Makassar merupakan salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia bagian Timur. Tak heran jika banyak tempat wisata yang ada di ibu kota Sulawesi Selatan itu. Bahkan banyak tempat wisata Makassar yang memiliki keunikan dan keindahan alam memikat.

Bagi Anda yang mencari wisata religi, pantai, edukasi, dan yang lainnya juga tersedia di Makassar. Berikut ini kami rekomendasikan tempat wisata bagi Anda yang ingin berlibur di Makassar.

Daftar Tempat Wisata Makassar Populer

Khusus untuk Anda yang menyukai objek wisata pantai, tempat wisata berikut ini bisa Anda kunjungi.

Pantai Losari

Pantai Losari

Terletak di Ujung Pandang, Pantai Losari merupakan objek wisata yang patut dikunjungi ketika Anda berkunjung ke Kota Makassar. Lokasinya tidak jauh dari Bandara Hasanuddin, dimana Anda bisa menempuhnya sekitar setengah jam saja. Disekitar tempat wisata ini banyak penjual oleh-oleh khas Makassar.

Anda bisa datang ke pantai ini kapanpun tanpa perlu khawatir dengan adanya jam operasional dari pihak pengelolanya. Namun waktu jam 3 sore hingga jam 9 malam adalah waktu yang paling banyak dikunjungi. Menariknya lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berlibur ke Pantai Losari alias gratis.

Pantai Akkarena

Khusus bagi Anda yang ingin berlibur dengan menikmati keindahan pantai bisa berkunjung ke Pantai Akkarena. Tak hanya memiliki keindahan alam yang mempesona saja, disini juga tersedia berbagai watersports hingga cafe-cafe yang unik.

Untuk masuk ke objek wisata ini Anda perlu membayar tiket, namun harganya tidak terlalu mahal. Untuk weekday hanya Rp10 ribu saja per orang, sementara untuk weekend Rp15 ribu dan untuk anak-anak di bawah 5 tahun gratis. Untuk lokasi pantai Akkarena ini berada di pesisir wilayah Tanjung Bunga, Makassar.

Pantai Tanjung Bayang

Pantai Tanjung Bayang merupakan pantai yang sangat terkenal di kota Makassar. Pantai ini punya pesona yang indah dan menawan, sehingga banyak orang yang tertarik mengunjungi pantai yang satu ini. Apalagi disana juga menyediakan fasilitas yang membuat pengunjungnya bisa betah untuk mantai.

Pantai Tanjung Bayang letaknya berada di Kelurahan Barombong yang tidak terlalu jauh dari pusat kota dan sangat mudah diakses. Anda bisa menggunakan layanan sewa mobil Makassar Salsa Wisata jika ingin ke lokasi dengan lebih efektif dan efisien.

Pantai ini bisa diakses kapanpun dan harga tiket masuknya sangat murah yaitu hanya Rp5 ribu saja per orang.

Losari Beach Platform

Losari Beach Platform

Salah satu wisata pantai di Makassar yang bisa Anda kunjungi yaitu Losari Beach Platform. Anda bisa berfoto di pantai dengan background pantai Losari atau Masjid Terapung dan Masjid Seribu Kubah. Rasanya kurang lengkap jika berlibur ke Makassar jika tidak mengunjungi pantai yang satu ini.

Anda bisa datang ke tempat ini kapanpun karena bisa diakses selama 24 jam. Banyak juga wahana yang bisa Anda manfaatkan ke objek wisata ini selain untuk berfoto-foto atau sekedar menikmati keindahan alam yang mempesona.

Pulau Samalona

Salah satu daya tarik dari tempat wisata Makassar hits yang satu ini yaitu punya keindahan bawah laut yang mempesona. Bahkan pulau ini telah dipromosikan sebagai objek wisata pada event-event pariwisata internasional. Sehingga pemandangan bawah laut di pulau ini sudah terkenal ke mancanegara.

Untuk weekday, harga tiket masuk ke Pulau Samalona ini yaitu Rp300 ribu dan weekend mencapai Rp400 ribu. Tempat ini bisa diakses selama 24 jam tanpa ada sistem buka tutup, jadi Anda bebas datang kapanpun.

Pulau Kodingareng Keke

Buat Anda yang suka menikmati keindahan bawah laut, Pulau Kodingareng Keke merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi. Pulau ini memang menawarkan wisata alam yang sangat menakjubkan. Dijamin Anda bakal betah dan ingin berlama-lama ketika mengunjungi pulau ini.

Untuk bisa sampai ke pulau, Anda harus menyewa perahu motor di dermaga, tepatnya di depan Benteng Ujung Pandang. Anda hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 40 menit saja. Untuk tiket masuknya sekitar Rp30-50 ribu per orang dan butuh budget tambahan jika Anda ingin diving atau snorkling.

Pelabuhan Paotere

Berdiri sejak tahun 1991, kini Pelabuhan Paotere sudah menjelma menjadi objek wisata bahari. Pelabuhan ini menawarkan pesona alam sangat mempesona. Anda bisa menikmati betapa indahnya pemandangan dengan gaya klasik di zaman modern ini.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi objek wisata bahari itu tidak memerlukan biaya yang besar. Untuk biaya per orangnya hanya sekitar Rp3 ribu saja, sementara untuk kendaraan dan sopir hanya Rp15 ribu saja.

Pantai Galesong

Pantai Galesong

Pantai Galesong merupakan objek wisata yang sangat cocok untuk Anda penikmat wisata air. Pantai Galesong ini mengkombinasikan pantai dengan kolam renang yang letaknya di bibir pantai. Namun ada juga wisata lainnya seperti wahana adrenalin, outbound, restoran, dan hotel.

Pantai Galesong ini berada di kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Tiket masuk untuk mengunjungi pantai ini hanya Rp25 ribu per orang dan Anda sudah menikmati semua wahana yang ada di kawasan pantai. Pantai Galesong bisa Anda akses setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 7 malam.

Pulau Khayangan

Apa yang terbesit dalam pikiran Anda ketika mendengar istilah Khayangan? Ya, pasti punya keindahan alam yang sangat indah seperti surga. Di Makassar terdapat pulau yang menawarkan panorama yang sangat cantik yang disebut Pulau Khayangan.

Pulau ini berseberangan dengan objek wisata Daeng yang berada di Pantai Losari. Untuk masuk ke pulau Khayangan, Anda harus pergi ke dermaga terlebih dahulu yang ada di Jln Ujung Pandang No. 6. Tarif kendaraannya sekitar Rp25 ribu hingga Rp25 ribu per orang.

Pulau Laelae

Pulau Laelae menjadi tempat wisata bagi Anda yang ingin jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Pulau ini punya pesona yang sangat menawan, sehingga sangat cocok Anda jadikan tempat berlibur dan bersantai. Terlebih lagi jumlah penduduk di pulau ini sangatlah sedikit.

Pulau Laelae menjadi tempat wisata di Makassar yang gratis yang bisa Anda kunjungi. Anda hanya perlu membayar biaya penyebrangannya saja dari dermaga. Jika Anda ingin menginap, disana juga tersedia penginapan khusus yang disediakan oleh warga sekitar mulai dari Rp50 ribu hingga Rp150 ribu.

Gusung Bonetambu

Salah satu pulau eksotis yang ada di Makassar adalah Gusung Bonetambu. Masyarakat setempat menyebutnya dengan sangkarang atau pulau Kaya karena punya keragaman hayati bawah laut. Untuk letaknya sendiri berada di Ujung Tanah, Makassar.

Anda tidak akan kesulitan untuk memasuki tempat wisata ini. Jika dari kota Makassar, Anda bisa menempuhnya sekitar 30 menitan saja. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk penyebrangan saja dan penginapan jika memang akan menginap.

Pulau Bara Lompo

Pulau Bara Lompo menyediakan fasilitas yang sangat lengkap dan maju ketimbang pulau lainnya di Makassar. Pulau ini memiliki hamparan terumbu karang yang sangat luas. Jadi bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari hiruk-pikuk perkotaan bisa berkunjung ke pulau ini.

Pulau Bara Lompo berada di Ujung Tanah, Makassar dan bisa Anda kunjungi kapanpun. Anda hanya perlu menggocek uang sebesar Rp15 ribu saja per orang untuk masuk ke pulau ini. Kemudian Anda juga perlu biaya transportasi untuk sampai ke Pulau Bara Lompo.

Pantai Anging Mammiri

Pantai Anging Mammiri

Anda juga bisa mengisi akhir pekan atau menyegarkan pikiran dari kesibukan pekerjaan dengan berlibur ke Pantai Anging Mammiri. Bersebelahan dengan Pantai Tanjung Bayang, Pantai Anging Mamiri juga panorama alam yang sangat indah.

Pantai yang dibuka sejak 14 tahun lalu ini berada di Tanjung Bunga dan sekarang bisa Anda akses kapanpun. Harga tiket untuk masuk ke pantai ini juga sangat murah. Anda juga bisa menikmati berbagai wahana yang tersedia, misalnya Banana Boat yang bisa menampung hingga 6 orang.

Pulau Badi

Salah satu tempat wisata di Makassar yang belum diketahui oleh kebanyakan orang yaitu Pulau Badi. Anda bisa menikmati keindahan pantai ini, apalagi menjelang malam hari. Keindahan bawah lautnya juga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunjungi pantai ini.

Untuk bisa sampai ke Pulau Badi, Anda perlu menggunakan speed boat dari Pantai Losari dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Anda juga tidak perlu mengeluarkan tiket masuk karena gratis. Jadi Anda hanya perlu bayar sewa kendaraan saja untuk menyebrang.

Pantai Tanjung Layar Putih

Satu lagi pantai yang punya panorama indah di Kawasan Tanjung Bayang, Makassar. Pantai tersebut adalah Pantai Tanjung Layar Putih yang punya pesona tak kalah indah dari Pantai Akkarena. Pantai ini kurang dilirik banyak wisatawan, padahal keindahan pantai ini sangat mempesona, terutama menjelang sunset.

Pantai Tanjung Layar Putih ini hanya berjarak 60 kilometer dari Anjungan Pantai Losari. Biaya masuk untuk pengendara motor hanya sekitar Rp5 ribu saja, sementara untuk pengendara mobil sekitar Rp10 ribu. Jadi Anda bisa menikmati pesona pantai ini dengan harga yang sangat terjangkau.

Pantai Kuri Indah

Pantai Kuri Indah

Salah satu tempat wisata di Maros yang bisa Anda kunjungi yaitu Pantai Kuri Indah yang punya bibir pantai dihiasi lempengan batu di atasnya. Keindahan pantai ini akan benar-benar mempesona saat matahari tenggelam. Anda juga bisa berkeliling hutan mangrove dengan menggunakan perahu nelayan.

Pantai Kuri tidak jauh dari pusat kota karena lokasinya berada diantara Kota Maros dan Kota Makassar. Ketika sudah sampai di gerbang pantai, Anda akan ditagih biaya tiket dengan harga weekday dan weekend sama. Pantai ini bisa diakses selama 24 jam, jadi Anda juga bisa datang menjelang malam ke pantai ini.

Pulau Kodingareng Lompo

Ingin berlibur ke Pantai sambil mengenal budaya masyarakat setempat? Pulau Kodingareng Lompo menjadi tempat wisata yang sangat kami rekomendasikan. Pulau ini tidak hanya memiliki pasir putih dan laut yang bersih, tapi mudah diakses, mudah mendapatkan tempat tinggal, dan mudah mencari makanan khas Makassar.

Pulau Kodingareng Lompo merupakan pulau berpenghuni yang ada di Kecamatan Sangkarrang, Makassar. Untuk tiket masuk ke pulau ini gratis, namun Anda perlu mengeluarkan biaya untuk sewa kendaraan penyeberangan. Akses termurah ke pulau ini bisa menggunakan kapal penumpang regular.

Pantai Barombong

Pantai Barombong menjadi salah satu pantai terbaik di Makassar untuk menikmati sunset. Pantai ini juga merupakan daerah perkampungan nelayan, jadi Anda bisa menikmati sunset sambil bakar ikan. Selain itu, pasir hitamnya menjadi daya tarik tersendiri kenapa banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Pantai Barombong berada di Kecamatan Tamalate dan sangat mudah diakses oleh siapapun. Anda bisa berkunjung ke tempat ini kapanpun karena buka selama 24 jam. Selain itu, harga tiket untuk masuk ke pantai ini juga gratis.

Gusung Bara Caddi

Gusung Bara Caddi merupakan pulau yang terbentuk karena tumpukan pasir dan tumpukan tersebut semakin membesar dari waktu ke waktu. Di Pulau Ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga. Buat Anda pecinta mancing bisa berkunjung ke pulau yang satu ini.

Tiket untuk masuk ke Gusung Bara Caddi ini sangat murah, namun Anda perlu mengeluarkan uang untuk biaya transportasi. Pulau ini berada di Barrang Caddi, Ujung Tanah, Makassar. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke pulau ini biasanya akan menumpuk di hari libur dan akhir pekan.

 Pulau Pajenekang

Pulau Pangkajene merupakan kawasan wisata populer yang ada di Pangkep, Makassar. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Bahkan disana juga terdapat berbagai objek wisata mulai dari budaya, religi, kuliner, hingga bahari.

Pulau ini berjarak sekitar 20 km dari kota Makassar dan Anda harus ke pelabuhan Tradisional Paotere untuk sewa kendaraan. Tarif untuk biaya penyebrangan ini beragam mulai dari Rp10 ribu hingga Rp30 ribu. Sementara untuk tiket masuk ke pulau Pajenekang ini gratis.

Selain mempunyai pantai yang eksotis, Makassar juga memiliki banyak objek wisata religi yang sangat indah. Masjid dan gereja yang terdapat disana punya bangunan yang unik. Berikut ini adalah objek wisata religi di Makassar yang bisa Anda kunjungi.

Masjid Terapung Makassar

Kalau Anda berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk mampir ke Masjid Amirul Mukminin. Selain untuk menunaikan ibadah shalat, Anda juga bisa menikmati keindahan masjid ini. Masjid terapung ini memiliki keindahan yang sangat mempesona, terutama di sore hari dan menjelang matahari terbit.

Anda tidak perlu membayar tiket karena Masjid Terapung ini bisa diakses oleh siapapun yang ingin melakukan Sholat. Jadi sekalian menunaikan kewajiban, Anda bisa menikmati indahnya masjid dan pantai losari.

Masjid Raya Makassar

Selain Masjid Apung, Anda juga bisa berkunjung ke Masjid Raya Makassar. Letaknya berada di pusat kota, sehingga Anda juga bisa mengaksesnya dengan mudah. Salah satu keindahan dari keindahan masjid ini yaitu punya desain arsitektur Mediterania dengan warna dasar krem.

Masjid ini sengaja di desain terbuka supaya pengunjung bisa langsung merasakan sejuknya udara Makassar. Masjid Raya Makassar ini punya dua menara dengan tinggi 66,66 meter. Sehingga Anda bisa melihat keindahan kota Makassar dari ketinggian.

Masjid 99 Kubah CPI Makassar

Objek wisata religi yang akan membuat Anda berdecak kagum yaitu Masjid 99 Kubah CPI Makassar. Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan pesona keindahan masjid yang satu ini. Bahkan Masjid ini masuk ke dalam 10 masjid unik yang ada di Indonesia.

Masjid 99 Kubah CPI ini terletak di Ujung Pandang, Kota Makassar. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan objek wisata yang satu ini. Anda bisa masuk ke Masjid ini untuk menunaikan Shalat sambil menikmati pesona sekitar masjid yang mempesona.

Gereja Katedral Makassar

Gereja Katedral Makassar merupakan gereja tertua di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Bangunannya yang bergaya Eropa Gothic membuat gereja ini punya daya tarik tersendiri. Tak heran jika objek wisata religi ini sangat kami rekomendasikan, terutama bagi Anda penganut agama Kristiani.

Berada di pusat kota, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan Gereja Katedral Makassar ini. Jika Anda sedang berada di jalan Kajaolalido bisa melihat gereja ini dengan bangunan berkhas Eropa. Sampai sekarang bentuk bangunannya masih dipertahankan.

Masjid Alfatih Al Anshar

Anda tentu saja ingin mengunjungi Ka’bah di Makkah, terutama untuk menunaikan ibadah Haji. Namun sebelum pergi kesana, Anda bisa pergi dulu ke Masjid Alfatih Al Anshar yang ada di Makassar. Masjid ini punya konsep bangunan yang hampir sama seperti Ka’bah.

Banyak warga sekitar maupun masyarakat yang berasal dari luar Makassar untuk berkunjung ke Masjid yang satu ini. Mereka bisa berfoto atau selfie untuk mengobati rindu mereka ke Ka’bah. Jadi selain untuk keperluan beribadah, Masjid Alfatih Al Anshar ini juga bisa digunakan objek wisata religi.

Masjid Tua Al-Hilal Katangka

Masjid Tua Al-Hilal Katangka

Masjid Tua Al-Hilal Katangka menjadi salah satu masjid tertua di Sulawesi Selatan. Masjid ini adalah peninggalan kesultanan Gowa yang pertama kali dibangun pada tahun 1603 Masehi. Namun ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa Masjid ini didirikan sejak abad ke-18 Masehi.

Anda yang berlibur dan ingin menunaikan ibadah Sholat, lakukanlah di Masjid Tua Al-Hilal Katangka. Masjid ini berada di Kelurahan Katangka, Somba Opu Sulawesi Selatan. Selain untuk beribadah, banyak juga wisatawan yang berkunjung ke Masjid ini, terutama di bulan Ramadhan.

Klenteng Ibu Agung Bahari

Klenteng Ibu Agung Bahari merupakan bangunan cagar budaya sekaligus tempat peribadatan Umat Budha dan ritual hari-hari besar. Mereka yang datang ke tempat ini bukan hanya etnis Tionghoa saja, tapi juga wisatawan di luar Makassar, bahkan mancanegara.

Klenteng ini juga dikenal dengan nama Vihara Ibu Agung Bahari yang dibangun untuk memuja Dewi Ma Tjo Poh yang dipercaya sebagai Dwi Pembawa Berkah dan Keselamatan di Laut. Buat Anda yang ingin mengenal lebih dalam tentang sejarahnya bisa langsung datang ke Klenteng yang satu ini.

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng hoo merupakan masjid dengan bangunan kelenteng yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bukan hanya warga yang beragama Islam Tanah Air saja, banyak juga mereka yang datang dari China. Masjid ini merupakan perpaduan budaya Bugis, Timur Tengah, dan China.

Masjid ini berada di kawasan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Makassar. Selain bisa menunaikan ibadah, Anda juga bisa menikmati keindahan Masjid Muhammad Cheng Hoo ini. Letaknya berada di pusat kota membuat Anda akan lebih mudah menemukan masjid yang satu ini.

Vihara Girinaga

Vihara Girinaga Makassar

Salah satu vihara yang paling megah di Kota Makassar adalah Vihara Girinaga. Akan lebih indah lagi jika Anda mengunjungi tempat ini di malam hari. Banyak lampu-lampu berkilauan yang sangat indah untuk dipandang di malam hari.

Vihara Girinaga ini mulai buka jam 6 pagi dan tutup jam 10 malam. Sehingga Vihara ini sangat cocok untuk dijadikan wisata malam ketika Anda berkunjung ke Makassar.

Klenteng Xiang Ma

Jalan Jalan ke Kota Makassar rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi salah satu klenteng terbesar ini. Rumah peribadatan tertua di Makassar ini telah dibangung sejak tahun 1864. Selain digunakan untuk acara peribadatan, sekarang Klenteng ini juga telah dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Klenteng Xiang Ma banyak dikunjungi menjelang hari raya Imlek dan banyak pengunjung yang berfoto-foto di depan klenteng ini. Anda tidak perlu membayar tiket untuk berkunjung ke klenteng ini.

Masjid Al Markaz Al Islamy

Salah satu Masjid yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Makassar yaitu Masjid Al Markaz Al Islamy. Masjid Monumental ini merupakan pusat peradaban dan pengkajian Islam di Makassar. Salah satu keunikannya yaitu punya arsitektur yang mirip seperti Masjidil Haram & Masjid Nabawi di Madinah.

Tidak heran jika banyak wisatawan yang juga singgah terlebih dahulu di Masjid ini. Selain untuk menunaikah ibadah, banyak dari mereka yang menikmati indahnya bangunan Masjid Al Markaz Al Islami ini.

Banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Makassar. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur sambil menambah wawasan. Berikut objek wisata bersejarah di Makassar yang bisa Anda kunjungi.

Benteng Rotterdam

Fort Rotterdam termasuk salah satu objek wisata yang populer di pusat kota Makassar. Benteng ini merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang di dalam kompleksnya memiliki gaya arsitektur khas Eropa, terutama Belanda.

Benteng Rotterdam buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 6 sore. Untuk harga tiket masuknya yaitu sekitar Rp5 ribu untuk orang dewasa dan Rp3 ribu untuk anak-anak. Disana juga tersedia jasa pemandu jika Anda ingin memperoleh lebih banyak informasi tentang benteng bersejarah itu.

Benteng Somba Opu Gowa

Salah satu objek wisata bersejarah yang bisa diakses secara gratis di Makassar adalah Benteng Somba Opu Gowa. Lokasinya berada di Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Sehingga lokasinya tersebut tidak jauh dari pusat kota Makassar.

Untuk bisa ke tempat wisata Makassar terbaru tersebut, Anda bisa menggunakan layanan rental bus Makassar dari Salsa Wisata. Anda bisa menggunakanan layanan roda empat, motor, atau bus pariwisata.

Untuk Benteng Somba Opu Gowa ini mulai buka pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam. Anda hanya perlu membayar seikhlasnya saja untuk masuk ke dalam museum bersejarah tersebut.

Museum Balla Lompoa

Satu lagi objek wisata bersejarah yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur di Makassar yaitu Museum Balla Lompoa. Tempat wisata ini berada di kawasan Gowa, Sungguminasa, Makassar. Anda bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Menariknya lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke museum bersejarah ini. Sementara itu Museum Balla Lompoa ini mulai beroperasi pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore waktu setempat.

Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat

Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat

Selain punya keindahan alam yang indah, Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat menyimpan sejarah yang patut untuk Anda jelajahi. Monumen ini menjadi saksi atas pembebasan Irian Barat.

Terletak di Ujung Pandang, objek wisata bersejarah ini bisa Anda akses dengan mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Tempat ini akan mulai beroperasi mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore.  Harga tiket masuk ke monumen juga sangat murah, yaitu hanya sekitar Rp10 ribu saja perorang.

Museum Kota Makassar

Museum ini telah banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Lika-liku perjalanan Kota Makassar hingga seperti sekarang ini tergoreskan dalam Museum tersebut. Tak hanya wisata edukasi, di museum ini juga terdapat wisata alam maupun kuliner.

Anda tak perlu menggocek banyak uang untuk masuk ke Museum terkenal itu. Dengan uang sebesar Rp5 ribu saja Anda sudah bisa masuk ke Museum Kota Makassar. Museum ini akan buka mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

Museum La Galigo

Jika Anda ingin mengetahui sejarah kota Angin Mamiri, berkunjung ke Museum La Galigo adalah sebuah keharusan. Di museum ini banyak sekali sejarah-sejarah kuno. Disini Anda akan memperoleh banyak informasi menarik seperti koleksi rumah adat, adat pernikahan bugis, dan sebagainya.

Harga tiket untuk masuk ke Museum La Galigo ini sangatlah murah, yaitu hanya Rp10 ribu saja per orang. Museum ini akan dibuka mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Untuk lokasinya berada di Bulo Gading, Kecamatan Makassar, Kota Makassar.

Museum Karaeng Pattingalloang

Museum Karaeng Pattingalloang

Museum Karaeng Pattingalloang menjadi tempat wisata di Makassar dan Gowa yang selanjutnya bisa Anda kunjungi. Museum ini resmi dibangung untuk mengenang riwayat hidup Karaeng Pattingalloang. Museum yang terletak di Barombong, Gowa ini mulai dibangun sejak tahun 1989.

Anda bisa berkunjung ke Museum Karaeng Pattingalloang mulai pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam. Untuk tiketnya, Anda bisa bayar seikhlasnya saja kepada petugas yang ada di sana.

Taman Macan

Destinasi wisata bersejarah, Taman Macan berhasil membuat banyak wisatawan jatuh hati. Taman ini banyak digunakan sebagai tempat untuk bersantai di sore hari dan banyak dimanfaatkan banyak warga untuk menghilangkan rasa suntuk setelah seharian bekerja.

Terdapat banyak cerita masa lalu yang bisa Anda ketahui, terutama sejarah berdirinya monumen ini. Para para pemuda rela berjuang mati-matian mempertahankan tanah air di masa penjajahan Belanda. Harga tiket untuk masuk ke wisata bersejarah ini sangatlah terjangkau.

Monumen Korban 40.000 Jiwa

Jika Anda ingin menambah wawasan mengenai penjajahan kolonial Belanda di Sulawesi Selatan, Monumen Korban 40.000 jiwa bisa Anda kunjungi. Secara tidak langsung, Anda juga bisa membantu meningkatkan rasa patriotisme dalam diri sendiri dan mensyukuri arti dari kemerdekaan Republik Indonesia.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Kota Makassar membuat monumen ini sangat mudah untuk dikunjungi. Monumen ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore waktu setempat. Kemudian untuk tiket masuknya tidak perlu bayar alias gratis.

Istana Tamalate

Istana Tamalate

Ketika berkunjung ke Museum Balla Lompoa, Anda juga bisa mampir terlebih dahulu ke Istana Tamalate. Istana ini adalah istana pertama kerajaan Gowa sebelum pindah ke dalam Benteng Gowa Opu. Istana Tamalate ini adalah replika dari istana aslinya yang sudah punah.

Namun sayang, ketika berkunjung ke Istana Tamalate ini Anda tidak bisa masuk ke dalam karena terkunci dan belum ada penjaganya. Jadi Anda hanya bisa melihat bagian luarnya saja.

Gedung Kesenian Sulsel Societeit De Harmonie

Gedung Kesenian Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu gedung bersejarah di Makassar. Gedung ini menjadi saksi pertunjukan berbagai seni Eropa di Sulawesi. Gedung ini sudah dibangung sejak 1860 dan bbentuk bangunannya masih tetap dipertahankan hingga sekarang.

Kalau Anda berlibur ke Benteng Rotterdam, jangan lupa untuk mampir ke Gedung Kesenian ini. Tempat wisata Makassar dekat bandara bersejarah ini sangat cocok untuk Anda kunjungi untuk menambah wawasan. Untuk keperluan foto-foto, gedung ini juga punya keindahan yang menarik.

Di Makassar juga banyak sekali objek wisata yang sangat cocok untuk dinikmati bareng keluarga. Wahana yang tersedia juga sangat lengkap, sehingga Anda dan keluarga bisa berlibur lebih menyenangkan. Berikut ini adalah objek wisata keluarga yang bisa Anda kunjungi di Makassar.

Trans Studio Makassar

Untuk kebutuhan rekreasi bareng keluarga, Trans Studio Makassar merupakan tempat wisata indoor yang sangat kami rekomendasikan. Di dalamnya terdapat banyak sekali hiburan dan atraksi yang bisa memberikan pengalaman liburan yang unik dan menarik.

Trans Studio Mall ini terletak di Tanjung Bunga Makassar, Anda hanya perlu waktu sekitar 15 menit saja dari pusat kota Makassar. Mall ini buka jam 10 pagi hingga jam 6 sore. Untuk harga tiketnya yaitu Rp150 ribu untuk hari Senin-Jumat dan Rp200 Ribu untuk weekend atau hari libur.

Bugis Waterpark Adventure

Terletak di perumahan bukit Baruga, Waterpark ini menawarkan banyak sekali wahana permainan air. Beberapa diantaranya yaitu Lazy River, Seluncuran, Kids Pool, dan masih banyak lagi. Bahkan terdapat 20 wahana air yang bisa Anda manfaatkan di Bugis Waterpark Adventure ini.

Objek wisata ini buka setiap hari dengan mulai beroperasi pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp75 ribu per orang untuk weekday. Sementara untuk weekend dan hari libur tiketnya Rp100 ribu per orang.

Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park

Anda dan keluarga bisa merasakan betapa serunya liburan hanya dalam satu tempat saja. Ya, Gowa Discovery Park memiliki wahana bermain yang beragam dan menyenangkan. Tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini, terutama weekend dan hari libur.

Gowa Discovery Park lokasinya dekat dengan wisata bersejarah Benteng Somba Opu. Meskipun punya wahana permainan yang lengkap, namun harga tiket masuk ke objek wisata ini tidaklah mahal. Anda hanya perlu menggocek Rp60 ribu di weekday dan Rp70 ribu di weekend dan hari libur.

Kebun Gowa

Jika Anda ingin berlibur bersama keluarga atau sahabat, Kebun Gowa menjadi objek wisata yang kami rekomendasikan. Objek wisata ini bukan hanya dipenuhi dengan bunga atau buah-buahan saja. Kebun Gowa juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap, sehingga liburan akan semakin menyenangkan.

Di hari-hari biasa atau weekday, harga tiket masuk ke kebun Gowa ini yaitu Rp10 ribu saja. Sementara untuk weekend dan hari libur harga tiketnya naik menjadi Rp20 ribu. Jika ingin berlibur lebih tenang, kami sarankan untuk pergi ke Kebun Gowa di weekday saja karena sepi pengunjung.

Pulau Wisata Lakkang

Meskipun statusnya masih perkampungan, tapi pulau Lakkang ini tidak jauh dari pusat kota. Pulau Lakkang sendiri merupakan perkampungan yang berada diantara Sungai Tallo dan Sungai Pampang. Bagi Anda yang ingin mengenal salah satu budaya di Makassar bisa berkunjung ke Pulau Lakkang.

Ada tiga jalur yang bisa Anda gunakan untuk mencapai pulau tersebut, salah satu jalur yang banyak digunakan adalah Dermaga Kera-Kera. Dermaga ini berada di lokasi Teaching Farm Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Dewi Sri Waterpark

Bagi Anda yang ingin menikmati akhir pekan bersama keluarga atau sahabat bisa berkunjung ke Dewi Sri Waterpark. Banyak wahana yang bisa membuat si buah hati semakin ceria sekaligus menikmati liburan berkualitas. Beberapa diantaranya adalah kolam busa dan seluncuran.

Dewi Sri Park ini berada di Somba Opu, Kabupaten Gowa dan sangat mudah untuk menemukannya. Untuk harga tiketnya sekitar Rp25 ribu di hari-hari biasa atau weekday. Sementara untuk weekend dan hari libur harga tiketnya sekitar Rp30 ribu.

Mangrove Lantebung

Mangrove Lantebung menjadi ekowisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Makassar. Tempat wisata Makassar selain pantai ini belum begitu populer di kalangan wisatawan, padahal ekowisata ini punya panorama alam yang sangat luar biasa. Mangrove Lantebung ini sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga.

Mangrove Lantebung ini tidak jauh dari pusat kota, sehingga Anda bisa sampai ke lokasi dengan mudah dan cepat. Harga tiket masuk ke objek wisata ini juga sangat terjangkau. Terlebih lagi banyak fasilitas menarik yang bisa Anda manfaatkan dengan baik dan cocok untuk foto-foto.

Taman Maccini Sombala

Taman Maccini Sombala

Liburan ke Makassar rasanya kurang lengkap tanpa mengunjungi Taman yang satu ini. Taman agrowisata ini mempunyai pesona dan keunikan tersendiri. Taman Maccini Sombala memiliki suasana hijau yang sejuk, sehingga banyak wisatawan yang menghabiskan akhir pekan di taman ini bersama keluarganya.

Menariknya lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk berkunjung ke taman ini karena gratis. Selain itu, Taman Maccini Sombala ini bisa Anda kunjungi mulai jam 6 pagi hingga jam 8 malam. Sangat cocok bagi Anda yang menghilangkan rasa suntuk setelah seharian bekerja.

Dermaga Kayu Bangka

Liburan ke Kota Makassar rasanya kurang sempurna jika tidak berkunjung ke beberapa pulau yang cantik. Untuk mengunjungi pulau-pulau tersebut Anda harus pergi ke dermaga terlebih dahulu, salah satunya dermaga Kayu Bangkoa. Dermaga ini memiliki banyak kapal tradisional yang masih aktif sampai sekarang.

Dermaga Kayu Bangkoa bisa dengan mudahnya Anda temukan karena tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dermaga ini sangat cocok bagi ini Anda ingin menikmati akhir pekan bersama keluarga untuk melihat berbagai pulau-pulau eksotis di kota Makassar dengan menggunakan kapal tradisional.

Danau Mawang

Danau Mawang yang ada di Gowa, Makassar memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Destinasi wisata Makassar ini juga sering dijadikan tempat berfoto oleh wisatawan karena punya spot foto yang menarik. Danau ini juga sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

Menariknya lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berlibur ke Danau Mawang ini. Ya, Anda bisa mengunjungi Danau ini secara gratis. Anda juga tidak perlu khawatir dengan jam operasional karena Danau ini dibuka kapanpun dan siapapun boleh berkunjung.

Rainbow Garden Gowa

Rainbow Garden Gowa

Jika Anda ingin menikmati bunga-bunga cantik bermekaran, berkunjung ke Rainbow Garden Gowa adalah pilihan yang sangat tepat. Anda dan keluarga maupun sahabat bisa menikmati keindahan alam sambil berfoto ria. Tempat wisata Makassar yang wajib dikunjungi ini sangat cocok dikunjungi di akhir pekan bersama keluarga.

Rainbow Garden Gowa berada di Kelurahan Tamarunang yang tidak jauh dari Danau Wawang. Untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di dalam taman, Anda perlu mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp10 ribu.

Pantai Tak Berombak, PTB Maros

Meskipun disebut pantai, tapi PTB Maros ini hanyalah danau atau kolam air tawar saja. Tempat ini banyak digunakan wisatawan untuk memancing atau menikmati keindahan alam bersama keluarga. Terlebih lagi di tempat ini banyak terdapat tempat rekreasi, khususnya pecinta wisata kuliner Makassar di pinggir jalan.

PTB Maros ini bisa Anda tempuh sekitar 50 menitan dari kota Makassar dengan kendaraan bermotor. Bagi Anda yang ingin menikmati wisata malam di Makassar bisa berkunjung ke tempat ini. Karena banyak wisatawan yang berkunjung ke PTB ini menjelang malam hari.

Bukit Samata

Buat Anda yang suka selfie bareng sahabat ataupun keluarga bisa berkunjung ke Bukit Samata. Panorama Kota Makassar benar-benar sangat indah jika dilihat dari ketinggian. Di bukit ini Anda juga dapat menemukan danau serta padang rumput yang hijau.

Bukit Samata berada di Gowa dan untuk mencapainya butuh sekitar 1 jam dari pusat Kota Makassar. Akan lebih mantap lagi kalau berkunjung ke bukit ini sore hari atau menjelang matahari terbenam. Dan menariknya lagi, Anda bisa ke tempat wisata alam ini secara gratis.

Taman Bermain Lego-Lego CPI

Taman Bermain Lego-Lego CPI

Wisata keluarga ini baru saja diresmikan pada Februari 2021 lalu dan bisa menjadi tempat terbaik untuk menikmati akhir pekan bersama keluarga. Buat Anda yang ingin menikmati malam hari di tempat ini bersama sahabat juga sangat cocok. Apalagi kehadiran spot air mancur membuat suasana menjadi lebih indah.

Menariknya lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket untuk masuk ke tempat wisata Makassar instagramable ini. Selain itu, lokasinya yang berada di pusat kota membuat Taman Bermain Lego-Lego CPI sangat mudah untuk diakses.

Bukit Tokka Moncongloe

Bukit Tokka sendiri merupakan salah satu gugusan dari pegunungan Moncongloe. Sesuai dengan namanya, bukit ini tidak rata atau berada di atas bukit. Di bukit ini Anda bisa menikmati pegunungan tanpa harus langsung mendaki.

Tokka Tena Reta dibuat seperti tangga-tangga yang membuat bukit ini terlihat sangat indah. Jalan menuju puncak bukit juga dibuat sedemikian rupa, sehingga Anda akan seperti menuju ke sebuah istana. Untuk memasuki bukit ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket alias gratis.

Danau Unhas

Universitas Hasanudin (Unhas) merupakan kampus terbesar yang ada di Indonesia bagian Timur. Dibalik semua itu, ternyata universitas ini memiliki daerah wisata yang patut Anda kunjungi. Tempat wisata Makassar romantis tersebut adalah danau dengan perairan yang cukup luas.

Siapapun bisa mengunjungi danau ini karena terbuka untuk umum. Selain gratis, Anda bisa menikmati pemandangan di Danau ini. Di sekitar danau tersebut terdapat pepohonan yang rimbun, yang bisa dijadikan tempat untuk melepas lelah sekaligus merasakan sejuknya udara segar.

Demikianlah tempat wisata Makassar yang bisa Anda kunjungi. Ibu Kota Sulawesi Selatan ini menawarkan banyak sekali objek wisata yang bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)