SalSari Resto & Coffee

Jika anda berkunjung ke Jawa Tengah Tidak ada salahnya untuk mampir di Telaga Warna yang ada di Dieng Jawa Barat. Danau yang berada di ketinggian 2000 mdpl Ini memiliki banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan.

keunikan tempat ini terletak Air Telaga yang dapat berubah-ubah warna tergantung cuaca dan sinar matahari. Hal tersebut karena air danau mengandung sulfur atau belerang yang bereaksi terhadap cahaya matahari.

Kawasan Danau dikelilingi perbukitan dan perkebunan warga sehingga terasa sangat Asri serta menyejukkan. Air Telaga Ini pun dimanfaatkan sebagai irigasi oleh warga untuk mengairi perkebunan kentang dan tanaman lainnya

Legenda Telaga Warna

Ada banyak cerita yang yang tersebar di masyarakat terkait asal usul Telaga Warna Dieng. Salah satu yang paling populer  adalah legenda mengenai Putri Gilang Rukmini dan kerajaannya.

Menurut cerita kelahiran Putri Gilang Rukmini sudah dinanti-nanti oleh orang tua dan masyarakat di kerajaannya. Sehingga saat ia lahir Putri Gilang Rukmini selalu menjadi anak emas tidak hanya oleh raja dan ratu tapi juga oleh warga.

Lalu ulang tahun yang ke-17, sang ayah, Prabu Suwartalaya menghadiahkan sebuah kalung kepada putri Gilang Rukmini. Namun Putri Gilang Rukmini menolak mentah-mentah hadiah yang tersebut dan mengatakan sesuatu yang buruk.

Sang Prabu dan seluruh warga yang ada di sana menangis Mendengar hal tersebut. Tangisan seluruh orang inilah yang akhirnya membentuk sebuah telaga yang terkenaldengan nama Telaga Warna.

Kisah yang juga cukup terkenal adalah kisah tentang Telaga Warna yang menjadi tempat mandi Seorang Dewi bernama Dewi Nawang Wulan. Masyarakat percaya air di Telaga Warna berubah-ubah karena selendang Pelangi milik Dewi Nawang Wulan yang tertinggal di dasar danau.

Lihat tempat wisata di Semarang yang sedang hits ini: Taman Bunga Celosia.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna

Untuk masuk kawasan Telaga Warna biaya yang harus Anda keluarkan tidak mahal sama sekali. Dengan beberapa ribu rupiah saja Anda sudah bisa melihat keindahan Telaga di Dieng ini, lebih jelasnya lihat tabel berikut

Kategori Harga Tiket
Turis Lokal Weekdays (Senin – Jumat Rp12.500,00
Turis Lokal Weekends (Sabtu – Minggu) Rp15.000,00
Turis Asing Weekdays (Senin – Jumat) Rp100.000,00
Turis Asing Weekends (Sabtu – Minggu) Rp150.000,00

Harga yang tercantum di tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pengelola. Namun tabel ini bisa Anda jadikan referensi untuk persiapan sebelum mengunjungi Telaga Warna.

Biaya yang Anda bayarkan pun sudah mencakup wisata Danau Pengilon dan berbagai goa yang ada di kawasan telaga warna. Dengan begitu Anda tidak perlu membayar biaya lebih jika ingin masuk ke tempat wisata lainnya.

Akan lebih hemat lagi jika Anda berkeliling wisata menggunakan pilihan paket wisata dari agen perjalanan. Segala kebutuhan berlibur Anda seperti transportasi, penginapan, dan lainnya sudah tercover dalam biaya paket tour Semarang ini.

Rute Menuju Lokasi Telaga Warna

Lokasi Telaga Warna Dieng

Jika Anda ingin mengunjungi Telaga Warna bisa datang langsung ke desa Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Jaraknya kurang lebih 32 kilometer dari pusat kota Wonosobo dengan waktu tempuh sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Lokasi pintu masuk Telaga Warna berada tepat berada di pinggir jalan menuju Desa Tertinggi di pulau Jawa, Desa Wisata Sembungan. Sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan tempat Jawa Tengah ini.

Akses menuju Telaga Warna ini juga tidak terlalu sulit karena bisa Anda lalui menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Namun karena jalannya menanjak serta banyak jurang dalam di kiri dan kanan jalan lebih baik jika Anda menggunakan jasa rental mobil.

Dari pihak rental mobil ini biasanya sudah menyediakan sopir serta mobil yang prima untuk melakukan perjalanan. Sopir-sopir mereka pun sudah berpengalaman dan paham jalan sehingga perjalanan Anda akan sangat aman.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)