SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bagi penggiat pariwisata, tentu slogan dan logo Wonderful Indonesia sudah sering terlihat dan digunakan. Gambar atau logo satu ini sudah menjadi trademark dari berbagai destinasi wisata Indonesia di mata dunia.

Seperti halnya Malaysia Truly Asia, Wonderful Indonesia juga berperan dalam urusan branding pariwisata ke mancanegara. Branding ini akan selalu Anda lihat di berbagai tempat, acara, dan bangunan yang berkaitan dengan pariwisata.

Namun belum banyak yang tahu kalau sebenarnya logo satu ini memiliki filosofi dan cerita unik dibalik bentuk dan juga warnanya. Supaya tidak penasaran, berikut informasi lengkap mengenai makna logo Wonderful Indonesia dan juga sejarahnya:

Apa Itu Wonderful Indonesia?

Sebagai info, Wonderful Indonesia merupakan brand image dari Kemenparekraf untuk mengenalkan pariwisata Indonesia ke kancah dunia. Branding ini satu paket dengan Pesona Indonesia yang juga sering terlihat di berbagai destinasi.

Kata Wonderful atau Pesona sendiri menyiratkan kepastian bahwa Indonesia memang kaya dengan keajaiban, dari semua aspek baik manusia maupun alam. Sekaligus menawarkan pengalaman baru yang menyenangkan bagi pengunjung.

Secara besarnya, Wonderful Indonesia merupakan sebuah komitmen untuk menampillan pariwisata Indonesia yang wonderful. Semua agar dunia bisa mengenal citra baik pariwisata indonesia dan tertarik untuk berkunjung.

Sehingga secara singkatnya, Wonderful Indonesia itu adalah perwujudan kekayaan pariwisata Indonesia yang ditujukan pada dunia. Dengan begitu semakin banyak turis maupun pelancong yang tertarik berkunjung ke setiap destinasi yang ada.

Sejarah Logo Wonderful Indonesia

Sejarah Wonderful Indonesia

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

 

Logo Wonderful Indonesia yang saat ini terlihat, telah mengalami beberapa kali perubahan. Awal sejarah kemunculannya terjadi pada tanggal 16 Agustus 2008 pada masa Aburizal Bakrie dengan nama Visit Indonesia.

Kemudian pada tahun 2009, Sapta Nirwandar menambahkan angka 2009 pada logo Visit Indonesia. Baru di 26 Desember 2010, kata Visit Indonesia ini berganti menjadi Wonderful Indonesia.

Perubahan selanjutnya terjadi pada 19 November 2012 atas usulan Mari Elka Pangestu. Desain ini pun menjadi referensi bagi Arief Yahya untuk logo Wonderful Indonesia di tanggal 14 Desember 2014.

Selanjutnya pada tanggal 4 Januari 2016, Arief Yahya kembali melakukan redesign tata letak logo. Hingga akhirnya logo final Wonderful Indonesia terbaru muncul di tahun 2017 dan terus dipakai hingga sekarang.

Perbuhan desain-desain ini telah menjelma menjadi ruh dari pariwisata Indonesia. Dampaknya, kunjungan turis luar negeri ke Indonesia pun mengalami peningkatan signifikan.

Dari tahun 2018, sejarah logo Wonderful Indonesia telah mengalami pembaruan. Pemerintah telah menambah beberapa unsur. Pembaharuan yang paling terlihat adalah hadirnya 5 warna utama yang turut mempertegas kekhasan wisata Indonesia.

Kelima warna itu menceritakan pada wisatawan dunia tentang apa saja yang bisa mereka lakukan dan nikmati ketika berkunjung ke Indonesia.

Warna-warna ini mencerminkan 5 wonders; nature (alam), culture (budaya), sensory (makanan dan minuman), modern (gaya hidup) dan adventure (petualangan).

Semua unsur di dalam logo ini memberikan harapan akan kebangkitan sektor pariwisata Indonesia di mata dunia sekaligus dukungan akan peningkatan ekonomi dalam negeri.

Makna Logo Wonderful Indonesia

Logo Wonderful Indonesia

Logo Wonderful Indonesia merupakan identitas yang secara jujur mewakili kekayaan dan karakter bangsa. Oleh sebab itu, terdapat banyak maksud dari simbol logo satu ini, Silahkan perhatikan penjelasan di bawah ini.

Bentuk Logo

Makna logo Wonderful Indonesia sangat dalam sesuai dengan bentuk logo menyerupai burung garuda. Siluet garuda pada logo semakin menghadirkan kesan berani dengan warna yang cerah.

Siluet burung ini juga sangat ionik dan gagah. Bentuk burung garuda merupakan logogram untuk memberikan visualisasi keramahan dan kerukunan serta gotong royong yang telah menjadi budaya bangsa.

Selain digambarkan sebagai garuda, siluet burung ini juga bisa diartikan burung pada umumnya (bukan lambang negara). Burung sendiri memiliki sikap suka berteman yang berarti selalu menjaga perdamaian dan menciptakan ketenangan.

Selain itu, burung merupakan hewan yang memiliki populasi terbesar di Indonesia.  Adapun bentuk sayap yang membentang melambangakan unsur keterbukaan dan bersifat universal.

Arti Warna Biru

Warna biru yang terdapat pada logo mengandung arti modern atau gaya hidup. Modern wonders sendiri menunjuk arti kemajuan gaya hidup di perkotaan, transportasi dan juga teknologi.

Wonders ini seakan bercerita pada wisatawan bahwa Indonesia memiliki sistem teknologi, komunikasi dan informasi yang modern. Sehingga semua kebutuhan wisatawan terkait hal ini akan terpenuhi ketika datang ke Indonesia.

Arti Warna Ungu

Warna ungu pada logo ini mengandung makna sensory wonders. Wonders yang satu ini meliputi minuman, makanan, ketenangan jasmani rohani serta termasuk juga hiburan.

Sensory wonders ini memiliki keterikatan dengan keseruan, ketenangan dan juga kenikmatan saat wisatawan berada di Indonesia. Semua panca indera, akan merasakan hal yang menakjubkan tentang Indonesia.

Arti Warna Jingga

Warna jingga di dalam logo Wonderful Indonesia mewakili cultural wonders. Wonders yang satu ini menawarkan warisan budaya, tradisi termasuk seni.

Warna ini menceritakan tentang kekayaan warisan seni dan budaya bangsa. Cultural wonders juga seolah menguatkan bahwa bangsa Indonesia masih kental dengan unsur tradisional yang menarik untuk dikunjungi, diteliti dan dipelajari.

Arti Warna Magenta

Arti logo Wonderful Indonesia semakin dalam dengan hadirnya warna magenta yang mewakili adventurous wonders. Wonders ini mencakup eksplorasi, petualangan dan olahraga.

Wisata Indonesia juga tidak selalu tentang pemandangan, tetapi juga tantangan dan petualangan. Beberapa aktivitas yang terkandung di dalam warna ini misalnya kegiatan ourdoor dan eksplorasi alam.

Arti Warna Hijau

Warna hijau berarti natural wonders yang melambangkan kekayaan alam Indonesia. Mulai dari unsur alam seperti gunung, pepohonan, hutan, hingga kekayaan alam laut.

Warna ini juga menceritakan tentang bagaimana indah dan menakjubkannya alam Indonesia. Dengan demikian, wisatawan akan semakin bersemangat untuk mengeksplor keindahan alam Indonesia.

Lima unsur atau five wonders ini mewakili Indonesia secara utuh, tanpa kurang apapun. Inilah makna dan filosofi dibalik logo serta warna Wonderful Indonesia.

Selain dari sisi maknanya, 5 wonders di dalam logo ini juga hadir dengan warna yang mudah diingat. Inilah alasan kenapa branding pariwisata Indonesia bisa sukses di ajang promosi pariwisata dunia

Apalagi 5 wonders ini juga berjumlah sama dengan Pancasila. Sehingga keterkaitan dan keterikatannya dengan Indonesia semakin terasa.

Perbedaan Logo Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia

Lalu, apa perbedaan antara logo wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia? Sekilas logo ini memiliki kesamaan hampir 100%. Bedanya hanya ada pada kata wonderful dan pesona.

Tentu saja, ini bukan tanpa alasan. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda walaupun memiliki makna yang sama. Ini bergantung pada event di mana logo tersebut dipamerkan.

Maksudnya, jika suatu event bertema wisata itu peserta yang hadir 99% orang Indonesia, maka logo yang digunakan adalah ‘Pesona Indonesia’.

Sedangkan jika event itu pesertanya yang hadir 100% turis asing atau mancanegara, maka logo yang dipakai adalah “ Logo Wonderful Indonesia’. Ini adalah bagian dari strategi branding dan marketing tourism.

Jadi secara look atau penampilan tidak jauh berbeda, hanya terletak pada penggunaan dan target pasarnya. Hadirnya logo ini pun sangat membantu bagi para penggiat pariwisata.

Jika Anda ingin mendownload logo Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia bisa membuka laman resmi Kemenparekraf. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat liburan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Pengetahuan



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)