SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Berbicara mengenai makanan khas, pastinya setiap daerah mempunyai makanan khas yang berbeda-beda. Seperti halnya dengan makanan khas Sumatera Barat ini.

Berbagai jenis kuliner asli Sumbar memang terkenal akan cita rasanya yang kuat, kaya, dan berempah. Cara pengolahannya juga tak mudah dan cenderung lama.

Contohnya saja Rendang yang memerlukan waktu memasak hingga berjam-jam. Ini hanya salah satu contoh saja. Sebenarnya masih banyak daftar makanan khas Sumbar lainnya yang menarik untuk kita kupas.

Namun hanya 18 makanan khas Sumatera Barat saja yang akan kami bahas pada hari ini. Selebihnya akan kami bahas di lain waktu.

Daftar Makanan Khas Sumatera Barat yang Terkenal

Anda tentu ingin tahu kuliner apa saja yang masuk dalam list 18 makanan khas Sumatera Barat ini, bukan? Langsung saja simak informasi bermanfaat ini selengkapnya.

Sate Padang

Sate Padang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Varian sate ini memang sangat terkenal. Sate Padang mudah sekali kita temukan bukan hanya di Kota Padang tetapi di berbagai kota lainnya.

Buat Anda penikmat sate, sebaiknya mencoba cita rasa kelezatan dari Sate Padang ini. Anda akan takjub dengan cita rasanya. Pasalnya, daging sapinya sendiri sangat empuk meski hanya melalui proses pembakaran di atas arang membara.

Selain daging sapi, bahan utama Sate Padang juga bisa berupa lidah sapi yang sudah direbus terlebih dahulu. Lidah sapi yang sudah matang lalu dipotong baru kemudian menjadi sate.

Yang membuat varian sate ini berbeda dan spesial adalah bumbu penyertanya. Jika sate kambing atau sate ayam biasanya kita santap dengan cocolan sambal kecap atau sambal kacang, lain hal dengan Sate Padang.

Olahan Sate Padang yang sudah selesai dibakar nantinya akan disiram dengan kuah kental berwarna kuning. Kuah ini merupakan kuah bumbu campuran kunyit dan rempah-rempah lainnya.

Mendengarnya saja sudah bisa membuat Anda menelan ludah dan ingin segera mencicipinya, bukan?

Sate Lokan

Sate Lokan

Bosan dengan berbagai olahan daging sapi? Jika iya, cobalah sate yang satu ini. Sate Lokan adalah sate kerang hijau yang berbalur kuah yang mirip dengan kuah pada Sate Padang.

Sama seperti sate pada umumnya, Sate Lokan baru bisa Anda santap setelah matang dengan cara dibakar. Sate ini akan terasa nikmat dengan tambahan irisan ketupat hangat.

Bagi yang alergi terhadap kerang, tenang, masih banyak rekomendasi kuliner asli Sumbar lainnya yang tak kalah lezat. Seperti kuliner yang akan Anda lihat di bawah ini.

Kacimuih

Kacimuih

Ketika sedang membahas seputar makanan khas Sumatera Barat, pastinya yang terlintas di pikiran sebagian orang adalah masakan Rendang.

Lantas tahukah Anda jika Sumbar bukan hanya punya olahan Rendang saja. Kini sudah ada kuliner lain yang tak kalah nikmat dari Rendang. Salah satunya yaitu Kacimuih.

Meskipun kuliner khas Sumbar lebih terkenal dengan cita rasanya yang pedas, sebetulnya ada beberapa nama kuliner yang tak pedas. Seperti Kacimuih ini.

Kacimuih adalah kue basah dengan cita rasa manis dan gurih. Bahan dasarnya adalah singkong parut. Campurannya adalah kelapa muda parut dan gula merah.

Kini ada cara lain untuk menikmati jajanan tradisional Padang ini, yakni dengan disiram gula aren cair. Tampilannya nanti akan mirip dengan singkong siram karamel.

Kue basah ini dari dulu hingga sekarang masih menjadi jajanan favorit. Bahkan kerap jadi oleh-oleh khas Padang yang enak tapi langka karena jarang orang yang menjualnya.

Gajeboh

Gajeboh

Makanan khas Sumatera Barat dari daging sapi lainnya selain Rendang adalah Gajeboh. Masyarakat setempat menyebutnya Sandung Lamur.

Uniknya, bukan sembarang daging sapi yang digunakan untuk membuat hidangan asli Sumbar ini. Melainkan hanya menggunakan bagian punuk sapi saja. Alasanya, karena bagian punuk sapi banyak mengandung lemak.

Jika dari segi cita rasa, tak perlu Anda tanyakan lagi. Pastinya sangat gurih karena bahan utamanya adalah lemak sapi.

Siapapun yang menyantap Gajeboh pasti akan terharu karena sangat enak. Apalagi menyantapnya dengan tambahan kuah gulai berwarna merah pedas.

Meski tidak ada tambahan santan, kuah pada Gajeboh ini rasanya maknyus. Lemak dari daging sapi tadi mampu menghadirkan sensasi rasa nikmat yang menggugah selera.

Beberapa orang bahkan ada yang menyebut makanan ini sebagai makanan Padang yang enak dan nikmat disantap bersama nasi panas.

Asam Padeh Daging

Asam Padeh Daging

Kota Padang merupakan surganya olahan daging sapi yang terkenal akan kelezatannya. Adapun salah satu kuliner khas Sumbar dari daging yang wajib Anda cicipi adalah Asam Padeh Daging.

Jika Anda perhatikan dari namanya, cita rasa makanan tersebut terasa pedas. Hal ini tak lain karena makanan ini menggunakan cabai dalam jumlah banyak. Terlebih ada rasa asam yang memang berasal dari asam kandis.

Sekilas, makanan ini mirip sekali dengan makanan khas Sumatera Barat Rendang. Hanya saja dari segi rasa memang berbeda. Rendang biasanya tidak mempergunakan asam kandis ketika memasaknya.

Galamai

Galamai

Buat Anda para pecinta jenang atau dodol, Jangan lupa mencoba varian jenang yang satu ini saat berada di Kota Padang. Namanya adalah Galamai.

Sekilas dari segi komposisi bahan, kurang lebih sama dengan komposisi bahan untuk membuat jenang atau dodol.

Yang membuat Gelamai ini berbeda dari makanan tradisional Jawa ini adalah taburan kacang tanahnya. Taburan kacang ini tampak jelas ada di bagian atas Gelamai.

Bareh Rendang

Bareh Rendang

Ketika berkunjung ke Kota Padang, pastinya Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menjumpai camilan manis yang terbuat dari tepung beras ini. Bareh Rendang adalah kue tradisional dari Tanah Minang yang legit dan berwarna putih.

Camilan asli Payakumbuh ini memiliki nama lain Beras Rendang yang mengacu pada bahan utama dan proses pembuatannya.

Beras di sini adalah tepung beras. Sedang Rendang di sini lebih ke proses pembuatannya yang mirip dengan proses pembuatan rendang, yaitu dengan cara disangrai hingga mengental.

Adapun bahan-bahannya yaitu tepung beras, gula, dan juga santan. Semua bahan ini dimasukan ke dalam kuali lalu dimasak hingga 4 jam seperti Rendang.

Setelah matang, Bareh Rendang ini akan memiliki tekstur lunak namun kasar di permukaannya. Warnanya putih seperti kalis.

Kini Bareh Rendang lebih banyak dikemas dalam kemasan yang praktis untuk sekali gigit. Potongannya juga simpel seperti persegi.

Anda tak hanya bisa menjumpainya di toko oleh-oleh saja. Bareh Rendang juga umum dijumpai di upacara-upacara adat seperti pernikahan.

Lompong Sagu

Lompong Sagu

Setelah lidah Anda banyak menikmati sajian makanan pedas, kali ini Anda bisa mencoba kuliner Sumbar yang manis-manis. Lompong Sagu namanya.

Lompong Sagu adalah kue tradisional yang berbahan dasar tepung sagu, kelapa parut, gula merah, dan santan. Seringnya ada tambahan buah pisang sebagai penambah rasa buah pada kue basah ini.

Cara pengolahannya dengan cara dipanggang. Setelah matang, beri taburan parutan kelapa sebelum akhirnya Anda santap.

Karena mengandung santan dan parutan kelapa, sudah pasti cita rasa kue turun temurun ini sangat gurih. Gula merah pada adonan kue ini juga membuatnya terasa legit. Tentunya sangat cocok sebagai hidangan pelengkap secangkir kopi atau teh hangat.

Rendang Paru

Rendang Paru

Jika Anda pecinta Rendang, cobalah varian Rendang yang satu ini. Kali ini bukan Rendang sapi, melainkan Rendang paru yang masih segar.

Secara tekstur, Rendang paru ini sangat berbeda dengan Rendang sapi. Selain berbeda tekstur, bumbu rempah yang digunakan rupanya juga tak sama.

Bahkan ada beberapa bumbu berupa dedaunan yang dirajang lalu dimasak bersamaan dengan bahan utama Rendang paru ini. Jumlah santan pada Rendang paru ini juga jauh lebih banyak.

Rata-rata resto atau warung di Sumbar menjual varian Rendang ini. Anda bisa meminta driver dari layanan rental mobil murah di Padang untuk antarkan Anda ke resto yang menjual menu khas orang Minang ini.

Sala Lauak

Sala Lauak

Nama makanan khas Sumatera Barat ini mungkin kurang familiar karena memang tidak sepopuler Rendang dan Sate Padang. Tapi soal rasa, tak perlu Anda tanyakan lagi. Pastinya akan membuat Anda gagal diet karena cita rasanya nikmat sekali.

Sala Lauak adalah olahan ikan goreng. Tapi bukan ikan goreng biasa karena sebelum digoreng, daging ikan dipisahkan dari durinya lalu daging ikan tersebut dihaluskan.

Setelah halus, daging ikan tersebut dicampur dengan tepung terigu dan dibentuk menjadi adonan bulat pipih. Baru adonan bulat pipih tersebut Anda goreng.

Sajikan hangat-hangat dengan sambal dan nasi putih hangat. Sebagai pelengkap, sandingkan hidangan lezat ini dengan teh panas manis.

Kalio

Kalio

Mungkin sudah banyak yang merasa penasaran apa sebetulnya Kalio ini. Kalio adalah sebutan lain dari olahan rendang setengah jadi. Dari segi warnanya, Kalio memiliki warna sedikit kecoklatan, bukan cokelat gelap seperti Rendang.

Sama halnya dengan Rendang, Kalio terbuat dari daging sapi. Selain daging, varian lain dari Kalio berbahan dasar hati sapi, daging ayam, atau bahkan jengkol.

Cara memasaknya pun lebih simpel dan tentunya lebih singkat daripada memasak Rendang. Kemudian teksturnya juga lebih lunak, tidak sekeras tekstur Rendang.

Menyantap sepotong atau dua potong Kalio dengan nasi putih hangat adalah sebuah kenikmatan. Anda tak boleh melewatkannya.

Yang penasaran dengan resep makanan khas Sumatera Barat ini, bisa langsung cek resep lengkapnya di Google. Anda pun bisa berkreasi sendiri memasak Kalio di rumah.

Nasi Sala

Nasi Sala

Pariaman patut bangga dengan kuliner andalannya, yaitu Nasi Sala. Hidangan tradisional ini biasanya tersaji di atas daun pisang dengan tambahan sayuran kukus di atasnya.

Yang membuat Nasi Sala ini sangat menggiurkan adalah sambal baladonya. Sambal ini bisa Anda jumpai di atas sayur kukus, alias sebagai topping. Untuk menambah cita rasa, ada tambahan Ikan Gembulo goreng di atas Nasi Sala ini.

Singgahlah sejenak di restoran untuk menikmati kelezatan satu porsi Nasi Sala. Kuliner ini akan jadi pilihan yang pas untuk recharge energi usai lelah jalan-jalan di tempat wisata Padang Instagramable seperti Kota Tua Padang.

Nasi Kapau

Nasi Kapau

Selain Nasi Sala, masyarakat Minang juga memiliki warisan kuliner lainnya yang cukup terkenal, yaitu Nasi Kapau.

Banyak yang mengatakan bahwa Nasi Kapau hampir sama dengan Nasi Padang. Padahal faktanya lain. Ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok, seperti asal-usul, menu, cara pemesanan, dan cita rasa.

Asal-usul Nasi Kapau berasal dari masyarakat Kapau yang menghuni Desa Kapau, Kabupaten Agam. Nama restoran yang menjual Nasi Kapau pun berbeda. Mereka menyebutnya Rumah Makan Nagari Kapau.

Menu yang terhidang di Rumah Makan Nagari Kapau jelas berbeda. Ada beberapa menu khas yang tidak akan Anda jumpai di rumah makan Padang. Menu-menu tersebut adalah Rendang Daka-Daka, Gulai Tambusu, Gulau Kapau, dan Ikan Mas Bertelur.

Perbedaan lainnya yaitu ada pada cita rasa Gulai Kapau yang sedikit asam. Bahan yang digunakan juga berbeda.

Gulai Kapau terbuat dari bahan-bahan sayuran seperti nangka muda, kol, dan juga kacang panjang. Lalu menu lain yang juga menjadi menu khas Nasi Kapau adalah Rendang Ayam. Ada juga menu khusus Gulai Tambusu yang berupa usus sapi dengan isian tahu dan telur.

Ayam Kurma

Ayam Kurma

Dari namanya saja terkesan begitu unik. Apalagi cita rasanya, tentu juga tidak kalah nikmat. Kini Ayam Kurma sudah berhasil masuk dalam deretan makanan tradisional khas Sumatera Barat yang wajib Anda coba.

Meskipun namanya Ayam Kurma, tetapi sajiannya sama sekali tidak menggunakan bahan kurma.

Ayam Kurma menjadi salah satu olahan dengan tampilan seperti halnya gulai dengan bumbu rempah yang terbilang kuat. Adapun bumbu rempah yang menjadi bumbu dasar kuliner ini yakni kapulaga, cengkih, jahe, dan bunga lawang.

Gulai Itiak

Gulai Itiak

Buat Anda para pecinta masakan gulai, sebaiknya mencoba kuliner Gulai Itiak ini. Gulai Itiak ini adalah menu tradisional asli Minang yang menggunakan daging itik sebagai bahan utamanya.

Kuliner ini asli dari Daerah Gadang Agam di Bukittinggi. Gulai tersebut terdiri atas beragam jenis rempah seperti kunyit, laos, jahe, daun jeruk, cabe keriting hijau, daun salam, dan daun kunyit.

Itik di sini adalah bebek muda yang dipotong sesuai selera lalu dibakar. Setelah dibakar, baru diolah menjadi gulai dengan campuran rempah.

Jika Anda hirup kuahnya, aromanya begitu harum akan rempah, benar-benar menggugah selera. Santap Gulai Itiak ini dengan nasi putih panas. Sajikan pula dengan teh hangat sebagai pelepas dahaga.

Soto Padang

Soto Padang

Kuliner khas lainnya yang patut Anda coba ketika sedang berkunjung ke Tanah Minang adalah Soto Padang. Kuah soto yang satu ini sungguh juara. Rasanya begitu gurih karena terbuat dari kuah rebusan tulang sapi.

Dalam satu mangkuk Soto Padang, berisi kuah kaldu sapi dan irisan daging sapi goreng yang teksturnya kering. Sebagai pelengkapnya, ada bihun dan perkedel kentang yang turut tersaji di mangkuk yang sama.

Kuah kaldu pada hidangan Soto Padang ini beraroma wangi rempah yang kuat. Taburan bawang goreng dan juga perasan jeruk nipis menambah kelezatan hidangan berkuah ini.

Jangan lupa untuk sedia kerupuk warna merah muda yang menjadi kerupuk favorit masyarakat Minang. Kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka yang sudah kita bumbui dengan garam dan bawang putih.

Ayam Pop

Ayam Pop

Anda yang gemar makan Nasi Padang, pasti familiar dengan menu yang satu ini, Ayam Pop. Seperti namanya, Ayam Pop adalah olahan ayam dengan bumbu sederhana, yakni garam, jeruk nipis, daun salam, bawang putih, bawang merah, dan lengkuas.

Ayam Pop biasanya tersaji dengan tambahan sambal di atasnya. Agar mudah untuk memakannya, Ayam Pop akan disuguhkan per bagian.

Untuk sambal, adapun bahan-bahannya yaitu ada tomat, bawang merah, cabai, garam, dan gula. Haluskan semua bahan ini lalu beri minyak goreng panas.

Bubur Kampiun

Bubur Kampiun

Olahan makanan Sumbar ini merupakan campuran dari bahan pembuatan kolak ubi, bubur kacang hijau, bubur candil, bubur sumsum, bubur ketan hitam, dan ketan putih. Pastinya dari segi tampilannya terlihat begitu istimewa.

Bubur Kampiun ini biasanya menjadi salah satu menu takjil selama Bulan Ramadhan. Cita rasanya yang manis dan gurih memang cocok sekali untuk menjadi hidangan untuk berbuka puasa.

Baik dengan tambahan es atau hangat, Bubur Kampiun tetap jadi kampiun di antara menu-menu takjil lainnya.

Tentukan waktu yang tepat untuk liburan ke sana sekaligus kulineran di sejumlah tempat wisata kuliner Padang yang hits dan terkenal.

Salsa Wisata travel Organizer, dengan pelayanan berkualitas dan tim yang profesional, siap menjadi fasilitator Anda. Kami akan rekomendasikan paket wisata domestik yang sesuai dengan budget dan preferensi Anda.

Itulah tadi info lengkap 18 makanan khas Sumatera Barat yang terkenal otentik. Meski sebagian sudah banyak kita jumpai di berbagai kota, memang akan lebih afdol dan berkesan bila kita mencicipinya langsung di sana.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)