Medan memiliki banyak sekali pesona wisata dan oleh-oleh khas yang membuatnya termasuk salah satu kota di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi. Berbagai tempat wisata Medan menawarkan pengalaman seru mulai dari berpetualang, belajar, hingga berbelanja.

Melimpahnya kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Medan juga menjadi alasan mengapa kota ini begitu disukai wisatawan. Misalnya saja untuk urusan oleh-oleh dan souvenir, terdapat banyak pilihan menarik yang bisa Anda beli dan bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Mulai dari makanan seperti bika ambon, durian, dan lapis legit, hingga pakaian adat seperti kain ulos bisa Anda dapatkan. Supaya Anda bisa lebih mudah menentukan pilihan, berikut ini beberapa rekomendasi menarik oleh-oleh khas Medan paling populer yang wajib dibeli:

Daftar Oleh-oleh Khas Medan yang Terkenal

Bika Ambon

Bika Ambon

Bika Ambon merupakan salah satu buah tangan paling populer dan selalu dicari wisatawan saat berkunjung ke Medan. Kata Ambon pada Bika Ambon berasal dari nama jalan tempat kue ini pertama kali muncul yaitu Jl. Ambon-Sei Kera Medan. Jadi kue bika ini sebenarnya asli berasal dari Kota Medan bukan Ambon seperti yang kebanyakan orang kira.

Bahan utama pembuatan kue bika Ambon terdiri dari tepung tapioka, telur, nira, gula, serta rempah seperti kayu manis dan lainnya. Ciri khas dari bika Ambon terletak pada serat atau lubang yang terbentuk pada bagian tengah kue yang terlihat seperti spons. Rasa bika Ambon yang khas berasal dari rempah dan air nira yang sudah difermentasikan sehingga terasa lebih nikmat.

Selain rasa original, saat ini sudah tersedia berbagai pilihan rasa lain seperti keju, pandan, pandan keju, moka, hingga durian. Bika Ambon beraneka rasa ini bisa Anda temukan di toko Bika Ambon Zulaikha yang terletak di Jl. Mojopahit Medan. Harga Bika Ambon di tempat ini biasanya berkisar antara Rp30.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung ukuran dan rasanya.

Pancake Durian

Pancake Durian

Pancake durian atau kue dadar durian bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang ingin menikmati kelezatan durian Medan yang berbeda. Dibungkus menggunakan kulit dadar gulung yang tipis, puree daging durian dan krim kocok di dalamnya langsung terasa lumer di mulut. Rasanya yang manis dan lembut tanpa adanya biji membuat kue satu ini terasa begitu nikmat.

Kulit dadar gulung yang digunakan juga terlihat menarik karena memiliki warna cerah seperti kuning, hijau, merah, ungu dan warna lainnya. Dengan rasanya yang nikmat dan kemasannya yang menarik, pancake durian sudah menjadi salah satu oleh-oleh kekinian khas Medan yang terkenal.

Anda bisa mendapatkan dessert satu ini di hampir setiap toko oleh-oleh khas Medan namun tempat paling terkenal adalah Durian House. Pancake dari Durian House ini mampu bertahan 7 hari di dalam freezer atau sekitar 10 jam di suhu ruangan. Untuk satu kotaknya kue dadar durian ini biasa dijual dengan harga Rp75.000,00 hingga Rp80.000,00 tergantung ukurannya.

Lapis Legit

Lapis Legit

Lapis legit termasuk jenis kue basah yang bisa Anda temukan hampir di setiap daerah tidak terkecuali di Medan. Ciri khas dari lapis legit Medan ini terletak dari rasanya yang tidak hanya manis tapi juga gurih dan penuh aroma.

Hal ini karena di dalam adonan kue tersebut ditambahkan lagi dengan keju dan rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis. Teksturnya yang lembut serta aroma rempah yang khas membuat lapis legit bisa menjadi pilihan terbaik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan lapis legit Medan ini adalah toko Affinois Medan Yang terletak di Jl. Mojopahit Medan. Ada banyak pilihan rasa dan bentuk yang bisa Anda pilih dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Bolu Meranti

Bolu Meranti

Bolu Meranti sudah sangat terkenal sebagai bolu terenak di Medan dan sering menjadi buah tangan yang dibawa wisatawan yang datang. Keunikan dari Meranti Medan ini terletak pada bentuk bolu gulung yang memiliki isian tebal dan kue yang lembut.

Ada banyak sekali pilihan rasa yang bisa Anda coba diantaranya cokelat, keju, nanas, moka, hingga rasa-rasa gurih seperti abon. Sehingga wajar bila harga Bolu Meranti Medan bisa sangat mahal untuk satu jenisnya.

Biasanya harga satu kotak Meranti Medan ini dijual mulai dari Rp80.000,00 hingga Rp115.000,00 sesuai ukuran dan jenisnya. Anda bisa mendapatkan Bolu Meranti ini di berbagai outlet yang tersebar seperti di Bandara atau Jl. Kruing Simpang Razak, Medan.

Buah Durian

Buah Durian

Bagi Anda yang menyukai buah durian, tentu wajib membeli dan mencicipi langsung berbagai macam buah durian yang ada di Medan. Diantara sekian banyak toko durian yang ada Ucok Durian menjadi salah satu tempat terbaik yang bisa Anda kunjungi. Di tempat ini ada banyak pilihan durian mulai dari durian lokal Medan hingga durian montong Parigi yang berdaging tebal.

Uniknya lagi selain dapat menikmati langsung buah durian segar dari warung Durian Ucok ini Anda juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh. Terdapat kemasan durian kupas yang dikemas di dalam wadah rapat sehingga aman untuk dibawa pergi. Dengan begitu Anda tidak perlu repot lagi mengupas durian untuk bisa menikmati dagingnya yang manis dan lembut.

Untuk harganya bisa bervariasi namun rata-rata berkisar antara Rp85.000,00 per box untuk ukuran 800 gram durian kupas. Sedangkan untuk durian utuh harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah tergantung jenis durian yang dipilih. Anda bisa mengunjungi Ucok Durian dengan memanfaatkan jasa sopir rental mobil alphard Medan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Lemang

Lemang

Lemang merupakan makanan khas Melayu yang terbuat dari beras ketan dan berbentuk menyerupai lontong nasi yang panjang. Selain dari bahan baku yang digunakan, proses memasak nasi lemang dan lontong juga berbeda. Lemang biasanya dimasak dengan cara dibakar di dalam ruas bambu setelah sebelumnya dibungkus terlebih dahulu dengan dun pisang.

Untuk menambahkan rasa, beras ketan tersebut dicampurkan dengan santan kelapa sehingga memiliki rasa gurih yang nikmat.  Nasi lemang biasa disajikan sebagai pendamping untuk menikmati berbagai macam makanan mulai dari yang manis, asin, hingga buah-buahan seperti durian.

Salah satu tempat populer yang menyajikan sajian ini adalah Lemang Flamboyan yang terletak di Jl. Flamboyan Medan. Disini Anda bisa menikmati sajian nikmat nasi lemang dengan harga mulai dari Rp25.000,00 per porsinya.

Ulos

Ulos

Untuk Anda yang ingin membawa oleh-oleh khas Medan selain makanan, kain tradisional khas suku Batak seperti ulos bisa jadi pilihan. Kain tenun berbentuk selendang panjang ini menjadi barang menarik yang selalu dicari wisatawan yang datang ke Medan.

Warna dari ulos biasanya didominasi oleh warna hitam, merah, dan putih dengan hiasan dari benang emas dan perak. Kain ulos sendiri memiliki banyak motif yang masih-masing memiliki maksud dan filosofi berbeda-beda yang disesuaikan dengan penggunanya.

Anda bisa mendapatkan kain ulos ini di sejumlah tempat oleh-oleh Medan atau di Desa Meat dekat danau Toba. Ada banyak paket liburan Medan yang bisa mengajak Anda melihat langsung proses pembuatan ulos tersebut di Desa Meat ini. Selain melihat-lihat, Anda juga dapat membeli ulos yang telah dibuat dengan harga murah mulai dari Rp27.000,00 per helai.

Roti Ganda

Roti Ganda

Saat berada di Medan, sempatkan mampir ke Pematang Siantar untuk mencoba roti legendaris yang sudah sangat terkenal yaitu Roti Ganda. Roti ini sudah ada sejak tahun 1979 dan masih bertahan dengan cita rasanya yang khas dan nikmat.

Sekilas tidak ada yang istimewa dari roti satu ini hanya roti tawar yang dibelah dua dan diisi berbagai macam pilihan. Namun ukuran roti yang besar dan lembut serta isian selai yang nikmat membuat Roti Ganda menjadi favorit banyak orang. Selain itu roti-roti yang dijual masih sangat fresh karena baru keluar dari oven sehingga terasa semakin nikmat.

Harga dari Roti Ganda ini pun sangat murah, untuk ukuran kecil Anda hanya perlu membayar Rp2.500,00 saja per potongnya. Sedangkan untuk ukuran terbesar yakni 1 kilogram, roti ini dibanderol dengan harga Rp40.000,00 lengkap dengan berbagai pilihan isian. Jika Anda tertarik untuk mencoba bisa datang langsung ke tokonya di Jl. Kartini No.21 Kota Siantar.

Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

Sumatera Utara memiliki satu jenis kopi robusta dan arabika terbaik yang dikenal dengan nama kopi Sidikalang. Kopi ini berasal dari daerah Sidikalang dan menjadi salah satu kopi asli Sumatera yang memiliki kualitas rasa yang tinggi.

Kandungan kafein dari kopi ini dapat mencapai 70 hingga 80 persen namun dengan tingkat keasaman yang rendah. Selain itu kopi Sidikalang memiliki aroma sedang yang khas dengan after taste yang tidak langsung hilang setelah diteguk. Hal inilah yang membuat kopi Sidikalang menjadi favorit banyak orang dan selalu dicari.

Untuk menikmatinya Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Sidikalang karena banyak pusat oleh-oleh khas Medan yang menjual kopi jenis ini. Harga yang dibanderol juga tidak terlalu mahal yakni sekitar Rp30.000,00 untuk kemasan ukuran 250 gram kopi bubuk.

Medan Napoleon

Medan Napoleon

Medan Napoleon merupakan merek kue kekinian milik artis Irwansyah yang menggabungkan bolu gulung dengan kue pastry di bagian tengahnya. Kue ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2016 dan terinspirasi dari kue napoleon khas Eropa.

Terdapat beberapa pilihan rasa yang bisa Anda coba yakni rasa durian, keju, cokelat, green tea, red velvet, tiramisu, hingga karamel. Perpaduan lembut bolu dan toping di bagian atas dengan lapisan pastry  renyah di bagian dalamnya terasa sangat nikmat.

Outlet Medan Napoleon ini bisa Anda kunjungi di Jl. K.H. Wahid Hasyim, Babura Medan dan sejumlah tempat lainnya. Harga dari kue artis ini juga tidak terlalu mahal karena berkisar antara Rp44.000,00 hingga Rp77.000,00 saja.

Rujak Brayan

Rujak Brayan

Rujak Brayan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mencoba sensasi berbeda menikmati rujak buah di Kota Medan. Tidak seperti rujak buah pada umumnya yang dilumuri atau dicocol sambal, rujak brayan disantap dengan kuah pedas layaknya sup buah.

Untuk membuatnya pertama buah-buahan seperti mentimun, nanas, bengkoang, kweni, dan buah lainnya dipotong kecil lalu direndam air garam. Setelah itu buah ditiriskan dan disiram menggunakan kuah dari jus mangga dan kweni yang pedas. Makanan khas Medan ini memiliki cita rasa yang segar, pedas, dan asam sehingga disukai banyak orang.

Anda bisa menikmati rujak brayan ini dengan berkunjung ke tokonya yang terletak di Pulo Brayan Kota, Kota Medan. Untuk satu cup plastik rujak brayan ukuran kecil hanya dijual sekitar Rp10.000,00 dengan kemasan tertutup yang mudah dibawa.

Teri Bajak

Teri Bajak

Untuk Anda yang senang pedas, olahan sambal teri bajak khas Medan ini bisa jadi pilihan oleh-oleh yang nikmat. Terbuat dari teri Medan asli yang dimasak menggunakan sambal merah atau sambal rawit membuat hidangan ini cocok untuk dijadikan lauk.

Rasanya yang pedas dan teksturnya yang renyah dengan ukuran kecil yang pas semakin terasa nikmat saat disantap bersama nasi. Terdapat dua tipe teri bajak Medan yang bisa Anda pilih yaitu teri bajak biasa dan teri bajak kacang tanah.

Anda bisa membeli teri bajak ini di sejumlah toko oleh-oleh di Medan atau pasar tradisional dengan harga yang murah. Satu kemasan ziplock teri bajak ukuran 200 gram biasanya dijual dengan harga sekitar Rp40.000,00 dan mampu bertahan lama.

Manisan Jambu

Manisan Jambu

Jambu biji yang biasa dimakan langsung ternyata juga bisa diolah menjadi manisan buah seperti yang ada di Medan. Tekstur buah yang segar dan renyah semakin terasa nikmat dengan rasa manis asam dari kuah manisan yang dibuat.

Jambu yang sering digunakan biasanya jambu Bangkok karena memiliki daging yang tebal dan tekstur yang lebih renyah dibanding jambu lainnya. Untuk membuatnya pertama jambu dipotong menjadi beberapa bagian lalu dibuang bijinya dan disiram kuah manisan yang khas.

Salah satu manisan jambu yang bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh adalah manisan jambu Aguan yang berada di Jl. Kruing Medan. Harga manisan jambu ini juga sangat murah, untuk ukuran 1 kilogram Anda hanya perlu membayar Rp15.000,00 per kemasannya.

Sirup Markisa

Sirup Markisa

Olahan buah lain yang juga bisa Anda jadikan kenang-kenangan dari Medan adalah sirup markisa Medan yang segar. Terbuat dari buah markisa asli, rasa yang dihasilkan sama persis dengan buahnya yakni manis asam menyegarkan dan terasa pas.

Selain rasanya yang nikmat, sirup markisa Medan juga mengandung banyak vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Sirup Markisa Ny. Lim yang sudah muncul sejak tahun 1954 menjadi salah satu merek sirup markisa paling dikenal di Medan.

Untuk mendapatkannya Anda bisa datang mengunjungi tokonya di Jl. Kpt. Maulana Lubis atau ke toko oleh-oleh terdekat. Sirup ini biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp50.000,00 hingga ratusan ribu rupiah tergantung ukuran botolnya.

Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk

Sekilas kacang Sihobuk tidak jauh berbeda dengan kacang sangrai pada umumnya, namun perbedaannya terletak pada rasa dan proses pembuatannya. Untuk membuat camilan ini pertama kacang tanah direndam dalam air selama tiga hingga lima jam kemudian dikeringkan sebelum akhirnya disangrai.

Proses sangrainya pun tidak biasa karena menggunakan pasir sebagai pengganti minyak dan penghantar panas dari wajan agar tidak gosong. Dari proses tersebut rasa yang dihasilkan jadi lebih khas dan nikmat sehingga wajar bila kacang Sihobuk disukai banyak orang.

Kacang Sihobuk bisa Anda beli hampir di setiap toko oleh-oleh di dekat Danau Toba atau kawasan kota Medan. Harganya pun sangat terjangkau, untuk kemasan 500 gram kacang Sihobuk biasa dibanderol kisaran Rp35.000,00 per bungkusnya.

Risol

Risol

Risol atau risoles merupakan jajanan pasar nusantara yang bisa Anda temukan hampir di setiap daerah begitu juga dengan Medan. Di Medan sendiri risol yang dijual sedikit berbeda karena ditambahkan krim susu kedalam isian sayuran dan daging cincangnya.

Merek risol terkenal di Medan yang wajib untuk Anda coba adalah Risol Spesial Gogo yang sudah ada sejak tahun 1981. Risol ini sudah sangat terkenal dan selalu menjadi incaran wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Medan yang enak.

Anda bisa mendapatkan Risol Spesial Gogo dengan mengunjungi tokonya yang berada di Jl. Mojopahit No. 35, Kota Medan. BIasanya satu kemasan risol beku dari tempat ini dijual dengan harga Rp50.000,00 untuk isi 10 buah.

Pia Tamiang

Pia Tamiang

Bagi Anda yang ingin mencoba berbagai wisata kuliner Medan yang lezat jangan sampai terlewat untuk menikmati Pia Tamiang. Pia khas Medan ini memiliki bentuk yang pipih dengan warna lebih cokelat bila dibandingkan pia Jogja.

Meski begitu bagian luar pia yang renyah dan isiannya yang padat membuat pia Medan ini banyak disukai orang. Selain itu pia Tamiang juga mampu bertahan cukup lama sehingga cocok dijadikan buah tangan dari Medan.

Toko pusat Pia Tamiang ini terletak di Jl. Tamian No. 16 Medan dan menjual berbagai macam pilihan rasa yang enak. Satu kotak pia Tamiang biasa dijual dengan harga sekitar Rp50.000,00 hingga Rp150.000,00 tergantung rasa dan kemasannya.

Tempe Medan

Tempe Medan

Medan juga memiliki jenis tempe yang berbeda dari kebanyakan tempe pada umumnya karena memiliki rasa dan warna yang unik. Warna dari tempe Medan lebih kuning dengan bentuk yang lebih tebal serta ukuran kedelai yang besar.

Untuk membuatnya pertama kedelai direbus terlebih dahulu hingga 3 jam sebelum akhirnya diolah sebagai tempe. Saat digoreng, warna kuning tempe Medan terlihat sangat menggoda dengan tekstur renyah dan memiliki rasa yang gurih.

Anda bisa membeli tempe Medan ini di pasar-pasar tradisional atau berkunjung langsung ke pabriknya di Jl. Setia Luhur. Harga yang dibanderol juga sangat murah yakni sekitar Rp12.000,00 per lonjor tempe ukuran sedang.

Ikan Sale

Ikan Sale

Biasanya sale dibuat dari pisang, di Medan Anda bisa menemukan sale yang terbuat dari ikan lele Limbat khas Sumatera. Untuk membuatnya pertama ikan lele dibersihkan dan dibelah dua, setelah itu ikan diasapi agar bisa lebih awet dan tahan lama.

Ikan sale ini bisa diolah lagi menjadi berbagai makanan seperti pindang, atau asam pedas selain bisa dinikmati langsung. Rasa ikan yang gurih dengan tekstur yang renyah dan aroma yang khas membuat sale ikan Medan cocok dijadikan oleh-oleh.

Anda bisa mendapatkan ikan sale ini di pasar tradisional atau di Jl. MT Haryono belakang Medan Mall. Harga yang dijual juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp40.000,00 per kilonya tergantung jenis dan ukuran ikan.

Jambu Taiwan

Jambu Taiwan

Jambu Taiwan merupakan salah satu jenis jambu biji yang cukup mudah ditemukan di Medan dan jadi favorit banyak orang. Ciri khas utama dari Jambu Taiwan ini adalah ukurannya yang besar dan jumlah biji yang lebih sedikit.

Rasanya pun lebih manis dengan sedikit rasa gurih di dagingnya yang putih tebal. Buah jambu ini bisa dijadikan berbagai macam olahan mulai dari rujak buah, manisan, atau dinikmati langsung saat masih segar.

Anda bisa membeli Jambu Taiwan ini berbagai tempat terutama pasar atau toko pinggir jalan sekitar Jl. Gatot Subroto dan Gajah mada. Harganya pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp15.000,00  hingga Rp25.000,00 per kilogram, tergantung kualitasnya.

Kaos Medan

Kaos Medan

Untuk Anda yang ingin membawa oleh-oleh khas Medan selain makanan, barang seperti kaos khas Medan bisa jadi pilihan. Salah satu merek terbaik yang menawarkan kaos Medan ini adalah merek Medan Bah!.

Ada banyak pilihan desain menarik dengan tulisan maupun gambar ikon dari Kota Medan seperti kata Horas, dan lainnya. Selain Medan Bah!, merek yang juga bisa jadi pilihan adalah Punya Medan yang menawarkan kaos serupa dengan harga lebih murah.

Kaos-kaos ini bisa Anda dapatkan langsung di outlet masing-masing merek atau toko oleh-oleh khas Medan yang ada di sekitar kota. Harga yang dibanderol untuk setiap kaos Medan biasanya berkisar antara Rp75.000,00 hingga Rp80.000,00 tergantung desainnya.

Batik Medan

Kain Batik Medan

Batik Medan bisa juga menjadi pilihan souvenir menarik dari Medan untuk Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Meski tidak setenar batik dari Jogja atau Pekalongan, motif batik dari Medan ini sangat menarik dan memiliki ciri khas.

Bahkan hampir setiap daerah di Medan memiliki motifnya masing-masing seperti daerah Toba, Mandailing hingga daerah Simalungun. Beberapa contohnya seperti motif hari hara sundung di langit, motif mataniari, dan motif mani patunda yang memiliki motif mirip ulos.

Batik khas Medan ini bisa Anda dapatkan hampir di setiap toko oleh-oleh khas Medan ataupun pasar tradisional di Medan. Harganya pun masih sangat terjangkau mulai dari Rp80.000,00 per meter hingga ratusan ribu rupiah sesuai bahan dan motifnya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi cenderamata khas Medan yang bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan Anda mengunjungi Medan. Masih banyak barang-barang lain yang bisa Anda temukan dan jadikan oleh-oleh dari Medan sesuai keinginan Anda.

Jika Anda datang bersama rombongan dan tetap ingin puas berkeliling, bisa gunakan jasa sewa bus Medan yang tersedia. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah mengunjungi banyak tempat menarik sekaligus pulang membawa oleh-oleh yang Anda inginkan.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)