Wisata Medan sangat banyak pilihannya, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, dan tempat wisata lainnya. Khusus untuk Anda kami akan memberikan daftar tempat wisata yang ada di Medan dari yang biasa sampai yang terpopuler. Tempat wisata ini bisa Anda jadikan rekomendasi ketika akan berlibur ke Medan.

Ada banyak tempat wisata yang ada di Medan, seperti wisata alam, museum, dan yang lainnya. Khusus untuk Anda akan kami berikan daftar lengkap wisata Medan di sini.

Daftar Tempat Wisata Medan Populer

Ada banyak tempat wisata bersejarah di Medan yang bisa Anda kunjungi, yaitu:

Istana Maimun

Salah satu ikon Kota Medan adalah Istana Maimun yang ada di pusat Kota Medan. Istana ini dibangun pada tahun 1898 atas perintah Sultan Ma’moen Al Rasyid yang merupakan Sultan Deli pada waktu itu.

Anda yang datang ke Kota Medan wajib untuk mengunjungi istana ini. Di sini Anda bisa melihat peninggalan kebudayaan Kesultanan Deli. Ada banyak juga spot-spot menarik yang bisa Anda abadikan di sini.

Salah satu koleksi terkenal di istana ini adalah Meriam Puntung. Meriam ini sangat legendaris dan terkenal mistis di kalangan masyarakat Medan. Biasanya disekitar tempat wisata populer di medan ini banyak pedagang oleh-oleh khas Medan.

Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion

Medan kaya akan bangunan sejarah yang wajib Anda datangi, salah satunya adalah bangunan Tjong A Fie Mansion. Bangunan ini dulunya adalah rumah milik saudagar kaya raya asal Cina. Arsitektur bangunan ini sangat kental dengan budaya Tionghoa.

Jika dilihat dari luar, bangunan ini memang tampak sempit tapi setelah masuk bangunan ini sangat luas dan unik. Untuk berkeliling di sini Anda cukup membayar Rp 35.000 per orang sudah mendapatkan tour guide. Agar perjalanan Anda lebih nyaman, kami merekomendasikan agar Anda sewa mobil innova medan.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Bingung membawa anak berwisata di Medan? Anda bisa mengunjungi Rahmat International Wildlife Museum & Gallery.

Museum yang didirikan oleh Dr H. Rahmadsyah ini merupakan museum binatang liar. Binatang-binatang liar yang sudah diawetkan dipajang di dalam museum ini. Di sini anak-anak akan diajak belajar mengenal hewan liar dan cara merawat hewan yang benar.

Harga tiket masuk ke museum ini adalah Rp 50.000 per orang. Untuk anak-aak di bawah 2 tahun tiket masuknya gratis.

Museum Negeri Sumatera Utara

Salah satu museum terbesar Medan bahkan di Sumatera Utara adalah Museum Negeri Sumatera Utara. Museum ini mempunyai koleksi berbagai peninggalan sejarah di Sumatera Utara. Anda bisa melihat dan mempelajari berbagai peninggalan sejarah yang ada di Sumatera Utara di sini.

Museum Situs Kota China

Salah satu tempat wisata museum Medan yang wajib Anda kunjungi adalah Museum Situs Kota China yang ada di tepi Danau Siombak. Museum ini merupakan museum arkeologi yang menyimpan banyak benda-benda pra sejarah.

Museum Uang Sumatera

Museum Uang Sumatera

Adalagi museum lainnya di Medan yang harus Anda kunjungi yaitu Museum Uang Sumatera yang ada di dekat Istana Maimun. Museum ini sudah ada sejak tahun 2017 dan menyimpan koleksi uang yang pernah ada di Indonesia. Di sini Anda juga bisa belajar bagaimana sejarah peredaran uang di Indonesia.

Museum Perkebunan Indonesia

Medan masih mempunyai museum yang wajib Anda kunjungi yaitu Museum Perkebunan Indonesia. Museum ini ada di Medan Maimun dan menjadi salah satu pusat informasi perkebunan di Indonesia. Anda yang ingin tahu bagaimana perkembangan sejarah industri perkebunan Indonesia wajib datang ke sini.

Tjong Yong Hian Gallery

Salah satu wisata bangunan bersejarah di Medan adalah Tjong Yong Hian Gallery. Bangunan ini ada di daerah Medan Petisah, sekarang ini bangunan ini menjadi museum dan banyak dikunjungi. Tidak hanya melihat koleksinya saja tapi juga mengambil gambar di spot foto yang unik di sini.

Museum Perjuangan TNI

Museum Perjuangan TNI

Ingin melihat koleksi senjata TNI Indonesia? Anda bisa datang ke Museum Perjuangan TNI yang ada di Petisah Tengah, Medan. Di sini Anda bisa melihat berbagai senjata koleksi TNI yang sudah tidak digunakan lagi.

Gedung London Sumatera

Ingin berfoto di tempat yang unik di Medan? Anda bisa datang langsung ke Gedung London Sumatera. Gedung dengan arsitektur bergaya Eropa ini ada di Medan Barat.

Gedung ini menjadi salah satu spot wisata instagramable Medan. Wisata ini sangat favorit karena Anda bisa mengunjunginya kapan saja tanpa ada tiket masuk.

Medan juga terkenal dengan masyarakatnya yang multikultural. Tidak salah jika di kota ini juga terdapat banyak tempat wisata religi. Berikut ini adalah daftar tempat wisata religi di Medan:

Masjid Raya Al Mashun

Masjid Raya Al Mashun

Tepat di seberang Istana Maimun terdapat Masjid Raya Al Mashun atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Raya Medan. Masjid ini juga termasuk salah satu ikon Kota Medan dan menjadi tempat wisata religi Medan terfavorit bagi umat muslim.

Bangunan masjid ini dibungan pada awal tahun 1900 an dengan gaya arsitektur Timur Tengah. Arsitektur masjid ini memadukan gaya arsitek Spanyol, India, dan Timur Tengah.

Graha Maria Annai Velangkanni

Tidak hanya wisata religi untuk umat islam saja, di Medan juga terdapat Gereja Katolik yang unik. Graha Maria Annai Velangkanni merupakan Gereja Katolik di Kota Medan dengan keunikan desain arsitekturnya. Desain arsitektur gereja ini mengadopsi desain kuil khas India-Mughal.

Penampakan luar gereja ini memang sekilas tampak seperti kuil atau vihara. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari gereja yang ada di Jalan Sakura, Tuntungan, Medan.

Maha Vihara Maitreya

Maha Vihara Maitreya

Di Medan juga terdapat kuil atau vihara yang unik yaitu Maha Vihara Maitreya. Kuil ini mempunyai desain arsitektur yang unik khas India. Desain arsiteknya inilah yang menjadi keunikan tersendiri dan menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Kuil Shri Mariamman

Tidak hanya kuil Budhha saja, di Medan juga terdapat kuil Hindu dengan gaya arsitektur India. Kuil ini adalah Kuil Shri Mariamman yang ada di daerah Petisah Tengah.

Shri Mariamman termasuk salah satu kuil terbesar umat Hindu di Medan. Tempat ini juga termasuk salah satu destinasi wisata religi unik Medan.

Keunikan dari kuil ini ada pada arsitektur bangunan dan gapura atau gerbang masuknya. Gerbang masuk kuil ini berbentuk tingkat seperti kuil Hindu yang ada di daerah India Selatan.

Klenteng Gunung Timur

Klenteng Gunung Timur

Vihara atau Klenteng Gunung Timur merupakan salah satu vihara terbesar yang ada di Medan termasuk Sumatera Utara. Sudah ada sejak tahun 1930, klenteng ini menjadi salah satu pusat ibadah umat Kong Hu Cu di Medan.

Masjid Al Osmani

Tempat wisata religi Medan bagi umat muslim salah satunya adalah Masjid Al Osmani. Masjid ini berada di Labuhan Medan dan lebih dikenal sebagai Masjid Labuhan.

Keunikan dari masjid ini ada pada arsitektur bangunannya yang bergaya India. Masjid ini juga menjadi salah satu bangunan peninggalan bersejarah di Medan.

Di Medan juga terdapat banyak wisata alam yang wajib Anda jelajahi, yaitu:

Air Terjun Sipiso Piso

Wisata alam Medan yang terkenal salah satunya adalah air terjun Sipiso Piso. Air terjun dengan tinggi hampir 120 meter ini akan memanjakan mata Anda. Hijaunya pemandangan sekitar dan udaranya yang segar akan membuat Anda merasa tenang.

Apalagi untuk masuk ke area air terjun ini Anda hanya perlu membayar parkir Rp 3.000 saja. Agar bisa sampai di air terjunnya Anda harus berjalan kaki beberapa menit. Lelah Anda akan terbayar setelah berada di bawah air terjun ini.

The Le Hu Garden

The Le Hu Garden

Medan mempunyai taman bunga yang terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Medan yaitu The Lu Hu Garden. Tempat ini menyediakan banyak wahana dan spot foto yang menarik. Anda hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 20.000 saja untuk bisa masuk ke taman ini.

Wisata Merci Themepark and Resto

Berlibur di Medan bersama dengan anak-anak? Anda wajib untuk datang ke Merci Theme Park and Resto yang ada di Deli Tua Medan.

Ini merupakan tempat wisata anak di Medan yang menyuguhkan wahana wisata air yang menarik. Selain bermain air, Anda juga bisa bersantai di resto yang ada di sini.

Taman Buaya Asam Kumbang

Jika biasanya kebun binatang berisi banyak jenis binatang, di Medan terdapat kebun binatang khusus untuk buaya. Kebun binatang ini adalah Taman Buaya Asam Kumbang.

Sesuai dengan namanya, ini merupakan tempat penangkaran buaya yang ada di Medan. Penangkaran buaya ini juga merupakan salah satu penangkaran buaya terbesar di Asia Tenggara. Harga tiket masuknya hanya Rp 10.000 per orang saja.

Taman Wisata Danau Siombak Marelan

Taman Wisata Danau Siombak Marelan

Lebih dikenal dengan nama Danau Siombak terletak di Medan Marelan. Luas dari danau ini adalah 40 hektar dengan diameter 1000 meter. Danau ini dikenal karena keindahan alamnya dan terdapat banyak spot foto yang menarik.

Tempat ini bisa Anda jadikan sebagai tempat liburan bersama dengan keluarga maupun untuk berbulan madu. Apalagi untuk masuk ke danau ini cukup membayar tiket sekitar Rp 10.000 saja.

Taman Air Percut

Deli Serdang Medan juga mempunyai taman air dimana terdapat danau buatan yang cukup luas. Taman ini adalah Taman Air Percut.

Wisata ini merupakan wisata keluarga murah meriah di Medan. Di sini Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan. Anda juga bisa mengendarai bebek air bersama keluarga dan anak-anak Anda.

Central Park Zoo & Resort

Tempat rekreasi keluarga di Medan terlengkap adalah Central Park Zoo & Resort yang ada di Pancur Batu, Deli Serdang, Medan. Taman dengan luas kurang lebih 10 hektare ini mempunyai fasilitas yang lengkap. Di sini ada aquarium, kebun binatang, museum, wahana air, dan berbagai fasilitas lainnya.

Anda hanya cukup berkunjung ke satu lokasi saja untuk menikmati berbagai wahana rekreasi. Tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga ketika berada di Medan. Harga tiket masuk ke tempat ini sekitar Rp 50.000 per orang.

Wisata Sawah Pematang Johar

Medan yang panas juga mempunyai tempat wisata alam yang sejuk. Wisata ini adalah Wisata Sawah Pematang Johar. Di sini Anda bisa menikmati sejuknya udara persawahan dan pemandangan sawah yang hijau.

Taman Cadika Pramuka

Ingin piknik bersama dengan keluarga di Medan? Anda bisa mengunjungi Taman Cadika Pramuka yang ada di Medan Johor.

Taman ini merupakan tempat wisata keluarga di Medan yang berada di tengah kota. Di sini terdapat kolam dan area piknik serta tempat bermain anak. Anda bisa bersantai di taman ini dan melakukan berbagai aktivitas outdoor.

T. Garden Little Bali in Medan

Tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati nuansa Bali. Anda bisa datang ke T. Garden Little Bali in Medan yang ada di Deli Serdang.

Ini merupakan tempat wisata unik yang meng