Wisata kuliner dengan budget pas-pasan? Makassar adalah tempat yang paling tepat untuk berburu kuliner sekaligus berwisata dengan budget minim. Kamu tidak akan menghabiskan banyak budget ketika wisata kuliner Makassar.

Makassar terkenal sebagai surga kuliner karena terdapat banyak sekali makanan khas yang resepnya sudah turun temurun. Jadi, untuk urusan rasa pasti tidak ada duanya.

Namun, sebelum berburu makanan khas dari Makassar, sebaiknya kamu sewa innova mobil Makassar terlebih dahulu. Hal ini untuk memudahkan kamu saat hendak bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

Simak beberapa makanan khas dari Makassar berikut ini yang tidak boleh kamu lewatkan.

Daftar Wisata Kuliner Makassar Populer yang Enak

Konro Karebosi

Konro Karebosi

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Makassar tanpa mencoba makanan khas Makassar yang legendaris, konro Karebosi. Lokasinya berada di Jalan Gunung Lompobattang, Ujung Pandang, Makassar.

Menu andalan dari rumah makan ini adalah iga bakar dan sop konro dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 70.000 saja. Harga ini sepadan dengan rasa yang ditawarkan.

Iga sapi diolah dengan cara dibakar lalu diberi kaldu hitam pekat yang dilengkapi dengan saus kacang yang melimpah. Tekstur dagingnya sangat lembut dan bumbunya meresap dengan sempurna.

Sementara itu, sop konro tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk dagingnya lebih empuk karena dimasak dengan kaldunya langsung.

Perpaduan sempurna dari rempah-rempah seperti kayu manis, jinten, kapulaga, daun salam, dan lainnya menambah citarasa iga bakar dan sop konro ini.

Sejak tahun 1968 sampai dengan saat ini, warung makan Karebosi berhasil menarik minat banyak pelanggan. Oleh karena itu, tidak hanya di Makassar, Karebosi juga membuka cabang di kota lainnya termasuk Jakarta. Penasaran untuk mencobanya?

Konro Karebosi buka setiap hari mulai dari jam 11.00 WITA sampai jam 23.00 WITA.

Jalangkote Lasinrang Ny. Lily Montolalu

Jalangkote Lasinrang

Jika berwisata ke Makassar, maka jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Makassar. Salah satunya yang paling terkenal yaitu jalangkote Lasinrang Ny. Lily Montolalu yang berlokasi di Jl. Lasinrang, Makassar.

Banyak orang yang mengira jalangkote sama seperti pastel yang pada umumnya dijual di pasar. Namun, meskipun bentuknya mirip, terdapat beberapa perbedaan antara keduanya.

Kulit pastel biasanya lebih tipis sementara jalangkote lebih tebal. Selain itu, jalangkote biasanya dapat kamu santap bersama dengan sambal cair dari campuran cabe dan cuka.

Untuk isiannya juga jalangkote lebih banyak dan beragam. Terdapat laksa, tauge, kentang, telur, dan daging. Hal inilah yang membuat jalangkote Lasinrang lebih nikmat daripada pastel pada umumnya.

Ketika membelinya langsung, kamu bisa memilih jalangkote yang sudah matang maupun mentah. Jika ingin langsung memakannya, kamu bisa memilih jalangkote matang.

Namun, jika ingin membawa pulang oleh-oleh Makassar ini, sebaiknya membeli mentahannya. Jadi, kamu bisa memasak dan menyajikannya dalam keadaan hangat. Sebab, jalangkote semakin nikmat ketika disantap dalam keadaan hangat.

Untuk harga jalangkote khas Makassar ini cukup murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp 6.000 per buahnya. Jalangkote Lasinrang ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 WITA sampai dengan jam 21.00 WITA.

Sop Saudara Irian

Sop Saudara Irian

Bingung mencari sarapan yang enak di Makassar? Kamu bisa mencoba kuliner pagi Makassar yang legendaris yaitu sop saudara. Sop saudara ini merupakan makanan berkuah dengan isian daging dan jeroan sapi.

Rasa sop saudara Makassar ini sangat gurih dan memiliki aroma rempah yang kuat sehingga dapat menggugah selera makan. Salah satu rumah makan yang menjadi favorit para wisatawan yaitu Sop Saudara Irian yang bertempat di Jl. dr. Wahidin Sudirohusodo No 40.

Rumah makan yang sudah berdiri sejak 50 tahun silam ini memiliki resep turun temurun yang selalu terjaga. Jadi, rasanya tetap sama meski sudah berbeda generasi.

Tidak hanya untuk sarapan, sop saudara ini bisa disantap kapan saja. Sebab, Sop Saudara Irian buka selama 24 jam. Untuk harga tidak perlu ditanya karena hanya Rp 30.000 per porsi.

Pallubasa Serigala

Pallubasa Serigala

Jika kamu sedang berada di pusat kota Makassar, tidak ada salahnya untuk mencoba hidangan legendaris asal Makassar yaitu Pallubasa Serigala. Kedai yang sudah berdiri sejak tahun 1978 ini berhasil mempertahankan keaslian cita rasa pallubasanya.

Jadi, tidak heran jika pelanggannya terus bertambah banyak terutama dari kalangan wisatawan. Kedai ini berlokasi di Jl. Serigala XIV sehingga disebut dengan Pallubasa Serigala.

Pemilihan daging segar serta kombinasi dengan berbagai jenis rempah-rempah membuat rasanya semakin nikmat. Daging sapi dan jeroan yang disiram dengan kuah hitam yang gurih sangat nikmat disantap saat masih hangat.

Selain itu juga bisa ditambah dengan telur mentah yang disiram kuah pallubasa panas yang dapat membuat kuahnya menjadi lebih creamy dan gurih. Untuk satu porsinya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 20.000 saja. Murah, bukan?

Kalau mau mencicipi menu andalan rumah makan ini, kamu bisa datang mulai dari jam 09.00 WITA sampai 20.00 WITA setiap harinya.

Bakso Ati Raja

Bakso Ati Raja

Kalau kamu salah satu penggemar bakso, maka wajib untuk mencoba bakso yang sangat terkenal di Makassar yaitu Bakso Ati Raja. Di rumah makan ini kamu bisa menikmati berbagai menu bakso yang lezat.

Hal yang menarik dari Bakso Ati Raja adalah menyajikan bakso dengan kuah bening dan daun bawang. Namun, meski demikian rasanya lebih nikmat dan gurih. Apalagi komposisi baksonya lebih banyak daging daripada tepung.

Kamu juga bisa membawa baksonya untuk oleh-oleh karena tersedia bakso beku untuk dibawa pulang. Untuk harga satu porsinya yaitu mulai dari Rp 30.000 saja.

Bakso Ati Raja buka jam 09.30 WITA – 21.00 WITA setiap harinya. Jadi, pastikan kamu datang sebelum tutup, ya!

Pisang Epe Tamalajua

Pisang Epe Tamalajua

Saat berwisata di Makassar, jangan lupa untuk rental bus pariwisata Makassar terutama jika berwisata bersama keluarga atau teman. Jadi, kamu bisa menjelajahi kota Makassar sepuasnya berburu wisata kuliner Makassar yang enak termasuk pisang epe Tamalajua.

Pisang epe merupakan jajanan khas Makassar yang tidak boleh kamu lewatkan. Dalam proses pembuatannya pisang epe menggunakan pisang raja yang dijepit hingga gepeng lalu di bakar.

Setelah itu disiram dengan saus gula merah yang membuatnya semakin nikmat. Untuk menikmati jajanan dari olahan pisang ini kamu bisa datang ke Jl. Ali Malaka, Maloku. Pisang Epe Tamalajua buka mulai dari jam 17.00 – 04.00 WITA.

Harga pisang epe ini sangat terjangkau yaitu Rp 10.000 untuk satu porsinya. Mau mencobanya?

Mie Titi Panakkukang

Mie Titi Panakkukang

Makanan dari Makassar lainnya yang wajib kamu coba yaitu mie titi Makassar. Mie titi ini sangat terkenal karena memiliki rasa dan cara penyajian yang unik.

Jika ingin mencoba mie titi khas Makassar, kamu bisa datang Mie Titi Panakkukang di Jl. Boulevard no 25. Terdapat dua menu favorit yaitu mie titi ayam dan mie titi seafood.

Ciri khas dari mie titi adalah mie nya tidak direbus melainkan di goreng lalu diberi kuah kental dan topping daging ayam dan seafood. Harganya cukup mahal yaitu Rp 35.000 per porsi.Namun tentu saja sebanding dengan rasanya yang sangat lezat.

Mie Titi Panakkukang buka mulai dari jam 08.00 – 01.00 WITA. Jadi, kalau kamu lapar tengah malam, tidak ada salahnya untuk datang ke sini.

Pangsit Mie Palu

Pangsit Mie Palu

Pangsit Mie Palu adalah salah satu rumah makan favorit orang Makassar karena menyajikan menu mie dengan cara yang cukup berbeda. Namun, Pangsit Mie Palu ini khusus untuk non muslim karena mengandung daging babi.

Wisata kuliner Makassar non halal ini dibuka sejak tahun 2009 dengan pusat di Jl. Sungai Limboto No 62. Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi karena sampai saat ini Pangsit Mie Palu banyak direkomendasikan untuk para penggemar mie.

Paduan mie kenyal dengan berbagai topping seperti ayam suwir, chasiu, pangsit goreng, pangsit kuah, dan babi tore membuat rasa mie nya menjadi lebih kaya. Terdapat beberapa pilihan untuk porsi pangsitnya yaitu kecil, besar, dan jumbo.

Untuk harganya mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 70.000 tergantung porsi dan topping yang dipilih. Harga tersebut sebanding dengan rasa yang tidak ada duanya.

Pangsit Mie Palu buka mulai dari jam 08.00 – 20.00 WITA kecuali hari Minggu yaitu hanya sampai jam 16.00 WITA. Lalu tutup setiap hari Selasa.

Ayam Goreng Sulawesi Ny. Hj. Nursiah

Ayam Goreng Sulawesi

Ayam Goreng Sulawesi Makassar adalah salah satu makanan ikonic asal Makassar. Ayam Goreng Sulawesi ini sudah mulai dibuka sejak tahun 1969 hingga saat ini.

Keistimewaan dari ayam goreng ini adalah menggunakan ayam kampung dan juga diberi bumbu khas yang masih autentik dari Ny. Hj. Nursiah. Sampai dengan saat ini, resep yang digunakan masih sama namun berinovasi pada varian menu.

Ayam Goreng Sulawesi ini buka setiap hari dari jam 10.00 WITA sampai 23.00 WITA. Untuk harga jangan ditanya, karena mulai dari Rp 15.000 saja sudah bisa menyantap salah satu menunya dari olahan ayam yang lezat.

Coto Nusantara

Coto Nusantara

Makassar memang memiliki banyak makanan khas yang berkuah termasuk coto. Coto Makassar adalah makanan yang paling banyak orang cari saat berwisata di kota tersebut.

Coto Makassar terenak dan banyak direkomendasikan warga lokal yaitu coto Nusantara yang letaknya berada di Jl. Nusantara Baru.

Keistimewaan dari coto ini adalah kamu bisa mendapatkan ekstra daun bawang dan bawang goreng yang membuat aroma kuahnya menjadi lebih kuat. Selain itu, potongan dagingnya juga lebih besar serta lebih empuk.

Mengenai harga, coto nusantara cukup ramah di kantong yaitu mulai dari Rp 15.000 untuk per porsinya. Kedai ini buka mulai dari jam 06.00 – 18.00 WITA jadi cocok untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Luce Gelato

Luce Gelato

Tidak hanya makanan tradisional, kamu juga bisa menemukan jajanan kekinian ala milenial di Makassar. Saat berada di Makassar coba untuk datang ke Luce Gelato yang berada di Jl. Sulawesi No 181.

Berbeda dengan es krim, gelato khususnya yang dibuat oleh Luce Gelato terbuat dari bahan yang alami tanpa pengawet, pewarna, maupun perasa makanan.

Untuk harganya juga cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 25.000 saja. Tidak heran jika Luce Gelato selalu dipadati pembeli dari berbagai usia dan kalangan.

Kedai ini memiliki suasana yang cozy dan buka setiap hari mulai dari jam 10.00 – 20.30 WITA. Jadi, sangat cocok untuk hangout bersama teman.

RM Palekko Racing

RM Palekko Racing

Selain olahan daging sapi dan ayam, Makassar juga punya olahan bebek yang tidak kalah nikmat. Kamu bisa datang ke RM Palekko Racing yang berada di Jln. Racing Center No 19A.

Olahan daging bebek dengan bumbu racikan khusus membuat rasanya menjadi lebih nikmat. Apalagi daging bebek sendiri sudah gurih sehingga ketika diolah dengan bumbu khas bugis dapat membuat rasanya lebih keluar.

Harga untuk setiap makanannya bervariasi yaitu mulai dari Rp 35.000 sampai Rp 135.000 per porsi. Kamu bisa datang ke rumah makan ini mulai dari jam 10.00 WITA sampai 21.00 WITA.

Ulu Juku Mappanyukki

Ulu Juku Mappanyukki

Jika bosan dengan daging ayam, bebek, atau sapi, kamu harus coba datang ke Ulu Juku Mappanyukki. Di sini kamu bisa menemukan menu utama dari olahan kepala ikan.

Dalam bahasa Makassar, kepala ikan disebut juga dengan ulu juku. Menu andalan dari ulu juku ini yaitu palumara, kepala ikan dengan kuah kuning yang gurih dan asam.

Palumara ulu juku ini menggunakan rempah seperti kunyit yang ditambah dengan jeruk nipis untuk memberi sensasi rasa asam. Terkadang, jeruk nipis diganti dengan belimbing.

Rasa gurih dan asam ini bisa kamu nikmati dengan sepiring nasi hangat yang dapat memberikan pengalaman wisata kuliner Makassar yang murah dan tidak terlupakan. Apalagi harganya yang ekonomis yaitu Rp 30.000 per porsi.

Rumah makan ini mulai beroperasi dari jam 08.00 – 22.00 WITA setiap harinya.

Nasi Kuning Bau Mangga

Nasi Kuning Bau Mangga

Nasi kuning dapat menjadi solusi ketika lapar dan sangat cocok dimakan saat pagi hari. Makassar juga terkenal dengan nasi kuningnya yang gurih dan nikmat seperti nasi kuning Bau Mangga.

Kamu bisa langsung datang ke Jl. Bau Mangga No 12 untuk bisa mencicipi nasi kuning yang lezat ini. Tentu bukan hanya nasi kuning, kamu juga bisa memilih lauknya sesuai dengan selera dengan harga mulai dari Rp 25.000.

Terdapat beberapa pilihan untuk lauk seperti dangkot bebek, paru, ayam kecap, rendang, dan lainnya. Untuk bisa menyantap hidangan lezat ini kamu bisa datang jam 08.00 – 13.00 WITA.

Mie Hengky

Mie Hengky

Selain mie titi, terdapat mie kering lainnya yang juga sangat populer di Makassar yaitu mie hengky.  Usaha mie hengki ini sudah ada sejak tahun 1980 dan masih bertahan hingga saat ini.

Kini, mie hengki diteruskan oleh anaknya karena pemilik aslinya sudah tidak sanggup memasak. Kendati demikian, rasanya masih tetap sama karena mempertahankan resep dari pemiliknya.

Biasanya, ketika orderan membludak, rumah makan akan menyiasatinya dengan memasak dalam jumlah banyak sekaligus. Berbeda dengan mie hengki yang membuatnya satu persatu agar rasanya tetap terjaga.

Selain mie kering yang diberi kuah kental, terdapat toping seperti sawi, suwir ayam, hati, dan lainnya. Untuk mie legendaris ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp 30.000 saja.

Uniknya, mie hengki tidak memiliki cabang di manapun bahkan tidak dijual secara online. Jadi, kalau kamu mau mencoba mie hengky harus datang langsung ke tempatnya.

Mie Hengky buka setiap hari mulai dari jam 18.00 WITA sampai jam 01.00 WITA. Jadi, sangat cocok untuk santapan malam ketika lapar melanda.

Penutup

Selain mengunjungi tempat wisata Makassar, kamu juga harus menyempatkan diri untuk wisata kuliner Makassar baru. Sebab, kota Makassar memiliki segudang makanan khas legendaris yang wajib kamu coba.

Kalau kamu memilih paket wisata Makassar, pastikan untuk memilih paket wisata yang membawa kamu ke rumah makan populer di Makassar. Jadi, kamu bisa mencoba beberapa jenis makanan khas kota Makassar.

Dari beberapa wisata kuliner Makassar di atas, adakah yang pernah kamu coba?

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (5 votes)