rental mobil plus driver di Salsa Wisata adalah alternatif solusi terbaik. Di sini, Anda dapat memilih jenis paket rental mobil yang sesuai dengan rencana liburan dan kebutuhan Anda.

Sewa mobil murah misalnya yang akan menjadi pilihan tepat untuk mengakomodasi perjalanan liburan Anda bersama rombongan keluarga.

Harga sewanya pun terjangkau dan sudah termasuk biaya BBM serta hal lainnya.

Jam Operasional Kawah Sileri

Objek wisata ini dapat Anda kunjungi setiap hari, termasuk saat hari libur nasional atau tanggal merah. Jam operasionalnya mulai pada pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Pihak pengelola tidak melayani kunjungan wisata di luar jam operasional di atas. Salah satu waktu terbaik untuk berkunjung biasanya saat pagi hari sebelum pukul 10.00 WIB.

Pada waktu tersebut udara sekitar masih sangat segar. Selain itu aroma belerang belum terlalu tercium menyengat.

Usahakan untuk datang selain waktu tengah hari. Sebab biasanya angin yang bertiup membawa aroma belerang yang pekat.

Opsi lain Anda bisa berkunjung saat sore hari setelah pukul 14.00 WIB. Sambil menghangatkan badan, Anda bisa menikmati telur atau jagung rebus hangat langsung dari kawah.

Jangan pernah lewatkan Kawah Sileri serta berbagai destinasi menarik lainnya di Indonesia. Manfaatkan libur akhir pekan atau cuti panjang Anda menjelajahi tempat-tempat tersebut.

Supaya rencana Anda liburan Anda semakin lancar jangan ragu untuk menggunakan layanan tour and travel dari Salsa Wisata.

Selain paket liburan keluarga yang komplit, Salsa Wisata juga menyediakan akomodasi  lengkap untuk semua kebutuhan perjalanan Anda.

Akomodasi tersebut meliputi transportasi, hotel, tiket wisata, dokumentasi, dan rekomendasi tempat-tempat menarik lain yang bisa Anda kunjungi.

Jadi tunggu apalagi. Segera pilih paket wisata impian Anda dan bersiaplah untuk merasakan momen liburan paling berkesan bersama kami.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)