SalSari Resto & Coffee

Tahukah Anda bahwa ada destinasi wisata religi di daerah Cirebon? Namanya Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini merupakan masjid tertua di daerah Cirebon dan memiliki banyak sekali kisah, mitos dan sejarah.

Selain itu, masjid ini juga memiliki arsitektur yang sangat unik dan tidak akan Anda temukan di masjid-masjid lainnya. Berikut kami berikan ulasan lengkapnya untuk Anda yang tertarik untuk mengintip kemegahan masjid ini.

Sejarah Singkat Tentang Masjid Agung Sang Cipta Rasa

sejarah Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid ini merupakan masjid tertua di daerah Cirebon dan dibangun pada tahun 1480-an, lebih tua daripada Masjid Gedhe Kauman di Yogyakarta.

Masjid ini dibangun pada masa Wali Songo masih gencar menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Pembangunannya diprakarsai oleh Sunan Gunung Jati atau Sunan Cerbon dan istrinya, Nyi Ratu Pakungwati, yang merupakan putri dari Pangeran Cakrabuwana atau Tumenggung Sri Mangana.

Jika kebanyakan masjid menggunakan nama dari bahasa Arab, masjid ini justru menggunakan bahasa Indonesia. Walau begitu, nama ini juga memiliki makna yang dalam loh!

Tujuan nama masjidnya “Sang Cipta Rasa” adalah agar para jemaat yang datang untuk beribadah di masjid ini khusyuk dan fokus untuk semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta Rasa, Allah SWT.

Hingga saat ini, masjid tersebut masih berdiri kokoh dan ramai oleh para jemaat, dan menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Cirebon.

Jam Buka Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Jam Buka Pukul
Setiap hari 24 jam

Lokasi Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid ini terletak bersebelahan persis dengan Keraton Kasepuhan Cirebon. Tepatnya di Jl. Kasepuhan No.Komplek, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Jaraknya sekitar 10 menit dari Terminal Cirebon atau Stasiun Cirebon Kesenden. Jadi, Anda yang datang dari luar kota tidak akan mengalami kesulitan untuk mencapai Masjid Agung ini.

Anda bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa rental Hiace Premio Cirebon murah jika kebetulan berlibur dengan keluarga atau para sahabat. Pilihlah agen travel organizer yang terpercaya seperti Salsa Wisata.

Fasilitas di Masjid Agung Sang Cipta Rasa

fasilitas di Masjid Agung Sang Cipta Rasa

  • Parkiran
  • Toilet
  • Tempat penitipan barang
  • Taman
  • Peralatan sholat

Daya Tarik di Masjid Agung Sang Cipta Rasa

adzan pitu Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Sejarah Adzan Pitu

Salah satu daya tarik utama dari masjid ini adalah Adzan Pitu. Adzan ini selalu dilantunkan pada saat hari Jumat, sebelum waktu sholat Jumat.

Uniknya, adzan ini dikumandangkan oleh 7 orang muadzin secara bersamaan. Dan para muadzin ini mengenakan seragam khusus yang terdiri dari jubah dan sorban berwarna putih atau hijau.

Adzan Pitu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Adzan ini pertama kali berkumandang pada saat daerah Cirebon terjangkit penyakit aneh akibat serangan dari Aji Menjangan Wulung.

Kala itu, Adzan Pitu ini berhasil memberantas penyakit yang menjangkit masyarakat Cirebon. Namun, istri Sunan Gunung Jati, yaitu Nyi Ratu Pakungwati, turut wafat dalam insiden ini.

Sejak saat itu, Adzan Pitu masih kerap dikumandangkan hingga saat ini. Terutama pada hari Jumat.

Kisah Kubah Masjid

Menurut legenda, pada zaman dulu hidup seorang jawara ilmu hitam yang kerap mengganggu para jemaah Masjid Agung ini. Namanya adalah Aji Menjangan Wulung.

Diceritakan bahwa Menjangan Wulung menyebarkan penyakit aneh yang menjangkiti para jemaah yang datang untuk beribadah. Hal ini menyebabkan jemaah lainnya, yang belum terjangkit penyakit, menjadi takut dan memilih untuk tidak pergi ke masjid.

Alhasil, masjid pun menjadi sepi. Dan Menjangan Wulung menghuni memolo atau kemuncak atap atau kubah masjid. Dari atas sana, ia akan menyebarkan penyakit jika melihat seseorang datang mendekat ke masjid.

Hal ini tentu saja membuat warga menjadi sangat resah. Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga pun mengajak para tetua di desa sekitar untuk berunding, mencari jalan keluar.

Akhirnya, Sunan Gunung Jati mendapatkan petunjuk dari Yang Maha Kuasa untuk mengumandangkan Adzan Pitu. Beliau pun menunjuk 7 orang muadzin.

Pada saat adzan berkumandang, terdengar suara ledakan yang sangat keras dari arah atas masjid. Ternyata, kubah tempat Menjangan Wulung biasa berdiam hancur hingga terbang entah ke mana.

Tapi, konon katanya, kubah masjid tersebut terbang hingga ke Masjid Agung Banten. Hingga sekarang, masjid tersebut masih memiliki dua kubah yang konon katanya merupakan bagian dari Masjid Agung Cirebon ini.

Arsitektur yang Menakjubkan

Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat unik dan beda dari yang lain. Bentuknya hampir mirip dengan bangunan-bangunan di masa Kerajaan Islam. Atapnya berbentuk limas dan memiliki tiga susun.

Semakin ke bawah, ukurannya semakin kecil. Sementara untuk ruangan, masjid ini terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah ruang utama dan yang kedua adalah serambi.

Ruang utama Masjid Agung ini memiliki ukuran sekitar 17,8 x 13,3 meter yang terbagi menjadi enam ruangan yang dikelilingi tembok setinggi tiga meter. Di ruangan-ruangan ini terdapat 9 pintu yang melambangkan 9 anggota Wali Songo.

Selain itu, di ruangan-ruangan ini terdapat pula 30 pilar yang berdiri di atas umpak-umpak. Oleh karena masyarakat Cirebon dulunya terdiri dari berbagai etnis, maka masjid ini pun dibangun dengan memadukan beberapa gaya khas dari etnis-etnis tersebut. Gaya yang dipadukan adalah gaya Demak, Majapahit, dan Cirebon.

Sumur Zam Zam

Satu lagi daya tarik dari tempat wisata religi ini adalah keberadaan Sumur Zam Zam. Sumur ini dinamakan Banyu Cis Sang Cipta Rasa. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, air dari sumur ini memiliki khasiat dapat menyembuhkan segala macam penyakit dan mengabulkan berbagai hajat.

Konon katanya, air dari sumur ini sama dengan air Zam Zam yang ada di Arab Saudi dan aman untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, sumur ini kerap ramai oleh wisatawan, terutama pada bulan Ramadhan.

Sepulang dari Masjid Agung ini, sempatkan diri untuk berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh khas Cirebon kekinian selain makanan. Tertarik untuk mengunjungi Masjid Agung Sang Cipta Rasa?

Manfaatkan paket wisata dari Salsa Wisata untuk menunjang seluruh kebutuhan wisatamu, mulai dari akomodasi, konsumsi, penginapan hingga tiket masuk wisata. Dengan begitu perjalanan liburan mu akan lebih simple dan Anda bisa liburan dengan tenang.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)