earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bicara tentang Cirebon tidak selalu mengenai sebutan kota udangnya yang sudah terkenal. Masih banyak hal menarik lain yang bisa Anda nikmati seperti tempat wisata, budaya hingga oleh-oleh khas Cirebon.

Beberapa cinderamata khas Cirebon ini pun sudah sangat populer ke seluruh nusantara. Sebut saja batik mega mendungnya yang pernah dipakai pesohor dunia fashion, Nicole Miller saat pameran Resort Collection 2009.

Selain batik, ada banyak barang menarik lain yang bisa Anda jadikan buah tangan dari kota ini. Untuk lebih jelasnya berikut 18 rekomendasi terbaik oleh-oleh khas Cirebon yang terkenal.

Daftar Oleh-oleh Khas Cirebon yang Terkenal Murah

Serabi

Serabi Cirebon

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Surabi atau serabi sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia terutama yang berada di Jawa. Bahkan beberapa daerah memiliki versi sendiri dari panganan tradisional ini seperti di Cirebon.

Berbeda dengan serabi notosuman, serabi Cirebon ini lebih tebal dibanding oleh-oleh khas Solo tersebut. Dari bentuknya memang mirip dengan surabi Bandung namun dari segi rasa ada yang berbeda.

Perbedaannya terletak pada topping serabi dari Cirebon yang biasanya memiliki rasa asin. Sedangkan surabi bandung lebih banyak topping manisnya.

Beberapa rasa favorit yang wajib Anda coba diantaranya serabi oncom, kelapa, atau original. Ada pula yang memadukannya dengan rasa kekinian seperti cokelat, keju, atau rasa buah.

Bila Anda tertarik menjadikan jajanan ini sebagai buah tangan bisa mencarinya di sejumlah pasar tradisional. Harganya pun sangat murah dan ramah di kantong.

Satu buah serabi biasa dibanderol dengan harga hanya sekitar Rp1.000,00 atau Rp2.000,00 tergantung topping. Agar semakin nikmat, Anda bisa menikmati makanan ini bersama gorengan hangat.

Rengginang

Rengginang Cirebon

Selain serabi, ternyata Cirebon juga mempunyai rengginang versinya sendiri. Ciri khas camilan dari Cirebon ini terletak pada tambahan udang pada proses pembuatannya. Sehingga rasanya semakin gurih.

Bentuknya pun tidak seperti rengginang pada umumnya yang pipih melebar. Di Cirebon, kebanyakan rangginang berbentuk kecil dan mengumpul seperti bola.

Dari bentuknya yang kecil inilah camilan ini bisa langsung masuk ke dalam mulut secara utuh. Dengan begitu rasa khasnya dapat menyebar merata, terasa di lidah.

Pilihan rasanya pun tidak hanya udang. Ada juga rasa lain seperti asin, pedas, keju, hingga rasa sambal terasi. Rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah bisa menjadi teman bersantap nasi yang nikmat.

Anda bisa membeli jajanan ini di banyak toko oleh-oleh khas Cirebon seperti Toko Pangestu. Jika belum tahu tempatnya, Anda bisa gunakan jasa sopir dari tempat rental mobil avanza Cirebon untuk mengantar langsung ke lokasi.

Di toko ini satu bungkus rangginang ukuran 170 gram biasa dibanderol sekitar Rp25.000,00 tergantung merek dan rasa. Bila ingin rekomendasi lebih murah tanyakan saja kepada sopir mobil Anda.

Kerupuk Udang

Kerupuk Udang Cirebon

Sebagai kota penghasil udang, buah tangan seperti kerupuk udang tentu wajib Anda beli saat berada di Cirebon. Apalagi untuk Anda yang tidak bisa makan tanpa ada kerupuk.

Menggunakan udang asli sebagai campuran kerupuk membuat rasanya menjadi sangat gurih. Kerenyahannya pun pas saat digigit dan menambah tekstur pada makanan.

Biasanya kerupuk berbahan udang ini memiliki bentuk seperti potongan roti tawar namun dengan ukuran yang lebih tipis. Warnanya pun kuning kemerahan persis seperti warna udang yang telah matang.

Anda bisa membeli kerupuk ini dalam bentuk mentah maupun matang. Namun agar semakin awet sebagai tanda mata dari Cirebon, ada baiknya Anda membelinya dalam keadaan mentah.

Salah satu merek terkenal dari camilan ini adalah kerupuk udang cap Padi Kapas. Anda bisa memesannya lewat bantuan sopir rental hiace Cirebon yang Anda gunakan.

Harganya pun bisa lebih murah dan dengan jumlah yang lebih banyak. Biasanya kerupuk udang merek ini dijual dengan harga Rp15.000,00 untuk kemasan 250 gram.

Tape Ketan

Tape Ketan Cirebon

Berbeda dengan olahan ketan yang biasa diolah menjadi dodol atau kue basah, di Cirebon ketan dibuat menjadi tapai. Rasanya pun tidak kalah nikmat dengan peyeum, tapai oleh-oleh khas Bandung yang terkenal.

Keunikan tape ketan Cirebon ini terletak pada bungkusnya yang menggunakan daun jambu. Sehingga ketan memiliki rasa dan aroma yang khas lagi nikmat.

Rasa tape ini saat matang pun sangat manis, seperti madu, dengan sedikit rasa asam yang menggugah selera. Ada beberapa pilihan kemasan yang bisa Anda beli yaitu kemasan plastik atau ember.

Namun jika ingin membagikan tapai ini ke sanak saudara, tentu kemasan ember jadi pilihan yang tepat. Agar tidak basi di jalan, belilah tape yang belum matang dan tanyakan kapan tanggal matangnya.

Pusat produksi olahan ketan ini bisa Anda temukan di daerah Cigugur Kuningan tidak jauh dari Cirebon. Harganya juga sangat terjangkau mulai dari Rp20.000,00 hingga Rp65.000,00 tergantung kemasan.

Selain tape ketan daun jambu, ada pula tape ketan bakung yang tidak kalah nikmat. Perbedaannya hanya terletak pada pembungkusnya yang memakai daun pisang.

Batik Cirebon

Kain Batik Cirebon

Selain makanan, cinderamata yang wajib Anda beli di Cirebon tentu saja batiknya. Motif dari batik Cirebon ini sudah sangat kesohor hingga ke seluruh dunia, salah satunya motif mega mendung.

Berdasarkan sejarah, motif batik ini dibuat oleh istri Sunan Gunung Djati yang keturunan Tionghoa yang mengandung banyak nilai.

Selain motif mega mendung masih banyak motif lain seperti motif batik kasepuhan dan kanoman. Semuanya memiliki ciri khas warna yang cerah seperti halnya batik daerah pesisir.

Jika Anda tertarik ingin membeli dan melihat lebih banyak motif batik bisa datang ke Batik Trusmi. Tempat ini menjual berbagai macam batik dan selalu menjadi langganan paket liburan dari banyak biro perjalanan.

Dengan pilihan jenisnya yang banyak, harganya pun bisa Anda sesuaikan sendiri. Biasanya berkisar antara Rp60.000,00 hingga jutaan rupiah tergantung bahan dan motif.

Selain menjual dalam bentuk kain, Anda juga bisa membeli batik-batik jadi sebagai souvenir. Seperti misalnya baju, jaket, topi, hiasan, serta lain sebagainya.

Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak Cirebon

Selain kerupuk udang, kerupuk kulit atau yang biasa disebut kerupuk rambak ini juga bisa jadi pilihan oleh-oleh Anda. Bila di Padang kerupuk ini dikenal sebagai kerupuk Jangek dan jadi salah satu andalan oleh-oleh khas Padang.

Bahan utama kerupuk kulit Cirebon ini bukan menggunakan kulit sapi melainkan kulit kerbau. Sehingga rasanya dan aromanya lebih tajam dibanding kerupuk kulit biasa.

Bentuknya pun memanjang dengan warna sedikit cokelat. Tidak seperti kerupuk jangek atau kerupuk kulit sapi lain yang berbentuk dadu dan berwarna putih bersih.

Meski warna dan bentuknya seperti itu, rasanya tidak kalah nikmat. Gurih serta renyahnya sangat pas dan sering menjadi teman bersantap empal gentong khas Cirebon.

Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di sejumlah tempat seperti pasar kanoman. Satu bungkus besar kerupuk rambak ini biasa dijual dengan harga Rp35.000,00 bahkan lebih murah bila Anda beli yang mentah.

Ikan Asin Jambal Roti

Jambal Roti Cirebon

Meski bernama jambal roti, Anda tidak akan menemukan roti sama sekali di panganan ini. Sebab, makanan khas Cirebon ini merupakan olahan ikan asin dari jenis ikan jambal.

Disebut sebagai jambal roti karena bentuk potongan ikan asin ini kotak seperti roti. Ditambah lagi daging ikan yang tebal dan berwarna putih semakin membuatnya terlihat persis.

Rasa asin olahan ikan khas Cirebon ini pas. Tidak kurang ataupun terlalu asing sehingga tidak akan merusak cita rasa makanan lainnya.

Biasanya para wisatawan membeli ikan ini dalam bentuk mentah agar bisa diolah kembali. Cara terbaik menikmati asin jambal ini dengan cara digoreng dan dicocol ke sambal bersama nasi.

Panganan ini juga bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional atau pusat oleh-oleh khas cirebon terdekat. Harganya pun tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp15.000,00 hingga Rp250.000,00 tergantung kemasan.

Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay

Ingin membawa buah tangan yang manis dari Cirebon? Sirup Tjampolay bisa jadi pilihan. Sirup legendaris ini sudah ada sejak tahun 1936 dan jadi pilihan banyak orang mulai dari pedagang kaki lima hingga hotel.

Biasanya sirup Tjampolay menjadi campuran berbagai dessert atau es segar. Manis dari sirup ini pas dan tidak terlalu kental sehingga tidak menusuk di mulut.

Pilihan rasanya pun beragam seperti halnya Siropen Telasih yang menjadi oleh-oleh khas Surabaya. Anda bisa mencoba rasa asam jeruk, cocopandan, pisang susu, rozen rose, coffee mocha, dan rasa lainnya.

Anda bisa membeli sirup ini di sepanjang Jl. Raya Pleret Cirebon atau ke pabriknya di Jl. Elang Raya K. 11-12. Harga satu botolnya sekitar Rp38.000,00 dengan ukuran 650 ml.

Petis Udang

Petis Udang Cirebon

Olahan udang yang juga wajib Anda beli dari Cirebon adalah petis udang. Berbeda dengan petis udang yang sering dipakai di makanan khas Surabaya, warna petis Cirebon lebih cerah.

Warna cerah ini berasal dari udang rebon yang jadi bahan utamanya. Rasanya pun lebih kaya, ada pedas, gurih, serta manis yang langsung terasa di mulut.

Bumbu petis utuh bisa Anda beli di banyak toko makanan atau pusat souvenir di Cirebon. Biasanya dijual dalam kemasan wadah kecil dengan harga mulai dari Rp10.000,00 saja.

Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat Cirebon

Cirebon juga memiliki kerupuk unik yang dikenal dengan nama kerupuk melarat. Disebut sebagai kerupuk melarat karena untuk membuat kerupuk ini tidak menggunakan minyak melainkan pasir.

Namun bukan sembarang pasir, sebab pasir harus bersih dan panas terlebih dahulu. Ciri khas lain dari kerupuk ini adalah rasanya yang manis, gurih, dan sedikit pedas dengan warna mencolok.

Camilan satu ini bisa Anda temukan dengan mudah di banyak tempat di Cirebon. Harganya juga murah hanya sekitar Rp15.000,00 hingga Rp25.000,00 per bungkus.

Keripik Tempe Sagu

Keripik Tempe Sagu Cirebon

Camilan lain yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah keripik tempe sagu. Berbeda dengan keripik tempe yang jadi oleh-oleh khas Malang, tempe sagu ini memiliki warna putih kekuningan dan berbentuk bulat.

Pilihan rasanya juga bervariasi tidak hanya gurih. Ada rasa pedas, keju, balado, hingga rasa sapi panggang. Sehingga cocok menjadi teman untuk bersantai.

Anda bisa membeli keripik ini di banyak tempat mulai dari pasar hingga pusat perbelanjaan. Kisaran harganya cukup murah antara Rp10.000,00 hingga Rp65.000,00 tergantung ukuran kemasannya.

Sirup Jeniper

sirup jeniper cirebon

Jeruk nipis peras atau jeniper jadi pasangan serasi untuk tape ketan Cirebon yang Anda beli. Rasa asam manis dari jeruk nipisnya sangat pas sehingga terasa begitu segar.

Buah jeruk nipis asli yang dipakai juga memberi khasiat berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Anda bisa membeli jeniper ini dalam dua pilihan kemasan, yakni kemasan siap minum dan sirup.

Biasanya olahan jeruk nipis ini dijual di pusat oleh-oleh khas Cirebon atau kota Kuningan. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp350.000,00 tergantung kemasan.

Kue Gapit

Kue Gapit Cirebon

Satu lagi camilan yang bisa Anda beli sebagai buah tangan yaitu kue gapit. Nama gapit sendiri dalam bahasa Cirebon memiliki arti jepit yang sesuai dengan proses memasaknya.

Sehingga kue ini berbentuk pipih dengan pola yang khas dari jepitan besi yang digunakan. Pilihan rasanya juga bervariasi ada rasa gurih, bawang, udang, manis, kacang, dan lainnya.

Sekilas kue ini mirip dengan kue duit yang sering di jual di toko oleh-oleh khas Bekasi. Harganya juga tidak jauh berbeda yakni mulai dari Rp6.000,00 hingga Rp65.000,00 tergantung kemasan dan rasanya.

Terasi Udang Cirebon

Terasi Udang Cirebon

Meski banyak terasi yang ada di pasaran, terasi asli Cirebon memiliki ciri khasnya tersendiri. Rasa gurih udangnya begitu terasa sebab menggunakan udang asli dengan pengolahan tradisional.

Masakan atau sambal yang Anda buat dengan bumbu masakan ini akan terasa semakin nikmat. Walaupun hanya sekedar membakarnya saja, cita rasa dari terasi udang Cirebon ini akan langsung terasa.

Anda bisa mendapatkan terasi udang ini di banyak tempat mulai dari warung, pasar, hingga pusat perbelanjaan di Cirebon. Biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp10.000,00 per kemasan.

Cirebon Sultana

Cirebon Sultana

Anda yang ingin membawa oleh-oleh khas Cirebon kekinian? wajib mampir ke Cirebon Sultana. Toko kue artis milik Indra Bekti ini menjual bolu yang dibungkus dengan kulit pastry yang renyah.

Pilihan rasanya juga bervariasi mulai dari rasa cokelat, keju, strawberry, dan lainnya. Sensai lembut bolu di dalam terasa nikmat dengan bagian luar yang renyah dan manis.

Harga satu bungkus kue artis ini biasa dijual sekitar Rp25.000,00 tergantung varian rasa yang Anda pilih. Sayangnya update terbaru saat ini Cirebon Sultana sudah tutup dan tidak beroperasi lagi.

Apem Cirebon

Apem Cirebon

Dari bentuknya apem Cirebon ini mirip dengan serabi namun dengan sedikit perbedaan. Ciri khasnya bisa terlihat dari bentuk apem yang lebih padat namun sangat lembut.

Warnanya pun lebih cerah sebab terbuat dari tepung beras, tape ketan, ragi dan bahan lainnya. Proses memasaknya juga berbeda sebab apem ini dibuat dengan cara dikukus.

Anda bisa mendapatkan jajanan tradisional ini di sejumlah pasar atau sekitar tempat wisata Cirebon. Harganya juga terjangkau sekitar Rp5.000,00 per porsi lengkap dengan kuah kinca atau gula cair sebagai pemanis.

Ikan Asin Cirebon

ikan asin khas cirebon

Tidak hanya jambal roti, Anda juga bisa membeli berbagai jenis ikan asin sebagai buah tangan. Terdapat macam-macam ikan asin yang bisa Anda beli mulai dari teri hingga ikan asin belah berukuran besar.

Kadar rasa asinnya juga bervariasi tergantung ukuran ikan dan proses pembuatan. Sehingga bisa Anda pilih sesuai selera dan juga kebutuhan memasak.

Ikan asin khas Cirebon bisa dengan mudah Anda dapatkan di kawasan pesisir dekat pantai. Di tempat ini harga yang ditawarkan juga lebih murah, mulai dari Rp2.000,00 per ons.

Tomcir Atom

Tomcir Atom

Kue bakpia tidak hanya terkenal sebagai oleh-oleh khas Jogja, di Cirebon Anda juga bisa mendapatkan jajanan satu ini. Namun berbeda dengan bakpia patuk Jogja, bakpia Cirebon ini mempunyai ciri khas tersendiri.

Dari bentuk luar tidak terlihat, tapi saat digigit, isian bakpia yang penuh langsung lumer di mulut. Pilihan rasanya juga beragam mengikuti zaman seperti misalnya rasa cokelat, keju, vanilla, hingga durian.

Salah satu merek terkenal bakpia ini adalah bakpia TomCir yang bisa Anda temukan di Cirebon Super Block Mall. Harga satu kotaknya sekitar Rp20.000,00 dan berbeda tergantung rasa serta kemasan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi terbaik tanda mata dari Cirebon yang bisa Anda bawa pulang. Selain daftar diatas, masih banyak lagi barang, jajanan, serta makanan yang bisa Anda beli langsung.

Jadi tidak perlu ragu dan menunggu lama, segera rencanakan liburan Anda ke Cirebon agar semakin puas memilih. Lebih mudah lagi bila perjalanan Anda menggunakan layanan dari Salsa Wisata.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)