SalSari Resto & Coffee

Selain Garut dan Tasikmalaya, Majalengka juga sering dijadikan tujuan wisata alternatif oleh para wisatawan yang sudah bosan ke Bandung. Di Majalengka, pemandangan alamnya kurang lebih sama seperti kota dan kabupaten lain di Jawa Barat: sejuk, segar, dan asri. Salah satu tempat wisata di Majalengka yang wajib Anda kunjungi yaitu Kebun Teh Cipasung.

Kebun teh ini kurang lebih sama seperti kebun teh Wonosari. Cocok untuk Anda yang ingin healing melepas penat. Kawasan wisata ini menawarkan keindahan pesona alam yang indah dengan udara yang sejuk. Hamparan perkebunan teh hijau berjajar rapi, berpadu dengan pepohonan rindang.

Sekilas Tentang Kebun Teh Cipasung

berfoto Kebun Teh Cipasung

Kebun teh yang cantik ini terletak di kaki gunung Cakrabuana. Kecantikannya tak kalah dengan kebun teh Tambi. Kalau dari pusat kota Majalengka, jaraknya sekitar 58 km.

Itu berarti, butuh waktu kira-kira 1,5 – 2 jam untuk bisa sampai ke Kebun Teh Cipasung dari Kota Majalengka. Sedangkan kalau Anda berangkat dari Tasikmalaya, cuma butuh waktu 1,5 jam untuk bisa sampai ke sini.

Kebun ini berdiri di atas lahan seluas 59 hektar. Pengelolanya adalah salah satu koperasi di Cipasung, yang bernama Koperasi Buana Mukti.

Bukan cuma kebun teh saja, di area ini juga ada pabrik untuk mengolah dan mengeringkan daun teh yang sudah dipetik. Kalau sudah tiba musim panen, daun teh yang baru dipetik bisa langsung diolah.

Itulah sebabnya kebun teh ini bukan cuma jadi tempat wisata belaka, tapi juga jadi ladang rezeki bagi para masyarakat sekitar. Selain deretan kebun teh, yang juga menarik dari tempat ini adalah udaranya yang sejuk khas pegunungan dan jauh dari polusi. Suasananya juga tenang.

Kalau beruntung, Anda bisa melihat kabut yang membungkus sebagian area yang lebih tinggi. Anda bisa mengeksplor kebun teh yang terhampar ini. Para pemetik daun teh ini juga bisa Anda temukan sedang bekerja.

Kalau mau, Anda bisa mempelajari cara memetik daun teh yang benar dari pekerja lokal ini. Masyarakat sekitar ramah terhadap pengunjung. Di hari libur nasional atau akhir pekan, kebun teh yang cantik bisa menarik pengunjung sekitar 50-100 orang per hari.

Biasanya, para pengunjung ini berasal dari kota-kota di sekitar Majalengka. Bahkan, ada juga pengunjung yang jauh-jauh datang dari Jabodetabek.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Cipasung

Ada alasan lain mengapa pengunjung selalu memadati kebun teh ini. Selain pemandangannya indah, harga tiket masuknya juga terbilang sangat murah. Berikut ini rincian harga tiket masuk kebun teh Cipasung.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp10.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Kebun Teh Cipasung

rute Kebun Teh Cipasung

Kalau Anda berkendara dari pusat kota Majalengka, Anda bisa langsung mengarah ke Baturajeg. Dari situ, lanjutkan ke CIgaleuh, sampai tiba di Cipasung. Kalau sudah tiba di Cipasung, Anda hanya harus mengikuti papan penunjuk jalan untuk bisa sampai ke kebun tehnya.

Kondisi jalan menuju kebun teh Cipasung memang sudah bagus. Namun, masih medannya memang terjal. Ditambah lagi, jalannya memang tidak begitu lebar. Jadi, disarankan menggunakan kendaraan besar kalau mau ke sini, karena mobil sedan tidak akan kuat menempuh medan yang cukup berat seperti ini.

Sayangnya, tidak ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan Anda sampai tiba persis di tempat wisatanya. Oleh karena itu, kalau Anda tidak membawa kendaraan yang memadai, disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil plus driver berpengalaman.

Daya Tarik Kebun Teh Cipasung

Kalau Anda datang ke sini, Anda akan melihat banyak spot wisata yang menarik dan instagramable. Spot wisata tambahan ini bisa Anda nikmati tanpa tambahan biaya lagi.

Pemandangan Kebun Teh

pemandangan Kebun Teh Cipasung

Keindahan alami yang ada di kebun teh ini memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Keindahannya setara dengan Kebun Teh Kemuning di Karanganyar.

Perkebunan teh membentang dan menghijau, semuanya terbentuk dan tertata rapi. Ditambah lagi, suasana sejuknya juga membuat tempat ini jadi makin sempurna.

Kalau ingin menikmati keindahan kebun teh dari ketinggian, Anda bisa naik sampai ke gardu pandang. Dari atas, Anda bisa menikmati panorama kebun teh dalam skala yang lebih luas.

Atau, Anda juga bisa menikmati pemandangan di atas rumput hijau. Jangan lupa bawa alas sendiri dan aneka bekal makanan.

Spot Foto

spot foto Kebun Teh Cipasung

Selain duduk menikmati pemandangan, Anda juga tidak melewatkan kegiatan berburu foto. Ada banyak spot alami yang instagramable di sini. Setiap sudutnya punya nilai estetik. Sebagai pengunjung, Anda bisa keliling seluruh area kebun teh ini untuk mendapatkan hasil foto terbaik.

Spot foto yang jadi favorit pengunjung adalah di tengah perkebunan, dengan deretan daun teh di kanan dan kirinya. Spot foto lain yang bisa Anda coba yaitu di jalan setapak dan di gardu pandang.

Tea Walk

tea walk Kebun Teh Cipasung

Mau olahraga sambil menikmati pemandangan indah dan udara yang segar? Anda bisa tea walk di sini. Tak lengkap rasanya datang ke kebun teh tapi hanya menikmati dari satu titik saja.

Anda harus menyusuri semua area kebun teh untuk tahu bahwa tempat ini memang layak dijadikan tempat wisata. Berjalan-jalan di antara pohon teh adalah pengalaman yang menarik.

Pengalaman ini juga bisa Anda dapatkan di tempat wisata di Puncak. Olahraga kali ini tidak akan membuat Anda merasa lelah. Bahkan mungkin juga tidak berkeringat, karena udara cukup dingin untuk menyejukkan suhu tubuh.

Kuliner

Ingin mencicipi makanan khas Jawa Barat kekinian? Anda bisa wisata kuliner di ini. Ada banyak warung, kedai makan, dan cafe yang tersedia di sepanjang area wisata. Kalau Anda tidak ingin makan makanan tradisional lokal. Anda bisa memilih menu lain, karena memang menunya beragam.

Yang membuat pengalaman makan Anda jadi tak terlupakan adalah fakta bahwa Anda bisa menikmati makanan sambil melihat pemandangan Tak perlu khawatir, makanan dan minuman di sini harganya sangat terjangkau. Untuk makanan berat, harga menunya mulai dari Rp8.000,00. Sedangkan camilan, harganya mulai dari Rp1.000,00.

Fasilitas Kebun Teh Cipasung

fasilitas Kebun Teh Cipasung

Fasilitas umum yang tersedia di sini cukup lengkap. Jangan khawatir, semua dibuat untuk memberi kenyamanan ada pengunjung. Beberapa fasilitas standarnya termasuk area parkir yang luas, gazebo, toilet, dan mushola.

Untuk fasilitas penunjang, ada warung makan dengan harga terjangkau. Ada juga gardu pandang untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan dari ketinggian. Tempat sampah pun diletakkan di berbagai tempat untuk membantu pengunjung menjaga kebersihan.

Jam Operasional Kebun Teh Cipasung

Kebun Teh Cipasung buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa datang kapan saja. Biasanya, pengunjung akan datang di pagi hari, ketika suasana masih sangat sejuk. Setelah menikmati pemandangan matahari terbit, mereka biasanya tea walk, lalu sarapan di cafe dan warung makannya.

Tertarik ingin datang ke kebun teh yang cantik ini? Anda bisa booking perjalanan Anda lewat Salsa Wisata. Bukan cuma perjalanan, Anda bisa mengatur liburan Anda secara keseluruhan bersama kami. Kami menyediakan pilihan paket wisata dengan variasi tempat wisata dan durasi liburan.

Dengan harga murah yang Anda bayarkan di awal, Anda sudah akan mendapatkan penginapan berbintang, makan, tiket wisata, dan transportasi. Jauh lebih praktis dan mudah dibanding liburan sendiri, kan? Hubungi kami sekarang untuk info lebih lanjut.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)