earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Punya rencana liburan ke Palembang, tapi cuma tahu pempek makanan khasnya?  Wah, sayang banget! Anda harus tahu makanan khas Palembang berikut! Jangan sampai Anda melewatkannya saat berlibur ke Palembang nanti.

Ada beragam kuliner khas Palembang, mulai dari yang panas, hangat, sampai dingin. Informasi tentang apa saja makanan khas palembang yang wajib Anda jadikan tujuan wisata kuliner bisa Anda dapatkan melalui ulasan berikut.

Daftar Makanan Khas Palembang yang Enak

Mie Celor

Mie Celor

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bila dari kota asal Anda sudah ada mie celor dan Anda sudah bosan, sebaiknya nantikan pengalaman menyantap Mie Celor langsung dari tempat aslinya. Tentu saja cita rasa dan bumbu asli pembuatan mie celor ini akan berbeda.

Sesuai dengan namanya, mie celor menggunakan bahan dasar mie telur. Tekstur dan kuah mie khas Palembang ini cenderung unik. Kuahnya sendiri menggunakan bahan dasar utama kaldu ebi dan santan.

Secara keseluruhan, mie celor menggabungkan perpaduan antara mie telur serta kuah kaldu ebi dan santan. Untuk topping, mie celor umumnya menggunakan tauge, telur, daging udang, dan kucai.

Pindang Patin

Pindang Patin

Palembang, merupakan salah satu daerah budidaya ikan patin di Indonesia. Ini sebabnya masyarakat setempat pun memiliki inisiatif membuat makanan khas Palembang dari ikan patin, yaitu Pindang Patin.

Karena kaya akan rempah-rempah, tidak heran jika kuliner ini sangat cocok menemani Anda saat berwisata di musim penghujan. Apalagi ditemani nasi putih panas. Sungguh nikmat!

Ada banyak faktor kenapa pindang patin khas Palembang memiliki cita rasa yang berbeda. Selain penggunaan rempah yang membuat rasa gurih, asam, dan segar, pemilihan ikan pindang sebagai bahan utamanya juga tidak sembarangan.

Akan dipilih dengan cermat kondisi fisik, aroma, dan bagian tubuh yang dijadikan olahan.

Pindang Tulang

Pindang Tulang

Tidak hanya pindang patin, palembang juga memiliki jenis olahan pindang lainnya, yaitu pindang tulang. Siapa sangka ternyata tulang bisa menjadi olahan khas yang cukup unik.

Tidak hanya unik saja, melainkan olahan khas Palembang ini juga memiliki cita rasa yang oke. Tentu saja, bahan dasar pembuatan pepes tulang ini adalah bagian tulang sapi, yang masih memiliki lapisan daging dan sumsum tulang.

Sama seperti pindang jenis lainnya, pindang tulang juga menggunakan banyak rempah-rempah sebagai bumbu ajaibnya. Mulai dari lengkuas, serai, bawang merah, dan beberapa bumbu dapur lainnya.

Pempek

Pempek

Selama ini mungkin Anda mengira bahwa pempek hanya terdiri dari satu jenis. Faktanya, ada berbagai jenis pempek yang ada di Palembang. Mulai dari pempek lenjer, kulit, dan pempek kapal selam.

Makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung dan ikan ini umumnya menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya. Namun, tiap-tiap daerah di Palembang akan memiliki keunikan cita rasa pempeknya tersendiri.

Salah satu hal yang membuat pempek Palembang berbeda adalah penggunaan saus cocolnya. Saus khas yang selalu menemani pempek ini bernama cuka yang terbuat dari campuran gula merah, kaldu ebi, dan beberapa jenis rempah.

Tekwan

Tekwan

Anda sudah pernah makan bakso? Rasanya begitu-begitu saja, bukan? Namun, rasanya akan berbeda jika Anda mencoba Tekwan, baksonya Palembang yang memiliki cita rasa khas.

Kenapa ada istilah baksonya Palembang? Tidak lain tidak bukan karena bakso khas Palembang ini memiliki perbedaan isian dan kuah dalam penyajiannya. Tekwan memiliki cita rasa kuah yang kuat, cenderung gurih dan segar, karena kuahnya terdiri dari campuran kaldu udang dan rempah.

Dalam setiap penyajiannya, umumnya tekwan akan terdiri dari potongan adonan tekwan, kuah kaldu udang, dan topping daun seledri, bawang goreng, jamur, bihun, potongan bengkuang, serta masih banyak lagi. Yakin Anda tidak mau coba?

Model

Model Palembang

Ketagihan makan tekwan dan ingin coba makanan berkuah yang sejenis? Anda bisa coba Model, masakan berkuah yang masih menjadi saudara tekwan. Jika tekwan menggunakan adonan tekwan dengan direbus atau kukus secara langsung, model menggunakan tahapan yang berbeda.

Sebenarnya, model sendiri juga menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasar utamanya. Namun, adonan model memasukkan adonan ikan tenggiri ke dalam tahu. Barulah setelah itu tersaji bersama kuah kaldu udang,

Oleh sebab itu, model tetap memiliki ciri khasnya sendiri. Bagi Anda pecinta tahu, kombinasi adonan ikan tenggiri dan tahu yang menjadi khas kuliner khas Padang ini akan membuat Anda ketagihan.

Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak

Sama seperti daerah lain di Indonesia, Palembang juga memiliki deretan sambal populer. Salah satunya adalah sambal tempoyak. Sambal tempoyak juga biasa dikenal sebagai salah satu sambal khas dari Palembang yang cukup unik.

Apa yang membuatnya unik?

Uniknya, sambal ini terbuat dari fermentasi durian. Untuk Anda yang tidak suka durian, ini mungkin bisa jadi alternatif, karena rasanya yang tidak terlalu pekat.

Sambal Tempoyak ini memiliki perpaduan citarasa asam, pedas, manis, lengkap dengan sedikit aroma durian yang unik. Penasaran untuk mencobanya?

Kemplang

Kemplang

Selain ikan patin, Palembang hadir dengan berbagai olahan khas daerah berbahan dasar ikan tenggiri dan gabus. Salah satunya olahan jajanan ringan kemplang yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Palembang yang tahan lama.

Rasanya yang unik menjadikan kemplang menjadi salah satu makanan khas Palembang yang cukup populer. Bahkan, kepopulerannya sampai ke beberapa daerah di Indonesia, setelah pempek.

Sama seperti pempek, kemplang juga memiliki berbagai jenis yang berbeda berdasarkan metode pengolahannya. Ada kemplang koin, kemplang mangkok, kemplang getas, sampai kemplang panggang.

Meskipun memiliki berbagai jenis, kerupuk khas Palembang yang memiliki inti cita rasa cukup unik, tetap harus Anda coba langsung dari pusatnya.

Burgo

Burgo

Apakah Anda pernah melihat tampilan kwetiau? Nah, tampilan kuliner khas Palembang yang satu ini cukup mirip. Anda mungkin akan sulit menyadarinya. Akan tetapi, tentu saja Bargo memiliki keunikannya tersendiri, terutama dari segi rasa dan seluruh isinya.

Bargo terbuat dari olahan tepung sagu dan tepung beras. Proses memasaknya juga cukup menarik, yaitu seperti membuat dadar gulung tipis dan mengirisnya tipis-tipis.

Umumnya, bahan utamanya ini akan bersandingan dengan kuah gurih dari santan, lengkap dengan suwiran daging sebagai topping. Teksturnya yang kenyal tipis-tipis berpadu gurihnya kuah santan, semakin nikmat dengan tambahan bumbu rempah. Ini akan membuat Anda ketagihan.

Malbi

Malbi

Rekomendasi olahan daging khas dari Palembang selanjutnya adalah malbi. Ini termasuk olahan yang terbuat dari daging sapi. Biasanya, olahan ini akan muncul saat perayaan pesta atau hari besar, misalnya seperti hari raya Idul Fitri.

Bahan-bahan pokok pembuatan malbi meliputi daging sapi sirloin, santan, dan kecap manis. Kombinasi bahan-bahan ini membuat malbi tampak seperti olahan bacem dan rendang makanan khas Padang. Namun, tentu saja ini berbeda. Malbi tetap memiliki cita rasanya sendiri.

Ada berbagai bumbu rempah lainnya yang membuat malbi sangat khas dan kaya akan rasa rempah. Misalnya seperti cengkeh, kayu manis, pala bubuk, sampai air asam jawa.

Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

Selain makanan, ada juga minuman khas Palembang yang cukup populer, yaitu es kacang merah. Minuman ini menggunakan red bean atau kacang merah sebagai bahan utamanya.

Dalam penyajiannya, es kacang merah memadukan kacang merah segar dengan guyuran kuah santan serta tumpulkan es serut yang menggunung.

Agar semakin nikmat, kamu dapat menambahkan minuman ini dengan topping sirup cocopandan dan susu kental manis.

Kue Delapan Jam

Kue Delapan Jam

Pemberian nama kue delapan jam menyesuaikan dengan lamanya proses pembuatan yang mencapai 8 jam.

Mengingat proses pembuatannya yang sangat lama, menjadikan kue ini lumayan sulit ditemukan. Kue ini hanya akan muncul saat perayaan-perayaan besar, seperti salah satunya saat hari raya Idul Fitri.

Anda bisa mencari makanan khas ini sambil menikmati tempat wisata Palembang, sekaligus berburu kuliner dan souvenir khas Palembang. Tidak sedikit tempat sewa atau rental mobil Palembang yang siap menemani Anda berkeliling sepuasnya.

Ada banyak kuliner lain, selain makanan khas palembang pempek. Mulai dari Kue delapan jam, Malbi, sampai olahan pindang dan mie celor. Rekomendasi di atas belum termasuk semua olahan yang berasal dari Palembang.

Jika Anda masih penasaran dengan makanan khas Palembang lainnya dan ingin mengaksesnya dengan mudah, cepat, serta efisien, gunakan jasa sewa mobil Palembang. Banyak sopir berpengalaman yang siap membantu Anda untuk berkeliling kota Palembang. dan berburu wisata kulinernya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)