Kota Medan termasuk kota yang kaya akan makanan khas dan suku budaya, mulai dari Batak, Jawa, Cina, Arab hingga India semua hidup harmonis. Hampir setiap aspek kehidupannya dipengaruhi masing-masing budaya tersebut tidak terkecuali urusan kuliner.

Anda bisa mencoba berbagai makanan lezat khas Medan yang bisa melengkapi paket wisata Medan yang Anda inginkan. Mulai dari makanan pedas hingga makanan manis semua bisa Anda jumpai dengan mudah di sekitar daerah Medan.

Kekayaan budaya ini juga membuat Anda harus pintar memilih makanan yang akan dinikmati karena tidak semua makanan di Medan halal. Namun tenang berikut ini adalah 14 rekomendasi makanan khas Medan yang wajib Anda nikmati saat berkunjung:

Daftar Makanan Khas Medan yang Enak

Lontong Medan

Lontong Medan

Lontong sayur jadi menu makanan umum masyarakat Indonesia, hampir setiap daerah memiliki lontong khas tersendiri seperti misalnya Lontong Medan. Hidangan ini menjadi salah satu Makanan Lebaran Khas Medan yang nikmat disantap saat hari raya.

Ciri khas dari Lontong Medan ini adalah penggunaan tauco yang menjadi pelengkap sempurna cita rasanya yang unik. Kuah pedas lontong sayur terasa nikmat bersama lontong, mi, tauco, sayuran, kacang goreng, sambal teri dan kerupuk kriuk penambah tekstur.

Ada banyak warung Lontong Medan yang bisa Anda pilih namun yang sangat terkenal enak adalah Lontong Medan Kak Lin. Anda sudah bisa menikmati Lontong Medan ini dengan harga sekitar Rp13.000,00 untuk satu porsi lengkap.

Mie Gomak

Mie Gomak

Mie Gomak menjadi salah satu makanan khas Medan halal yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Medan. Banyak orang yang juga menyebut Mie Gomak ini sebagai Spageti Batak sebab bentuk mie nya yang khas.

Mie Gomak bisa Anda nikmati dengan dua cara yakni Mie Gomak Rebus dan juga Mie Gomak Goreng. Cara membuat Mie Gomak Goreng ini juga mudah, cukup tambahkan mie yang sudah direbus bersama bumbu khas Medan Andaliman.

Rasa pedas dan gurih dari mie beserta bumbu khasnya membuat makanan ini menjadi idaman bagi banyak wisatawan. Untuk menikmati Mie Gomak ini Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp15.000,00 tiap satu porsinya.

Soto Medan

Soto Medan

Medan juga memiliki ciri khas tersendiri untuk makanan soto dengan cita rasanya yang lezat terutama pada bagian kuahnya. Soto Medan memiliki kuah berwarna kuning dengan menggunakan santan yang pekat dari hasil perasan pertama.

Rasa gurih dari santan ini pun begitu terasa bersama dengan aroma daun serai yang menggugah selera. Biasanya Soto Medan disajikan bersama dengan potongan daging, kentang, tauge, bihun, serta bawang goreng.

Anda bisa menikmati rasa gurih dan lezat hidangan ini di Jl. Sei Deli Medan tepatnya di Soto Medan Sinar Pagi. Harga satu porsinya pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp25.000,00 hingga Rp.30.000,00 tergantung tempat.

Nasi Kentut

Nasi Kentut

Makanan khas Medan satu ini sangat unik terutama bila dilihat dari namanya. Hidangan ini disebut sebagai nasi kentut karena pada proses pembuatannya menggunakan daun kentut atau daun sembukan yang memberikan aroma khas.

Selain beraroma khas, daun ini juga dipercaya bisa memberikan berbagai khasiat kesehatan untuk menyembuhkan penyakit seperti perut kembung atau sariawan. Nasi Kentut ini biasa disajikan bersama dengan lauk pauk seperti ikan teri, ayam goreng, sambal, dan lainnya.

Harga satu porsinya pun bervariasi mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung lauk pauk yang dipilih. Anda bisa menikmati hidangan khas Medan ini di warung Nasi Kentut Jl. Wahidin Kota Medan.

Kari Bihun

Kari Bihun

Kari Bihun Medan merupakan salah satu variasi dari masakan kari khas India dimana terdapat tambahan bihun sebagai pengganti nasi. Kuah kuning kentalnya terlihat begitu menggoda terlebih lagi aroma khas kari yang tercium begitu menggugah selera.

Masakan ini biasanya dilengkapi juga dengan daging sapi atau daging ayam yang dimasak bersama kuah kari. Rasa gurih dari kuah kari berpadu nikmat bersama dengan aroma rempah yang meresap ke daging sehingga hidangan terasa lezat.

Salah satu tempat yang cukup terkenal dengan hidangan Kari Medannya adalah Warung Kari Bihun Tabona Jl. Mangkubumi Kota Medan. Namun Anda harus mempersiapkan kocek yang dalam karena harga satu porsinya mencapai Rp45.000,00 namun dengan porsi yang besar.

Bihun Bebek

Bihun Bebek

Bihun bebek termasuk salah satu makanan khas Medan yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Medan. Makanan ini terdiri dari bihun rebus yang diberi toping berupa daging bebek, seledri, daun selada, dan bawang goreng kering.

Rahasia kenikmatan makanan ini terletak dari kuah hangat yang digunakan untuk Bihun Bebek. Terdapat dua jenis kuah yang bisa Anda pilih yakni kuah kaldu bebek dan juga kaldu herbal yang tentu saja sangat nikmat.

Makanan ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai warung makan seperti Bihun Bebek Kumango atau Asie. Harga satu porsinya cukup mahal yakni Rp45.000,00 namun Anda akan puas karena rasanya nikmat dan porsinya besar.

Mie Balap

Mie Balap

Kalau Lombok mempunyai Nasi Balap sebagai makanan khasnya, Medan punya Mie Balap yang tidak kalah lezat. Sajian berbahan dasar bihun dan kwetiau ini menjadi salah satu menu sarapan wajib bagi warga Medan.

Bihun dan Kwetiau yang sudah digoreng bersama telur, sawi, bawang dan daun bawang ini biasa disajikan dalam porsi besar. Tidak lupa topping seperti daging ayam, bakso ikan, cumi, atau udang juga ditambahkan agar rasa semakin nikmat.

Makanan ini bisa sangat mudah Anda temukan di setiap sudut kota Medan mulai dari pedagang kaki hingga rumah makan. Harganya pun bersahabat karena hanya Rp7.000,00 satu satu porsinya dan Rp12.000,00 untuk tambahan topping.

Kue Ombus Ombus

Kue Ombus Ombus

Medan juga menjadi tempat berbagai jajanan lezat khas Sumatera Utara seperti misalnya Kue Ombus Ombus. Kue tradisional khas suku Batak ini biasanya disajikan saat upacara adat berlangsung atau bisa Anda temukan dengan mudah di pasar.

Bahan dasarnya berupa tepung beras yang diberi gula merah di bagian tengahnya kemudian dibungkus daun pisang lalu di kukus. Sekilas rasanya mirip dengan kue putu namun dengan aroma daun pisang yang khas dan bentuk kerucut.

Rasa manis dari gula serta gurih tepung beras kukus bisa jadi teman minum kopi atau teh yang sangat nikmat. Jajanan ini biasanya dibanderol dengan harga Rp2.500,00 per potongnya jadi sangat murah dan ramah di kantong

Bika Ambon

Bika Ambon

Bila Anda berkunjung ke Medan, minta tempat sewa bus pariwisata Medan yang Anda gunakan untuk mampir membeli Bika Ambon. Makanan khas asli Medan ini memang memiliki nama yang unik dan terkadang membuat bingung.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa kue yang terbuat dari tepung tapioka, gula, telur, dan santan ini dinamakan Ambon. Meski begitu rasa manis dengan aromanya yang khas membuat Bika Ambon menjadi oleh-oleh khas Medan yang sudah terkenal seantero negeri.

Anda bisa menemukan dengan mudah penjual Bika Ambon asli Medan ini di Jl. Mojopahit daerah Medan Petisah. Harga yang dibanderol pun bervariasi mulai dari Rp6.000,00 hingga Rp125.000,00 tergantung dengan rasa dan ukuran.

Bolu Meranti

Bolu Meranti

Selain Bika Ambon, Bolu Meranti juga menjadi oleh-oleh wajib untuk Anda yang datang ke Kota Medan. Kue bolu yang dijual di tempat ini memiliki ciri khas tekstur yang lembut dengan rasa manis yang pas.

Anda juga bisa bebas memilih berbagai varian rasa yang tersedia seperti rasa kacang, keju, strawberry, hingga rasa cappuccino. Berbagai topping juga bisa ditambahkan di sekeliling bolu sehingga memberi rasa yang lebih nikmat.

Selain bolu, di toko Bolu Meranti ini Anda juga bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Medan lain seperti Bika Ambon. Harga yang dijual pun berkisar antara Rp10.000,00 hingga Rp500.000,00 tergantung menu yang dipilih.

Laksa Medan

Laksa Medan

Kota Medan juga menyediakan hidangan lezat dengan rasa yang menyegarkan seperti misalnya Laksa Medan. Makanan ini bisa menjadi appetizer atau makanan pembuka karena dapat menggugah selera makan Anda dengan rasanya yang segar.

Rasa segar ini berasal dari kuah rebusan ikan kembung bersama asam gelugur yang dimasak bersama bumbu lain selama 30 menit. Kuah yang telah jadi ini pun di siram ke mie beras putih, timun, serta daun mint sebelum akhirnya disantap nikmat.

Anda bisa menemukan penjual Laksa Medan ini di Jl. Yose Rizal Kota Medan dekat dengan Tjong A Fie Mansion. Harga yang dijual untuk satu porsi Laksa Medan ini sekitar Rp20.000,00 dengan ukuran porsi sedang.

Rujak Kolam

Rujak Kolam

Makan segar lain yang bisa Anda coba di Medan adalah Rujak Kolam yang berisi berbagai macam buah dengan saus khasnya. Saus dari Rujak Medan ini berbeda dengan rujak yang ada di Jawa karena masih bertekstur kasar sehingga terasa berbeda.

Untuk membuatnya kacang tanah disangrai kemudian diulek bersama gula merah, cabai, terasi medan, asam dan pisang batu. Setelah itu saus ini disiram ke potongan buah segar seperti jambu, mangga, nanas, timun, dan berbagai buah rujak lainnya.

Pada awalnya pedagang rujak ini berjualan di dekat Kolam Deli atau Kolam Raya Medan sehingga disebut sebagai Rujak Kolam. Harga satu porsi besarnya sekitar Rp18.000,00 dan bisa Anda nikmati bersama-sama hingga puas.

Martabak Piring

Martabak Piring

Martabak Piring mungkin hanya bisa Anda temukan di Medan karena martabak satu ini sangatlah unik. Untuk membuatnya adonan martabak dimasak di atas piring besi dan bara api menyala hingga matang.

Ukurannya pun lebih kecil dan tipis mirip dengan crepes namun dengan rasa yang tidak kalah lezat. A